Membuat Website Review yang Keren di WordPress

Membuat Website Review yang Keren di WordPress campaign-unlimited

Pernahkah terpikirkan olehmu untuk membuat sebuah website yang berisi konten review? Bagaimana sih cara mudah membuat website review? Website review merupakan salah satu saluran yang banyak ditempuh blogger untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Review online akan membantu orang lain untuk melakukan keputusan pembelian dan memungkinkanmu untuk mendapatkan pendapatan melalui komisi. Kamu bisa membuat website revew dengan tema yang spesifik, atau bisa menambahkan halaman review sendiri di website yang sudah  dimiliki.

Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara mudah membuat website review di WordPress dan membuatnya menghasilkan bagimu. Nantinya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membangun sebuah website review dan mendapatkan uang dari internet.

Mengapa Membuat Website Review?

Pertanyaan ini akan banyak diutarakan padamu saat akan membangun sebuah website yang konten utamanya berisi review produk atau layanan jasa. Kebanyakan orang memiliki kecenderungan untuk melihat revew barang atau produk sebelum memutuskan untuk membeli.

Atau juga ketika orang yang ingin berlibur ke desa wisata, kalau tidak melihat website desa tujuan, tentu akan melihat review di website yang membahas traveling.

Cara Mudah Membuat website

Terdapat dua opsi populer yang untuk membuat website review. Pertama, bisa menambahkan review sections pada website yang sudah ada. Cara kedua adalah membuat website yang sama sekali baru dan terpisah dari situs utama. Apapun yang cara yang kamu pilih nantinya, sangat penting untuk sebisa mungkin menghindari tema dengan persaingan yang tinggi.

Contohnya, diluar sana banyak sekali situs yang membicarakan tentang review sepeda motor, namun tak banyak yang mereview aksesorisnya. Rahasia untuk membangun website review yang sukses adalah menemukan niche yang tepat. Niche dengan persaingan rendah dan sangat kamu kuasai merupakan sebuah kombinasi yang sempurna.

Beberapa faktor yang perlu dipertimbankan sebelum memulai website review antara lain: Sumber untuk membangun trafik, bagaimana cara menarik pengiklan, mempertimbaggkan pemillihan program afiliasi, apakan orang lain juga bisa menghasilka pada niche yang sama, dan bagiamana tingkat persaingannya.

Untuk itu kamu bisa melakukan analisa menggunakan beberapa tools untuk melakukan riset, sperti SEMRush, ataupun Google Keyword Planner.

Langkah 1: Setting WordPress

Mengapa menggunakan wordpress? Karena WordPress sangat mudah digunakan, memiliki plugin dan tema yang banyak, ramah SEO, dan memiliki komunitas pengguna yang besar. Menggunakan WordPress akan sangat menguntungkan.

Yang pertama kali kamu lakukan adalah melakukan setting website WordPress. Setting ini cukup mudah. Kamu hanya tinggal mengikuti pop up perintah dari akun pengguna hosting.

Langkah 2: Install Tema dan Plugins yang sesuai

Setelah berhasil melakukan setup WordPress, saatnya memilih tema terbaik untuk website review milikmu. Ketika mencari tema terbaik untuk website, kamu akan menemukan beberapa tema yang yang menawarkan fungsi komplit dari suatu tema tersebut. Ada baiknya untuk tidak menggunakan hal itu.

Kamu tak perlu menggunakan template WordPress. Banyak tema review website di WordPress yang mengandung bloatware dan akan menguncimu untuk menggunakannya selamanya. Itulah mengapa lebih baik menggunakan plugins karena plugins dapat bekerja dengan tema atau desain apapun yang kamu pilih.

Setelah menmukan tema yang tepat, selanjutnya adalah menambahkan fungsi tambahan untuk ditambahkan pada website. Kamu bisa menggunakan plugins untuk membuat website lebih ramah SEO. Plugins SEO ini akan memudahkan website untuk terindeks mesin pencari.

Salah satu plugins yang bisa ditambahkan ke website review milikmu adalah WP Product Review. Plugins ini ssangat mudah digunakan, begitu juga dengan aktivasinya.

