Cara Setting dan Membuat Website Wordpress di Android
Blog Wordpress Expert Cara Setting dan Membuat Website WordPress di Android

Cara Setting dan Membuat Website WordPress di Android

Di zaman yang serba digital ini, memiliki website atau blog merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi sebagian orang. Fungsi dari website sangatlah banyak, mulai untuk berburu dollar, berbagi berita dan infomasi, menyalurkan hobi menulis, media iklan atau promosi, hingga sebagai profil seseorang untuk menampilkan keahliannya. Berikut adalah artikel tentang Cara Setting & Membuat Website WordPress Di Android.

Jika website yang sudah jalan tersebut bisa mempunyai trafik tinggi atau pengunjung yang banyak maka ada keuntungan lainnya seperti kita bisa menggunakannya untuk menerima pemasangan iklan, sehingga kita bisa mempunyai pemasukan pasif yang artinya walaupun kita sedang istirahat maka kita masih bisa mempunyai penghasilan.

Namun, perlu anda ingat untuk membuat sebuah website dengan trafik yang tinggi dibutuhkan kerja keras, ketekunan dan juga tentunya keahlian. Jadi untuk membuat website itu mudah, tetapi membuat isi dari website itu atau konten yang susah karena pengguna harus belajar lagi ilmu seo dan lain sebagainya. Gimana pusing ya? hehe. Sekarang kita kembali ke topik utama tentang bagaimana cara setting dan membuat website wordpress melalui smartphone dengan mudah ya tanpa harus melakukan coding dan hal-hal rumit lainnya.

Selain itu kita nanti juga bisa mengakses atau membuat konten websitenya dengan mudah melalui smartphone. Melalui artikel ini, jika anda masih pemula di dunia website, saya sarankan supaya anda menggunakan wordpress.com saja. Kenapa? mengapa tidak menggunakan wordpress.org atau blogger.com? Begini loh alasannya. Kita akan bahas 3 penyedia layanan atau platform pembuatan website gratis tersebut sedikit ya.

Sebelum melanjutkan lebih lanjut, mohon matikan addons ad blocker di browser anda jika terpasang, supaya semua konten di website ini bisa di akses.

Blogger

Blogger.co.id bisa digunakan untuk membuat blog free atau gratis, menggunakan domain bawaan blogger sendiri yaitu .blogspot.co.id. Misalnya anda mau memberi nama website anda sendiri dengan nama ‘IDwebhost’. Maka alamat domain lengkap anda adalah IDwebhost.blogspot.co.id, begitu. Blogger cocok untuk pemula atau untuk anda yang hanya sekedar ingin menyalurkan hobi menulisnya, dan menulis melalui blogger pengguna juga di izinkan untuk memasang berbagai iklan, seperti iklan adsense milik google dan iklan lainnya.

Kekurangannya dari blogger yaitu susah sekali untuk di kustomisasi atau diedit desainnya dan tidak dilengkapi dengan berbagai plugin seperti pada wordpress. Jadi kurang cocok bagi anda yang suatu saat ingin mengembangkan website/blognya agar menjadi lebih besar lagi.

WordPress.org

WordPress.org bagi saya untuk pemula kurang saya rekomendasikan, mengapa? Karena user diwajibkan untuk menggunakan hosting dan domain, selain itu juga rawan terhadap terkena serangan hacker atau orang yang tidak bertanggungjawab. Tapi, jika anda sudah berpengalaman dalam menggunakan wordpress.org, bisa menjadi pilihan yang pas untuk anda karena banyak sekali tersedia tema dan plugin yang bisa dimanfaatkan sehingga akan membuat website anda terlihat lebih professional dan kaya fiturnya.

WordPress.com

WordPress.com ini bagi pemula yang baru belajar dan kedepannya mempunyai minat atau keinginan untuk membangun suatu website atau blog lebih besar, saya sangat menganjurkan platform ini. Dengan memakai wordpress.com, pengguna bisa membuat website dengan mudah dan cepat. Pengguna juga bisa melakukan custom domain dan plan sesuai keinginan, serta uptime wesite dan securitynya juga sangat aman. Jika suatu saat nanti pengguna ingin memindahkan websitenya ke wordpress.org yang menggunakan domain sendiri, User atau pengguna bisa melakukannya dengan mudah kok tanpa harus khawatir jika trafik kunjungan dari pengunjung akan hilang atau turun drastis.

