5 Tren Marketing di Instagram 2019
Blog Tips Keren

5 Tren Marketing di Instagram 2019

Instagram merupakan platfrom media sosial yang sedang populer dan salah satu saluran pemasaran paling penting serta paling kuat di era sekarang. Ini sangat bagus untuk marketing instagram konten dan iklan berbayar serta juga untuk komunikasi dan layanan pelanggan. Instagram memiliki kapasitas untuk mendorong keterlibatan yang hebat dan juga pengembalian investasi yang lebih baik dari rata-rata untuk keperluan marketing, merek atau agensi.

Perkembangan Instagram

Instagram telah berkembang pesat sejak pertama kali diluncurkan delapan tahun lalu. Seperti yang dapat kita lihat dari grafik dibawah yang dibagikan oleh Statista, jaringan berbagi foto dan video yang dimiliki Facebook ini telah mencapai tonggak dari 1 miliar pengguna bulanan pada bulan Juni tahun 2018.

 

perkembangan instagram sampai sekarang
IDwebhost

 

Ini jelas angka yang fantastis dan ketika menyangkut marketing, angka tersebut menjadi sangat penting. yang berarti Anda dapat memiliki akses ke banyak pengunjung di seluruh dunia. Selain itu, ada lebih dari 4 miliar pengguna mengklik like per hari di Instagram, dan setiap gambar yang telah diposting di platform ini menghasilkan rata-rata 23 persen lebih banyak daripada di Facebook.

Maka dari itu, IDwebhost terus memperbaharui semua perkembangan terbaru di Instagram, tentu saja, akan menjadi tren marketing di 2019. Dengan sebab itulah, pada artikel ini, IDwebhost akan menjelaskan beberapa tren paling populer tentang di Instagram pada tahun 2019.

IGTV Akan Menjadi Pusat Marketing

 

igtv instagram marketing
IDwebhost

 

IGTV adalah fitur platform video streaming terbaru instagram yang dirancang khusus untuk pengguna smartphone. Tidak seperti YouTube dan platform videostreaming yang lain, IGTV dirancang untuk pemutaran video secara vertikal. Oleh karena itu cocok untuk marketing dan produser konten yang ditujukan untuk pengguna smartphone.

Mengapa vertikal? Instagram ingin mendorong user untuk membuat konten video yang secara eksklusif untuk seluler. Kita sudah tahu bahwa pengguna lebih sering menggunakan perangkat seluler mereka dalam posisi vertikal.

Sementara video dengan durasi pendek sudah tersedia di Instagram, saluran IGTV memungkinkan pengguna untuk membuat konten video yang berdurasi panjang yang terbukti lebih bermanfaat dalam strategi marketing.

Brand Kecil Akan Mendominasi

Jika Anda telah melihat perkembangan Instagram dari awal sampai sekarang, Anda akan melihat sesuatu yang berbeda pada platform ini. Instagram menyukai pemasaran brand kecil dan pada kenyataannya, kami melihat cukup banyak peningkatan dari perusahaan kecil di instagram.

Instagram mendukung interaksi dan story, dan itu sangat berbeda dari platform media sosial lain. Inilah mengapa instagram menjadi salah satu saluran distribusi konten terbaik untuk perusahaan kecil.

Salah satu perusahaan mikro paling sukses yang mampu berkembang hampir dalam semalam karena Instagram adalah MVMT, seorang perancang jam tangan crowdfunded.  “Instagram tidak hanya dapat berintegrasi dengan sempurna pada manajemen iklan sehari-hari kami, tetapi juga meningkatkan biaya  iklan sebesar 20 persen,” kata manajer iklan di MVMT.

Iklan Instagram Stories Menjadi Jenis Periklanan Terbaru

 

instagram marketing story
IDwebhost

 

Instagram Stories merupakan salah satu bagian terpenting dari platform ini. Ini sangat bagus untuk mengiklankan perusahaan anda kepada pelanggan secara langsung. Dengan iklan stories, Anda dapat juga menyisipkan iklan di antara slide stories orang lain dan itu sangat efektif, walaupun opsi ini berbayar, akan tetapi memungkinkan tampil tampil selayar penuh.

