Panduan Memasang Google Adsense di WordPress
Blog Tips Keren

Panduan Memasang Google Adsense di WordPress

Google Adsense menjadi sebuah sarana yang tepat bagi anda yang ingin mendapatkan tambahan income yang lumayan untuk web yang dimiliki. Dalam hal memasang iklan di website, bukan berarti anda harus sembarangan memasang iklan apa saja di web yang anda miliki. Anda butuh sebuah jaringan yang professional dan benar-benar terbukti kredibilitasnya. Google Adsense menjadi salah satu jaringan iklan yang bisa anda pilih karena sudah banyak pengguna internet yang telah merasakan keuntungan memakainya. Setelah anda mendapatkan ijin atau verifikasi untuk memasang ads dari Google, maka anda bisa memasangnya di website anda. Pertanyaanya adalah bagaimana cara memasang Google Ads tersebut supaya bisa efektif digunakan?

Disini anda harus melihat dulu jenis iklan apa saja yang disediakan oleh Google Adsense tersebut. Disini iklan yang tersedia antara lain berupa video, teks, gambar dan lain sebagainya. Bayaran akan diterima oleh pemilik website saat ada pengunjung yang mengeklik iklan yaang dipasang tersebut. Kenapa memilih Google Adsense ketimbang yang lain? Di sini Ads Google akan memberikan komisi yang lebih besar daripada iklan layanan lainnya. Selain itu, iklan jenis yang satu ini juga sangat mudah disematkan di web. Pasalnya, format iklan tersebut nantinya akan berbentuk kode yang bisa anda pasang di web kapan saja anda mau.

Panduan Mendapatkan Iklan Dari Google Adsense

Panduan Memasang Google Adsense di WordPress
idwebhost

Untuk panduannya, anda harus melakukan permohonan terlebih dahulu kepada pihak Google. Anda bisa melampirkan website yang anda gunakan saat ini. Nantinya pihak Google Adsense sendiri yang akan menyeleksi apakah website anda memenuhi syarat yang telah ditentukan untuk mendapatkan Google Ads tersebut. Situs anda akan mendapatkan kunjungan dari Robot Google terlebih dahulu sebagai tahap awal seleksi. Nantinya mereka juga yang akan menentukan iklan apa yang pas untuk ditampilkan di website anda. Jika web anda nanti membahas tentang konten pakaian, toko online, dan lain sebagainya maka Google Adsense akan menentukan pilihan iklan yang cocok terhadap situs anda tersebut berkaitan dengan fashion.

Kenapa Memilih Google Adsense?

Panduan Memasang Google Adsense di WordPress
idwebhost

Tak hanya soal komisi yang besar, banyak keuntungan yang akan bisa anda dapatkan dari memasang Google Adsense itu sendiri. Tak heran jika banyak orang yang akhirnya bisa mendapatkan keuntungan usai menggunakan layanan yang satu ini.

Pembayaran Tepat Waktu: Google Adsense memberikan payment kepada anda tepat waktu dan real time. Jika saldo anda sudah memenuhi syarat pembayaran yakni $100 atau 100 Dollar maka anda akan bisa segera mendapatkan payment tersebut setiap akhir bulannya. Dengan kepastian pembayaran tersebut, tentu banyak keuntungan yang akan bisa anda dapatkan secara nyata.

Baca Juga: Cara Setting Yoast SEO Paling Jitu

Format Iklan Fleksibel: Google Ads juga memiliki format iklan yang fleksibel menyesuaikan dengan ukuran web yang anda miliki. Dengan cara tersebut, maka iklan ini akan bisa tayang di situs anda tanpa kendala atau kesulitan sama sekali. Yang perlu anda pikirkan hanyalah dimana meletakan code java script iklan tersebut di web anda sehingga muncul di bagian tertentu.

Mendapatkan Banyak Sumber Bantuan Secara Gratis: Sekarang bukan lagi zamannya mengalami kesulitan pada saat memasang iklan. Pasalnya, ada begitu banyak sumber bantuan gratis yang bisa anda gunakan untuk mengoptimalkan ads Google yang anda miliki tersebut. Ada banyak forum yang akan menyediakan kepada anda informasi terbaik yang anda butuhkan. Tutorial tersebut tersedia baik dalam bentuk video, tulisan, dan lain sebagainya.

