Mengenal Mark Zuckerberg Sang Pendiri Facebook
Blog Tips Keren

Mengenal Mark Zuckerberg Sang Pendiri Facebook

Telah 15 tahun lamanya Facebook dikenal dan berkembang diantara berbagai media sosial (medsos) lainnya. Bahkan menurut data dari situs Statista.com, jumlah pengguna Facebook kini bahkan telah mencapai 2 miliar pengguna aktif setiap bulannya. Apakah Anda termasuk dalam pengguna aktifnya? Jika ya, mungkin Anda ingin mengetahui siapa sosok jenius dibalik kesuksesan medsos terpopuler satu ini. Orang itu adalah Mark Zuckerberg, Mari kita kenali lebih Mark Zuckerberg sebagai pendiri Facebook dan bagaimana cara ia mengembangkannya!

Siapa Pendiri Facebook?

Pendiri Facebook sebenarnya ada 5 orang yaitu Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Namun seiring dengan berkembangnya Facebook, Nama Zuckerberg lebih dikenal.

Zuckerberg lahir bernama lengkap Mark Elliot Zuckerberg. Ia lahir di daerah Westchester Country di kota New York City, Amerika Serikat. ia merupakan anak dari ayah seorang dokter gigi bernama Edward Zuckerberg dan juga ibu seorang psikiater bernama Karen Kempner.

Sejak Kecil Mark Zuckerberg Sudah Suka Komputer

Mark Zuckerberg merupakan anak kedua dari empat bersaudara. Di masa kecilnya, ia memang suka sekali mengutak-atik perangkat komputer pribadi dan selalu penasaran untuk mencoba berbagai perangkat lunak atau aplikasi di komputer miliknya. Ia pun mencoba beberapa kali untuk membuat aplikasi tersebut.

Edward, sang ayah yang memberikan komputer pada anaknya sejak anak itu berusia 8 tahun. Sampai pada saat ia sekolah di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), tepatnya di Phillips Exeter Academy, ia bersama temannya yang bernama D’Angelo mencoba membuat plugin untuk MP3 player Winamp.

 

siapa pendiri facebook
IDwebhost

 

Plugin itu sendiri merupakan suatu program komputer yang dapat interaksi atau terintegrasi dengan aplikasi host seperti browser dari web atau juga email untuk keperluan terkait tertentu. Mark Zuckerberg dan temannya ini membuat plugin itu agar orang yang suka dengan berbagai macam musik dapat dihimpun dan mereka bisa membuat playlist lagu mereka sendiri sesuai keinginan. Tidak seperti masa sebelumnya di mana orang harus merekam ulang semua lagu serta mengurutkannya secara manual.

Mereka akhirnya mengirimkan program ciptaan mereka itu ke beberapa perusahaan terkait seperti AOL (American Online) dan bahkan ke Microsoft. Lalu di akhir tahun SMA, mereka akhirnya direkrut oleh kedua perusahaan besar tersebut untuk menangani suatu proyek.

Munculnya Ide Facebook

Ketika mereka harus melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi untuk meneruskan pendidikannya, akhirnya mereka harus berpisah. D’Angelo masuk ke Caltech. Sementara Mark Zuckerberg berhasil masuk Harvard (Universitas top, biasa disebut sebagai Ivy League University di Amerika Serikat). Di Harvard inilah Mark Zuckerberg berkonsentrasi untuk mengembangkan ide atau gagasan munculnya Facebook. Seperti apa proses perkembangannya ? Mari kita simak lebih lanjut pada penjelasan berikut ini!

Sejarah Perkembangan Facebook

Di masa kuliahnya itulah, Mark Zuckerberg mempunyai ide yang cemerlang untuk membuat sebuah buku direktori untuk semua mahasiswa secara online. Ia merasa itu penting karena di kampusnya tidak ada pembagian face book (semacam buku perkenalan antara mahasiswa baru yang berisi foto dan data diri setiap mahasiswa yang kuliah di Harvard).

Tetapi, setiap ia mencoba menawarkan dirinya untuk membuat ide itu menjadi kenyataan, pihak Harvard menolaknya mentah-mentah. Seperti yang dikutip dari perkataan Zuckerberg, “Mereka bilang ada alasan tertentu untuk tidak mengumpulkan info terkait mahasiswa tersebut”.

Walaupun idenya itu ditolak oleh kampus berkali-kali, ia terus berusaha mencari cara agar bisa tetap mengerjakannya. Ia mengatakan, “Saya ingin memperlihatkan kalau hal itu tidak mustahil untuk diwujudkan”. Jadi, intinya dia bersikeras untuk membuat direktori mahasiswa itu.

 

sejarah perkembangan facebook
IDwebhost

Proyek pertama Mark Zuckerberg

Nah, proyek pertama yang ia buat yaitu website CourseMatch (coursematch.com). Proyek ini bisa memungkinkan teman-taman kampusnya yang sekelas untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lain pada website tersebut.