Namun, perlu diingat bahwa supaya iklan Anda berkonversi dan memberikan kepada anda ROI (rasio laba bersih terhadap biaya) yang bagus, iklan anda harus menarik dalam desain, tampilan, dan nuansa. Iklannya juga harus ditargetkan dan sejalan dengan apa yang ingin dilihat, didengar, atau dibeli oleh pelanggan.

Data dari Socialbakers menunjukkan bahwa bisnis dengan memanfaatkan Instagram untuk beriklan telah meningkat mencapai 43 persen pada bulan Maret. Ini berarti bahwa dari semua iklan yang dipasarkan oleh Facebook dan Instagram, hampir setengahnya dijalankan di Instagram.

 

iklan facebook di instagram
IDwebhost

 

Baca Juga : 3 Tips Strategi Facebook Marketing Untuk Bisnis Anda

Ada 3 Jenis Marketing yang akan populer di instagram pada tahun 2019 nanti, yaitu :

  • Influencer Marketing : Influencer marketing di Instagram atau biasa dikenal endorsment. Dengan teknik ini, konten anda akan lebih menarik pengunjung instagram. Untuk memaksimalkan marketing jenis ini, anda harus memilik model endors yang menarik serta konten yang tidak membosankan pengunjung saat melihatnya. Misalnya dengan model marketing ‘beli 2 gratis 1’.
  • Iklan Video : Studi memperkirakan bahwa video akan meningkat sampai 81 persen dari semua lalu lintas internet pada tahun mendatang, dan tren ini didominasi pada media sosial, dengan keberhasilan video dan siaran langsung di seluruh platform media sosial termasuk Instagram.
  • Jenis story : Fitur instagram story menjadi salah satu fitur yang berpengaruh untuk mempromosikan produk anda, dikarenakan dengan fitur tersebut, produk anda akan banyak dilihat langsung oleh para pengikut anda. Buatlah story semenarik mungkin untuk produk anda.

Ecommerce Instagram

Cara termudah dan paling efektif untuk menjual produk di Instagram adalah melalui fitur pos yang dapat dibeli, yang telah tersedia untuk gambar statis tunggal serta Instagram Stories.

Pos ini bergambar ikon tas belanja kecil yang berada di salah satu sudut layar. Ketika user melihat ikon ini, dia dapat melihat serta mengakses detail pada produk. Dengan anda klik tombol Shop Now, user diarahkan langsung ke halaman produk pada situs web penjual, baru mereka bisa melakukan transaksi.

Karena Instagram merupakan platform media sosial berdasarkan visual, postingan yang dapat dibeli dapat meningkatkan penjualan serta memasarkan produk Anda secara efektif.

Ada banyak fitur yang dapat Anda pakai untuk mencoba penjualan Anda di Instagram. Anda dapat mamakai pos seperti di atas dan Anda juga dapat memberi tag produk di Stories. Karena setiap kesukaan pengunjung berbeda, kami sarankan anda untuk menguji beberapa fitur dan menggunakannya untuk memaksimalkan penjualan anda.

 

E-commerce instagram marketing
IDwebhost

Fitur Marketing di Instagram

Ada banyak fitur yang ada di Instagram yang akan memudahkan proses marketing anda, termasuk pertanyaan, penggeser emoji dan jajak pendapat, yang merupakan kunci interaksi penjual dengan calon pembeli, pengenalan produk, dan perolehan respon dari calon pembeli.

Ini merupakan cara yang tepat untuk membuka percakapan langsung dengan pelanggan Anda. Anda cari tahu apa yang mereka inginkan misalnya dengan bertanya, Minta mereka berbagi cerita, kutipan, resep, wawasan, dan sebagainya. Dengan begitu hubungan anda dengan pelanggan anda akan erat dan citra produk anda akan dijaga oleh pelanggan anda.

Kesimpulan

Itulah penjelasan dari kami berkaitan tentang 5 Tren Marketing di Instagram 2019. Manfaatkanlah semaksimal mungkin fitur-fitur yang telah instagram sediakan, dan jaga hubungan baik dengan pelanggan anda. Dengan begitu, perusahaan anda akan dijaga juga dan menjadi kepercayaan para pelanggan setia anda.

IDwebhost juga menyediakan jasa promosi online sehingga anda tidak perlu pusing dan akan menghemat waktu anda. Cukup anda membayar untuk jasa kami. Produk anda akan dikenal luas oleh warganet secara tertarget.

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.