Panduan Sukses Bisnis dengan Marketing Automation

12 Jun 2019
Panduan Sukses Bisnis dengan Marketing Automation campaign-unlimited

Jika Anda bergerak di suatu bisnis khususnya bisnis online, Anda wajib mengetahui apa itu marketing automation dan bagaimana cara memanfaatkannya supaya bisnis Anda bisa sukses.

Apa itu Marketing Automation?

Marketing automation merupakan istilah yang mengacu ke software tertentu dengan tujuan untuk mengotomatisasi tindakan marketing atau pemasaran bisnis Anda. Banyak divisi pemasaran di perusahaan-perusahaan menengah hingga besar yang perlu mengotomatiskan tugas rutin marketingnya seperti email, media sosial, dan tanggapan komentar diwebsite. Pemasaran tersebut akan memudahkan tugas rutinnya menjadi lebih mudah.

Manfaat Marketing Automation

Bagi kami, ada 5 manfaat yang menjadi kunci kesuksesan bisnis Anda jika Anda melakukan dengan marketing automation. Yuk simak!

Apa itu Marketing Automation
IDwebhost

1. Menghemat Biaya atau Budget Marketing Anda

Dengan memakai software pemasaran otomatis, sebuah perusahaan besar bisa sangat mungkin untuk fokus pada divisi marketing dan sales yang diisi 50 orang saja. Bagaimana bisa? Caranya yaitu dengan menyiapkan kampanye marketing otomatis berdasarkan kriteria sesuai kebutuhan perusahaan. Jika Anda sudah melakukan beberapa bulan untuk membangun kampanye otomatis seperti ini dan mengirim ribuan email setiap harinya secara otomatis, Anda pasti akan merasakan bahwa pemasaran otomatis menghemat biaya bisnis anda.

2. Meningkatkan Pendapatan serta Mengukur Transaksi Rata-rata Anda

Dengan mengotomatiskan pemasaran Anda, tingkat penjualan menjadi lebih tinggi, dan ini akan memicu tindakan dari pelanggan menjadi lebih bagus untuk bisnis (Anda mungkin akan merasakan kalau pelanggan menjadi lebih bertahan lebih lama). Nah, jika Anda menggabungkan itu dengan manajemen serta prioritas pimpinan yang lebih baik, kemungkinan aktivitas pemasaran Anda akan menghasilkan ROI yang lebih bagus. Hampir semua manfaat yang dibahas di artikel ini sebenarnya juga berkontribusi pada peningkatan penghasilan dan ukuran transaksi bisnis Anda.

3. Meningkatkan Akuntabilitas Tim Marketing dan Sales Anda

Marketing automation membuat hambatan atau bottleneck perusahaan Anda menjadi tampak jelas. Hal itu bisa terlihat karena proses yang terdefinisi dengan jelas, dan pandangan yang menyeluruh akan saluran atau pipeline perusahaan, khususnya marketing funnel Anda.

Jika pemasaran biasa bisa membuat ratusan prospek, tetapi tidak satu pun dari proyek tersebut diatur untuk menjadi ‘proyek yang memenuhi syarat untuk menjalankan pemasaran, divisi marketing menjadi dapat menerima masukan instan marketing automation dan tidak perlu untuk memihak ke siapa-siapa dalam meningkatkan kampanye.

Sistem umpan balik tersebut tidak hanya mengurangi percakapan rumit yang berujung pada politik perusahaan, tetapi juga dapat meningkatkan akuntabilitas para karyawan dan divisi tersebut untuk memastikan bahwa bagian mereka dari sistem otomatis tersebut sudah bekerja dengan efektif.

4. Melakukan Pemasaran Secara Lebih Efektif

Seberapa banyaknya tim marketing Anda, Anda mempunyai sumber daya yang terbatas untuk mengembangkan bisnis Anda. Pemasaran otomatis memungkinkan Anda untuk mengerjakan dan menghasilkan lebih banyak dari batasan waktu yang tersedia. Sekali lagi, ini mengenai efektivitas.

5. Memberi Kesempatan untuk Lebih Kreatif di Aspek Lain yang dibutuhkan

Saat Anda mengubah pekerjaan repetitif yang dikerjakan manual menjadi pekerjaan yang terlaksana secara otomatis, Anda menjadi bisa memberikan waktu luang untuk staf Anda supaya lebih fokus ke tugas yang membutuhkan kreativitas. Dengan adanya waktu luang, staf akan lebih senang dalam bertugas dan justru dapat mengeluarkan ide-ide terbaik mereka untuk membangun bisnis Anda.

