Alasan Kenapa Media Sosial Penting Untuk Bisnis Anda
Blog Tips Keren Alasan Kenapa Media Sosial Penting Untuk Bisnis Anda

Alasan Kenapa Media Sosial Penting Untuk Bisnis Anda

Dengan teknologi yang sudah sangat maju, media sosial merupakan primadona bagi masyarakat banyak. Walaupun biasanya lebih banyak digunakan oleh anak muda dan remaja sebagai media untuk berkomunikasi dengan teman jauhnya. Namun berbagai kebutuhan mulai dari kebutuhan personal hingga kebutuhan bisnis suatu perusahaan semuanya sangat bergantung dengan yang namanya media sosial.

Siapa sih di jaman sekarang ini yang tidak mengunduh atau memiliki akun media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan social media lainnya. Oleh karena itu, kehadirannya bagi kegiatan bisnis anda sangat penting untuk menjangkau berbagai lapisan masyarakat. Mereka yang menggunakan media sosial agar mereka bisa menyadari dan mengetahui keberadaan bisnis anda. Dan di artikel ini kami akan membeberkan 5 Alasan utama kenapa media sosial adalah sesuatu hal yang penting untuk anda perhatikan bagi keberlanjutan bisnis anda. Namun sebelumnya, mari kita pahami terlebih dahulu tentang apa itu media sosial.

 

Apa itu Media Sosial?

Media sosial atau yang sering disalahtuliskan sebagai sosial media adalah sebuah media daring. Di mana para penggunanya bisa dengan sangat mudah untuk berpartisipasi, berkomunikasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia saat ini.

 

medai sosial penting untuk bisnis
idwebhost

 

Dikutip dari Wikipedia, Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content

Media sosial sendiri memiliki klasifikasi karena teknologinya mengambil berbagai bentuk termasuk majalah, forum internet, weblog, blog sosial, microblogging, wiki, podcast, foto atau gambar, video, peringkat dan bookmark sosial. Dengan menerapkan berbagai macam teori di dalam bidang media penelitian (kehadiran sosial, media kekayaan) dan proses sosial (self-presentasi, self-disclosure) Kaplan dan Haenlein menciptakan skema klasifikasi bagi segala macam jenis media sosial dalam artikel Horizons Bisnis mereka diterbitkan dalam 2010. Menurut Kaplan dan Haenlein ada enam jenis media sosial yaitu :

Proyek kolaborasi

Situs web mengizinkan usernya untuk dapat mengubah, menambah, mengedit, ataupun menghapus segala jenis konten yang ada di situs web dalam klasifikasi ini. Contohnya wikipedia.

Blog dan microblog

Di jenis yang satu ini, pengguna akan lebih bebas untuk bisa mengekspresikan sesuatu di blog ini seperti curhat, tulisan bebas, tulisan tentang hobi atau kegiatan favorit hingga mengkritik kebijakan pemerintah. Contohnya Twitter, Blogspot, WordPress.

Konten

Para pengguna dari situs web ini bisa saling meng-share berbagai macam konten media, baik seperti video, ebook, gambar, dan lain-lain. Website yang satu ini sangat cocok bagi anda yang memiliki pemikiran kreatif. Contoh website jenis ini adalah YouTube.

 

Cara Menghadirkan Social Signals Untuk SEO di Social Media
idwebost

Situs jejaring sosial

Aplikasi yang mengizinkan user untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dan berkomunikasi dengan orang lain entah orang yang anda kenal ataupun tidak. Informasi pribadi itu bisa seperti foto-foto. Contoh media sosial ini adalah facebook, instagram.

Virtual game world

Dunia virtual, di mana mengreplikasikan lingkungan 3D, di mana user bisa muncul dalam bentuk avatar – avatar unik yang diinginkan dan bisa berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia nyata. Contoh media sosial jenis ini adalah game online.

