Marketing Tools Wajib Untuk Digital Marketing
Blog Digital Marketing Marketing Tools Wajib Untuk Digital Marketing

Marketing Tools Wajib Untuk Digital Marketing

Digital marketing menjadi tren baru dalam memasarkan produk secara online. Perusahaan besar, industri rumah tangga, UMKM, bahkan ibu rumah tangga kini sudah menggunakan saluran pemasaran online untuk penjualan produk mereka. Tentu saja mereka menggunakan marketing tools wajib untuk digital marketing! Apa saja tools ini? Mari kita ulas dalam artikel kali  ini.

Ramainya orang menggunakan digital marketing dalam memasarkan produk bukan tanpa alasan. Saat  ini semua orang bisa kita katakan saling terhubung di internet. Segala kebutuhan bisa didapatkan melalui pencarian di internet. Bahkan tidak lagi harus menggunakan laptop atau komputer, cukup melakukan pencarian melalui telepon genggam masing-masing.

Belum lagi keberadaan sosial media yang menghubungkan satu orang dengan orang lain, memotong jarak dan waktu, lebih jauh kemudian membentuk satu tatanan kehidupan tersendiri. Kita mengenal istilah dunia maya, atau warga internet (warganet) sebagai julukan atau label bagi kehidupan kedua manusia ini.

Nah, jika orang-orang sudah berkumpul dalam satu bentuk dunia baru bernama internet, maka Anda sebagai pelaku usaha harus bisa menangkan ini sebagai peluang. Di mana ada perkumpulan, di sana informasi produk perlu disebar luaskan.  Menawarkan produk dalam bentuk promosi di internet kemudian muncul dan menjadi kebutuhan.

Mungkin masih banyak yang beranggapan ‘jualan online’ adalah semudah foto, upload dan tunggu. Padahal para pelaku bisnis online yang sukses melakukan serangkaian strategi pemasaran, yang mana sama seperti pemasaran offline atau konvensional, tetap membutuhkan berbagai upaya nyata. Tidak sekedar menunggu semata.

Untuk melakukan berbagai strategi pemasaran online inilah maka diperlukan adanya alat atau tools pemasaran. Tujuannya untuk mempermudah,  dan agar strategi yang dilakukan bisa jauh lebih tepat sasaran.  Marketing tools merupakan aplikasi yang akan membantu Anda dalam menjalankan bisnis, terutama di bagian promosi.

Apa saja marketing tools wajib untuk digital marketing? Berikut adalah 6 marketing tools yang sebaiknya Anda pahami dan gunakan dalam melakukan strategi digital marketing usaha Anda:

1. SEMRush

ManfaatkanSemrush

Dalam menjalankan strategi pemasaran online, hal pertama yang perlu Anda miliki adalah data. Kepemilikan data menjadi sangat penting untuk bisnis, apa pun bisnis Anda. Data ini bisa Anda dapatkan melalui survei langsung kepada calon pelanggan, atau Anda dapatkan melalui  hasil kegiatan digital marketing yang telah Anda lakukan.

Salah satu tools digital marketing yang akan membantu Anda dalam mendapat data adalah SEMRush. Sofware SEMRush merupakan tools wajib dalam dunia marketing khusus untuk jualan online. SEMRush bisa membantu Anda untuk mengetahui bagaimana performa marketing yang telah Anda lakukan dari segala aspek.

Sebagai contoh, Anda bisa mengevaluasi promosi dari sisi content marketing, sosial media, website, sampai dengan iklan berbayar. Dengan Anda memiliki data yang cukup dan valid dari sisi yang Anda ingin ketahui, maka Anda akan lebih mudah dalam membuat strategi berikutnya dengan berbekal data evaluasi ini.

Jika ternyata yang menjadi permasalahan atau kendala pada sosial media, maka Anda perlu meningkatkan strategi sosial media. Atau sebaliknya, yang menyebabkan gagalnya promosi Anda ternyata berada pada performa website toko online Anda. Maka perbaikan untuk itu perlu segera Anda lakukan.

Pada dasarnya tools ini akan memudahkan Anda dalam mendapatkan data untuk kebutuhan digital marketing. Tidak hanya itu, tools ini juga akan membagikan ide yang dapat Anda gunakan dalam memaksimalkan potensi promosi di masing-masing aspek pemasaran yang Anda gunakan.

Anda ingin melihat seperti apa data hasil pemasaran dari produk pesaing Anda? Kabar baiknya SEMRush bisa melakukan itu untuk Anda. Tools ini memungkinkan Anda melihat dan mengakses data yang dimiliki kompetitor Anda. Dengan mengetahui data kompetitor, maka Anda akan lebih terbantu dalam memaksimalkan sisi kelemahan atau yang belum digarap oleh kompetitor Anda.

