3 Cara Menambahkan Ikon Media Sosial di WordPress
Blog Tips Keren

3 Cara Menambahkan Ikon Media Sosial di WordPress

Keberadaan media sosial menjadi hal penting untuk bisnis anda dalam sebuah website. Dengan menghubungkannya dengan website akan menghemat waktu anda seperti jika anda men-settingnya supaya website anda bisa pada saat setiap membuat postingan konten terbaru dijadikan otomatis membagikannya ke media sosial anda. Dengan begitu bisnis anda lebih mudah dikenal. Kami akan membahas tiga cara menghubungkan sosial media dengan WordPress, yaitu :

  1. Memanfaatkan Plugin Sosial Media di WordPress.
  2. Mengintegrasikan Sosial Media dengan WordPress Menggunakan Platform Pihak ketiga.
  3. Menggunakan Fitur Embed di Platform Sosial Media Anda.

Ada banyak pilihan yang bisa dipilih jika anda ingin menghubungkan media sosial dengan WordPress. Menarik kan? Lanjut Sob!

 

plugin social media share wordpress
idwebhost

Mengapa Anda Harus Mengintegrasikan Platform Media Sosial dengan WordPress ?

Pastinya sebagian besar website akan mempunyai fitur share ke media social, hal itu mempunyai peranan penting dalam meningkatkan jumlah traffic untuk datang ke situs anda. selain itu, orang-orang juga akan lebih mudah dalam membagikan kontennya. Tentu itu akan lebih menghemat waktu anda dan tidak perlu bersusah payah untuk menarik pengunjung website anda.

Beberapa manfaat dari integrasi sosial media dengan wordpress, yaitu :

  • Mengarahkan untuk meningkatkan traffic ke website. Platform sosial media merupakan source terbaik untuk mengumpulkan organic traffic.
  • Membuat channel terbaru untuk berhubungan dengan user. Semakin banyak platform media sosial yang Anda pakai, maka semakin banyak juga visitor yang berdatangan ke situs Anda.
  • Memudahkan user untuk membagikan konten yang berasal dari situs Anda. Bahkan dengan hanya satu kali klik saja.

Selanjutnya, kami akan memberikan bagaimana cara menghubungkan wordpress dengan facebook, instagram, dan platform lainnya.

3 Cara Menghubungkan Ikon Media Sosial Dengan WordPress

1. Install Plugin Media Sosial di WordPress

 

plugin social media icon wordpress
idwebhost

 

Install Plugin Social Media Share Buttons & Social Sharing Icons. Plugin tersebut untuk memudahkan anda menambahkan ikon sharing di setiap konten wordpress. Dengan plugin ini, anda dapat mengintegrasikan wordpress ke facebook, twitter, linkedln, dan banyak platform lainya.

pilihan plugin lain adalah Blog2Social. Plugin ini menyediakan pilihan untuk memposting konten ke banyak platform. Misalnya, anda dapat mengintegrasikan wordpress ke instagram dan setiap kontennya akan ter-publish di kedua platform tersebut.

Cara melakukan integrasi plugin Blog2Social :

 

plugin blog2social wordpress
idwebhost

 

Install dan aktifkan plugin, kemudian klik pada tab dashboard Blog2Social lalu pilih opsi Network. Nah, di dalam opsi itulah anda akan menemukan daftar semua jaringan media sosial yang dapat anda hubungkan ke wordpress anda.

Kita coba untuk platform instagram, pilih opsi +Profile untuk menghubungkan Instagram ke wordpress. Masukan usernama dan password instagram anda lalu klik authorize. Setelah anda berhasil masuk, maka profil anda akan muncul di bawah tab Blog2 Social>Network. Buka tab Blog2Social>Post & Sharing. Lalu didalam tab tersebut, anda akan melihat daftar dari postingan di wordpress anda. Jika anda klik opsi Share on Social Media di kanan postingan, maka akan terlihat daftar akun dimana anda bisa membagikan konten wordpress. Anda juga bisa mengkonfigurasikan tampilan postingan dimedia sosial.

