Cara Memilih Spesifikasi Komputer Server yang Tepat

29 Apr 2019
Cara Memilih Spesifikasi Komputer Server yang Tepat campaign-unlimited

Bagi anda para penggiat IT pasti sudah mengetahui apa pengertian komputer server, tetapi bagi orang awam yang belum atau baru mengenal komputer, pasti belum mengetahui tentang istilah komputer server, sebenarnya komputer server merupakan penyedia layanan bagi komputer client atau induk dari komputer client. Di artikel kali ini, IDwebhost ingin membahas lebih lanjut mengenai komputer server. Apa itu komputer server?

Komputer Server : Hardware Untuk Kebutuhan Server Anda

Komputer server yang akan kita bahas di artikel ini adalah komputer yang dipakai sebagai hardware untuk kebutuhan server Anda. Server itu adalah komputer, perangkat, atau program yang digunakan hanya untuk mengelola sumber daya jaringan. Mereka dapat diatur untuk melakukan tugas yang berbeda-beda. Server yang hanya bisa melakukan tugas mereka sebagai server atau dedicated server.  Memang server itu terdiri dari beberapa jenis.

Komputer Server Hardware Untuk Kebutuhan Server Anda
IDwebhost

Berikut ini adalah tiga jenis server yang popular :

Server web

Server web digunakan untuk menunjukkan halaman serta menjalankan aplikasi melalui browser web. Server yang terintegrasi ke browser Anda sekarang merupakan server web yang bertugas mengirimkan halaman yang sedang Anda lihat. Program klien, dalam hal ini,  adalah browser seperti Internet Explorer, Chrome, mozilla Firefox, Opera, dan Safari. Server web dipakai untuk segala macam hal selain untuk mengirimkan teks dan gambar sederhana, seperti untuk mendownload dan backup file secara online dari layanan cloud storage.

Server email

Server email bertugas memfasilitasi pengiriman dan penerimaan email. Jika Anda mempunyai klien email di komputer Anda, software ini terhubung ke server email IMAP atau POP untuk mendownload pesan Anda ke komputer Anda serta server SMTP bertugas untuk mengirim kembali pesan melalui server email.

Server FTP

Server FTP bertugas untuk pemindahan file melalui software Protokol Transfer File. Server FTP dapat diakses jarak jauh melalui program klien FTP. Di luar sana memang ada banyak ratusan jenis tipe server khusus yang berbeda untuk mendukung jaringan komputer. Kalau Anda memang ingin mempunyai server Anda sendiri, Anda dapat membuatnya memakai komputer apa saja. Tetapi tentunya Anda juga perlu tahu spesifikasi seperti apa saja yang dibutuhkan untuk mengubah sebuah komputer menjadi server.

Baca Juga : Apa Itu Virtual Private Server dan Apa Pula Kegunaannya?

Spesifikasi Komputer Server

Seperti yang sudah disampaikan diatas, untuk memilih komputer apa saja yang cocok untuk dijadikan server, Anda perlu tahu dahulu apa yang Anda butuhkan. Spesifikasi komputer untuk PC game tentunya berbeda dengan spesifikasi komputer untuk server. Karena komputer yang akan dijadikan server membutuhkan kapasitas yang cukup besar. Ini karena server melakukan tugas untuk menghosting website jadi bisa dibilang berbeda. Lalu apa saja faktor utama yang perlu diperhatikan dalam memilih spesifikasi komputer server?

Spesifikasi Komputer Server
IDwebhost

CPU

Sama seperti saat anda berbelanja untuk komputer pribadi, penting untuk memperhatikan prosesor karena ini merupakan “otak” dari mesin. Ada dua produsen prosesor utama terkenal yang akan Anda jumpai di hampir setiap mesin, yaitu Intel dan AMD.

Beberapa perangkat yang sederhana seperti netbook memakai prosesor ARM, tetapi mereka belum diadopsi untuk teknologi server dikarenakan daya keseluruhannya yang rendah. Beberapa server telah mencoba untuk memakainya tetapi memang kurang baik.

