Cara Mudah Membuat Database MySQL di Panel Webuzo
Blog Tips Keren Cara Mudah Membuat Database MySQL di Panel Webuzo

Cara Mudah Membuat Database MySQL di Panel Webuzo

Mempelajari cara membuat database MySQL tentu sangatlah mudah. Bagi Anda yang mengelola website tentu saja harus bisa membuat database MySQL khususnya di panel webuzo. Jika Anda sudah menguasai apa cara untuk membuat database di MySQL, tentunya ini akan memudahkan Anda dalam meningkatkan kecepatan pada database untuk menampilkan data-data yang ada di dalamnya.

Dalam pembuatan website tentu saja Anda harus tahu bagaimana cara membuat database MySQL. Hal ini salah satunya untuk menampung berbagai macam informasi yang tentu saja sangat Anda butuhkan. Beberapa data informasi tersebut biasanya meliputi username, password, font, URL dan masih banyak lagi. Agar website bisa dikelola dengan baik, maka salah satu yang Anda butuhkan adalah sistem manajemen database yang biasa digunakan untuk mengelola data tersebut, salah satunya adalah MySQL.

Apa itu MySQL?

MySQL adalah sebuah database management system yang menggunakan perintah dasar SQL (Structural Query Language) yang cukup populer. Bahkan database management system (DBMS) MySQL multi pengguna dan multi alur ini sudah dipakai oleh lebih dari 6 juta pelanggan yang ada di seluruh dunia.

Database MySQL

Sejarah singkat dari MySQL

Bagi beberapa orang, ada yang membaca MySQL dengan sebutan “my sequel”. Sebuah perusahaan asal Swedia yaitu MySQL AB merupakan perusahaan pertama dalam mengembangkan MySQL pada tahun 1994. Kemudian, hak kepemilikan MySQL diambil secara menyeluruh oleh perusahaan teknologi Amerika Serikat, yaitu Sun Microsystems pada tahun 2008. Pada tahun 2010, Oracle yang merupakan salah satu perusahaan teknlogi terbesar di Amerika Serikat mengakuisisi Sun Microsystem. Sejak saat itulah MySQL menjadi milik Oracle sepenuhnya.

MySQL adalah DBMS yang open source dengan dua bentuk lisensi, yaitu free software (perangkat lunak bebas) dan shareware (perangkat lunak berpemilik yang penggunanya terbatas). Dari sini juga bisa disimpulkan bahwa MySQL adalah database server yang gratis dengan lisensi GNU General Public License (GPL) sehingga bisa Anda pakai untuk keperluan pribadi maupun komersil tanpa harus membayar lisensi yang ada.

Kelebihan MySQL

Setelah mengetahui apa itu MySQL, tentunya akan akan mengusik lebih dalam lagi seputar MySQL. Dengan menjadi salah satu database yang cukup populer, tentunya MySQL memuiliki beberapa kelebihan yang perlu Anda tahu. Kelebihan MySQL antara lain:

Tidak membutuhkan RAM besar

Anda tidak perlu khawatir karena MySQL bisa dipasang pada server dengan spesifikasi kecil. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir apabila hanya memiliki server dengan kapasitas 1 GB saja. Tersedianya RAM yang cukup tentunya akan memudahkan Anda dalam menyimpan data-data penting yang Anda butuhkan.

Mendukung multi user

Dengan adanya multi user tentunya bisa Anda manfaatkan ketika sedang mengerjakan proyek yang sifatnya tim sehingga keseluruhan tim bisa bekerja dalam waktu bersamaan tanpa harus menunggu user lain selesai mengerjakannya. Hal tersebut juga dinilai lebih efisien terhadap waktu.

