Cara Membuat Website dengan Mudah Dari Nol

30 Des 2022
Cara Membuat Website dengan Mudah Dari Nol campaign-unlimited

Website merupakan komponen yang cukup penting dalam dunia bisnis saat ini. Hampir setiap kegiatan bisnis wajib memiliki website agar tetap “kekinian” dan mampu bersaing dengan para kompetitor nya. Oleh karena itu di artikel berikut ini kami akan membahas cara membuat website dengan mudah dari nol.

Nantinya di masa depan akan berpengaruh terhadap daya tarik customer untuk mengunjungi tokomu. Selain itu dengan kemajuan teknologi di masa kini, cukup banyak orang mencari informasi secara online dengan menggunakan internet.

Nah, dengan adanya website berfungsi sebagai peghubung antara customer dan perusahaanmu di dunia online atau internet. Siapa tahu usahamu akan jadi lebih dikenal publik. Namun apakah hanya website perusahaan saja yang butuh website? Tentu saja tidak! Kamu, yang pengen eksis di dunia internet atau yang bekerja di dunia digital, media ataupun creative profesional  sekalipun juga harus punya website untuk mempromosikan diri kamu sendiri.

Menurut TheMuse, portofolio yang berbentuk website sangat diperlukan sebagai sarana untuk personal branding. Dengan adanya personal website, kamu bisa meletakkan beberapa contoh portofolio dari hasi pekerjaan kamu sebelumnya.

Cara Membuat Website dengan Mudah
Idwebhost

Selain itu, di era kini  hampir 40% perusahaan menggunakan social media untuk melakukan seleksi terhadap para calon pekerjanya. Jadi, dengan ada nya personal website atau situs pribadi ini, kamu bisa “menjual” kemampuan yang kamu miliki tanpa harus susah – susah antri di event Job Fair lagi. Jadi, masih berpikir bahwa belum butuh website? Wah, coba pikir lagi!

Tanpa perlu basa – basi lagi, berikut cara membuat website dengan gampang mulai dari nol.

Cara Membuat Website dengan Mudah dari Nol untuk Pemula

1. Kenali karakteristik website macam apa yang ingin dibuat

Mengenali karakteristik website seperti apa yang akan dibuat adalah salah satu hal yang sangat penting karena menjadi alasan mengapa website itu dibuat. Jadi langkah pertama coba tentukan dahulu website apa yang ingin kamu buat. Lalu setelah tahu website yang ingin dibuat, pastikan kamu tahu nantinya website tersebut digunakan untuk apa, warnanya apa, menu – menu apa saja yang ada di sana dan akan diisi apa aja.

Jangan lupa untuk mencantumkan portofolio yang ingin kamu kenalkan ke pada publik. Coba lakukan riset di search engine misalnya Google. Coba cari ide dan inspirasi bagaimana website yang ingin kamu buat.

Contoh misalnya, kamu ingin membuat toko online tentang produk pakaian. Jadi di websitemu nanti customer bisa memilih produk, memilih warna dan ukuran, melakukan order produk, memasukkan ke keranjang belanja hingga melakukan pembayaran. Intinya coba lakukan riset bagaimana toko online bekerja ya.

Contoh lainnya, kamu sebagai wiraswasta ataupun pemilik usaha UMKM. Agar produk banyak dikenal publik, maka kamu ingin membuat website yang isinya berbagai produk. Nah, kamu bisa mulai membayangkan bagaimana bentuk website. Misalnya, website nanti akan menampilkan produk apa saja, apa yang akan ditonjolkan di website, proses pengerjaan produk dan sebagainya. Jangan lupa untuk menampilkan alamat dan nomor telepon ya agar customer mudah untuk mencari toko kamu.

2. Menggunakan teknologi lama untuk cara membuat website

Sebelum masuk ke cara membuat website dari nol versi mudah, kamu harus tahu bahwa sejak jaman dulu website terkenal sangat rumit. Ada beberapa alasan mengapa banyak orang malas untuk membuat website sendiri seperti Ribet, tidak tahu cara membuat website, tidak paham bahasa pemrograman, males belajar, masih awam di dunia internet dan masih banyak lagi.