Berikut fitur bermanfaat dari SEMRush: Fitur untuk memantau dan mengevaluasi optimasi SEO; Fitur khusus untuk riset dan evaluasi iklan berbasis Pay Per Click (PPC); Fitur untuk memantau dan mengelola sosial media; Fitur riset content marketing.

2. Ubersuggest

Ubersuggest Untuk Digital Marketing

Ubersuggest menjadi salah satu SEO tools yang sangat membantu dalam membuat konten digital marketing website. Tools serupa memang sangat banyak, namun Ubersuggest menjadi pilihan karena tampilan yang rapi, mudah dipahami dan adanya fitur yang cukup lengkap. Dan yang pasti, gratis.

Tools ini memiliki tiga macam insight yang Anda bisa peroleh: Pertama adalah  kata kunci utama alias keyword.  Kedua, inspirasi ide konten, yang direkomendasikan untuk Anda buat. Ketiga, kemampuan melihat keyword dari kompetitor.

Ubersuggest menjadi pilihan tools wajib digital marketing karena dilengkapi fitur untuk melakukan riset kata kunci secara mandiri, berguna untuk melihat macam-macam konten yang memakai kata kunci tertentu, dan terpenting memiliki tools khusus untuk mengecek kata kunci apa yang dipakai kompetitor.

 

3. Hashtag Analytics Tools Digital Marketing

Hashtag Analytics Tools Digital Marketing

Hashtag adalah  tanda pagar (#) yang mana umum digunakan di sosial media Twitter atau pun Instagram.  Satu kata kunci  yang sedang dimainkan di Twitter dalam bentuk tagar misalnya, jika kata kunci ini banyak yang menggunakan, maka akan berpotensi menjadi trending topik Twitter.

Prinsip dari hastag adalah untuk menggolongkan tema atau topik yang lebih spesifik dalam sosial media, juga untuk mempermudah orang lain dalam mencari topik yang saling berhubungan. Misalnya tagar #HostingTerbaik atau #DomainMurah.

Kedua tagar tersebut akan memudahkan para pencari informasi terkait tema hosting terbaik dan domain murah.  Jika Anda bermain dalam strategi sosial media marketing, maka Anda harus bisa memilih tagar terbaik untuk bisnis Anda setiap kali Anda memposting promosi di sosial media Anda.

Di dalam dunia digital marketing, tagar / hashtag sangat berguna untuk menyampaikan informasi produk agar orang lain atau calon customer dapat menemukan informasi yang Anda sampaikan pada sebuah artikel dengan hashtag tertentu.

Keberadaan hashtag akan membuat para pengunjung atau pembaca konten mengetahui inti dan tujuan promosi Anda.  Anda sebagai pemilik bisnis bisa menciptakan sendiri hashtag yang menjadi ciri khas dari produk yang Anda pasarkan. Sehingga tagar ini menjadi tagar bisnis Anda.

Namun demikian, Anda perlu memahami tagar potensial dan tagar yang tidak potensial untuk bisnis atau produk Anda. Untuk melakukan itu Anda bisa menggunakan berbagai tools digital marketing yang menawarkan kemudahan dalam analisis data tagar.

Terdapat banyak sofware atau aplikasi yang menawarkan kemudahan dalam analisis tagar, salah satunya adalah sproutsocial. Anda bisa menggunakan tools ini untuk kebutuhan analisis data media sosial Anda, kaitannya dengan penggunaan tagar Anda selama ini.

Tools sproutsocial ini juga akan memberikan saran serta data penting terkait tagar untuk bisnis Anda. Kabar baiknya, Anda bisa menggunakan tools ini secara gratis, namun terbatas pada fitur-fitur tertentu. Jika Anda ingin menggunakan fitur penuh, Anda bisa mendaftar dan memilih tawaran harga berlangganan sesuai kebutuhan Anda.

4. Buzzsumo

buzzsumo tools digital marketing

Marketing tools wajib untuk digital marketing selanjutnya adalah Buzzsumo. Tools ini memungkinkan siapa saja untuk mendapat insights dari konten yang beredar di internet. Artinya, Anda tidak harus sebagai pemilik dari konten tersebut.

Anda bisa mendapatkan berbagai insight dari web, Facebook, maupun forum seperti Amazon, Reddit, dan Quora. Selain itu ada fitur monitoring keyword dan konten.  Dengan adanya fitur ini maka Anda tak perlu takut ketinggalan info dan tren terbaru seputar apa saja.

