Cara Membuat Sitemap Di WordPress Dengan Mudah
Blog Tips Keren Cara Membuat Sitemap Di WordPress Dengan Mudah

Cara Membuat Sitemap Di WordPress Dengan Mudah

Cara membuat sitemap di WordPress bisa anda terapkan dengan mudah dan signifikan. Pada dasarnya untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik anda bisa menggunakan berbagai plugin yang sudah tersedia di WordPress. Pertanyaanya adalah bagaimana cara menggunakan semua itu secara maksimal. Karena pada dasarnya memang hal tersebut perlu perjuangan signifikan yang ada didalamnya. Dalam hal ini sitemap akan bisa menjadi solusi terbaik bagi anda untuk mendapatkan itu semua dengan baik. Dengan adanya berbagaai menu yang ada didalanya yang berfungsi memberikan petunjuk bagi user dan search engine, sudah pasti akan lebih banyak manfaat yang akan bisa anda capai didalamnya. Hal tersebut akan mampu memberikan kepada anda manfaat yang lebih besar dan banyak.

Keuntungan Mempelajari Cara Membuat Sitemap Di WordPress

Keuntungan dari cara membuat sitemap di WordPress yang bisa anda terapkan tentu saja ada banyak. Hal ini akan memungkinkan halaman yang ada di website anda supaya lebih mudah ditemukan di searching engine dan nantinya akan bisa terindex dengan cepat dan signifikan. Jadi tidak ada yang perlu anda pusingkan lagi. Dalam hal ini sitemap juga akan mampu mendeteksi adanya perubahan struktur pada website dan ini akan memungkinkan anda untuk mencari jalan keluar yang terbaik didalamnya. Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah kemudahan yang nantinya akan bisa anda peroleh dalam memaksimalkan fitur search engine yang ada didalamnya dalam rangka melakukan pengidexan terhadap website yang anda miliki. Hal ini akan memudahkan anda mendapatkan semuanya dengan mudah dan tepat. Untuk bisa memulai semua itu, langkah awal yang anda perlukan adalah sebuah akses di admin WordPress anda.

 

Cara Membuat Sitemap Di WordPress
idwebhost.com

Perbedaal Sitemap XML dan Sitemap HTML

Ada dua opsi dari sitemap dalam cara membuat sitemap di WordPress ini, yang pertama adalah versi untuk XML dan kedua adalah versi untuk HTML. Keduanya sebetulnya memiliki fungsi yang signifikan didalamnya. Anda akan bisa memaksimalkan search engine yang nantinya berisikan tentang metadata beserta URL website yang ada didalamnya. Semuanya itu kemudian akan mengandung informasi tentang website jika terdapat update URL terbaru.

Untuk pilihan sitemap HTML, anda akan bisa melihat bahwa user nantinya akan mendapatkan kemudahan untuk melakukan navigasi dengan mudah dan cepat ke sebuah halaman. Dalam hal ini, nantinya akan memberitahukan kepada user tentang informasi mengenai Profile, Kontak, dan lain sebagainya. Sitemap ini juga akan berpotensi signifikan untuk membetulkan peringkat yang ada di search engine. Hal ini jelas dikarenakan sitemap tersebut bisa menambah nilai user experience pada web yang anda miliki didalamnya.

Kedua sitemap yang disebutkan tersebut memiliki peran signifikan sebagai crawling bagi konten anda. Dimana nantinya akan lebih memudahkan anda untuk meningkatkan SEO website dan juga menigkatkan user experience itu sendiri. Yang mana ini berperan besar dalam menentukan apakah website anda memiliki impact yang bagus atau tidak didalamnya. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan didalamnya. Ini akan memberikan kepada anda manfaat yang jelas dan juga luar biasa terbaik didalamnya.

 

Cara Membuat Sitemap Di WordPress
idwebhost.com

Cara Membuat Sitemap XML Pada WordPress Dengan Yoast SEO

Cara membuat sitemap pada WordPress bisa anda lakukan dengan mudah. Pada tahapan awalnya, anda memang harus paham bahwa itu semua akan bisa anda aplikasikan dengan mudah didalamnya. Tahap awal dalam penerapan ini adalah dengan menggunakan Plugin yang bernama Yoast SEO. Dengan memanfaatkan plugin tersebut, sudah pasti anda akan mampu mendapatkan semua yang anda butuhkan didalamnya. Hal tersebut pasti akan bisa memberikan kepada anda manfaat yang lebih signifikan dan banyak didalamnya. Hal tersebut juga akan membantu anda mendapatkan peringkat yang lebih baik dai mesin pencari.

