Cara Untuk Memblokir Akses Menuju IP Address
Blog Tips Keren

Cara Untuk Memblokir Akses Menuju IP Address

Tutorial mengenai cara memblokir akses menuju IP Address di cPanel akan bisa memudahkan anda untuk mencegah IP Address dari website yang anda miliki diakses oleh orang yang tak bertanggung jawab. Pada dasarnya anda bisa menerapkannya dengan mudah apabila anda memasukan nama dari domain anda tersebut. Fitur yang satu ini pada dasarnya memang sangat berguna untuk mencegah ada user dengan nama domain lain yang ingin masuk ke sistem website anda. Ada beberapa hal yang harus anda persiapkan lebih dahulu, yakni akses menuju cPanel hosting anda. Hal ini bisa anda dapatkan dengan cara memasukkan login atau ID dan Password yang anda miliki. Kemudian, anda juga harus memasukan alamat IP atau nama domain yang anda inginkan untuk diblokir di dalamnya.

Cara Blokir Ip Address di cPanel Dengan Mudah Dan Tepat

Cara blokir IP Address di cPanel yang mudah dan tepat adalah dengan memanfaatkan sebuah fitur baru yang bernama IP Blocker. Dengan memanfaatkan fitur yang satu ini, maka anda akan bisa mengakses cPanel yang anda miliki dengan mudah dan signifikan didalamnya. Hal tersebut akan memungkinkan anda untuk mampu menggunakannya secara tepat dan juga akurat. Dal hal ini anda bisa mencoba untuk mengakses fitur yang ada didalamnya untuk kemudahan yang anda butuhkan itu sendiri. Jadi anda hanya tinggal masuk ke panel Security. Kemudian pilih menu IP Blocker yang ada didalamnya untuk langkah lebih jauh yang harus anda lakukan didalamnya.

 

Cara Untuk Memblokir Akses Menuju IP Address
idwebhost

 

Selanjutnya mengenai cara untuk memblokir akses menuju IP Address atau Domain tersebut, yang harus anda lakukan hanyalah memasukan alamat IP tersebut sesuai dengan format yang dibutuhkan. Anda bisa menerapkannya dengan mudah sebagai berikut.

Jenis IP Address Dan Cara Memblokirnya

Single IP Address – Metode cara untuk memblokir akses menuju IP Address  yang satu ini mengharuskan anda untuk membuat format yang bisa anda masukan di kolom isian. Di sini sebaiknya anda mengisi dengan angka: 192.168.0.1.

Range – Langkah selanjutnya dalam memblokir akses menuju IP adalah dengan menggunakan tanda strip yang ada di dalamnya. Ini adalah sebuah format yang bisa memblokir IP address dengan jarak yang signifikan. Langkah awalnya hanya dengan menghubungkan tanda strip itu sendiri. Contohnya adalah sebagai berikut: 192.168.0.1-192.168.0.40.

Implied Range – Kemudian, penerapan lainnya dalam cara untuk memblokir akses menuju IP Address  adalah dengan menggunakan format alternatif yang anda inginkan. Dari sini pilihan yang bisa anda gunakan antara lain adalah sebagai berikut, yakni: 192.168.0.1-40.

CIDR Format – Untuk pilihan cara untuk memblokir akses menuju IP Address  yang tepat ini, anda bisa melakukannya pada bagian subnet yang bisa anda akses dari IP secara spesifik. Contohnya adalah: 192.168.0.1/32.

IP Tertentu – Kemudian, anda juga bisa menerapkannya dengan mengimplementasikan tiga angka pertama yang ada didalamnya. Nantinya dengan angka tersebut sistem akan memblokir secara otomatis seluruh IP yang diawali dengan angka 192. Contohnya adalah jika IP anda adalah 111.111.11.1 maka tinggal masukan saja angka 192 di dalamnya.

