Manfaat Website di Era Revolusi Industri 4.0
Blog Tips Keren Manfaat Website di Era Revolusi Industri 4.0

Manfaat Website di Era Revolusi Industri 4.0

Saat ini kita telah memasuki era revolusi industri 4.0,  salah satu tanda yang bisa kita lihat adalah bagaimana teknologi internet berkontribusi luar biasa dalam dunia industri hari ini. Nah, bicara peranan internet dalam era industri 4.0 maka tidak lepas dari keberadaan website. Apa saja manfaat website di era revolusi industri 4.0?

Jika membicarakan manfaat dari website tentu akan sangat banyak, baik itu untuk kebutuhan individu atau pun bisnis. Website hari ini adalah satu hal yang ‘wajib’ dimiliki untuk menghadirkan diri dalam dunia atau ranah digital. Berbagai kekuatan yang bisa dilakukan website untuk memudahkan industri memasuki era digital atau era industri 4.0

Memasuki Era Revolusi Industri Digital

Memasuki Era Revolusi Industri Digital

Sebagai informasi, bahwa revolusi industri terjadi secara bertahap seiring penemuan manusia. Kita mengenal mulai dari revolusi 1.0, 2.0, 3.0 dan saat ini yang sedang kita jalani adalah 4.0. Mari kita pahami terlebih dahulu setiap tahapan revolusi industri ini.

Revolusi Industri 1.0; revolusi Industri yang pertama ini terjadi pada abad ke-18 dengan adanya penemuan mesin uap yang mana digunakan untuk proses produksi barang pada saat itu.  Di Inggris, keberadaan mesin uap digunakan sebagai alat tenun mekanis pertama yang dapat meningkatkan produktivitas industri tekstil.  Era ini menjadi titik awal berubahnya tenaga manusia dan hewan yang kemudian digantikan dengan tenaga mesin.

Revolusi industri 2.0;  Revolusi ini terjadi di awal abad ke-20 dengan adanya penemuan tenaga listrik. Tenaga manusia dan hewan yang sudah tergantikan oleh mesin uap pada era 1.0, kemudian mulai tergantikan lagi oleh tenaga listrik.

Revolusi Industri 3.0;  Revolusi industri yang ketiga, menjadi titik di mana manusia tidak lagi memegang peranan penting dalam industri. Setelah revolusi 3.0 ini, era abad industri pelan-pelan berakhir dan abad teknologi dan informasi dimulai.

Revolusi Industri 4.0; Industri 4.0 menjadi tren di dunia saat ini, yang mana menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi siber. Istilah industri 4.0 sendiri dimulai dari sebuah proyek dalam strategi teknologi canggih yang dilakukan Pemerintah Jerman yang mengutamakan komputerisasi pabrik.

Perkembangan era revolusi industri 4.0. kian masif, salah satunya adalah dengan hadirnya teknologi kecerdasan buatan atau biasa kita sebut artificial intelligence. Selain itu juga mulai digunakannya teknologi cloud computing atau komputasi awan dalam mendukung kegiatan industri dan kehidupan sehari-hari.

Revolusi Industri 4.0 ini juga kita kenal dengan era digitalisasi. Karena memang ciri utama dari era 4.0 adalah mulai berlakunya era digital untuk berbagai kegiatan manusia, tidak hanya untuk kebutuhan industri, namun juga kehidupan sosial sehari-hari.

Manfaat website di era revolusi industri 4.0

Katalog Produk Toko Online 24 Jam

Bicara digitalisasi saat ini yang paling dekat dengan industri adalah keberadaan website. Hampir semua aspek kehidupan manusia mulai tercatat dan terdokumentasi dalam bentuk digital di website, dalam berbagai model, apakah sebagai website bisnis; market place, toko online, pembelajaran, atau website sosial media, dan personal branding.

Kita tahu bahwa website menjadi begitu penting dalam era industri 4.0 ini. Sebagai pelaku bisnis, atau pun individu kita membutuhkan website untuk memasuki era digital ini. Jadi, apa manfaat website di era revolusi industri 4.0 saat ini? Berikut ulasannya untuk Anda!

Katalog Produk, Portofolio, dan Toko Online 24 Jam

Manfaat website di era industri 4.0 yang pertama adalah sebagai katalog produk, atau portofolio diri. Bagi Anda yang menjalankan sebuah bisnis, maka Anda perlu memiliki website untuk menjadi wadah guna menghadirkan bisnis Anda di ranah digital. Hal ini juga berguna untuk menjadi media memasarkan produk Anda secara online 24 jam tanpa henti.

Website saat ini memiliki manfaat penting sebagai media katalog produk, lebih jauh pelaku usaha juga membuat website untuk jualan. Ini karena memang tidak hanya perubahan besar yang terjadi dalam sektor industri, namun juga dalam kehidupan manusia. Saat ini orang mencari barang atau jasa melalui internet, jadi ketika produk atau usaha Anda tidak ada di internet, tentu tidak akan terakses atau dijangkau oleh pasar.

Maka menjadi penting ketika kita memasuki era 4.0 ini untuk membuat website sebagai media atau katalog produk bisnis, atau bagi individu bisa menjadi portofolio keahlian. Informasi mengenai produk atau portofolio ini dapat diakses oleh siapa saja dari mana saja dan kapan saja. Ini sangat menjanjikan untuk kita kerjakan sebagai salah satu sumber penggerak promosi / pemasar / penjualan produk bisnis kita. Contoh nyata silakan cek Website Toko Online Jejualan!

Website Sebagai Sarana Publikasi dan Komunikasi

Salah satu tujuan perusahaan atau individu dalam membuat website adalah agar orang lain mendapatkan awareness mengenai keberadaan produk / jasa kita di internet. Ketika Anda mampu membangun ketertarikan, kepercayaan kepada khalayak di internet, usaha Anda akan lebih mudah mereka terima.

