Tips Ampuh untuk Membangun Bisnis Online Bagi Pemula
Blog Tips Keren Tips Ampuh untuk Membangun Bisnis Online Bagi Pemula

Tips Ampuh untuk Membangun Bisnis Online Bagi Pemula

Di masa kini, siapa sih yang tidak ingin berbisnis? Ya selain karena membutuhkan uang, cukup banyak peluang bisnis bertebaran di sekitar kita dan sekarang hanyalah tentang bagaimana kita menanggapinya. Salah satunya melalui bisnis online yang mudah dan menggunakan modal yang sedikit. Membangun bisnis online itu sebetulnya tidak berbeda jauh dengan cara membangun bisnis offline. Jika dibilang mudah tapi juga susah-susah gampang karena menjadi pedagang apalagi kelas pemula harus benar-benar menguasai produknya. Intinya sabar dan aktif.

Menurut Google, di masa kini hampir 97% orang menggunakan internet untuk mencari informasi. Dulu, bila Anda ingin membeli jaket model baru, Anda bisa datang ke toko atau mal untuk membeli langsung. Namun saat ini, kemudahan belanja tas online, ada di ujung jari anda. Salah satu faktor penyebab hal ini bisa terjadi adalah karena semakin banyak orang yang memahami strategi pemasaran online atau marketing online untuk bisnis online mereka. Oleh karena itu di artikel ini kami ingin membahas tips ampuh untuk membangun bisnis online bagi anda pemula.

 

Membangun Bisnis Online
idwebhost

Tips Sukses untuk Membangun Bisnis Online bagi Anda yang Pemula

1. Menguasai produk yang ada jual

Seperti yang ditulis di awal, untuk memulai bisnis online yang anda geluti maka anda wajib benar-benar menguasai produk yang dijual. Bagaimana jika anda benar-benar buta sama sekali tapi peluangnya begitu besar? Mudah sekali, caranya adalah anda tinggal mencari informasi sebanyak-banyaknya bisa melalui internet. Lalu bisa kamu pelajari segmentasi dan trendnya, kemudian cari informasi disana dan gali terus dalam-dalam di  setiap forum atau surat pembaca. Dari situ kamu bisa tahu kurang dan kelebihan produk yang kamu jual dan tahu info terbaru tentang produkmu juga produk pesaing.

2. Mencari produsen yang bisa dipercaya dan diajak bekerja sama

Jika kamu tidak bisa memproduksi sendiri produk yang ingin kamu jual maka coba carilah produsen atau pemilik produk yang benar-benar bisa di percaya dan serius untuk kerjasama bisnis, jika perlu buatlah perjanjian hitam di atas putih sebagai bentuk pencegahan terhadap penipuan. Kualitas barang, rekor penjual yang baik, kualitas pelayanan, dan harga mereka menjadi pertimbangan bagi kamu agar bisa menjual barang dengan tenang dan mendapat harga yang kompetitif terhadap pesaing.

3. Membangun bisnis secara offline juga

Ya menjual secara offline juga. Mungkin anda bingung kenapa harus melakukan hal ini, yaitu untuk mendukung kepercayaan pembeli bahwa kamu adalah penjual yang serius maka toko offline perlu kamu miliki juga, tidak harus besar, tapi dari kamar sendiri atau garasi pun juga bisa, cantumkan dalam iklan alamatmu yang sejelas – jelasnya, nama toko usaha, jangan lupa juga agar komunikasi berjalan cepat dan lancar sertakan nomor ponsel yang bisa dihubungi via telp serta via aplikasi chatting.

Satu hal lagi yang sangat penting, coba buat buku catatan terpisah tentang pemasukan dan pengeluaran barang serta pembukuan keuangan yang terperinci, lalu jangan dicampur uang modal dengan keuntungan. Putar uang keuntungan untuk membelanjakan dagangan baru, ingat uang modal anda diawal jangan sampai tersentuh dengan alasan apapun. Uang modal itu ibarat nyala lilin, keuntungan ibarat cahaya yang memendar, jangan biarkan lilin habis oleh api sebelum kamu menyalakan lilin ke dua dan seterusnya.

