Menangani Komplain Negatif Customer di Social Media - Part 2 | Membangun Loyalitas Pelanggan
Blog Tips Keren Menangani Komplain Negatif Customer di Social Media – Part 2 | Membangun Loyalitas Pelanggan

Menangani Komplain Negatif Customer di Social Media – Part 2 | Membangun Loyalitas Pelanggan

Manfaat social media sebagai customer service adalah sebuah inovasi terbaru yang bisa anda terapkan untuk bisa semakin dekat dengan pelanggan. Pada dasarnya ada banyak penerapan yang bisa dilakukan supaya bisa semakin dekat dengan pelanggan itu sendiri. Pada dasarnya memang social media awalnya digunakan untuk berbagi informasi mengenai timeline harian yang dilakukan saat ini. Namun seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak yang bisa dimanfaatkan dari social media untuk berbagai kegunaan, salah satunya adalah social media sebagai customer service. Dengan adanya manfaat tersebut, sudah pasti akan lebih banyak yang bisa anda capai didalamnya.

Sebagaimana yang anda ketahui tentang social media sebagai customer service ini, anda bisa memanfaatkannya untuk kegunaan sosmed di Instragram, Facebook, Twitter, Line, Google Plus, dan lain sebagainya. Bahkan Linkedin juga bisa anda pergunakan didalamnya. Jadi yang anda perlukan hanyalah tinggal menyajikan konten yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan saat ini. Dari sini anda akan bisa menerapkan metode yang obyektif untuk mendekatkan diri kepada pelanggan yang ada didalamnya. Anda bisa melakukan komunikasi didalamnya dengan lebih mudah dan signifikan. Sudah pasti ini akan membawakan kepada anda manfaat yang lebih banyak bisa anda capai didalamnya. Berikut adalah manfaat dari social media sebagai customer service yang bisa anda berikan kepada anda:

Menyediakan Umpan Balik Dengan Lebih Cepat

 

Peran Dan Manfaat Social Media Sebagai Customer Service
idwebhost.com

 

Satu hal yang pasti dalam manfaat social media sebagai customer service adalah menyediakan umpan balik atau feedback yang lebih cepat didalamnya. Dengan demikian, keterlibatan anda dengan audience yang ada didalamnya pun juga akan bisa meningkat dengan mudah. Ini adalah sebuah sarana tepat bagi anda yang mengutamakan untuk memberikan informasi secara real time didalamnya. Dengan adanya metode tersebut, sudah pasti anda akan bisa memanfaatkan social media sebagai customer service dengan cara yang lebih mudah didalamnya. Anda bisa mendengarkan langsung kriti, saran, masukan dan komentar langsung dari pelanggan secara live didalamnya. Inilah yang akan mampu memberikan kepada anda kemudahan yang bisa anda capai dengan lebih banyak lagi.

Social Media Sebagai Customer Service Menjangkau Audience Sangat Besar

Social media sebagai customer service bisa menjangkau audience dengan jumlah yang amat besar didalamnya. Jadi tidak ada yang perlu anda cemaskan lagi didalamnya. Kenapa? Karena dari sini anda akan bisa melihat bahwa animo masyarakat terhadap social media memang tak perlu diragukan lagi. Semua orang menggunakan social media guna berinteraksi, bersosialisasi dan membagikan semua informasi yang diperlukan didalamnya. Dari sini akan bisa dilihat bahwa banyak sekali manfaat yang akan bisa didapatkan dan ditemukan didalamnya. Semua tentu akan memberikan manfaat cukup besar yang ada didalamnya. Dengan kata lain, jangkauan dari social media ini benar-benar akan bisa lebih mudah dalam memberikan sesuatu yang terbaik ada didalamnya. Tidak ada yang perlu dicemaskan lagi pastinya.

Memberikan Informasi Secara Up To Date

Social media sebagai customer service akan memberikan ulasan secara up to date kepada para pengguna yang ada didalamnya. Dengan adanya informasi yang selalu baru tiap hari, maka akan memberikan pelayanan yang tentunya lebih baik lagi. Pasalnya, jika anda hendak melakukan pembaharuan tehadap bisnis atau apapun itu, maka perlu melakukan sosialisasi yang up to date agar pelanggan bisa memahami dan mengetahui itu. Jika anda tidak melakukan sosialisasi yang up to date maka ini bisa membuat komplain datang bergantian dari segala penjuru. Di sinilah anda juga perlu mengetahui bahwa dalam pelayanan itu sendiri diperlukan banyak sekali hal-hal yang harus anda persiapkan didalamnya. Adanya penerapan yang tepat akan mampu memaksimalkan semua yang anda butuhkan didalamnya. Anda juga bisa membuat pelanggan lebih lega dan siap, serta social media sebagai customer service akan memberikan kecepatan yang tak tertandingi dalam memberikan informasi tersebut.