Lalu, ia melanjutkan realisasi gagasannya mengenai facebook. Ia akhirnya berhasil membuat Facebook (facebook.com). Website yang satu ini dirilis di bulan Februari 2004. Facebook ini merupakan penyempurnaan dari yang sebelumnya ia buat dengan nama Facemash. Sebenarnya sasaran pemakainya sama saja, yaitu supaya mahasiswa Harvard semuanya dapat bertemu di satu situs.

Facebook saat ini

Facebook ini diharapkan dapat mempertemukan orang-orang secara cepat dan tanpa batasan jarak seperti pertemuan langsung umumnya. Facebook akhirnya dapat juga dimanfaatkan untuk menemui anggota keluarga, alumni kampus lama dan lain sebagainya di satu situs.

Setidaknya sekarang ada sekitar 140 aplikasi atau fitur-fitur tambahan yang ditambahkan oleh Facebook setiap harinya. Selain itu, sebesar 95% penggunanya sudah memakai setidaknya satu jenis aplikasi yang telah disediakan.

Tujuan dari banyaknya aplikasi itu adalah untuk membuat suatu perbedaan dibandingkan dengan website jejaring medsos yang lainnya. Jadi, orang beramai-ramai akan beralih dari aplikasi semacam MySpace ke Facebook buatan Zuckerberg ini.

Kini Facebook bisa dipakai oleh siapapun dan dimanapun termasuk Anda. Facebook Indonesia juga tersedia dalam bahasa Indonesia. Jika Anda belum memilikinya, Anda dapat langsung buka Facebook (fb) lalu masuk fb tersebut dengan cara mendaftarkan diri Anda terlebih dahulu.

Anda mungkin juga tertarik untuk mengetahui tips marketing untuk bisnis anda dengan Facebook, silakan baca: 3 Tips Strategi Facebook Marketing Untuk Bisnis Anda

Trik dan Fitur Rahasia Facebook

Berikut akan kami bagikan beberapa trik dan fitur rahasia medsos satu ini yang jarang diketahui orang-orang!

Menonaktifkan Fitur “Seen”

Ada satu fitur unik di Facebook yang sebenarnya bisa sangat bermanfaat untuk Anda. Bagi Anda yang tidak menyukai fitur “Seen” di Facebook, Anda bisa saja mematikannya. nah, Apa sih fitur “Seen”? Itu merupakan fitur di Facebook dimana pengguna lain selain Anda bisa mengetahui apakah chat mereka sudah dibaca atau belum oleh Anda. Nah, bagaimana cara untuk mematikannya? Anda bisa mengunduh ekstensi di Google Chrome yang bernama “SocialReviewer”. Jadi, dengan begitu orang lain tidak bakal bisa mengetahui apakah chat atau pesan dari mereka sudah Anda baca atau belum.

 

trik tips dan fitur rahasia facebook
IDwebhost

Blokir Semua Kuis dan Aplikasi

Jika Anda sering mengikuti berbagai kuis dan aplikasi yang beredar di Facebook, Anda mungkin akan bosan melihat notifikasi pemberitahuan terus menerus dari berbagai kuis maupun aplikasi tersebut. Anda sebenarnya bisa memblokir semuanya. Lalu Bagaimana caranya? Caranya adalah sebagai berikut, Pilih menu “Setting”, kemudian anda klik menu “Privacy”, lalu anda klik menu “Blocking”, lalu pilihlah menu “Block App” selanjutnya masukkan nama aplikasi yang ingin Anda blokir.

Bisa Privasikan Semua Fitur di Facebook Kecuali untuk “Gender” dan “Cover Photos”

Ada satu lagi fitur rahasia di Facebook yang penting bagi Anda yang ingin menjaga privasi. Jadi, sebenarnya semua informasi atau data diri Anda di Facebook bisa disembunyikan agar tidak ada orang yang bisa melihatnya di Facebook. Tetapi ada dua hal yang tidak bisa disembunyikan yaitu gender (jenis kelamin) dan foto sampul (cover photo) Anda.

Anda dapat mengetahui trik menarik lainnya, seperti ini: 3 Tips Facebook Ads Yang Perlu Anda Ketahui

Kesimpulan

Dengan membaca artikel kali ini, Anda menjadi bisa mengetahui sosok jenius dibalik kesuksesan Facebook. Tak hanya itu, Anda juga menjadi mengetahui perkembangan media sosial terpopuler ini dan mendapatkan bonus trik Facebook. Silakan jika anda ada pendapat bisa berkomentar dan jangan lupa subscribe email Anda agar bisa mendapatkan artikel menarik terkait pengembangan bisnis dan website di era digital dari IDwebhost sebagai penyedia hosting dan domain berkualitas termurah.

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.