Pentingnya Membuat Website Mobile friendly dan Panduan Caranya

21 Okt 2023
Pentingnya Membuat Website Mobile friendly dan Panduan Caranya campaign-unlimited

Kalau kamu saat ini sedang mengelola sebuah website, coba periksa apakah website kamu sudah mobile friendly? Membuat website mobile friendly adalah salah satu strategi untuk memberikan pengalaman yang baik pada pengunjung. Dengan website yang responsif, pengunjung jadi tidak perlu menunggu loading yang lama.

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan istilah ini, tapi sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan website mobile friendly? Nah, pada artikel ini kamu bisa belajar dan mengenali website mobile friendly dan bagaimana cara membuatnya. Mari langsung saja menuju pembahasan di bawah ini!

Apa Itu Mobile friendly?

Mobile friendly adalah istilah yang digunakan untuk menyebut platform seperti website yang sudah dioptimasi sehingga lebih responsif. Membuat website mobile friendly kini dianggap sangat penting sebab beberapa tahun belakangan ini diketahui bahwa jumlah pengguna perangkat mobile terus meningkat.

Website mobile friendly memiliki kemampuan untuk beradaptasi pada berbagai macam ukuran layar perangkat. Sekalipun pengguna menggunakan ponsel atau tab, website mobile friendly tetap bisa menyesuaikan tampilannya secara otomatis saat dibuka oleh pengguna.

Menggunakan website yang mobile friendly tidak semata-mata hanya membuat pengunjung nyaman saja. Dengan akses yang mudah dan responsif pada berbagai jenis perangkat, website mobile friendly berpotensi untuk mendatangkan pengunjung baru secara signifikan.

Pentingnya Website Mobile friendly

Sebelum kamu ikut-ikutan membuat website mobile friendly, coba ketahui dulu apa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan website yang responsif ini. Berikut beberapa di antaranya:

1. Mengikuti Trend Pengguna Internet

Jumlah pengguna internet dengan perangkat mobile terus bertambah setiap tahunnya. Sebuah agensi media, Zenith, bahkan sudah memprediksikan jumlah pengguna internet dengan smartphonei dapat mencapai hingga 80% dari total pengguna pada tahun 2019.

Mobile internet dianggap sebagai masa depan dari pengguna internet. Bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan fleksibilitas yang ditawarkan oleh smartphone. Jika kamu beralih ke website mobile friendly, maka kamu dapat menjangkau seluruh pengguna internet termasuk dengan pengguna mobile internet.

2. Lebih Disukai Google

mobile friendly adalah

Sebagian besar traffic dikuasai oleh pengguna mesin pencari Google, maka mau tak mau kamu perlu menyesuaikan dengan algoritma Google. Kini, Google lebih memprioritaskan website mobile friendly untuk ditampilkan pada halaman pertama hasil pencariannya.

Pasalnya, website yang belum berorientasi ke mobile tidak bisa menduduki peringkat atas pada SERP Google. Tentu saja hal ini bisa menimbulkan kerugian yang besar bagi kamu yang memiliki website bisnis.

Terlebih lagi jika kamu sudah melakukan berbagai upaya optimasi SEO, bisa jadi usaha yang kamu lakukan sia-sia karena website yang belum mobile friendly. Oleh sebab itu, mobile friendly kini juga menjadi salah satu indikator utama dari optimasi mesin pencari.

3. Meningkatkan Brand Image

Kamu ingin meningkatkan daya saing dari kompetitor? Membuat website mobile friendly adalah salah satu caranya. Mengingat beralih ke website mobile kini masih jadi perbincangan yang hangat, sejumlah website diketahui belum menerapkan fitur ini pada situsnya.

Jika kini kamu beralih ke website responsif maka tentu saja kamu bisa meningkatkan image dari bisnismu. Website kamu bisa menjadi destinasi utama dalam bidangmu karena memiliki tema yang responsif dan kecepatan akses yang tinggi. Menarik, bukan?

4. Memberikan Peluang Promosi yang Lebih Menjanjikan

Pengguna mobile internet pasti sudah tidak asing dengan iklan yang ditampilkan di berbagai aplikasi media sosial, bukan? Berbagai iklan muncul di aplikasi YouTube, Facebook, hingga Instagram. Kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk membuat website mobile friendly sebagai landing page.

Dengan begitu saat pengguna melakukan klik, pengguna akan segera diarahkan ke website yang sudah teroptimasi dan dapat melakukan klaim promo yang didapatkannya dari iklan. Bukan hanya sangat memudahkan pengguna, ini juga memberikan peluang promosi yang lebih menjanjikan.