 

Cara Untuk Memblokir Akses Menuju IP Address
idwebhost

Panduan Lanjutan Mengenai Cara Untuk Memblokir Akses Menuju IP Address

Lalu tahap lanjutan mengenai cara untuk memblokir akses menuju IP Address adalah hanya dengan memasukan alamat IP yang tertera didalamnya dengan nama domain, kemudian jika sudah selesai semuanya itu, maka yang bisa anda lakukan adalah memilih tombol Add. Setelah itu, di sinilah nantinya anda akan bisa melihat pesan bahwa IP tersebut sudah tidak bisa diakses lagi di website anda. Biasanya hal ini akan diikuti dengan munculnya pop up atau notifikasi yang mengatakan bahwa IP Address pada alamat tertentu tidak bisa mengakses website itu sendiri. Jadi dari sini anda sudah paham tentang cara penerapannya, bukan? Memang terkesan mudah, tapi sangat layak untuk anda coba dari sekarang.

Lalu anda bisa memilih Go Back supaya bisa kembali ke halaman sebelumnya. Dari sini anda akan melihat sebuah halaman yang bernama Currently Blocked IP Address. Kemudian disini anda hanya tinggal melihat saja Server Setting, Beginning IP dan juga Ending IP. Kemudian ada tombol Action yang akan memudahkan anda melaakukan konfigurasi yang lebih lanjut. Didalamnya akan lebih banyak manfaat yang akan bisa anda dapatkan didalamnya. Jadi anda bisa menyesuaikannya saja sesuai dengan kegunaan dan kebutuhan yang anda inginkan. Pada dasarnya hal ini memang tidak sulit dilakukan apabila anda tau bagaimana metode dan cara penerapannya dengan baik dan tepat.

Setelah cara untuk memblokir akses menuju IP Address di atas sudah anda terapkan, semestinya dengan metode ini alamat IP anda sudah diblokir dan tidak akan bisa diakses oleh orang yang tak bertanggung jawab. Kini anda bisa lega dan tenang karena anda bisa melakukan pekerjaan anda dengan lebih santai dan mudah. Dalam hal ini memang pada penerapannya banyak yang harus anda persiapkan. Tugas anda adalah benar-benar memahami dan mengetahui apa saja yang harus anda lakukan untuk terhindar dari kendala itu sendiri. Anda sebaiknya mampu menerapkan cara yang tepat dan benar ada didalamnya. Yang jelas hasil dan kemudahan yang bisa anda peroleh tersebut akan mampu menghasilkan sesuatu jika anda tau dan paham penerapan yang akan anda lakukan didalamnya.

 

Cara Untuk Memblokir Akses Menuju IP Address
idwebhost

Keuntungan Yang Bisa Didapatkan

Dengan cara untuk memblokir akses menuju IP Address itulah anda nantinya akan bisa melindungi website atau situs anda dari berbagai ancaman yang signifikan. Pada dasarnya semua itu akan bisa anda lakukan dengan mudah dan tepat asalkan anda tahu bagaimana cara menerapkan semuanya dengan mudah dan baik. Di sisi lain hal tersebut juga akan mampu memudahkan anda mendapatkan semua yang anda butuhkan didalamnya dengan mudahnya. Inilah yang juga akan mampu mendatangkan kepada anda manfaat signifikan yang lebih besar dan banyak. Di sisi lain, anda pun akan bisa membuat situs anda semakin aman dari ancaman bahaya yang bisa saja menyerang dan dating kapan saja. Pada poin utamanya sebetulnya adalah bagaimana agar anda bisa melindungi IP Address anda tersebut kemudian bisa mendapatkan manfaat yang signifikan terdapat didalamnya. Hal inilah yang akan sangat penting dan berguna bagi anda.

Baca Juga: Percepat Blog Anda Menggunakan Gambar Progressive JPEG

Cara untuk memblokir akses menuju IP Address memang akan benar-benar bisa mendatangkan kepada anda lebih banyak manfaat yang tepat dan maksimal. Lebih mudah lagi jika anda mempraktekannya sekarang juga dan melihat bagaimana hasilnya yang nanti akan bisa anda dapatkan. Satu hal yang pasti adalah ini akan membawa sarana menguntungkan yang anda butuhkan. Jadi tidak ada yang perlu anda cemaskan dan risaukan lagi karena pada dasarnya semua sudah diatur di dalamnya. Anda hanya tinggal memaksimalkannya saja. Tentunya ini akan memberikan perlindungan yang lebih ekstra sehingga mencegah adanya serangan-serangan yang tak terduga di website anda.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.