Namun sebenarnya di dunia ini tidak ada yang susah. Semua mudah asal kita ingin berusaha. Seperti halnya membuat website, ada beragam cara agar membuat website bisa terwujud. Tinggal pilih, ingin cara yang mudah atau yang sulit. Pada dasarnya, website dapat terbentuk dari bahasa pemrograman yang disusun sedemikian rupa. Kemudian bahasa pemrograman tersebut di taruh di hosting, lalu kita dapat mengaksesnya lewat domain.

Cara Membuat Website dengan Mudah
IDwebhost

Sebuah website dibangun dari suatu bahasa pemrograman yang dijalin dan disusun menjadi suatu kesatuan yang kemudian barulah menjadi website. Ada beragam bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat website. Dikutip dari IEEE, terdapat 10 bahasa pemrograman terpopuler. Untuk membuat website terdapat bahasa pemrograman seperti Python, Java, C#, Javascript, PHP ataupun GoLang.

Nah, dari beberapa bahasa pemrograman tersebut lalu mana yang terbaik? Mungkin pertanyaan tersebut susah dijawab. Namun menurut W3Tech, hampir 83,4% website di dunia menggunakan bahasa pemrograman PHP untuk sisi server. Sedangkan di sisi client, hampir 95,1% menggunakan bahasa pemrograman Javascript.

Nah, tidak hanya sampai disitu saja. Tapi untuk mempercantik tampilan website, kamu butuh Markup Language dan Site Element. Dikutp dari W3Tech, Markup Language yang paling banyak digunakan adalah HTML singkatan dari Hypertext Markup Languange yang hampir digunakan oleh 81,2% website di dunia. Dan untuk Site Element, hampir 95,9% website di dunia menggunakan CSS untuk mempercantik tampilan website.

Lalu, biasanya para pemula yang ingin membuat website dari nol atau yang ingin membuat website dari awal, tidak ingin secara langsung berhubungan dengan server. Mereka cenderung memilih menggunakan server lokal atau biasa disebut localhost.

Dan terakhir Untuk Windows, kamu bisa menggunakan XAMPP. Jika Linux, kamu bisa menggunakan LAMPP. Lalu bagi pengguna Mac, kamu bisa memanfaatkan MAMP. Ketiganya  akan membantu kamu dalam urusan sisi server sehingga menjadi lebih aman.

3. Gunakan Instant Deploy

Cara Membuat Website dengan mudah selanjutnya adalah gunakan instant deploy. Dengan Instant Deploy, kamu bisa melakukan instalasi CMS (C0ntent Management System) secara otomatis. CMS adalah sebuah sistem informasi yang berfokus pada konten. Jadi CMS dapat kamu download, install dan lakukan kustomisasi seperti layaknya website biasa. Sekarang ini jaman serba mudah.

Kamu tidak perlu mahir dalam membuat website menggunakan bahasa pemrograman. Ada teknologi CMS untuk mempermudah pembuatan website khususnya untuk pemula. Yang perlu kamu persiapkan hanya konten, gambar dan “sesuatu” yang ingin kamu taruh di website.

Cara Membuat Website dengan Mudah
Hosting domain IDwebhost

 

4. Menggunakan Domain dan Hosting

Dari awal artikel, kata domain dan hosting sudah sangat banyak disinggung. Lalu sebenarnya apa itu domain dan hosting? Domain adalah alamat dari tempat file website tersebut, sedangkan Hosting adalah tempat menyimpan file website.

Tanpa ada domain dan hosting, website tidak akan bisa ada internet. Oleh karena itu kehadiran domain dan hosting bagi sebuah website itu sangat penting. Di Indonesia, ada banyak domain dan hosting murah berkualitas dengan fitur yang mumpuni kok. Jangan khawatir! Salah satunya adalah Idwebhost dimana kamu bisa mendapatkan domain dan hosting dengan harga sangat murah

Berikut tadi merupakan beberapa cara membuat website dengan mudah dari nol yang cocok untuk pemula. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Penulis
Member since 2 Jul 2013