Virtual social world

Dunia virtual yang di mana penggunanya merasa seperti hidup di dunia virtual, sama layaknya seperti virtual game world, berinteraksi dengan yang lain. Namun, Virtual Social World lebih bebas, dan lebih ke arah kehidupan yang bisa anda imajinasikan contohnya second life. Oke tanpa perlu basa – basi lebih panjang lagi, berikut ini adalah alasan kenapa media sosial sangat penting untuk kegiatan bisnis anda

Alasan Kenapa Media Sosial Penting untuk Bisnis Anda

1. Membantu Anda untuk Mengenal Pelanggan Anda

Anda tidak harus menebak atau berspekulasi tentang apa yang benar-benar diinginkan oleh customer Anda. Dengan media sosial, anda bisa mengenal target pelanggan Anda lebih akrab dengan bergaul bersama mereka secara online. Anda bisa mendengarkan, belajar dan membangun hubungan nyata lewat media sosial. Anda juga bisa memanfaatkan konten blog untuk memposisikan diri sebagai sumber daya dengan berbagi informasi bermanfaat yang bisa memecahkan masalah bagi target pelanggan Anda.

2. Ini adalah Grup Fokus Utama

Anda mendengarkan apa yang dibutuhkan pelanggan Anda dan mendapatkan feedback instan tentang penawaran, pesan pemasaran dan harga. Dan di Twitter, Anda juga bisa mendengarkan kompetisi dan memeriksa konten mereka dan tanpa mereka ketahui jika anda sedang menguping

3. Memperluas Pemirsa Anda

Ini bukan hanya tentang menjual produk anda ke radius 100 km di sekitar toko Anda. Namun, media sosial memberi Anda akses ke pelanggan di seluruh kota atau seluruh dunia. Anda harus membangun kehadiran e-niaga apa pun jenis bisnis yang Anda miliki, dan media sosial merupakan cara terbaik untuk berhubungan dengan orang – orang yang tidak bisa datang langsung ke toko Anda.

 

medai sosial penting untuk bisnis
idwebhost.com

 

4. Meningkatkan Traffic ke Website Anda

Media sosial merupakan cara paling mudah dan murah untuk mengarahkan traffic ke website Anda, yang bagaimanapun juga adalah digunakan untuk pemasaran. Dan semakin banyak yang Anda bagikan, maka akan semakin tinggi pula peringkat pencarian untuk web Anda. Jika Anda memiliki sedikit anggaran untuk menggunakan iklan berbayar di media sosial, Anda bisa mengarahkan lalu lintas yang ditargetkan menuju halaman tertentu.

5. Tutup Bisnis dengan Media Sosial

Ada aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mencapai kesepakatan dalam penjualan secara langsung dengan media sosial. Di Facebook, Anda bisa menggunakan Spark Pay, untuk menanamkan tombol beli di halaman Facebook Anda atau Anda bisa juga membawa katalog produk Anda dan mendistribusikannya ke puluhan produk dan mesin perbandingan seperti Amazon, Google, Yahoo Shopping, dll.

Anda bisa menjual produk lewat posting Facebook Anda menggunakan aplikasi Soldsie. Cukup upload foto, harga dan deskripsi dan pada waktu yang ditentukan, item akan muncul di  Facebook Anda seperti posting terjadwal lainnya. Anda bisa menggunakan Spreesy untuk menarik perhatian pemirsa ke toko anda.

Itu dia di atas merupakan 5 alasan utama kenapa media sosial sangat penting bagi suatu kegiatan bisnis. Harusnya lima alasan diatas sudah lebih dari cukup untuk meyakinkan anda dalam menggunakan media sosial bagi bisnis. Coba fokus hanya pada satu platform media sosial pada satu waktu misal Facebook atau Instagram, yang merupakan media sosial paling digemari saat ini. Setelah Anda mendominasi kemudian pindah yang berikutnya. Pastikan untuk fokus pada media sosial di mana Anda menargetkan pelanggan menghabiskan sebagian besar waktunya online. Itu akan memberi Anda benefit terbaik untuk investasi Anda.

Willy Budianto

Willy Budianto seorang tech enthusiasm. Dia merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.