Manfaat Website Sekolah Gratis di Era Digital

23 Jun 2019
Manfaat Website Sekolah Gratis di Era Digital campaign-unlimited

Kebutuhan teknologi saat ini semakin meningkat pesat. Orang lebih cenderung menggunakan teknologi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Karena teknologi dapat membantu dan memberi kemudahan dalam menjalankan roda kehidupan. Hal ini tentu didukung dengan adanya layanan yang mudah dan terjangkau. Salah satu kebutuhan teknologi dalam bidang informasi saat ini yaitu layanan website sekolah gratis.

Website adalah situs online dimana setiap orang dapat mengakses informasi berkaitan apa yang dibutuhkan. Website tersebut biasanya dipakai oleh suatu lembaga, organisasi, atau individu untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan informasi yang dibutuhkan. Contohnya seperti website sekolah gratis.

Website sekolah gratis sangat urgent atau penting keberadaannya di era digital saat ini. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan website tersebut sangat bermanfaat. Hampir semua orang tua sekarang, menginginkan anaknya agar mendapatkan layanan pendidikan terbaik untuk tumbuh kembang anak tersayangnya. Namun, karena kesibukan serta rutinitas mereka tidak sempat untuk harus mendatangi setiap sekolah di kotanya. Jadi, pembuatan website sekolah gratis ini bisa menjadi salah satu alternatif yang efektif. Lalu manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari membuat website sekolah gratis? Cek selengkapnya yuk dibawah ini!

Apa Saja Manfaat yang Didapatkan dengan Membuat Website sekolah Gratis?

cara membuat website skolah gratis
IDwebhost

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan :

1. Eksistensi sekolah

Nama institusi, organisasi, maupun lembaga perlu disosialisasikan kepada seluruh masyarakat. Hal ini bertujuan supaya masyarakat mengenal institusi tersebut. Salah satunya yaitu sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan. Pembuatan website merupakan langkah tepat supaya sosialisasi dapat sampai ke publik dengan efektif dan tentu dengan biaya yang murah.

Selain itu, website sekolah gratis juga memungkinkan agar sekolah bisa bekerja sama dengan sekolah lain. Misalnya, sekolah A mempunyai program ekstra kulikuler PMR. Sekolah A tanpa sengaja melihat profil dari sekolah B, yang memenangkan lomba PMR di tingkat provinsi.

Pihak sekolah A yang menginginkan PMR di sekolahnya supaya maju, akhirnya menjalin komunikasi dan kerjasama dengan sekolah B. Lalu Mereka membuat latihan gabungan dengan mengundang pihak PMI yang mempunyai pengalaman terjun langsung ke lokasi tanggap bencana.

Tak berhenti sampai disitu, kegiatan semacam ini biasanya akan menjadi motor penggerak bagi sekolah lainnya untuk bergabung. Sehingga eksistensi sekolah tersebut akan naik di mata masyarakat sekitar. Hal ini bisa tentu akan menjadi pertimbangan bagi orang tua dalam mempercayakan pendidikan anak kesayangannya.

Baca Juga : Jangan Membuat 7 Kesalahan ini Saat Memilih Nama Domain Sekolah

2. Kemudahan bagi orang tua

Semua orang tua menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Salah satunya yaitu dalam hal pendidikan. Namun, tidak semua orang tua mempunyai waktu yang cukup untuk mencarikan sekolah, sebagai ajang pendidikan selanjutnya untuk anak-anaknya. Terutama untuk para orang tua karier.

Mereka cukup kesulitan untuk mengatur waktu mencarikan sekolah yang tepat untuk anak-anaknya. Ditambah minimnya komunikasi langsung dengan anak-anak. Di satu sisi, orang tua juga perlu mencari tahu profil sekolah yang terbaik untuk anaknya nanti, namun di sisi lain waktu seolah tidak mendukungnya.

berbagai fungsi website sekolah
IDwebhost

Untuk itu perlu adanya jalan tengah supaya semua berjalan berimbang. Salah satu alternatifnya yaitu dengan membuka website sekolah gratis. Kemudahan teknologi informasi sekarang ini bisa menjadi sarana yang tepat untuk dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Salah satunya dengan membuat website tersebut. Website ini memungkinkan orang tua dapat mengakses informasi yang berkaitan dengan kebutuhan pendidikan anaknya.

