Tutorial Memasang Google Form di WordPress
Blog Tips Keren Tutorial Memasang Google Form di WordPress

Tutorial Memasang Google Form di WordPress

Menggunakan dan memasang google form di wordPress merupakan cara yang mudah dipasang atau di embed, dimanapun. Dikarenakan fiturnya yang mempunyai banyak manfaat ketika Anda akan membagikan form ke dalam beberapa website. Sebenarnya, ada begitu banyak kemudahan dan juga manfaat yang dapat Anda dapatkan ketika memakai Google Form. Anda akan dapat mengumpulkan data dari berbagai pelanggan menggunakan newsletter dan kemudian memanfaatkannya agar dapat meningkatkan kualitas dalam layanan bisnis yang Anda jalankan. Tidak hanya itu, bagi Anda yang masih belajar dalam menggunakan wordPress, tidak akan mengalami kesulitan ketika menggunakan Google Form di wordpress.

Pengertian Google Form

google form di wordpress

Google Form merupakan suatu layanan yang disediakan oleh Google yang memiliki fungsi untuk membuat bermacam-macam formulir online secara gratis. Google Form juga dapat digunakan dalam membuat sebuah formulir online, formulir pendaftaran, kuis, survey dan sebagainya. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memanfaatkan Google Form dalam mengumpulkan alamat email yang berasal dari visitor yang akan berlangganan newsletter Anda. Email yang dikumpulkan nantinya akan menjadi sebuah data yang bisa digunakan dalam mengembangkan sebuah bisnis dengan cara mengirimkan newsletter kepada pelanggan.

Sebuah layanan google form akan cocok untuk Anda yang memiliki sebuah bisnis online. Layanan tersebut nantinya akan digunakan dalam membantu apapun macam pekerjaan Anda. Selain itu, Anda juga dapat melakukan berbegai survey, contohnya mengenai kualitas produk yang nantinya akan Anda tawarkan, dan juga akan mendapatkan feedback yang berasal dari pelanggan Anda, terakhir dapat juga mengumpulkan informasi customer atau pelanggan melalui sebuah situs web online yang akan Anda gunakan. Sehingga agar lebih bermanfaat, Anda dapat memadukan Google Form dengan WordPress.

Alasan Menggunakan Google Form di WordPress

google form di wordpress

Sebenarnya, wordpress sendiri sudah menyediakan sebuah plugin yang secara cara kerja hampir sama dengan Google Form. Contohnya adalah Contact From7 atau WPForm. Tetapi, kedua plugin tersebut mengharuskan untuk menyimpan data pengunjung ke dalam sebuah database. Jika ditelaah, tujuan dari menggunakan beberapa fitur seperti yang ada pada Contact Form7 ataupun WPForm adalah untuk mengumpukan sejumlah data dari pengunjung yang jumlahnya cukup banyak. Namun, apabila data yang terkumpul berjumlah sedikit, maka hal tersebut belum bisa mempengaruhi server website Anda. Bedanya dengan data yag masuk cukup banyak, maka selanjutnya akan disimpan kedalam sebuah database dengan jangka waktu yang lama nantinya akan dapat mempengaruhi kinerja website Anda.

Sehingga, sebagai solusi agar bisa mendapatkan data dan juga informasi pengujung dengan jumlah yang banyak maupun sedikit tidak akan berpengaruh pada server jika meggunakan Google Form. Keseluruha data yang masuk ke dalam Google Form nantinya tidak akan disimpan dalam server website, tetapi disimpan pada server Google atau yang dikenal dengan Google Drive. Sehingga nantinya Anda tidak perlu memakai database bawaan website agar dapat menyimpan keseluruhan informasi yang berasal dari pengunjung yang masuk melalui form.

Penyimpanan data pada Google Drive tentunya akan jauh lebih aman apabila terjadi masalah dengan website Anda. Anda juga dapat menggunakan data yang sudah masuk pada Google Drive untuk digunakan pada website yang lain, tentunya dengan mudah tidak harus dengan mengambil dari yang ada di database. Google Form ini tidak mengambil tugas yang tadinya membebankan pada server, Anda juga dapat mulai melakukan akses pada Google Form dari manapun sekaligus memiliki tampilan antarmuka yang bisa mendukung adanya penggunaan perangkat mobile, oleh karena itu dapat Anda akses dari manapun.

