Keuntungan dan Cara Membuat Sub Domain di cPanel
Blog Tips Keren

Keuntungan dan Cara Membuat Sub Domain di cPanel

Sub domain adalah bagian dari domain yang anda buat itu sendiri. Meskipun sama-sama seperti membuat website yang baru, namun sub domain punya perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan domain yang utama. Perbedaanya terletak pada nama domain yang nantinya akan anda buat. Jika domain utama bisa berdiri sendiri dengan satu kata, sub domain tidak. Mungkin anda sudah familiar dengan domain utama yang punya akhiran .com, .net, .org, dan lain sebagainya. Contohnya yakni namadomainanda.com, namadomainanda.net, namadomainanda.org. Ini adalah domain utama. Bagaimana dengan sub domain? Dalam sub domain ini biasanya mengandung ekstensi yang berkaitan dengan nama hosting yang anda pakai atau nama produk domain induk. Misalnya nama domain produk induk tersebut adalah idwebhost, nanti bentuk sub domain akan seperti ini namadomainanda.idwebhost.com.

Jadi dari sini bisa anda lihat bahwa sub domain berbeda dengan domain induk. Meskipun demikian, banyak orang yang memilih membuat website dengan memakai sub domain tersebut untuk beberapa tujuan yang signifikan. Fungsinya pun juga sama seperti website pada umumnya, yakni menciptakan sebuah situs yang berisikan informasi, forum, jual beli online, dan lain sebagainya. Sub domain bisa dikatakan sebagai pembagian area dari website itu sendiri. Mungkin anda bertanya-tanya, kalau sudah ada domain utama, kenapa masih banyak orang yang membuat sebuah situs dengan memakai sub domain? Hal ini jelas dikarenakan sub domain memiliki beragam keuntungan yang spesifik, antara lain sebagai berikut:

Keuntungan Memakai Sub Domain

Cara Membuat Sub Domain di cPanel
idwebhost

Menyediakan Membuat Website Versi Gratis: Dengan menciptakan sub domain maka anda akan bisa membuat sebuah website yang gratis alias free. Web yang gratis tersebut tentunya akan memberikan kepada anda sejumlah keuntungan. Yang pasti anda tidak akan mengeluarkan biaya sepeser pun dari pembuatan web yang anda lakukan itu. Anda bisa menciptakan banyak sub domain jika anda ingin. Satu hal yang pasti, jangan jadikan sub domain sebagai web utama anda karena untuk bisa mencapai tingkat kredibilitas yang tepat, sebaiknya anda membuat domain yang menggunakan induk utamanya. Bukan sub domain.

Menyediakan Fiitur Serupa Website Asli: Bagaimana dengan fitur yang tersedia didalamnya? Anda tak perlu khawatir karena disini akan tersedia fitur yang memberikan anda kemudahan untuk membuat web yang anda inginkan. Disini anda juga bisa memanfaatkan CMS yang tersedia dengan banyak pilihan, misalnya CMS WordPress, Joomla, CMS custom, dan lain sebagainya. Ini akan memberikan kepada anda kemudahan membangun sebuah website dari awal sampai akhir hingga tercipta yang paling sempurna yang anda inginkan.

Baca Juga: Ini Dia Pengertian Addon Domain

Anda Bebas Menciptakan Nama Website Sendiri: Dari sini anda juga akan mendapatkan kebebasan untuk menciptakan nama website anda sendiri. Yang jelas nama website yang tersedia juga ada banyak. Anda bebas memilih mana nama yang akan anda ciptakan, apakah itu nama yang berkaitan dengan isi dari website anda, atau nama yang lain, semuanya terserah anda yang menentukan. Setiap orang bebas memilih nama website apa yang mereka inginkan. Dalam hal ini, Anda juga bisa melakukannya.

Panduan Membuat Sub Domain Di cPanel

Cara Membuat Sub Domain di cPanel
idwebhost

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda terapkan untuk membuat sebuah sub domain di cPanel. Dengan menerapkan langkah ini, maka anda akan bisa menciptakan sebuah website dengan segera.

