Bagaimana Membuat Vlog Untuk Pemula?
Blog Tips Keren Bagaimana Membuat Vlog Untuk Pemula?

Bagaimana Membuat Vlog Untuk Pemula?

Belakangan ini tengah ada suatu gaya baru bagi orang – orang untuk bisa eksis di media sosial yaitu Vlog. Ya, ini bukanlah merupakan typo dari blog. Vlog kerap kali menghiasi berbagai media sosial seperti instagram, youtube hingga Facebook. Sifatnya yang murah dan mudah dilakukan membuat vlog begitu disenangi dan digandrungi oleh masyarakat.

Seperti bentuk blogging lain, video blogging (vlog) dilakukan dengan menggunakan video. Anda bisa menggunakan layanan gratis seperti YouTube atau Vimeo untuk menjadi host dari video yang Anda buat. Seperti blog normal, video Anda akan terlihat ke publik dan mereka bisa menilai, memberi komentar, hingga sharing atau membagikannya. Perbedaan besarnya adalah ketika kita menggunakan video untuk membagikan informasi, bukan hanya teks saja.

Pilih Blog atau Vlog?

Bagaimana caranya bisa memilih antara video blogging dengan artikel tradisional? Lalu kenapa Anda perlu memilih satu dari keduanya? Dengan menggabungkan postingan teks, gambar, dan video tentu saja akan memberi Anda fleksibilitas lebih banyak untuk bisa mempresentasikan konten, menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik, dan memberi Anda jangkauan yang lebih besar.

Untuk melakukan hal ini Anda harus memiliki website untuk sebagai tempat Anda menerbitkan semua konten. Bila Anda belum memutuskan platform mana yang akan digunakan dalam video blogging atau vlog, YouTube jelas adalah pilihan paling ideal. Ribuan bintang YouTube di seluruh dunia memperoleh keuntungan besar per tahun dari iklan yang ada di saluran mereka. YouTube telah menjadi situs video paling favorit.

YouTube akan memberi Anda akses secara langsung ke audiens secara global. Halaman Facebook akan menjadi alternatif untuk video dan platform untuk bisa mendapat jangkauan tambahan. Tidak seperti YouTube, Facebook secara otomatis akan memutar video di newsfeed dan menghitung full view setelah hanya dengan 3 detik play. Berikut adalah cara membuat vlog untuk anda pemula.

 

Membuat vlog untuk pemula
idwebhost.com

Cara Membuat Vlog Untuk Pemula

Mudah saja untuk memulai vlogging dan Anda tidak perlu memakai kamera SLR yang mahal karena untuk memulai anda bisa menggunakan peralatan dasar seperti kamera komputer atau kamera di mobile phone. Saat ini teknologi sudah berkembang sangat pesat dan Anda pasti memiliki kamera berkualitas bagus entah itu di komputer atau handphone.

Anda bisa gunakan berbagai software seperti Camtasia (Windows) dan Screenflow (Mac) ketika ingin merekam. Sebagai pemula, gunakan tool editing yang mudah digunakan seperti MovieMaker (Windows) dan iMovie (Mac) ketika Anda mau mengedit video. Cari tempat sunyi agar Anda bisa membuat audio yang keras, clear dan jernih.

Awalnya pasti akan terasa canggung untuk merekam diri sendiri. Karena memang butuh waktu untuk berlatih menjadi master untuk menguasi semua hal tentang vlog ini. Untuk mengatasinya, coba rekam beberapa video diri sendiri untuk dilihat kembali dan dipelajari.

Lalu coba buat script untuk video anda apabila anda masih gugup karena hal ini pasti akan membantu Anda untuk menjadi lebih percaya diri. Tempat bagus untuk memulainya adalah screen capture video. Karena hal ini cukup mudah dibuat. Anda hanya perlu merekam apa yang Anda lakukan di layar komputer. Tidak memerlukan kamera video atau cahaya. Anda bahkan tidak perlu khawatir tentang bagaimana penampilan Anda karena orang tidak akan melihat Anda. Screen capture video juga sangat efektif untuk engagement.

