Melakukan Suspend Akun Customer di Reseller Hosting Plesk
Blog Tips Keren Melakukan Suspend Akun Customer di Reseller Hosting Plesk

Melakukan Suspend Akun Customer di Reseller Hosting Plesk

Mungkin ada yang mengalami akun hostingnya tersuspend. Hal tersebut dikarenakan suspend akun customer yang dilakukan oleh penyedia hosting.

Tutorial Melakukan Suspend Akun Customer (Subscription)

  1. Masuk dan login ke dalam Plesk Panel.
  2. Jangan lupa, Anda juga harus login sebagai Service Provider dengan cara meng-klik pada Change View dan pilihlah Switch to Service Provider View.
  3. Anda bisa langsung ke menu Customer dan klik pada nama customer yang akan Anda suspend.
  4. Klik Change Status dan klik Suspend. Selanjutnya akan muncul notifikasi jika Anda suspend yang Anda lakukan sudah berhasil. Yang perlu Anda ingat adalah ketika mengakses suspend dengan cara menggunakan menu subscription secara otomatis akan memblokir customer dan juga domain pelanggan.

suspend akun customer

Tutorial Melakukan Suspend Akun Customer Domain (Subscription)

  1. Login ke dalam Plesk Control Panel Anda.
  2. Setelah login, switch terlebih dahulu sebagai reseller dengan meng-klik Change View dan pilih Switch Service Provider View.
  3. Selanjutnya, bisa langsung ke menu Customer. Dan klik nama customer yang akan Anda suspend. Jangan lupa untuk klik Suspend.
  4. Secara otomatis domain customer Anda sudah tersuspend.

suspend akun customer

Mengetahui Penyebab Hosting Di Suspend

Jika Anda ingin mengetahui penyebab hosting Anda di suspend, bisa di cek melalui klik menu pada “Suspended Accounts” yang ada di WHM milik Anda. Berikut ini beberapa keterangan yang harus Anda ketahui meunya:

  1. Domain: domain dari hosting yang sudah dilakukan suspend.
  2. User: user yang berasal dari account hosting yang sudah dilakukan suspend.
  3. Owner: pemilik dari sebuah hosting. Jika hosting Anda dimiliki oleh reseller, maka nantinya akan terisi dengan account reseller. Bedanya jika dimiliki oleh account root maka secara otomatis akan terisi oleh root.
  4. Date suspended: merupakan tanggal kapan hosting dilakukan suspend.
  5. Reason: ini merupakan penyebab hosting dilakukan suspend, reason akan muncul ketika melakukan suspend dialkukan pengisian reason atau penyebab hosting dilakukan suspend.
  6. Locked: jika suspend terlock, maka Anda tidak dapat melakukan un-suspend hosting kecuali yang melakukan unsuspend adalah root atau owner dari server. Ini dikarenakan privilege sebagai reseller tidak dapat melakukan unsuspend ini.

Penyebab Suspend pada Account Hosting

Ketika suatu hari Anda mengunjungi website Anda dan mendapati jika account hosting Anda di suspend oleh idwebhost. Hal tersebut berarti layanan hosting memang sudah dihentikan sementara waktu. Ketika hosting Anda dilakukan suspend maka seluruh file, e-mail, database dan data lain yang ada dalam direktori hosting Anda tidak akan hilang. Melainkan, tidak bisa di akses ketika masa suspend. Beberapa penyebab akun hosting Anda di suspend adalah sebagai berikut:

  1. Penyebab Suspend Akun Customer, Tidak Melengkapi Pembayaran

Bisa jadi karena Anda belum menyelesaikan billing atau membayar layanan hosting yang diberikan oleh penyedia. Atau bisa jadi karena Anda telah membayar sebelumnya tetapi Anda tidak melakukan konfirmasi pembayaran sehingga pada bagian billing tidak mengetahui adanya pembayaran yang sudah Anda lakukan.

  1. Account Hosting Anda Membebani Server

Account hosting bisa membebani server karena terlalu berta sehingga akan berpotensi menganggu keberlangsungan layanan hosting terhadap customer yang lain. Beban tersebut disebabkan oleh beberapa database yang mempunyai ukuran sangat besar dan tidak optimized, hitis sehingga tingkat kunjungan terlalu besar, kesalahan pada scripting dan lain sebagainya. Dalam kasus serupa, akan diselidiki lebih lanjut mengenai penyebab load server tinggi dari sebuah account hosting milik Anda dan diberikan solusinya.