Membangun Image Bisnis Serta Kepercayaan Pelanggan

 

Peran Dan Manfaat Social Media Sebagai Customer Service
idwebhost.com

 

Membangun image bisnis di era lampau mungkin sangat challenging tapi di era modern saat ini membangun sebuah brand image adalah hal yang mudah dilakukan. Terutama dengan adanya fasilitas social media sebagai customer service ini. Dimana anda akan bisa lebih dekat dengan pelanggan dan membangun kepercayaan dengan mereka. Kenapa? Karena anda menjamin mereka dengan informasi yang cepat dan tepat didalamnya. Dari sini akan bisa lebih banyak yang bisa anda capai itu sendiri. Yang mana kecepatan tersebut akan bisa membangun semua itu dengan lebih mudah dan pastinya sangat tepat didalamnya. Pada dasarnya bisnis anda akan bisa berkembang dengan cara yang lebih mudah dari sini.

Mempermudah Penyampaian Pesan Kepada Customer

Customer juga memerlukan social media sebagai customer service sebagai sarana untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat. Pastinya ini akan membuat pelanggan anda lebih gampang memperoleh informasi mengenai promo, fitur tambahan, dan layanan yang akan bisa anda berikan didalamnya. Hal ini akan memudahkan anda untuk mencapai tujuan dalam bisnis dengan lebih gampang lagi. Pada dasarnya memang sangat penting dalam membangun sebuah ranah bisnis yang tepat dan signifikan didalamnya. Dengan adanya kemudahan yang diberikan oleh social media, hal ini akan memberikan kepada anda lebih banyak manfaat yang beragam. Jadi anda harus mengutamakan pelayanan yang terbaik dan tepat untuk pelanggan itu sendiri. Dengan demikian akan lebih banyak yang bisa anda capai dan temukan didalamnya. Itu semua akan membuat ranah bisnis anda menjadi lebih baik dan nyata pastinya.

Memperolah Feedback Yang Membangun

Anda juga tidak bisa berdiri sendiri. Pastinya anda juga memerlukan suatu feedback untuk bisa membuat usaha atau portofolio anda berkembang didalamnya. Dengan adanya penerapan cara yang tepat, sudah pasti social media sebagai customer service akan memberikan jembatan yang tepat bagi anda dan pelanggan untuk terhubung. Mereka bisa memberikan saran dan masukan yang membangun. Pada akhirnya inilah yang nantinya akan bisa didapatkan dengan mudahnya. Adanya feedback juga akan bisa memberikan semua keuntungan yang tepat dan terbaik. Dengan membangun semua itu dengan mudah, sudah pasti akan lebih banyak hasil yang bisa anda capai dan dapatkan didalamnya. Feedback juga akan sangat berguna dalam rangka memberikan sebuah peningkatan yang signifikan didalamnya. Inilah yang akan bisa memberikan lebih banyak manfaat itu sendiri.

 

Peran Dan Manfaat Social Media Sebagai Customer Service
idwebhost.com

 

Baca Juga: Belajar Bisnis Online Gratis Dengan Facebook Blueprint

Kesimpulan

Kini anda sudah melihat bahwa social media menyediakan kepada anda lebih banyak manfaat yang ada didalamnya. Dari sini anda bisa mencoba untuk memanfaatkan social media sebagai sarana untuk mengembangkan portofolio yang anda miliki. Tentu saja semakin kedepan hal ini akan mampu memberikan sebuah hasil yang tepat dan terbaik ada didalamnya. Jadi tidak ada yang perlu anda cemaskan dan bingungkan lagi. Pasalnya, dalam mengembangkan binsis tersebut anda juga akan mengetahui dan memahami apa saja yang sebaiknya harus anda lakukan didalamnya. Guna mendapatkan dan memperoleh hasil yang terbaik lagi, tentu saja anda harus mencobanya terus dan berinovasi.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.