5. Memudahkan Pengunjung Mengambil Keputusan Pembelian

Bukan hanya pencarian informasi yang beralih ke mobile, pembelian barang online pun juga. Banyak pengguna yang lebih memilih menggunakan smartphone untuk membeli produk online. Dengan website yang responsif, pengguna tentu akan lebih mudah melakukan explore produk yang kamu tawarkan dan melakukan pembelian langsung dari ponselnya.

Cara Buat Website Mobile friendly

Lalu, pertanyaannya bagaimana cara buat mobile friendly web? Pertama-tama tentu kamu memerlukan website yang mobile friendly terlebih dahulu. Jika kamu sudah punya versi desktopnya, kamu tetap bisa melakukan konversi dengan bantuan plugin CMS.

Contoh plugin untuk CMS yang dimaksud ialah seperti Jetpack untuk WordPress atau MobileTheme untuk Drupal. Jika sudah, maka kamu bisa melakukan optimasi lebih lanjut. Berikut cara selengkapnya:

1. Menyediakan Kolom Pencarian

mobile friendly adalah

Jika website milikmu menampilkan banyak produk atau konten, maka sebaiknya kamu menyediakan kolom pencarian. Fitur ini dapat mempermudah akses pengunjung untuk mencari produk atau konten yang diinginkan. Dengan begitu pengunjung bisa lebih fleksibel mengeksplor isi websitemu.

2. Menggunakan Tema Responsif

Membuat website yang mobile friendly caranya bisa sangat mudah dengan menggunakan tema yang responsif. Terutama bagi kamu yang menggunakan website CMS, ada ribuan pilihan tema responsif yang bisa kamu gunakan secara gratis, lho.

Tapi, kamu sudah tahu belum tema responsif itu yang seperti apa? Tema responsif setidaknya memenuhi tiga kriteria, seperti: bisa menyesuaikan tampilan secara otomatis, menyediakan user interface yang intuitif, dan menampilkan desain yang sederhana.

3. Melakukan Optimasi Gambar

Sekalipun website milikmu sudah menggunakan tema responsif tapi media yang kamu tampilkan masih terlalu berat, pengunjung tetap akan kesulitan untuk memuat halaman, lho. Jadi, pastikan kamu juga melakukan optimasi gambar dalam website.

Melakukan optimasi gambar dapat dilakukan dengan beberapa upaya misalnya seperti melakukan kompresi ukuran file dan memperkecil dimensinya. Jangan lupa untuk menggunakan format gambar yang tepat juga untuk menghemat kapasitas disk. Terakhir, biar semakin lengkap optimasinya, sertakan kata kunci pada alt text agar terbaca oleh bot.

4. Membuat Menu yang Sederhana

apa itu mobile friendly

Agar tampilan websitemu tidak berantakan saat diakses dengan ponsel pintar, sebaiknya kamu membuat menu website yang sederhana saja. Cukup tampilkan menu-menu yang penting di tampilan utama. Jika tidak bisa disederhanakan, maka kamu bisa meletakkan menu dalam collapsible navigation sidebar.

Tujuannya, agar menu navigasi bisa disembunyikan dan tidak terlalu mengganggu tampilan website. Di samping itu, pastikan kamu juga menyertakan CTA dengan tombol berukuran cukup besar untuk memudahkan pengguna untuk mengambil keputusan, ya.

5. Minimalisir Pemakaian Pop-up

Pop-up dapat mengganggu pengalaman pengunjung di websitemu. Umumnya, tampilan pop-up cukup besar sehingga memakan banyak tempat. Bukan hanya itu saja, pop-up jga sulit ditutup karena tombol close biasanya berukuran sangat kecil. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari pemakaian pop-up untuk membuat website mobile friendly, ya.

6. Prioritaskan Kecepatan Website

Untuk mewujudkan website yang responsif, kamu tentu membutuhkan website yang cepat. Semakin lama waktu yang diperlukan untuk memuat website maka semakin tinggi bounce rate-nya. Tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi, kan?

Ada beberapa cara untuk menambah kecepatan dari website. Contohnya seperti mengurangi tampilan jumlah post di halaman utama. Lalu, pastikan juga kamu menghindari pemakaian widget yang tidak terlalu penting. Begitu juga dengan plugin, terlalu banyak plugin dan widget aktif bisa membuat websitemu jadi berat.

Jika kamu ingin lebih cepat lagi, kamu bisa menggunakan layanan hosting IDwebhost. Kami jamin, kamu bisa membuat website mobile friendly dengan kemampuan 40x lebih cepat yang pasti bikin pengunjungmu betah. Pelajari selengkapnya dan klaim harga terbaik untuk kamu segera, yuk!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022