  1. Melalukan Tindakan Abuse dari Server

Abuse merupakan sebuah pelanggaran term layanan. Abuse yang sering dilakukan oleh pelanggan tentu saja adalah SPAM atau mass e-mailing. Biasanya Spam ini dlakukan agar bisa menawarkan barang atau jasa yang dilakukan secara massal. Abuse lain yang dapat dilakukan oleh penggan dengan cara disengaja atau tidak adalah melakukan tindakan DDOS dengan cara mengirimkan paket data dengan kapasitas yang sangat besar ke arah IP Address target yang bertujuan agar bisa mematikan layanan internet dari IP Address yang dtuju.

  1. Bandwidth Exceeded

Jika nantinya Anda mendapatkan pesan mengenai Bandwidth Exceeded pada sebuah website maka quota traffic hosting yang Anda punya sudah melebihi batas yang telah dtentukan sebelumnya. Maka, segera hubungi penyedia hosting jika Anda ingin menambahkan quota traffic atau melakukan upgrade paket hosting.

Setiap penyedia hosting biasanya akan mengirimkan e-mail sebelum Account Hosting di suspend. Sehingga Anda wajib selalu melakukan checking untuk bisa melakukan registrasi hosting pada penyedia hosting Anda.

suspend akun customer

Alasan Website Terkena Suspend

Sebuah shared hosting berasal dari sebuha VPS (Virtual Private Server) atau dari sebuah dedicated. Jika sudah disebut dengan Shared Hosting maka dengan adanya 1 server yang dipakai secara bersama dalam jumlah yang sangat bervariasi mulai dari 500-400 client dalam sebuah server dedicated. Sehingga dengan alasan tersebut seorang client dari penyedia hosting diharuskan untuk mematuhi syarat dan juga ketentuan dari sebuah penyedia layanan hosting. Syarat dan ketentuan inilah yang dikenal dengan istilah Term of Services. Jika Anda tidak membaca Term of Service (Tos) maka sudah seharusnya Anda menyadari jika membeli shared hosting, yang dipakai secara bersama-sama mulai dari space, traffic dan CPU Usage. Sehingga segala sesuatu yang nantinya memberatkan kinerja sebuah server harus segera dihindari.

Jika suatu saat website Anda terkena suspend, bisa jadi karena menggunakan plugin SEO yang sangat menguras server. Sering kali memang tidak pernah melihat review dari plugin SEO yang cocok untuk shared hosting atau tidak. Karena sebenarnya setiap plugin mempunyai karatkter yang berbeda. Contoh server yang menguras server adalah Wp-Omatic, GDpress, WProbot dan juga sejenis autoblog. Jika plugin tersebut dipasang maka akan menimbulkan lonjakan CPU usage yang bisa mencapai 50%. Artinya sebuah website menggunakan 50% dari total server yang ada. Jika hal tersebut terjadi maka semua akses pengguna akan ikut terganggu dan menjadi lambat ketika di akses.

suspend akun customer

Kesimpulan

Sejauh ini banyak penyedia yang selalu mengamati, termasuk idwebhost tidak semena-mena dalam melakukan suspend account client. Karena akan selalu diberikan antisipasi berupa mengirimkan email notifikasi jika penggunaan CPU sudah berlebihan dan disarakan untuk melakukan checking ulang pada website. Jika kondisi load server sudah mengkhawatirkan maka tindakan mengirimkan email akan diganti dengan melakukan suspend terlebih dahulu, baru setelahnya akan diberitahukan kepada client.

Hal tersebut bisa terjad karena kondisi load server yang sudah mendekati 30% yang berarti kinerja sever sudah mulai melambat, jika hoster melakukan pengiriman email untuk memberitahukan terlebih dahulu dan menunggu balasan untuk melakukan perbaikan akan terlalu lama, sehingga waktu yang tidak mencukupi tersebut akan membuat server down lebih dulu. Sehingga itulah penyebab account Anda di suspend tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.