Manfaat Support System bagi Kesehatan Mental dan Kemampuan Pengembangan Diri, Cari Tahu Yuk!

11 Feb 2024
Manfaat Support System bagi Kesehatan Mental dan Kemampuan Pengembangan Diri, Cari Tahu Yuk! campaign-unlimited

Alur kehidupan yang seperti roller coaster seringkali membuat kita merasa lelah. Apalagi jika sedang berada di titik terendah, kita mungkin merasa kesulitan untuk bangkit lagi. Inilah mengapa kita membutuhkan support system dalam kehidupan. Manfaat support system dapat memberikan dukungan bagi kesehatan mental kita.

Kehadiran support system dapat memberikan pengaruh signifikan pada kesehatan mental dan kemampuan pengembangan diri. Bagaimana bisa demikian? Nah, dalam artikel ini mari kita bahas lebih jauh tentang support system. Mari simak selengkapnya!

Apa Itu Support System?

Support system adalah istilah yang disematkan untuk menyebut orang-orang terdekat yang senantiasa membantu dalam keadaan apapun, termasuk saat dalam kesulitan. Manfaat support system dapat sangat berarti, terlebih lagi saat kita sedang merasa kesepian.

Support system dapat berasal dari mana saja. Tidak terbatas pada teman lama atau keluarga. Seseorang atau sekelompok individu yang tulus memberikan dukungan di saat senang maupun susah, dapat menjadi support system. Begitu juga dengan dirimu, kamu bisa menjadi support system bagi orang terdekatmu.

Mengapa support system penting? Kehadiran support system dapat membantumu untuk melewati hari-hari yang berat. Support system tidak akan segan untuk memberikan dukungan, baik dalam bentuk kritik dan saran yang membangun. Dengan begitu, kamu dapat menjalani hidup dengan lebih bersemangat dan tegar.

Manfaat Support System

Kehadiran support system dapat memberikan manfaat bagi seseorang. Apabila kamu memiliki support system, kamu bisa mendapatkan manfaat, seperti:

1. Mengurangi Stres

Banyaknya beban kerja, tuntutan dari lingkungan, hingga masalah sehari-hari seringkali membuat kita merasa stres. Dengan adanya support system, kamu dapat mengurangi beban pikiran dan tekanan stres. Kamu bisa meminta support system-mu untuk memberikan saran atau bekerja sama memecahkan suatu permasalahan.

2. Mendapatkan Motivasi

Dukungan dari support system dapat memotivasimu dalam menjalani kehidupan maupun berbagai permasalahan. Selain bisa mendapatkan dukungan materil, kamu juga bisa mendapatkan dukungan berupa saran, rekomendasi, hingga doa.

Secara tidak langsung, kehadiran support system dan dukungannya pun akan membuatmu merasakan rasa bahagia dan nyaman, mendapatkan kasih sayang dari orang lain. Perasaan ini akan mendorongmu untuk lebih bersemangat sehingga mampu menghadapi berbagai cobaan kehidupan.

3. Menjaga Kesehatan Mental

Manfaat support system sangat berarti bagi kesehatan mental. Merasa kesepian di saat menghadapi berbagai ujian hidup, akan sangat menyita tenaga fisik maupun psikis. Oleh sebab itu, kamu memerlukan support system, yang bisa membantumu menjaga kesehatan mental.

Bersama support system-mu, kamu dapat mencurahkan keluh kesah dan meminta saran untuk berbagai hal. Sebab support system menerimamu secara tulus, kamu pun jadi tidak perlu takut untuk berbagi cerita dan mencari penyelesaian masalah bersama.

4. Meningkatkan Kualitas Karir

Kehadiran support system memungkinkan kamu untuk mengembangkan diri lebih jauh lagi. Hal ini dikarenakan kamu merasa dicintai, sehingga kamu dapat memecahkan masalah dengan baik, dan mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat yang kamu percayai.

Walaupun konteks membantu tidak melulu soal solusi praktis atau barang-barang materil, kamu yakin dapat mengandalkan support system dalam setiap kesulitan. Dengan keyakinan ini, kamu bisa membawa dirimu untuk membuka potensi-potensi lain yang sebelumnya tidak pernah kamu lihat.

5. Membantu Bangkit dari Masa Sulit

Manfaat support system berikutnya adalah membantumu untuk bangkit dari masa sulit. Dukungan apapun sangat berarti ketika kamu sedang tertimpa musibah. Support system dapat memberikan kamu dukungan yang diperlukan, terlebih lagi saat kamu dalam rasa berduka atau patah hati.