Cara Memasang Iklan Google Adsense di WordPress Anda

Pertama, langkah yang harus anda lakukan adalah memiliki sebuah website yang siap dipasang iklan. Silahkan anda mendaftarkan diri di akun Google Adsense yang tersedia. Proses pendaftarannya juga mudah dan cepat. Tinggal memasukan data pribadi anda sesuai instruksi yang disediakan. Setelah itu tunggu waktu 3 – 7 hari bagi Google untuk melakukan pengecekan terhadap website anda dan menyetujui lamaran yang anda ajukan.

Kedua, jika pengajuan anda sudah di-approve, maka langkah selanjutnya adalah membuat unit iklan tersebut. Caranya masuk ke akun Google Adsense anda, kemudian pilih menu My Ads à New Ad Unit. Anda bisa mengatur nama dan ukuran dari iklan yang anda buat tersebut. Pastikan memberikan nama yang tepat serta ukuran yang presisi iklan tersebut untuk web yang anda miliki. Dengan memasang iklan yang responsif, maka user experience pengunjung yang datang ke situs anda akan tetap terjaga. Jika sudah selesai, maka tugas anda selanjutnya adalah memilih Save and Get Code. Disinilah nanti akan muncul kode script yang siap untuk anda letakan di akun WordPress yang anda miliki.

Ketiga, proses pemasangan iklan tersebut bisa anda lakukan secara manual, atau anda juga bisa menggunakan plugin Google Adsense yang ada di WordPress anda. Pada saat anda melakukan pencarian maka anda akan menemukan banyak sekali ragam plugin yang bisa anda pilih didalamnya. Tugas anda hanyalah memilih sendiri mana jenis plugin yang sesuai dengan kebutuhan. Disini plugin bernama “Google Adsense” bisa menjadi opsi paling istimewa. Plugin ini juga dikenal dengan nama “Google Publisher” yang sesuai namanya akan membantu anda memasang iklan di web tanpa ribet.

Memakai Plugin Ad Injection dan Ad Inserter

Panduan Memasang Google Adsense di WordPress
idwebhost

Keempat, opsi plugin lainnya yang bisa anda gunakan adalah Ad Ijection atau Ad Inserter. Dengan menggunakan kedua plugin ini maka anda akan bisa memasang iklan Adsense di WordPress dengan cepat dan mudahnya. Anda juga akan bisa mengatur iklan supaya tampil lebih responsif dan mudah dibaca. Plugin semacam ini juga akan memungkinkan anda untuk bsia melakukan pengetesan pada saat memasang iklan tersebut di berbagai tempat dengan ukuran yang beragam.

Kelima, cara lain memasang iklan juga bisaa anda lakukan secara manual. Anda tinggal masuk ke dashboard WordPress anda. Kemudian pilih menu Appearance à Widgets à Text. Setelah itu copy paste saja code iklan yang diberikan Google Adsense kepada anda di bagian tersebut. Anda bisa memberikan judul yang sesuai dengan isi dari Widget, yakni Ads untuk memudahkan anda dalam melakukan pengaturan kedepannya nanti. Jika sudah selesai, maka anda hanya tinggaal mengeklik tombol save saja. Lalu refresh halaman website anda, maka akan tampil iklan dari Google Adsense dengan tampilan yang sesuai kebutuhan.

Kesimpulannya, memasang iklan Google Adsense bukanlah hal yang sulit, terutama jika anda sudah memiliki cukup banyak jam terbang menggunakan WordPress tersebut. Satu hal yang perlu anda ingat supaya permohonan pengajuan iklan anda disetujui oleh Google, anda harus membuat sebuah website yang bagus dan juga tidak terkesan sebagai web yang mempromosikan iklan. Caranya adalah dengan memberikan konten yang berkualitas kepada para pembacanya. Selain itu, tunjukan bahwa web anda punya kredibilitas yang layak sehingga dikunjungi oleh banyak pengunjung dari kancah lokal maupun mancanegara, misalnya situs untuk berkonsulitasi dan diskusi secara online, dan lain sebagainya.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.