Step-Step Membuat Konten YouTube Untuk Pemula

3 Agu 2020
Step-Step Membuat Konten YouTube Untuk Pemula campaign-unlimited

Sekarang ini, siapa sih yang tidak tertarik untuk menjadi seorang vlogger atau youtuber, apalagi pada zaman dimana semua orang mengakses video dengan bantuan Youtube? Memang profesi menjadi seorang konten creator adalah profesi yang begitu hype untuk kalangan muda milenial saat ini. Tidak hanya youtube saja, platform lain seperti instagram dan twitter juga mempunyai julukan yang berbeda. Contohnya,  selebgram untuk instagram, selebtwitt untuk twitter, sedangkan untuk youtube dijuluki sebagai youtuber. Sebenarnya tidak ada yang terlambat untuk memulai mejalankan sebuah channel youtube pribadi, apalagi orang tua juga sebenarnya bisa menjalankannya. Namun, yang menjadi sebuah kendala adalah dalam membuat konten youtube yang biasanya dibingungkan oleh pemula.

membuat konten youtube

Langkah-langkah Membuat Konten Youtube Untuk Pemula

Sebelum Anda memutuskan untuk mencoba membuka channel, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa Anda siapkan. Berikut ini, mengutip dari Country Manager Strategic Partnership Youtube Indonesia bernama Geri Azriel Siddik mengemukakan bahwa ada setidaknya 9 langkah atau step dalam membuat konten youtube untuk pemula. Diantaranya:

  1. Membuat Konten Youtube yang Dapat Dibagikan atau Shareability

Kemampuan dalam sebuah konten agar bisa dibagikan atau shareability menjadi sangat penting ketika Anda memutuskan untuk membangun sebuah channel. Hal ini karena berkaitan dengan bagaimana nantinya penonton Anda akan membagikan video Anda kepada orang lain. Semakin tinggi shareability dari video yang Anda buat, maka akan semakin banyak juga orang yang akan tahu tentang keberadaan channel yang Anda miliki. Selain itu, akan semakin banyak juga penonton setia yang akan menunggu video yang baru dari Anda dan akan menentukan alasan kenapa video Anda layak dibagikan. Apakah nantinya video yang Anda angkat adalah sebuah tema yang up to date, atau bisa juga sebuah pengalaman yang menegangkan yang bisa jadi tidak di alami oleh orang lain. Sehingga dalam membuat konten youtube Anda juga harus paham.

  1. Membuat Konten Youtube untuk Mengajak Penonton Berinteraksi (Conversation)

Pada bagian ini berkaitan dengan bagaimana Anda nantinya menjadi seorang konten creator dalam membuat konten youtube pemula. Yang nantinya akan berbicara kepada penonton channel Anda. Seperti yang kita ketahui, youtube adalah sebuah platform sosial yang sangat memungkinkan adanya keberadaan komunitas yang dapat Anda bangun dan juga Anda ciptakan kedekatannya dengan mereka.

  1. Jangan Lupa untuk Melibatkan Penonton (Interactivity)

Keadaan ketika Anda mau mencoba untuk terlibat dan atau melibatkan penonton Anda dalam sebuah konten yang akan Anda buat. Hal ini tentunya akan menjadi poin penting, karena penonton adalah sebuah kunci keberhasilan dari video yang Anda buat. Anda juga dapat membaca dari komentar yang masuk ke dalam channel Anda atau bisa jadi sebuah pertanyaan yang memang dikirimkan oleh penonton video Anda. Atau bisa juga untuk menggali informasi yang mungkin saja tidak Anda sadari dari penonton setia Anda. Sehingga, hal ini akan bisa membangun sebuah kedekatan dan juga loyalitas penonton Anda karena memang mereka merasa atau menjadi “dianggap” oleh Anda. Apalagi jika Anda masih awam menjadi konten creator di youtube.

membuat konten youtube

  1. Membuat Konten Youtube dengan Konsisten (Consistency)

Hal yang menjadi sangat penting dalam membuat konten youtube di channel Anda adalah konsistensi. Anda dapat memahami konsistensi sebagai sebuah aturan jadwal untuk upload video terbaru, ketetapan dari sebuah tema yang nantinya akan Anda bawakan. Atau bisa juga untuk baju atau outfit yang nantinya akan Anda pakai menjadi sebuah bagian dari identifikasi para audiens yang Anda miliki.

