Cara Membuat Database Di MySQL Dengan Berbagai Cara
Blog Tips Keren

Cara Membuat Database Di MySQL Dengan Berbagai Cara

Cara membuat database di MySQL akan bisa memberikan pencerahan kepada anda mengenai bagaimana cara membuat sebuah database pada MySQL itu sendiri. Anda sebetulnya bisa menerapkannya dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan cPanel hosting. Kemudian, anda juga bisa menerapkannya dengan mudah menggunakan command promt. Opsi lainnya yang bisa anda gunakan adalah membuat database MySQL melalui phpMyAdmin. Jadi mana yang terbaik? Anda bisa mencoba memilih satu yang menyediakan fitur dan kemudahan terlengkap kepada anda.

Sebelum melangkah ke cara membuat database di MySQL, anda harus paham dan tahu dulu apa itu MySQL. Di sini My SQL adalah sebuah sistem manajemen berbasis data relasional open resource yang mana fungsinya signifikan dan bisa dijalankan pada berbagai jeni platform, antara lain UNIX, Linux, Windows dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan cara membuat database di MySQL tersebut yang sudah ada sejak abad 20-an, sudah pasti akan lebih banyak manfaat yang bisa anda peroleh didalamnya.

Cara Membuat Database Di MySQL Dengan Menggunakan cPanel

Cara membuat database di MySQL yang pertama adalah dengan menggunakan cPanel atau Control Panel. Dalam hal ini anda hanya tinggal menggunakan saja Control Panel yang sudah disediakan oleh layanan hosting yang anda gunakan. Ini nantinya akan memudahkan bagi pemilik website tersebut untuk melakukan kustomisasi terhadap tampilan website yang anda miliki. Selain itu, disini juga akan disediakan banyak macam tool yang bisa anda pergunakan untuk menggerakan website yang anda miliki. Tool yang bisa anda manfaatkan tersebut salah satunya adalah tool mengenai database. Dalam hal ini, jika anda hendak memilih hosting yang menggunakan cPanel, sudah pasti anda bisa melakukannya dengan menerapkan cara yang mudah.

 

Cara Membuat Database Di MySQL
idwebhost

 

Tampilan dari cPanel yang sederhana juga akan memudahkan anda untuk menggunakan semua yang anda perlukan dalam hal ini dengan lebih tepat dan signifikan didalamnya. Jadi tidak ada yang perlu anda bingungkan lagi. Dari cPanel inilah anda nantinya juga bisa melakukan banyak hal, mulai dari mengupload file yang ada di website, mengelola Mail dan lain sebagainya. Semuanya akan mampu anda dapatkan dengan mudah dan segera. Dalam hal pembuatan database anda juga bisa mengikuti sejumlah langkah yang signifikan.

Tahap awal yang inti adalah masuk atau login pada bagian cPanel anda tersebut. Kemudian, dari sini anda hanya tinggal memilih menu yang terdapat pada MySQL Database itu sendiri. Semua akan tersedia dalam kolom Databases yang ada didalamnya. Setelah anda menerapkan cara ini maka anda hanya tinggal memilih Create Database untuk lebih lanjutnya lagi. Dari sini anda hanya tinggal memilih nama yang sudah ada (jika sudah tersedia) atau anda bisa membuat nama baru yang anda butuhkan.

Tambahkan Add New User

Langkah selanjutnya dalam cara membuat database di MySQL ini adalah Add New User. Dengan menambahkan new user, sudah pasti anda sendiri akan mampu merasakan banyak keuntungan yang anda butuhkan didalamnya. Kini anda akan bisa membuat user baru yang sesuai dengan kebutuhan anda. Apabila New User sudah anda tambahankan maka silahkan beralih ke langkah selanjutnya. Masuklah pada bagian Add User To Database. Kemudian, disini anda hanya tinggal melihat menu dropdown yang ada didalamnya. Jika sudah selesai maka anda hanya tinggal memilih tombol Add itu sendiri.