Enam hal yang akan didapatkan orang tua dari website tersebut yaitu :

  • Profil sekolah
    Dari profil ini, para orangtua dapat mengetahui mengenai identitas sekolah. Seperti logo, slogan sekolah, dan lain sebagainya.
  • Visi-misi sekolah
    Orang tua dapat mengetahui bagaimana pandangan ke depan sekolah tersebut. Sehingga bisa menjadi pertimbangan mereka dalam mempercayakan pendidikan anak-anaknya.
  • Sambutan kepala sekolah
    Kepala sekolah sebagai pemimpin suatu sekolah, akan memberikan sedikit gambaran mengenai sekolah yang dipimpinnya.
  • Prestasi sekolah
    Prestasi disini dibagi menjadi dua yaitu prestasi akademik dan prestasi non-akademik. Prestasi akademik yaitu mencakup prestasi siswa dalam belajar. Prestasi non-akademik yaitu mencakup prestasi siswa di luar bidang pendidikan. Sekolah juga menampilkan prestasi lainnya untuk menarik minat siswa baru. Hal ini juga berkaitan dengan program beasiswa yang sekolah tawarkan kepada calon siswa baru.
  • Kegiatan ekstrakulikuler sekolah
    Tidak semua siswa tertarik dengan program akademik yang ditawarkan sekolah. Beberapa lebih cenderung tertarik pada program luar akademiknya. Seperti misalnya ekstra kulikuler berenang, menyetir mobil, dan lain sebagainya.
  • Alamat sekolah dan kontak person
    Satu hal lagi yang dapat membantu para orang tua. Adanya alamat sekolah akan memudahkan orang tua untuk berkunjung ke sekolah tersebut. Sehingga orang tua dapat memastikan layanan pendidikan apa yang dapat diberikan oleh sekolah tersebut. Kemudahan lainnya yaitu adanya kontak person yang dapat dihubungi oleh orangtua jika mereka memerlukan bantuan berkaitan dengan sekolah tersebut.

3. Kemudahan bagi siswa

Website sekolah gratis memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengakses informasi, seperti. Jadwal pembayaran SPP, informasi beasiswa, dan lainnya. Sehingga siswa tidak perlu lagi untuk menunggu pengumuman. Hal ini karena semua sudah ada pada website. Siswa menjadi bisa mengakses kapan saja dan dimana saja dengan adanya koneksi internet yang lancar.

4. Pusat informasi bagi calon siswa

Calon siswa, akan lebih banyak mencari informasi berkaitan dengan sekolah yang mereka inginkan untuk menempuh pendidikan selanjutnya. Mereka akan membuka website sekolah lain yang terkenal dikotanya. Membandingkan dengan sekolah lain untuk bisa memilih sekolah lanjutan yang sesuai.

Calon siswa juga perlu mendiskusikan sekolah pilihan mereka dengan orangtua sebelum mengambil keputusan. Tetapi jika sekolah tidak mempunyai website sekolah, orang tua akan kesulitan untuk mencari informasi tentang lembaga pendidikan pilihan buah hatinya.

website sekolah memberikan Kemudahan bagi orang tua
IDwebhost

5. Edukasi masyarakat

Masyarakat dapat membuka website yang mereka inginkan sehingga dapat mengetahui perkembangan dari dunia pendidikan melalui website sekolah gratis. Masyarakat akan memberikan penilaiannya, sehingga ketika mereka diminta rekomendasi untuk sekolah lanjutan, mereka cenderung memberikan sekolah yang menurut penilaiannya baik.

Selain itu, mereka juga memiliki kesempatan untuk berdiskusi dengan orangtua siswa yang akan melanjutkan pendidikan. Dan membandingkan sekolah tersebut dengan profil di website tersebut.

6. Menghemat biaya administrasi

Jika setiap tahunnya sekolah harus mencetak ribuan brosur untuk mensosialisasikan sekolah kepada calon siswa baru. Maka sekarang sekolah bisa menghemat biaya anggaran percetakan brosur. Sekolah menjadi lebih bisa menghemat biaya dengan cara membuat brosur online.

Sekolah juga tidak perlu khawatir lagi untuk mengiklankan dan mempromosikannya. Selain itu, sekolah juga dapat memberikan pengumuman, hasil nilai, dan surat edaran serta undangan melalui website sekolah gratis.

Kesimpulan

Pembuatan website adalah sarana informasi yang sangat penting untuk saat ini. Keberadaannya memberikan kemudahan bagi banyak pihak. Untuk itulah sekolah perlu mempunya sebuah website sebagai penunjang. Sekolah juga bisa membuat website sendiri atau dengan mencari penyedia layanan jasa pembuatan website.

Salah satu penyedia layanan jasa pembuatan website murah berkualitas yaitu di IDwebhost. Selain itu juga kami menyediakan domain dan hosting yang murah berkualitas lho. Semoga artikel diatas dapat membantu anda supaya lebih memahami mengenai manfaat dari website sekolah tersebut yah!