Dengan Anda selalu terhubung dengan isu konten sesuai dengan bisnis Anda, maka Anda memiliki kesempatan untuk lebih dulu berinteraksi dan membagikan konten yang sesuai dengan bisnis Anda. Ingat, siapa yang muncul lebih awal, akan menjadi lebih memiliki peluang viral.

Dengan Buzzsumo Anda juga dapat mencari influencers yang berpengaruh, ini akan bermanfaat jika Anda akan menjalankan strategi endorsemen. Saat ini model endorsemen dalam pemasaran digital menjadi salah satu yang menuai sukses, asalkan mampu memilih influencer yang tepat.

5. Manfaatkan Fitur ADS

Kesimpulan Marketing Tools Digital Marketing

Dalam sebuah bisnis kebutuhan akan iklan adalah wajib! Anda membutuhkan ini untuk mempopulerkan, mempromosikan dan menyebarluaskan produk Anda kepada masyarakat dalam hal ini pasar. Jika pasar tidak mendapat informasi tentang produk Anda, bagaimana mereka akan membeli.

Cara cepat yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan fitur Iklan / ADS dari sosial media dan penyedia layanan internet. Kita tahu ada Google Ads, Facebook ADS, Instagram ADS, bahkan yang terbaru adalah TikTok ADS untuk bisnis.

Coba Anda luangkan waktu dan melakukan perhitungan kebutuhan promosi Anda. Coba buat anggaran khusus untuk melakukan iklan di internet. Anda bisa memulai dengan yang paling populer saat ini yaitu menggunakan Google ADS atau Facebook Ads.

Google ADS menjadi platform khusus iklan dari raksasa search engine Google. Dengan Google ADS maka Anda bisa mendapatkan eksposur lebih luas ke pengguna internet. Anda bisa memilih berbagai format iklan. Google ADS tetap bisa melayani sekecil apa pun skala bisnis Anda, dan juga sehemat apa pun budget iklan Anda.

Jika Anda ingin yang praktis dan mudah dalam melakukan iklan di internet. Maka jawabannya adalah menggunakan produk Facebook ADS. Karena di Facebook ADS Anda tidak harus menjadi pakar untuk mulai beriklan. Cara beriklan yang sederhana dan memiliki kinerja yang bisa Anda pantau secara langsung. Selain itu jenis laporan Facebook ADS juga mudah dipahami.

Saat ini lebih dari dua miliar orang menggunakan Facebook dalam setiap bulan. Jadi ini adalah potensi yang sangat besar untuk Anda bisa menarik mereka menjadi pembeli potensial Anda. Selain itu, Facebook menawarkan model iklan tertarget sesuai perilaku dan minat bakat pengguna mereka.

Kesimpulan Marketing Tools Digital Marketing

Manfaatkan Fitur ADS

Terdapat banyak sekali tools yang bisa membantu Anda dalam menjalankan strategi digital marketing. Setiap tools memiliki fitur yang kurang lebih sama, namun juga menawarkan beberapa keunggulan yang beragam. Pada dasarnya fungsi mereka untuk mempermudah Anda menemukan target pasar yang tepat.

Penting untuk jangan Anda lupakan adalah bagaimana saluran dari setiap strategi digital marketing Anda dapat Anda kelola dengan baik. Ini terdengar mudah, misalnya dengan langsung Anda lakukan komunikasi menggunakan whatsapp atau fitur chat di website Anda.

Namun, sering kali calon pelanggan membutuhkan lebih dari sekedar terjawab atas pertanyaan mereka. Banyak hal yang mereka butuhkan, utamanya adalah kemudahan akses. Semua orang kini ingin cepat dan mudah. Maka Anda membutuhkan sebuah website yang bisa memberikan kemudahan dan  kecepatan bagi calon pembeli Anda.

Pembuatan website yang sesuai keinginan dan kebutuhan pelanggan agar proses penjualan produk bisa bekerja dengan baik, bisa Anda dapatkan secara mudah dengan menggunakan jasa pembuatan website. Dengan jasa layanan profesional, maka Anda akan menghemat waktu, tenaga dan biaya dalam pembuatan website bisnis Anda.

Juga penting Anda perhatikan untuk infrastruktur dari website Anda, seperti pemilihan nama domain bisnis, atau pun yang menjadi kunci utama adalah pemilihan paket hosting terbaik. Nah, kabar baiknya Anda tidak harus mengeluarkan biaya mahal untuk mendapatkan layanan hosting Indonesia terbaik. Karena di IDwebhost ada paket hosting murah yang memang dikhususkan untuk Anda.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Marketing Tools Wajib Untuk Digital Marketing. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan dapat menjadi sumber referensi bagi Anda dalam menjalankan strategi digital marketing. Terima kasih telah membaca. Salam. Ari IDwebhost.