Membuat Google Form di WordPress

google form di wordpress

Sebenarnya cara membuat Google Form di WordPress sedikit hampir sama dengan Anda membuat Google Form biasanya. Hanya, Anda cukup menambahkan kode embed pada google form di wordpress.

  1. Cara membuat Google Form di WordPress Yang Baru

Hal awal yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka sebuah website Google Form. Atau bisa juga masuk melalui Google Drive, dengan cara meng-klik New > More > Google Forms > From a Template. Anda dibebaskan untuk memilih opsi “Blank Form” apabila akan membuat form yang disesuaikan dengan keinginan.

  1. Memilih Template Google Form di WordPress

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih satu template yang sudah disediakan. Pada halaman tersebut Google memang sudah menyediakan bermacam-macam template yang dapat digunakan secara gratis. Anda juga dapat menyesuaikan template sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

  1. Mulai Mengisi Judul dan Deskripsi

Misalkan, salah satu template yang dipilih adalah “Event Feedback”. Nantinya Anda akan diminta agar memasukkan judul dan juga deskripsi form. Anda sebaiknya mengisi dengan disesuaikan tujuan dari adanya pembuatan Google Form tersebut.

Pada bagian bawah, Anda bisa memasukan sejumlah opsi yang nantinya bisa diisi oleh customer atau pengunjung website Anda. Contohnya adalah dengan jawaban singkat, paragraph, pilihan ganda, dropdown, tanggal dan masih banyak opsi lainnya. Google Form juga akan memberikan Anda macam-macam pilihan yang digunakan untuk mengganti jeis pertanyaan maupun jawaban.

  1. Salin Kode Embed Google Form di WordPress

Setelah Anda berhasil menyelesaikan dalam pembuatan formulir, Anda bisa mengklik tombol “Send” yang berada di pojok kanan sebelah atas. Tentunya Anda akan dapat melihat jendela send form.

Klik pada icon embed (<>), selanjutnya klik copy agar dapat menyalin kode HTML. Anda juga dapat mengatur form untuk menggunakan pilihan width dan juga height yang sudah disediakan pada jendela send form.

Agar form Anda bisa muncul pada halaman WordPrss, pastikan untuk paste kode embed yang sudah dicopy ke dalam text editor pada WordPress. Apabila Anda memakai Classic Editor, nantinya aka nada pilihan “Text” yang ada disana. Sehingga Anda hanya perlu mem-paste pada tempat yang Anda inginkan. Kemudian, check hasilnya dengan melakukan “preview” sebelum Anda mempublish.

Kesimpulan

google form di wordpress

Dengan menggunakan Google Form akan sangat flexible jika Anda menggabungkan dengan WordPress. Apalagi dilengkapi dengan cara penggunaan yang mudah dan sederhana. Anda dapat menggunakan akun Google Drive kemudian mengambil kode embed untuk dimasukan kedalam WordPress. Selain itu google form adalah sebuah tool yang mempunyai fungsi agar dapat mengumpulkan keseluruhan informasi yang dikemas dalam bentuk formulir. Selain gratis, Google Form ini juga sangat memungkinkan semua orang agar dapat membuat berbagai jenis formulir yang sesuai dengan keinginannya.

Nantinya Anda dapat membuat sejumlah rangkaian pertanyaan berupa pilihan ganda, membuat karangan bebas atau bisa membuat skala rating yang digunakan untuk melakukan observasi. Pada sebuah layanan bisnis, dengan memasang Google Form di WordPress tentu akan digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan feedback dari para pelanggan, bisa juga untuk membuat sebuah event, bisa juga untuk mengatur acara dan masih banyak benefit lain yang bisa Anda dapatkan. Apalagi cara memasang Google Form di WodPress bukan merupakan sesuatu yang sulit apabila kita mengetahui cara membuatnya.

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.