Pertama, yang harus anda lakukan adalah Login terlebih dahulu ke cPanel dari website anda, yakni namadomainanda.com/cpanel.

Kedua, selanjutnya anda tinggal memilih kategori domains yang tersedia. Setelah itu pilih menu subdomains. Untuk percobaan, anda bisa membuat domain dengan nama “test” dan pilih OK/create sub domain.

Ketiga, nantinya kalau berhasil, anda akan menemukan notifikasi di layar tampilan anda. Biasanya notifikasi tersebut bertuliskan namadomainanda.subdomain.com has been created. Jika anda ingin melakukan beberapa perubahan maka yang bisa anda lakukan adalah memilih menu modify sub domain.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan bahwa ada sejumlah subdomain yang sudah dipakai oleh sistem. Jadi pastikan anda menggunakan subdomain lain selain subdomain tersebut. Beberapa yang dipakai oleh sistem antara lain adalah www, mail, ftp, cPanel, webmail, whm, webdisk.

Cara Memaksimalkan Potensi Sub Domain

Cara Membuat Sub Domain di cPanel
idwebhost

Subdomain memiliki sifat tersendiri yang serupa dengan web utama pada umumnya. Yang berbeda hanyalah alamat ekstensi yang tidak biasa. Namun, ini bukan berarti anda tidak bisa memaksimalkan potensi yang ada didalamnya. Anda akan bisa membuat sebuah website terbaik dengan menggunakan bantuan subdomain tersebut. Dengan menciptakan sebuah web yang tepat maka anda pun akan bisa mendapatkan semua keuntungan yang dibutuhkan didalamnya. Anda pun juga bisa memaksimalkan isi dari web tersebut untuk berbagai keperluan spesifik. Meskipun tak sesukses website induk, sub domain pun juga akan bisa memberikan dampak yang signifikan apabila anda mampu menggunakannya dengan baik. Ada beberapa hal dari sub domain yang akan memberikan kepada anda semua keuntungan. Berikut adalah bagaimana cara yang bisa anda terapkan agar bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh sub domain tersebut agar bisa menjadi lebih baik lagi.

Pentingnya Sebuah Konten

Pertama, yang harus anda lakukan adalah dengan memberikan isi website anda berupa konten-konten yang bermutu. Masih sama seperti sebelumnya, konten yang bermutu akan mampu meningkatkan value dari website tersebut. Anda pun akan mampu membuat sebuah website yang tepat sebagai ajang untuk berbagai informasi dan tujuan apapun. Konten yang bagus juga akan mampu meningkatkan

Kedua, bisa menjadi lebih optimal jika anda memberikan tampilan yang juga bagus untuk temanya. Seperti yang kita ketahui bahwa sebuah theme adalah sebuah hal yang penting dalam website. Dengan tema yang bagus, maka web anda akan mampu tampil lebih meyakinkan. Tampilan tema yang bagus juga akan membuat web anda jadi lebih meyakinkan.

Ketiga, maksimalkan tampilan yang ada di subdomain tersebut dengan menambahkan sejumlah widget dan juga plugin lainnya yang menurut anda tepat. Dengan adanya plugin tersebut maka anda akan mampu menciptakan sebuah website dengan tampilan yang paling bagus dan istimewa. Jadi web anda tersebut akan memiliki nilai tersendiri yang unik berkat adanya widget dan sejumlah plugin terkait yang anda sematkan didalamnya.

Keempat, sebuah subdomain juga akan bisa menjadi lebih baik apabila anda memberikan backlink juga ke situs induk atau situs utamanya. Dengan demikian, maka anda akan juga akan bisa sekaligus mempromosikan situs utama yang anda miliki didalamnya. Visitor pun juga akan bisa tau mana website utama anda dan mana website secondary anda yang berekstensikan subdomain.

Kelima, optimalkan dengan kekuatan social media. Dengan mengoptimalkan web yang anda miliki memakai social media, sudah pasti banyak keuntungan tambahan yang akan bisa anda dapatkan. Social media sampai saat ini masih menjadi sebuah pilihan utama dalam mempromosikan apapun, bahkan website anda.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.