Contoh Support System

Mungkin ada banyak support system di sekelilingmu yang tidak kamu sadari. Berikut adalah beberapa contoh support system:

  • Keluarga – merupakan support system pertama. Keluarga menjadi orang-orang terdekat yang selalu hadir dalam setiap kejadian dalam hidupmu. Keberadaan keluarga dapat menemanimu menghadapi berbagai pengalaman dan cobaan.
  • Sahabat dan teman dekat – merupakan orang-orang yang kamu merasa nyaman untuk bercerita dan mengeluarkan keluh kesah. Sahabat dan teman dekat bisa berasal dari teman sekolah, tetangga, atau kenalan dari lingkungan lain yang senantiasa memberikan dukungan untukmu.
  • Pasangan – merupakan support system yang penting. Dengan memiliki pasangan yang mendukungmu, kamu bisa memiliki hubungan yang positif, sehingga kamu bisa mendapatkan berbagai pencapaian bersama-sama.

Cara Mendapatkan Support System

Jika kini kamu merasa belum memiliki support system atau belum merasakan manfaat support system dalam hidupmu, kamu mungkin perlu mencoba cara ini. Untuk mendapatkan support system yang tepat, cobalah untuk melakukan cara ini.

1. Bangun Komunikasi yang Baik

Pertama-tama, untuk mendapatkan support system kamu perlu membangun hubungan yang baik dengan orang-orang terdekatmu. Untuk membangun hubungan dengan baik, kamu perlu berkomunikasi secara dua arah. Jangan selalu mengharapkan orang lain untuk menghubungimu terlebih dahulu.

Mulailah membangun komunikasi dengan hal-hal kecil, seperti memberikan respon positif atas pencapaian orang lain, menanyakan kabar, atau mengirim salam. Komunikasi yang baik secara tidak langsung akan membangun ikatan antara kamu dengan orang-orang terdekatmu. Dengan begitu kamu bisa mengandalkan mereka sebagai support system.

2. Jadilah Pendengar yang Baik

Salah satu manfaat support system adalah mengurangi stres. Manfaat ini tentu tidak bisa didapatkan tanpa adanya kesempatan untuk berkeluh kesah atau mencurahkan isi hati. Sebelum didengarkan oleh orang lain, kamu perlu menjadi pendengar yang baik terlebih dahulu.

Seseorang yang mau mendengarkan cenderung lebih menghargai dan menghormati orang lain. Hal ini akan membuatmu juga dihargai oleh orang lain. Dari sini, kamu dan orang tersebut dapat menjalin hubungan yang erat karena saling mengerti. Alhasil, kamu bisa membentuk support system yang kuat.

3. Hargai Orang di Sekitarmu

Walaupun bantuan dan dukungan diberikan secara tulus tanpa syarat, bukan berarti kamu dapat menyia-nyiakannya. Hargai waktu yang diluangkan oleh orang lain untukmu. Hormati pendapat atau pilihan orang lain sebagai bentuk dukunganmu.

4. Berikan Dukungan ke Orang Lain

Memberikan dukungan tidak selalu dalam bentuk materi. Kamu bisa memberikan dukungan dengan ikut menyebarkan link kuesioner temanmu yang sedang mencari responden atau ikut berpartisipasi dalam event temanmu. Dengan budaya pertemanan, keluarga, atau lingkungan yang saling mendukung, maka kamu bisa mendapatkan support system yang kuat.

5. Sayangi Dirimu Sendiri

Mendapatkan support system bukan berarti menyerahkan tanggung jawab untuk menyanyangi dirimu sendiri ke orang lain. Sebelum membangun hubungan dengan orang lain, mulailah dengan menyayangi dirimu sendiri terlebih dahulu.

Memiliki support system tidak lantas hanya mendapatkan dukungan tapi juga harus mampu memberikan dukungan pada orang lain. Kamu juga harus mendengarkan curahan hati dari support system-mu.

Hal ini tentu tidak dapat kamu lakukan jika kamu masih belum berdamai dengan diri sendiri. Jika kamu sudah menerima dan menyayangi dirimu sendiri, maka kamu akan lebih siap untuk memberikan dukungan pada orang lain.

Itulah sedikit ulasan tentang manfaat support system yang perlu kamu ketahui. Semoga dengan penjelasan dari kami ini, kamu bisa memaknai dukungan dari support system-mu dengan lebih baik.

IDwebhost juga siap menjadi support system kamu untuk menyediakan berbagai kebutuhan hosting! Mulai dari Rp 10 ribuan saja, kamu bisa dapatkan paket hosting lengkap dengan dukungan tim teknis kami! Yuk, cek sekarang!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022