4. Fast respon, Stand by 24 Jam

Tips ampuh dan sukses dalam membangun bisnis online selanjutnya adalah memiliki respon yang cepat dan stand by kapan saja. Ya, salah satu keunggulan berjualan secara online adalah toko kita bisa selalu buka selama 24 jam. Kamu harus siap kapanpun saat pembeli datang dan bertanya seputar produkmu. Fast respon dan menjawab dengan baik, ringkas, tapi jelas perlu kamu latih dengan baik agar calon pembeli bisa benar-benar mengetahui informasi tentang produkmu dengan jelas dan kamu bisa menguasai komunikasi dengan lancar.

 

Membangun Bisnis Online
idwebhost

 

Kita tidak tahu kebutuhan customer, karena ada yang ingin cepat di layani dan ada yang santai, maka meskipun masuk chat jam 2 pagi sekalipun kalau yang bertanya adalah calon pembeli maka kita harus sabar menjawab seluruh pertanyaannya.

Dan 60% penjual online gagal closing karena judul iklan tidak menarik, slow respon, pembeli keburu beralih ke penjual online lainnya. Namun jika kamu benar-benar tidak ingin di ganggu di jam tertentu, maka cobalah buat jejak auto responding yang menjelaskan kamu akan menghubungi secepatnya ketika kamu sudah online, atau tinggalkan nomor lain yang bisa menjawabnya dengan cepat.

5. Pasang gambar yang jelas

Menjual produk tanpa gambar saat ini hampir mustahil. Tentu saja menjual produk seperti pakaian atau apapun harus menyertakan gambar dengan jelas, detail dan buatlah iklan atau desain yang menarik. Cantumkan deskripsi produk, harga promo, foto yang jelas berbagai sisi, ukuran, berat, warna, garansi, pilihan pengiriman, dan info lain dengan jelas. Selain mempercepat proses transaksi terjadi, kamu juga tidak akan direpotkan oleh pertanyaan yang selalu sama dan terbilang sering.

6. Bersikap sopan dan ramah kepada customer

Jika barang sudah di terima oleh konsumen cobalah untuk memonitor produkmu. Sapalah dengan ramah sambil menyebut nama tokomu di awal dan akhir pembicaraan. Tentang nama usaha buatlah nama sesimpel mungkin, mudah di ingat, dan harus mencirikan produkmu. Tanyakan kepada pembeli apakah puas dengan produk pilihannya, ucapkan terimakasih.

Lalu Sebisa mungkin dapatkanlah nomor kontak personal pembeli yang bisa di hubungi, jadi  jika suatu saat ada promosi maka kamu bisa dengan cepat dan murah beriklan di tempat yang tertarget dan tepat sasaran.

7. Memiliki ciri khas

Kita berjualan atau membuka usaha tentu tidaklah sendiri, banyak pesaing di luar sana dengan cara dan gayanya masing-masing, pelajari gerak-gerik pesaing, intinya kamu harus terlihat lebih dari mereka. Toko kamu harus memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh para pesaing sehingga toko kamu akan memiliki nilai lebih di mata customer.

8. Membuat dan menentukan fungsi website

Tentu saja tujuan pembuatan situs web adalah agar bisnis kamu bisa menjangkaudengan lebih luas. Lalu, akan lebih efektif jika Anda merencanakan hal-hal seperti apa yang akan dilihat orang-orang dari website Anda, dan apa nilai yang akan mereka dapat dari situs yang dibuat.

9. Membuat domain dan hosting yang sesuai

Tips Ampuh untuk membangun bisnis online bagi pemula selanjutnya adalah mencari nama domain yang sesuai. Sesuaikan dengan bisnis yang dijalani dan kemudian dapatkan nama domain yang terbaik.

 

Membangun Bisnis Online
idwebhost

 

Selanjutnya kamu juga harus memilih hosting yang sesuai, hal ini sangat penting u karena kelancaran bisnis online sangat bergantung padanya. Selain itu, pastikan web hosting yang dipilih mendukung platform apapun yang dibangun di situs Anda.

Dan keduanya bisa anda dapatkan dengan harga murah di Idwebhost.

Willy Budianto

Willy Budianto seorang tech enthusiasm. Dia merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.