Database MySQL

Keamanan lebih terjamin

MySQL menyediakan fitur keamanan yang cukup baik karena ada beberapa lapisan keamanan yang ditetapkan oleh MySQL, misalnya seperti level nama host dan sub net mask. Tak hanya itu saja. MySQL juga dapat mengatur hal akses user dengan enkripsi password tingkat tinggi. Dan tentunya ini akan melipatgandakan keamanan sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Struktur tabel yang lebih flexible

Jika dibandingkan dengan database lain, struktur tabel yang dimiliki MySQL cenderung lebih flexible, misalnya  ketika MySQL memproses Alter Table. Hal ini tentunya membuat MySQL lebih memiliki tabel yang lebih terstruktur jika dibandingkan dengan Oracle dan PostgreSQL.

Tipe data yang lebih bervariasi

Manajemen database pada sistem ini akan sangat membantu Anda untuk mengembangkan perangkat lunak yang berguna untuk pengelolaan dtabase di server. MySQL juga mendukung beberapa macam data, misalnya float, date, integer, chart, text, timestamp, double dan masih banyak lainnya.

Mendukung integrasi dengan bahasa pemograman lain

Sebuah website tentu saja dikembangkan dengan menggunakan berbagai macam bahasa pemograman. tapi dalam hal ini Anda tidak perlu khawatir karena dengan memilih MySQL akan membantu Anda untuk mengembangkan perangkat lunak yang lebih efektif. Dan tentunya hal ini akan lebih mudah untuk diintegrasi dengan dengan bahasa pemograman lain.

Bagaimana cara membuat Database MySQL pada Panel Webuzo?

Dengan kemudahan memakai webuzo karena hanya dengan satu klik saja, maka Anda harus tahu bagaimana cara membuat database pada panel webuzo. Jika berhasil maka ini akan sangat memudahkan Anda dalam mengelola website. Berikut cara mudah membuat database MySQl pada panel webuzo. Sebelum membuat database MySQL di panel webuzo, maka Anda harus membuat database dan database user pada panel webuzo. Berikut cara mudah membuat database dan database user.

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan login ke panel VPS webuzo.  Setelah itu Anda bisa klik menu Enduser panel jika ingin mengakses dengan port 2004. Tapi jika Anda mengakses dari port 2002, maka bisa langsung masuk ke menu Database, kemudian  Add Database untuk membuat database baru.

2. Kemudian, Anda bisa langsung klik menu Create databse dan isikan nama database yang Anda inginkan. Lalu klik Create untuk membuatnya. Klik Ok setelah Anda mendapatkan notofikasi bahwa database Anda telah berhasil dibuat.

3. Langkah selanjutny adalah membuat database user. Klik menu Add User to Databse. Kemudian isikan User dan password Anda dan klik Add. Kemudian Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa user berhasil ditambahkan. Langkah selanjutnya adalah klik Ok.

Database MySQL

4. Setelah selesai menambahkan user, maka langkah selanjutnya adalah menambahkan user tersebut ke database Anda. Caranya adalah dengan klik Add User to Databse. kemudian isikan user yang ingin ditambahkan dan database mana yang akan menjadi tujuan Anda. Lalu, klik Add.

5. Kemudian Anda akan langsung di-redirect ke halaman Setting Privileges. Kemudian centang seluruhnya dan klik Submit Changes. Dan host deault Anda adalah LocalHost.

6. Tunggu pemberitahuan berbunyi Database Privileges Update yang berarti Anda sudah berhasil mengubah privileges. Nantinya Anda bisa mengedit password user pada menu Database Users. Kemudian klik ikon pensil. Kemudian klik Save setelah Anda berhasil mengisi password.

7. Langkah yang terakhir adalah klik ikon tanda silang (x) untuk menghapus database user Anda di panel webuzo. Kemudian klik Yes untuk mengkonfirmasi bahwa Anda ingin menghapus user tersebut. Selesai dan Anda sudah berhasil membuat database MySQL di panel webuzo.

Demikian cara mudah membuat database MySQL di panel webuzo. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost yang menyediakan layanan web hosting.