Mungkin anda juga memiliki banyak gambar dari event atau liburan tapi tidak memiliki skill untuk mengedit nya? Coba gunakan tool seperti Shared Video agar bisa menciptakan video dari koleksi gambar yang Anda miliki.  Perlu musik untuk video? Coba pakai Jukedeck, tool yang bisa untuk menciptakan musik yang unik dan bisa digunakan secara gratis.

Cara Optimasi Video agar ditemukan di Youtube

Selanjutnya, sebagai pemula anda harus memahami bagaimana bisa optimasi video anda agar mudah ditemukan di Youtube. Tidak ada trik ajaib untuk menjamin video Anda ini akan dilihat. Sebanyak 300 jam video diupload di YouTube setiap menit. Mayoritas video – video ini akan terabaikan. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan demi meningkatkan kemungkinan untuk mendapatkan viewers.

 

Membuat vlog untuk pemula
idwebhost.com

 

Kebanyakan pengguna YouTube menemukan video lewat menggunakan pencarian, rekomendasi, dan video terkait. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk optimasi saluran dan video Anda untuk memiliki kemungkinan lebih baik menjadi yang terdepan.

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi algoritma Google dan YouTube, video terkait, dan rekomendasi. Berikut adalah faktor yang perlu Anda ketahui agar anda bisa optimasi video anda pada Youtube:

1. Optimasi chanel Youtube

  • Ukuran saluran Anda jadi hal penting. Coba tingkatkan output video dan mulai membangun archive video Anda. Lalu cari tahu jadwal penerbitan yang tepat.
  • Frekuensi upload video baru. Algoritma menyukai chanel yang upload video secara teratur. Audiens yang konsisten dibangun dengan menerbitkan konten secara konsisten. Terbitkan video baru pada frekuensi sering dan pada jadwal yang berulang. Beritahu penonton tentang jadwal video Anda agar membangun buzz dan membuat mereka penasaran tentang video baru Anda.
  • Kualitas video. Video yang high definition jelas akan lebih unggul dibanding video kualitas rendah di hasil pencarian. Lakukan shooting dan upload video Anda dengan format HD.
  • Jumlah subscriber penting karena memiliki subscriber dengan jumlah banyak akan menjadi signal untuk influensi Anda. Ini juga berarti popularitas video Anda meningkat dan akan memiliki audiens sejak Anda menguploadnya.

2. Meningkatkan Viewer Action

 

Viewer action adalah subscribe, menyukai, berkomentar, dan membagikan video di media sosial. Untuk bisa memaksimalkan hal ini, pertama ajak pengunjung menonton konten Anda lebih lama. Lalu minta mereka melakukan action setelah menonton konten untuk memberi signal nilai dari konten yang Anda ciptakan.

Kebanyakan penonton tidak melakukan action apapun setelah menonton video. Agar konten Anda tersebar secara organik, Anda harus mendapat lebih banyak viewer yang bisa melakukan action. Ajak mereka untuk subscribe saluran Anda, menyukai video, berkomentar di video, sampai membagikan link tersebut ke media sosial. Berikut cara Anda meningkatkan viewer action:

 

Membuat vlog untuk pemula
idwebhost.com

 

  • Ajak orang untuk subscribe. Minta mereka melakukan ini dalam video Anda.
  • Tambahkan watermark di setting “InVideo Programming” di chanel YouTube anda.
  • Tambahkan video trailer yang sangat jelas ke non subscriber untuk mendorong mereka segera subscribe.
  • Berikan pancingan agar pengunjung mau subscribe.
  • Buat tautan dari situs Anda.
  • Ajak penonton video anda untuk berkomentar.
  • Promosi di saluran YouTube lain dan website yang relevan.
  • Buat playlist atau daftar putar untuk mengatur video anda sesuai dengan tema.

Berikut tadi merupakan beberapa cara untuk membuat vlog untuk pemula yang bisa anda tiru. Jangan lupa anda juga bisa memaksimalkan vlog anda dengan menggunakan website dengan membeli domain dan hosting murah di Idwebhost yaa

Willy Budianto

Willy Budianto seorang tech enthusiasm. Dia merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.