Menu Drop Down

Menu Drop-down Share Now akan terlihat dibawah layar. Salah satu keungulan plugin ini adalah anda bisa langsung attach link fitur gambar dan menambahkan teks publikasi dari layar. Ini jadi menghemat waktu anda. Lanjutkan klik opsi Share. Sudah selesai, sob.

2. Menggunakan Platform Pihak Ketiga

Platform ini adalah IFTTT. Layanan yang memudahkan anda untuk membuat ‘applets’ yang menghubungkan banyak platform, salah satunya yaitu facebook secara otomatis. berikut dibawah ini langkah-langkahnya :

Buka Halaman IFTTT lalu buat akun (free) atau gratis. Setelah akun dibuat, klik tab MY Applets di atas dashboar. Di halaman tersebut, akan terlihat opsi New Applet lalu klik dan pilih jenis layanan terlebih dahulu. Sebagai contohnya, ketik WordPress kemudian klik opsi Connect, masukkan URL WordPress anda dan informasi login supaya dapat terhubung ke akun admin anda. Lalu klik opsi Connect lagi, setelah itu barulah koneksi ke wordpress sukses.

Pilih Trigger

Lanjutkan pilih trigger supaya aplikasi dapat berjalan. Lalu pilih Any new post, ini berfungi secara otomatis setiap anda memposting konten terbaru di wordpress. Lalu untuk mengatasi pada ‘that‘. Buka dan klik +that di layar selanjutnya. Pilih layanan yang ingin anda hubungkan. Misalnya, kami menghubungkan wordpress dan facebook. Ketik ‘Facebook‘ di kolom pencarian.

Pilih Layanan

Setelah memilih layanan. Pilih Create a link post, itu berfungsi supaya link konten terbaru akan secara otomatis mengarah ke facebook. Kemudian tambahkan pesan pre-recorded anda ke tiap postingan yang mau dibagikan. Jika sudah cukup dengan pengaturannya, klik Create Action. IFTTT akan menampilkan akhir applet dan akan diaktifkan secara default.

Jika anda ingin mematikan applet, buka tab My Applets. Trigger untuk mematikan applet akan terlihat dibawah layar, selesai juga, sob.

Baca Juga : 5 Cara Cepat Meningkatkan Traffic Website Anda

3. Manfaatkan Fitur Embed di Platform Media Sosial

Setiap fitur embed di berbagai platform memiliki sistem kerja yang berbeda-beda. Misalnya, pada klik ikon ‘titik tiga‘ di postingan facebook. Maka akan terlihat opsi Embed. Dengan mengklik opsi itu, anda dapat melihat tampilan postingan jika di embed. Sebuah Kode snippet akan muncul dan anda dapatĀ  memasukkannya ke website.

Untuk menjalankan kode snippet itu, buka editor WordPress pada lembar halaman atau postingan manapun yang ingin anda bagikan. Lalu, ganti ke editor Text dan paste kode embed diatas. Jika berganti ke area editor Visual, maka akan terlihat postingan seperti di facebook.

Kesimpulan

Anda mempunyai banyak opsi untuk menghubungkan platform media sosial yang digunakan dengan wordpress. Dengan proses integrasi, anda tidak memerlukan untuk membuat akun lagi di setiap platform. Munculnya icon media sosial bermanfaat untuk menarik lebih banyak follower. Selain itu, integrasi media sosial juga memberikan manfaat bagi konten web anda untuk lebih dikenali oleh banyak orang.

Ada tiga cara untuk menambahkan platform media sosial di wordpress, yaitu dengan menggunakan plugin media sosial di wordpress, memberdayakan platform pihak ketiga, dan menghubungkan secara manual, tergantung pada jenis fitur yang akan digunakan.

Apakah anda mempunyai pertanyaan terkait artikel di atas ? Berikan kami kesempatan untuk menjawabnya dikolom komentar dibawah ini!

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.