 

Cara Membuat Database Di MySQL
idwebhost

 

Jika sudah selesai, maka anda bisa masuk ke langkah selanjutnya, yakni dengan memilih pilihan All privileges. Setelah itu, jika semua sudah selesai, maka anda hanya tinggal memilih opsi Make Changes untuk menyimpan semua perubahan yang telah anda peroleh itu sendiri. Dari sinilah semuanya akan bisa anda peroleh dan anda capai. Kemudian, dari langkah cara membuat database di MySQL ini, anda sudah berhasil mengaksesnya melalui cPanel atau Control Panel anda. Cukup mudah dan sederhana, bukan?

Cara Membuat Database di MySQL Menggunakan Command Promt

Cara membuat database di MySQL yang selanjutnya dan bisa anda terapkan adalah dengan memakai Command Promt. Dengan memakai command yang satu ini maka anda pun juga akan bisa menerapkan kemudahan yang anda butuhkan didalamnya. Pada tahapan yang lebih lanjut, perintah Command Promt bisa bekerja layaknya anda memasukan command yang sama pada PC anda. Bedanya, kini anda bisa melakukannya di Local Host anda. Dari sinilah semuanya akan bisa anda capai dengan mudah dan tepat itu sendiri. Caranya bisa anda dapatkan dengan mengikuti langkah yang satu ini.

Pertama, cara membuat database di MySQL yang harus anda lakukan adalah dengan masuk ke menu Run. Pada menu yang satu ini, anda bisa melakukannya dengan menekan Logo Windows + R. Kemudian, nantinya akan muncul kolom yang bisa anda isi selanjutnya dengan instruksi cmd. Dari sini yang harus anda lakukan adalah menjalankan perintah berikut ini: c:\wamp64\bin\mysql\mysql5.7.19\bin kemudian tekan enter.

Kedua, apabila sudah selsai, maka anda bisa memasukan perintah didalamnya berupa mysql –u root. Setelah selesai, maka yang harus anda lakukan hanyalah dengan menekan tombol Enter. Supaya anda bisa menbuat database dengan mudah, maka langkah berikutnya yang harus anda terapkan adalah memanfaatkan perintah create database yang ada didalamnya dengan namadatabase anda. Setelah itu jika sudah selesai, anda bisa memilih tombol enter. Kemudian, jika sudah anda terapkan semuanya, anda bisa masuk ke perintah show databases. Dari sinilah anda akan bisa menerapkan cara membuat database di MySQL yang tepat.

 

Cara Membuat Database Di MySQL
idwebhost

Cara Membuat Database Di MySQL Dengan Menggunakan phpMyAdmin

Cara membuat database di MySQL yang selanjutnya bisa anda terapkan adalah dengan memanfaatkan phpMyAdmin. Dari sinilah penerapan cara yang anda lakukan dengan ini akan bisa dengan mudah anda gunakan. Langkah yang harus anda lakukan sebetulnya tidak susah, tapi yang harus anda pastikan adalah melakukan instalasi terhadap XAMP dan juga WAMP Server terlebih dahulu. Dengan demikian, maka anda akan bisa beranjak ke langkah selanjutnya. Anda hanya tinggal menjalankan service berupa Apache dan MySQL yang ada didalam XAMPP kemudian setelah itu tinggal menekan tombol Start saja untuk memulainya.

Baca Juga: Percepat Blog Anda Menggunakan Gambar Progressive JPEG

Setelah itu pada bagian browser yang ada didalamnya, anda hanya tinggal mengakses URL berupa localhost/phpmyadmin yang terdapat didalamnya. Jika sudah maka anda hanya tinggal memilih New saja untuk mulai membuat database-nya. Jika sudah selesai, maka penerapan lanjutan yang bisa anda laakukan adalah dengan memilih tombol Create yang terdapat didalamnya. Dalam hal ini naantinya akan terlihat database anda sudah bisa dibuat di bagian sebelah kiri.

Kesimpulan

Kini anda sudah memahami bahwa cara membuat database di MySQL tidak akan sesusah yang anda bayangkan. Dalam haal ini anda akan mampu mendapatkan semuanya dengan mudah dan jelas. Tentunya ini akan memberikan kemudahan akses yang anda butuhkan untuk bisa menciptakan semuanya dengan mudah dan pasti.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.