Kedua brand ini mempunyai sisi positif dan negatifnya masing-masing, terutama jika Anda ingin mempunyai server yang memiliki kinerja tinggi dengan harga yang sesuai. Namun, kebanyakan orang lebih memilih memakai Intel untuk server. Ini karena, dari performance, Intel bekerja lebih cepat. Prosesor Intel mempunyai kecepatan baca serta tulis yang lebih cepat dari memori pada basis per-inti. Banyak penawaran yang Anda lihat dengan mengiklankan enam belas inti.

Kebanyakan orang yang membeli hosting tidak perlu terlalu khawatir lagi tentang prosesor jika mereka hanya ingin menghostingkan situs web mereka karena mereka akan lebih memilih VPS dan tidak akan membutuhkan kekuatan CPU itu lagi. Kalau memang software yang Anda gunakan lambat, Anda mungkin akan membutuhkan CPU dengan core yang lebih tinggi.

RAM

Jika prosesor dianggap sebagai otaknya, maka RAM bekerja untuk menentukan berapa banyak proses yang dapat dilakukan oleh otak di waktu yang sama. RAM adalah memori. Kalau untuk server, Anda akan membutuhkan RAM 1GB bahkan lebih.

Plan VPS standar biasanya paling rendah 1GB dan ini sudah cukup untuk sebuah website dengan traffic yang tidak terlalu tinggi. Perlu diingat bahwa Anda memakai hanya beberapa porsi mesin, tidak seluruhnya. Anda dapat melihat perbedaan ini kalau Anda membeli dedicated servers karena biasanya ukuran RAM paling rendah sebesar 16GB.

Ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan sebelum anda memilih ukuran RAM sesuai keperluan.

  • Traffic: Semakin meningkat traffic website Anda, Anda membutuhan RAM yang lebih tinggi
  • Content Management System: CMS seperti WordPress dan Drupal membutuhkan paling tidak 1GB RAM, semakin besar akan semakin baik
  • Control Panel: Software seperti cPanel akan memakai memori dari RAM Anda
  • Scripting language dan database: Memakai PHP dan database SQL akan membutuhkan RAM yang lebih besar.
  • Applications: komputer apapun, aplikasi yang berjalan di komputer Anda akan mempengaruhi RAM. Semakin banyak aplikasi atau software yang berjalan, semakin banyak RAM terpakai.

Storage

Untuk storage atau penyimpanan, Anda dapat memilih antara menggunakan hard drives dan SSD. Managed SSD VPS atau VPS SSD yang dikelola merupakan salah satu pilihan popular karena Anda akan mendapatkan peningkatan kecepatan yang tinggi. SSD bisa dibilang mempunyai beberapa keunggulan dibanding dengan hard drive atau HDD. Tetapi untuk menjadikan sebuah komputer sebagai server memang yang terpenting kecepatannya.

Untuk berapa besar penyimpanan yang Anda butuhkan, jawabannya mungkin akan membuat anda terkejut. Jika Anda melihat paket hosting yang menawarkan ruang penyimpanan sebesar tiga puluh gigabyte, Anda mungkin akan terkejut. Smartphone Anda mungkin memiliki penyimpanan lebih dari itu jika dengan tambahan MMC.

storage komputer server
IDwebhost

Jika Anda menghostingkan situs sederhana, kebanyakan storage Anda akan dipakai untuk menyimpan file teks dan aset visual serta keduanya tidak terlalu banyak menghabiskan memori storage Anda. Jika Anda juga menghostingkan email di server yang sama, tentunya hal itu akan cepat memakan memori.

Pada dasarnya, Anda juga perlu untuk menyadari apa yang sebenarnya Anda butuhkan untuk disimpan di server Anda. Apakah situs Anda membutuhkan database yang besar? Apakah Anda akan menyimpan berbagai file multimedia? dengan Mengambil inventaris aset Anda sebelum anda memulainya akan membantu Anda dalam memilih ukuran storage yang tepat.

Kesimpulan

Di artikel ini IDwebhost sudah membahas mengenai spesifikasi komputer server. Setiap komputer memang dapat dijadikan sebagai server tetapi perlu anda ingat bahwa Anda perlu tahu dahulu apa saja kebutuhan Anda sebelum memilih hardware yang tepat untuk dijadikan server. IDwebhost menyediakan paket hosting murah terbaik, cocok untuk pemula untuk belajar lebih lanjut mengenai server.