Pertama, tahapan yang awal adalah dengan menginstal plugin ini terlebih dahulu. Setelah anda menginstallnya maka langsung aktifkan saja. Jika plugin tersebut sudah anda aktifkan maka bisa langsung ke tahap selanjutnya, yakni dengan masuk ke bagian SEO dan diikuti dengan Features. Kemudian, tahap selanjutnya adalah dengan masuk ke bagian Advanced Settings Pages. Dari sinilah anda nantinya akan bisa mengaktifkan fitur sitemap XML itu sendiri bagi website WordPress yang anda gunakan didalamnya. Hal ini akan memberikan kepada anda manfaat yang lebih banyak dan tepat didalamnya.

Cara membuat sitemap di WordPress bisa anda terapkan apabila anda mampu menerapkan semuanya dengan baik. Pengaturan yang anda lakukan bisa seperti Max Entries Per Sitemap, dan lain sebagainya. Kemudian, setelah itu anda bisa membuka sitemap XML tersebut dengan bantuan plugin. Silahkan juga anda membuka URL sitemap tersebut pada link Your XML Sitemap yang ada didalamnya.

Cara Membuat Sitemap Di WordPress HTML Untuk WordPress

Cara membuat sitemap di WordPress HTML juga tidak sukar diterapkan. Pada dasarnya untuk membuat sebuah sitemap yang satu ini, anda perlu sebuah plugin juga. Bedanya bukan yang di atas, yakni plugin lain yang bernama WP Sitemap Page. Dengan memanfaatkan plugin tersebut, sudah pasti akan banyak yang bisa anda capai didalamnya. Hal ini akan bisa anda terapkan dengan mudah asalkan anda tahu bagaimana cara penerapan semuanya dengan mudah dan tepat didalamnya. Dalam hal ini semuanya akan bisa anda dapatkan dengan segera dan nyata. Setelah anda mendapatkan plugin tersebut, segera install saja langsung WP Sitemap Page itu sendiri.

 

Cara Membuat Sitemap Di WordPress
idwebhost.com

 

Baca Juga: Percepat Blog Anda Menggunakan Gambar Progressive JPEG

Anda selanjutnya bisa mencoba untuk membuat halaman baru yang lebih jelas dengan memasukan kode pada postingan anda berupa wp_sitemap_page yang ada didalamnya. Dalam hal ini anda akan mampu mendapatkan semuanya dengan mudah dan baik. Setelah semua bisa anda terapkan dengan tepat, maka langkah lanjutan yang bisa anda lakukan adalah dengan memilih publish dan di sinilah nantinya anda akan bisaa melihat perubahan yang ada didalamnya. Setelah itu simpan saja akses URL yang ada pada halaman tersebut guna mendapatkan manfaat signifikan lainnya yang lebih jelas ada didalamnya.

Cara Submit Ke Search Engine

Lalu tahapan selanjutnya dalam cara membuat sitemap di WordPress ini adalah bagaimana anda melakukan submit itu semua ke bagian search engine. Dengan melakukan submit tersebut, sudah pasti akan lebih banyak yang akan bisa anda dapatkan didalamnya. Hal tersebut pastinya akan memberikan kepada anda manfaat yang lebih dahsyat dan banyak. Inilah caranya adalah dengan melakukan verifikasi terlebih dahulu. Kemudian, pada tahap berikutnya anda bisa menuju ke halaman Google Search Console. Setelah selesai maka anda bisa memilih menu Crawl dan pilih Sitemap. Jika sudah maka yang harus anda lakukan adalah dengan memilih Add/Test Sitemap yang ada didalamnya. Dari sinilah anda kemudian bisa mencoba memasukan URL yang ada pada sitemap WordPress yang anda miliki. Pilih submit untuk menerapkannya dari sekarang. Anda akan mendapatkan yang diinginkan.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.