  1. Siapkan Sasaran Channel Anda

Menjadi hal yang wajar ketika baru saja mengawali dalam membuat sebuah youtube channel, Anda tentu ingin mendapatkan banyak viewer pada setiap video yang Anda upload. Namun, akan lebih efektif lagi jika Anda sudah mempunyai sasaran audiens bisa personal atau komunitas yang tentunya sudah disesuaikan dengan konten yang nantinya akan Anda buat. Jika Anda ingin membuat sebuah konten memasak, maka Anda dapat menyasar anak mudah yang memang sedang ingin belajar memasak. Atau bisa juga dengan menargetkan ibu-ibu yang mau mencoba untuk membuat menu baru setiap minggu. Dimana mereka akan menunggu setiap video baru yang akan Anda upload.

  1. Membuat Konten Youtube dengan Menjaga Keberlangsungan (Sustainable)

Menjadi seorang konten creator yang sudah terkenal tentunya akan menjaga keberadaan mereka. Dengan cara setidaknya mengunggah 30 video di setiap minggu tanpa adanya jeda. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keberlangsungan channel dan juga tidak akan ditinggalkan oleh penonton setianya. Pada tahap ini, Anda sebagai pembuat konten youtube jika sudah mempunyai penonton setiap maka akan sangat ditunggu unggahan video terbaru di setiap minggunya. Sehingga, usahakan untuk tetap menjaga keberlangsungan channel Anda.

membuat konten youtube

  1. Membuat Konten Youtube Agar Mudah Ditemukan (Discoverability)

Mudah ditemukan menjadi sebuah kunci yang penting yang berkaitan dengan bagaimana nantinya channel Anda ditemukan dan terlihat. Anda juga harus memastikan bahwa video Anda harus dilengkapi agar bisa dioptimasi agar bisa menunjung keterlihatan. Anda sangat bisa mencari bagaimana cara menuliskan judul video dengan cara efektif, memberikan tags dan juga deskripsi video yang paling sesuai. Hal tersebut menjadi penting karena channel Anda juga membutuhkan exposure karena masih dikategorikan sebagai pembuat konten youtube pemula.

  1. Membuat Konten Youtube Agar Mudah Di Akses (Accesibility)

Jika nantinya ada penonton yang pertama kali berkunjung ke channel Anda, apakah nantinya dia akan dapat dengan mudah melihat video yang sudah Anda upload sesuai dengan kata kunci yang mereka cari? Hal tersebut terjadi karena Anda sudah mengunggah video dengan jumlah banyak dan juga kata kunci yang di cari adalah video Anda yang sudah terunggah beberapa lama.

  1. Melakukan Kolaborasi (Collaboration)

Sebenarnya salah satu cara yang jitu dalam membangun viewer channel dikarenakan Anda adalah seorang pembuat konten youtube yang pemula. Tentunya dengan melakukan kolaborasi dengan creator yang lain yang sudah mempunyai fans yang setia. Anda bisa menjadi tamu di video orang lain atau bisa jadi Anda yang mengundang orang lain agar datang ke video konten Anda. Sehingga, dari masing-masing Anda saling bisa mempromosikan channel yang nantinya akan berdampak pada “semakin terlihat” channel Anda. Siapa tahu nantinya ada beberapa penonton yang dimiliki oleh creator lain yang menjadi suka dengan konten creator pemula seperti Anda.

membuat konten youtube

Membuat Konten Youtube dengan Memilih Kategori Unik

Jika nantinya Anda berencana membuka sebuah channel youtube Anda juga harus memahami informasi apa yang nantinya Anda bagikan. Hal ini akan berkaitan dengan spesialisasi dan kategorisasi channel Anda di mata orang lain. Jika Anda suka dengan kuliner, Anda bisa untuk mencoba untuk membuka sebuah channel Youtube dengan tema kuliner seperti yang sudah banyak orang lakukan saat ini.

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDwebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.

Penulis
Member since 2 Jul 2013