Namun, ada kekurangannya pada versi gratisnya. Pengguna hanya bisa menggunakan domain IDwebhost.wordpress.com, ada embel-embel wordpress.com gitu dibelakang domain anda, namanya juga gratisan, hehe. Kekurangan lainnya yaitu website yang dibuat akan secara otomatis berisi iklan, dan kita sebagai pemilik website tersebut tidak di izinkan untuk menempelkan iklan diversi gratis ini. Jika ingin mencoba memonitasi iklannya maka pengguna diharuskan untuk melakukan upgrade plan ke versi berbayar.

Baca Juga : Perbedaan Antara WordPress.Org Vs WordPress.Com

Begitulah penjelasan sedikit mengenai 3 platform pembuat website diatas. Okey, kita lanjut langsung ke pokok pembahasan.

Cara Setting & Membuat Website WordPress Di Android

1. Download Aplikasi WordPress Di Playstore Android

Pertama kita download aplikasi wordpress melalui playstore terlebih dahulu. Jika aplikasi sudah terinstal lalu anda buka aplikasi tersebut, maka tampilan awal aplikasi wordpress (WP) seperti pada gambar di bawah ini. Selanjutnya klik saja tombol dibagian ‘create a wordpress site’ untuk mulai membuat websitenya.

 

setting wordpress di android
IDwebhost

2. Masukkan Data Anda

 

setting wordpress di smartphone android
IDwebhost

 

Langkah selanjutnya yaitu silahkan anda masukkan alamat email, username, password dan domain yang anda inginkan tetapi ingat masih ada embel-embel wordpress.com. Jika anda ingin 100% nama domain seperti hhtps://IDwebhost.com, silahkan anda lakukan upgrade plan versi berbayar. Oke kalau sudah terisi semua, lanjut klik tombol ‘buat akun’, nanti anda akan mendapatkan sebuah email konfirmasi dari wordpress.com, silahkan anda cek email anda lalu buka dan klik link konfirmasi yang telah dikirimkan ke email anda tersebut.

3. Beranda WordPress Android

Setelah link konfirmasi di klik maka anda sekarang sudah berhasil mempunyai website sendiri hanya beberapa menit saja, namun masih kosong guys. Anda bisa membuat isi websitenya seperti postingan dengan cara mengeklik tombol pena dipojok bawah kanan berwarna orange.

4. Kolom Membuat Postingan

Untuk menulisnya juga cukup mudah, tidak seperti pada platform blogger yang mempunyai minim fasilitas dan kekurangan. Aplikasi wordpress di android mempunyai fitur yang memadai bagi seseorang yang ingin membuat tulisan langsung via smartphone androidnya. Disini pengguna bisa dengan mudah dalam mengatur kategori, memasukkan link, gambar, font, list dan lain sebagainya. Gambar-gambar yang akan dimasukkan juga bisa di ambil menggunakan kamera secara langsung loh atau melalui gallery yang ada pada smartphone android anda. Sebagai contohnya, anda dapat melihatnya seperti pada gambar dibawah ini ya.

 

setting wordpress via android
IDwebhost

 

Akhiran

Begitulah artikel dari kami mengenai cara setting dan membuat website di wordpress melalui android. Saya berharap anda mudah mengerti, dan kalau sebenarnya dalam membuat blog atau website itu mudah. Namun, yang sudah itu adalah saat mengisi konten yang berkualitas dan menarik pengunjung supaya mempunyai trafik yang tinggi.

IDwebhost akan selalu melakukan update rutin mengenai artikel perkembangan bisnis untuk membantu mengembangkan bisnis anda. IDwebhost juga melayani jasa domain dan hosting dengan harga yang terjangkau dan berkualitas, selain itu kami juga melayani pembuatan website, toko online, jasa promosi online, pembuatan website desa gratis dan masih banyak lainnya yang bisa anda cek di web kami IDwebhost.

Jika artikel ini bermanfaat bagi anda, anda bisa share ke social media atau teman-teman anda dan jika mempunyai pendapat atau pertanyaan bisa tuliskan dikolom komentar dibawah artikel ini ya. Salam sukses guys!

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.