Bagaimana membangun awareness ini? Salah satunya dengan melakukan strategi digital marketing melalui konten website. Gunakan website sebagai sarana publikasi sekaligus ruang komunikasi bersama calon atau pelanggan Anda. Dengan menjalankan hal ini, maka mereka yang masuk dalam lingkaran produk Anda, tidak hanya berstatus sebagai pembeli, mereka akan terbangun menjadi satu tim pemasar sukarela karena telah percaya dengan produk Anda. Publikasi yang teratur, dan komunikasi yang baik, akan berdampak luar biasa pada brand Anda.

Pendukung Profesionalisme Sosial Media Hari Ini

Website Sebagai Sarana Publikasi dan Komunikasi

Era digital tidak lepas dari keberadaan sosial media. Baik sebagai individu atau bisnis, saat ini orang saling terhubung satu sama lain melalui sosial media. Bahkan tidak hanya satu sosial media, namun di berbagai sosial media dengan berbagai tipe atau ciri yang berbeda-beda.

Orang-orang yang saling terkoneksi, lalu kemudian memunculkan satu kehidupan maya atau kita sebut sebagai warganet, maka menjadi peluang besar bagi industri untuk memanfaatkan keberadaan mereka. Upaya yang dilakukan adalah dengan memasuki pasar digital marketing, yaitu dengan menjalankan berbagai strategi sosial media marketing.

Anda baik sebagai individu atau bisnis memerlukan website ketika akan beranjak ke ranah profesional dalam penggunaan media sosial hari ini. Akun Anda tidak cukup hanya sekedar menjadi akun media sosial, orang ingin menjangkau Anda lebih dalam lagi, dan  di lain sisi Anda juga perlu melakukan berbagai pendekatan pengenalan dan promosi produk atau brand Anda lebih dalam lagi. Maka perlu adanya website.

Sebuah website sebagai wadah pendukung profesionalisme sosial media hari ini. Anda yang sudah memiliki jaringan media sosial, sudah memiliki banyak pertemanan dan pengikut, akan bisa memaksimalkan kondisi tersebut dengan menggunakan website. Anda bisa menawarkan kepada mereka berbagai informasi brand atau produk yang Anda miliki dengan membagikan tautan website. Ini akan sangat bermanfaat di era sosial media atau era digital seperti saat ini.

Meningkatkan Kredibilitas Digital

Kredibilitas menjadi penting ketika kita akan memasuki dunia profesional, terlebih dalam era digital seperti saat ini. Sebagai contoh bagi Anda yang akan memasuki dunia kerja, atau akan melakukan kerja sama dengan pihak lain, maka perekrut atau calon mitra akan mencari informasi tentang Anda atau perusahaan Anda lebih jauh. Ke mana mereka mencari informasi? Ke internet!

Bayangkan, jika informasi yang tersebar di internet tidak ada tentang Anda, atau ada namun bernada negatif? Tentu ini akan mengurangi kredibilitas Anda. Maka, penting untuk Anda memiliki website sendiri, membangun citra diri Anda melalui website yang Anda miliki. Website mampu meningkatkan kredibilitas Anda sebagai bagian dari revolusi digital yang terjadi.

Tips Membuat Website di Era Industri 4.0

Tips Membuat Website di Era Industri 4.0

Anda telah mengetahui berbagai manfaat penting dari website di era industri 4.0. Tentu Anda sudah terbayang untuk memulai membuat website, atau jika sudah memiliki website untuk memaksimalkan fungsi website Anda. Nah, apa saja sih yang harus Anda lakukan dalam membuat website yang mampu memberi manfaat bagi Anda di era digital ini? Berikut tipsnya untuk Anda.

  1. Buat Website Sesuai Tujuan dan Kebutuhan; Anda perlu untuk membuat cetak biru tujuan pembuatan website Anda terlebih dahulu sebelum Anda mulai membangun website Anda. Terdapat berbagai kemudahan ketika Anda telah memiliki tujuan atau gambaran dari fungsi website Anda di masa mendatang.Anda bisa melakukan konsultasi dengan tim ahli untuk merancang website Anda. Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website yang profesional dan terpercaya untuk membangun mewujudkan website Anda, baik ini untuk tujuan personal atau pun tujuan bisnis.
  1. Website Yang Ramah dan Konten Informatif; buatlah website yang ramah pengunjung, artinya mudah dalam akses, dan dapat menyesuaikan dengan berbagai peralatan pengguna. Kemudian beri kemudahan dalam navigasi, pemilihan warna dan font serta ornamen patut Anda pikirkan secara serius.Selain itu, buatlah website yang informatif dengan membuat konten website yang menjawab pertanyaan pengunjung. Misalnya Anda pengusaha sepatu, maka beri informasi yang lengkap tentang produk sepatu Anda, informasi yang akan menambah wawasan dan menjadi daya tarik pengunjung untuk menjadi pembeli produk Anda.
  1. Pastikan Memilih Layanan Hosting Terpercaya; gunakan penyedia layanan hosting terpercaya. Ini tidak harus mahal, Anda bisa mendapatkan hosting murah dengan kualitas prima dan telah menjadi pilihan ratusan ribu pelaku bisnis di Indonesia, ya benar layanan hosting dari IDwebhots. Pemilihan hosting dengan layanan terbaik ini menjadi penting untuk menjaga website Anda.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Manfaat Website di Era Revolusi Industri 4.0,   semoga pembahasan ini bermanfaat dan menjadi referensi bagi Anda yang akan memulai memanfaatkan website dalam bisnis Anda. Terima kasih telah membaca. Salam. Ari IDwebhost.