Langkah 3: Menambahkan Review di Website

Menambahkan review menggunakan WP Product Review merupakan sesuatu yang mudah dilakukan. Pada dasarnya terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan untuk manmbahkan review produk di website WordPress mengggunakan plugin WP Product Review;

  • Menambahkan review dalam bentuk postingan
  • Menambahkannya ke postingan maupun halaman

Apapun cara yang kamu pilih untuk mempublikasikan review, menambahkan review di website WordPress pun sama saja. Plugin tersebut akan memberikan akses padamu untuk membuat post atau halaman review. Cukup edit atau menambahkan post baru di WordPress.

Cara Mudah Membuat website

Jika kamu menyalakan tipe post review, kemudian masuk ke halaman Reviews > Add New page untuk menambahkan reviewmu. Lalu bagaimana cara menambahkan review? Simak cara dibawah ini:

Di bawah kotak meta box  di kolom sebelah kanan, kamu akan menemukan opsi label ‘Is this post a review’. Menyalakannya akan menampilkan opsi untuk manambahkan ulasan produkmu. Pertama, kamu perlu memberikan detail produk seperti gambar, teks beli sekarang, tautan poduk atau link afiliasi, dan pastinya harga produk.

Setelah itu, kamu perlu menambahkan fitur produk dan skor untuk fitur tersebut. Klik Add option button untuk menambahkan lebih banyak fitur jika memang memerlukannya. Selanjutnya, kamu bisa menambahkan daftar kelebihan dan kekurangan produk. Kamu harus mencantumkan fitur yang menjadi kelebihan dan kelemahannya. Setelah selesai, kamu bisa menyimpannya terlebih dahulu atau langsung mempublikasikannya.

Langkah 4: Menampilkan Ulasan di Bilah Samping

WP Product Review memungkinkanmu untuk menampilkan pos ulasan di bilah sisi dan area setiap widget lainnya. Caranya adalah, klik appearance>halaman widget, dan kamu akan menemukan produk teratas dan widget produk terbaru.

Cukup tambahkan widget ke bilah sisi dan konfigurasikan opsinya. Kamu bisa memilih jumlah produk yang ditampilkan, judul produk, danpengaturan tampilan gambar. Setelah selesai, klik tombol simpan. Selanjutnya kamu bisa mengunjungi situs websitemu, untuk melihat ulasan yang kamu buat tadi sudah tayang.

Menghasilkan uang dari Website Review

Website review merupakan cara yang ampuh untuk menghasilkan pendapatan pasif. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari website review millikmu. Beberapa cara dibawah ini merupakan cara paling populer dalam nghasilkan pendapatan tambahan untuk website review.

Program afiliasi

Program afiliasi akan membuatmu menghasilkan uang dari review dengan merekomendasikan suatu produk atau layanan di website. Kamu akan mendapatkan komisi ketika pengunjung melakukan klik pada referral link dan melakukan pembelian.

Kamu harus mencari tahu produk atau brand yang memiliki program afiliasi. IDwebhost, penyedia jasa hosting terbaik dengan harga termurah di Indonesia memiliki program afiliasi yang sangat cocok untuk kamu yang menginginkan mencari uang tambahan dari internet.

Advertisment

Banyak website di internet yang mampu menghasilkan uang dari memajang iklan. Kamu akan dibayar dari impresi atau ketika pengunjung mengklik iklan dari websitemu. Cara paling populer di dunia ini tentu saja platform Google Adsense.

Menulis Review Berbayar

Menulis review berbayar merupakan salah satu cara yang paling populer dalam mnghasilkan uang dari website review. Kamu akan dibayar untuk menuliskan secara jujur produk yang digunakan. Namun untuk sampai di tahap ini, kamu harus membangun reputasi dahulu sebagai reviewer yang bisa dipercaya dengan kualitas ulasan yang bagus.

Cara Mudah Membuat website

Kesimpulan

Memiliki website dengan niche review merupakan peluang yang menjanjikan. Kecenderungan orang untuk melihat review sebalum memutuskan membeli suatu produk adalah kesempatanmu. Terdapat banyak cara mudah untuk membuat website review.

IDwebhost sebagai jasa pembuatan website murah terbaik memiliki banyak pilihan paket dengan fitur-fitur yang jarang ditemui di provider lain. Tunggu apalagi, buat websitemu di IDwebhost sekarang!

 

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019