Manfaat Marketing Automation
IDwebhost

Bagaimana cara memilih provider marketing automation terbaik untuk bisnis Anda?

Ketika Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan jasa provider marketing automation, penting bagi Anda untuk memilih program dari perusahaan yang paling sesuai dengan dan tujuan dari bisnis Anda. Jadi, jangan fokus pada berbagai fitur per individunya, cobalah untuk fokus pada bagaimana tools ini dapat menghasilkan untuk bisnis Anda dan apakah hubungan kemitraan Anda dapat terjalin baik dengan provider tersebut.

Daftar Marketing Automation Tools Terbaik

Ada banyak marketing automation tools tersebar di internet yang bagus untuk Anda coba. Namun kami hanya mengulas secara singkat beberapa saja. Bagaimanapun juga Anda perlu merisetnya kembali dan mempertimbangkan mana yang sesuai dengan keperluan bisnis yang Anda jalankan!

MailChimp

MailChimp termasuk salah satu jenis marketing automation tools bagus yang layak Anda coba. MailChimp mempunyai misi utama untuk membantu berbagai bisnis berskala kecil untuk berkembang. Ada banyak fitur canggih yang dapat Anda manfaatkan di MailChimp. Anda bisa mengunjungi websitenya untuk penjelasan lebih lengkapnya supaya anda mendapatkan gambaran sekaligus pertimbangan apakah Anda ingin memakainya sebagai provider Anda.

Salesforce

Salesforce merupakan marketing automation tools yang dikabarkan telah bekerjasama dengan Google. Salesforce berdiri sejak tahun 1999 dan terus berkembang untuk menghasilkan software marketing automation yang sesuai untuk segala kebutuhan bisnis Anda. CRM platform tersebut mengklaim diri sebagai marketing automation terbaik di dunia. Mungkin Anda ingin mencobanya. Anda bisa mengunjungi website Salesforce untuk penjelasan selengkapnya.

Customer.io

Customer.io memungkinkan Anda untuk mengirim pesan yang ditargetkan ke pelanggan Anda. Pesan tersebut dapat dibuat berdasarkan cara si pelanggan berinteraksi dengan bisnis Anda. Hal menarik dari tools ini adalah ia terintegrasi dengan aplikasi mobile atau situs Anda sehingga Anda bisa melihat data secara real-time dan dapat memicu berbagai tindakan dengan menambahkan aturan tentu yang sudah diatur.

Pada dasarnya, ini membuat pesan-pesan yang Anda kirim bisa dipersonalisasi menjadi sederhana dan menarik. Fitur lainnya yaitu A/B testing, pelacakan konversi, profil pelanggan, serta penggolongan percakapan dalam konteks tertentu. Biayanya tergantung pada ukuran berapa orang yang ada di daftar email Anda. Anda dapat membaca artikel kami sebelumnya untuk mengetahui bagaimana cara mengoptimasi email marketing.

Daftar Marketing Automation Tools Terbaik
IDwebhost

Constant Contact

Constant Contact merupakan tools marketing automation email yang sangat bermanfaat dengan berbagai jenis fitur unik untuk membuat pemasaran Anda bisa melampaui hal-hal yang basic atau dasar saja. tool ini menawarkan promosi Facebook fanpage, kupon, penawaran, dan manajemen event. Anda juga bisa mengedit email menggunakan autoresponder, dan fitur bermanfaat lainnya.

Dialog Tech

Dialog Tech sangat bagus untuk pemasaran otomatis yang didasarkan pada voice tech, sehingga Anda dapat meningkatkan ROI Anda dengan mengotomatiskan panggilan dan juga analitik. Anda dapat mengoptimalkan interaksi suara dengan berbagai alat Dialog Tech serta mengukur keberhasilan Anda.

Fitur-fitur yang ditawarkan termasuk pelacakan panggilan sesuai keyword tertentu, survei telepon, data profil pemanggil, pemberian skor panggilan, dan lainnya. Dan bahkan Anda dapat melacak secara manual bagaimana reaksi pelanggan setelah mendengar keyword tertentu. Terdengar canggih, bukan?

Kesimpulan

Kami telah memberikan penjelasan definisi jelas apa itu sebenarnya marketing automation dan bagaimana cara memanfaatkannya. Sebagai provider hosting terbaik indonesia, khususnya hosting murah dan domain murah yang profesional, IDwebhost berkomitmen untuk membantu anda agar sukses dalam bisnis online. Baca juga berbagai artikel menarik lainnya dari kami yang bisa membantu Anda untuk mengembangkan bisnis Anda. Semoga sukses ya!