Pengertian dan Manfaat Menggunakan Google Suite
Blog Tips Keren

Pengertian dan Manfaat Menggunakan Google Suite

Google suite adalah sebuah layanan yang diciptakan oleh Google yang mengedepankan mobilitas dan kolaborasi untuk penyempurnaan kebutuhan IT di era millenials saat ini. Jadi kalau kalian sangat aktif dalam dunia IT dan hosting domain, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan yang satu ini. Google suite merupakan layanan berbasis cloud yang membuat siapa saja bisa melakukan kolaborasi dokumen, chat, konfrensi video dengan mudah dan real time. Semua bisa dilakukan dengan mudah kapan saja dan dimana saja. Layanan ini juga memungkinkan Anda untuk tetap produktif dalam segala jenis pekerjaan tanpa perlu khawatir lagi dengan kapasitas ruang yang ada di perangkat anda.

Pengertian dan Manfaat Menggunakan Google Suite
idwebhost

Lalu apa keuntungannya para pemilik domain yang menggunakan Google Suite ini? Jika anda mendaftarkan layanan domain anda untuk tergabung bersama Google suite, maka anda akan bisa menggunakan segala jenis fitur Google seperti Calendar Drive, Google+. Hangout, Blogger dan lain-lain kedalam situs. Sebagai layanan cloud terbaik, pastinya para pemilik domain akan bisa sangat terbantu pada saat menggunakannya.

4 Layanan Yang Paling Populer Di Google Suite

Ada beberapa layanan Google suite yang bisa anda pilih di jasa hosting terpercaya. Tentu saja semua itu bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Berikut akan dijabarkan sejumlah layanan yang bisa anda dapatkan nantinya.

Google Suite Basic

Seperti namanya, layanan basic ini sangat berguna untuk anda yang masih dalam tahap pengenalan dan ingin tau apa yang bisa diberikan fitur ini lebih banyak. Biasanya untuk layanan basic, anda akan diberi kapasitas penyimpanan hingga puluhan GB saja.

Google Suite Business

Untuk pilihan yang satu ini sudah pasti bisa mengakomodir segala kebutuhan anda dibandingkan dengan layanan yang pertama. Pasalnya, disini anda akan mendapatkan layanan G Suite yang punya kapasitas tak terbatas. Jadi anda bisa menyimpan apapun yang anda inginkan dan berbagi dengan pengguna lain lebih mudah. Ditambah lagi, anda juga akan mendapatkan fitur untuk mengontrol segala data yang ada di perusahaan atau domain anda. Ini bisa dilakukan berkat adanya Google Vault ibarat sebuat brankas tempat penyimpanan data terbaik. Dengan adanya vault ini maka berkas yang anda simpan pun akan lebih mudah ditemukan.

Google Suite Enterprise

Apakah masih ada layanan G Suite yang lebih baik? Jawabannya ada! Layanan yang satu ini merupakan sebuah pengembangan yang lebih sempurna dari G Suite Business diatas. Pasalnya, disini anda akan mendapatkan sebuah fitur tambahan berupa DLP atau Data Loss Preventetion. Intinya adalah membuat data anda lebih aman dan mencegahnya untuk tidak hilang. Anda pun juga bisa lebih mudah mengarsipkan data dengan sistem yang lebih terintegrasi. Dengan memakai pelayanan G Suite yang terbaik, maka anda pun akan bisa melakukan rutinitas sehari-hari dengan lebih mudah.

Google Suite Education

Berbeda dengan sejumlah layanan G Suite yang dijelaskan diatas. Seperti namanya, layanan ini lebih menonjolkan sejumlah fitur yang berguna untuk dunia pendidikan. Layanan ini merupakan cerminan dari G Suite Business yang memiliki fitur tambahan berupa Class Room. Dari sinilah para guru dan murid bisa berinteraksi satu sama lain dengan mudah menggunakan G Suite tersebut.

Manfaat Menggunakan Google Suite

Pengertian dan Manfaat Menggunakan Google Suite
idwebhost

Ada banyak manfaat yang akan bisa anda dapatkan dengan memakai layanan yang satu ini. Pertama, anda akan mendapatkan fasilitas keamanan data yang terjaga. Fitur keamanan yang disematkan didalamnya didesain dengan keamanan tertinggi sehingga data anda pun akan bisa terlindungi dengan baik. Bahkan ada lapisan keamanan tambahan yang akan membuat data anda tetap aman sampai kapanpun. Verifikasi data dilakukan dengan 2 langkah. Hal ini sangat penting untuk memberantas penyalahgunaan email dan juga tindakan hacking lainnya yang tak bertanggung jawab.

Kedua, anda sebagai admin bisa mengatur sendiri apakah ada pengguna lain yang bisa menggunakan beberapa fitur yang anda gunakan atau tidak. Anda bisa mengaktifkan otorisasi atau perijinan kepada beberapa orang menggunakan fitur tersebut, tapi sebagian lainnya tidak. Semuanya bisa disesuaikan dengan kondisi. Hal ini akan memudahkan anda untuk menyesuaikan sendiri seperti apa layanan ini akan bekerja untuk anda.

Baca Juga: Mereview Dedicated Server IDwebhost Sebagai Hosting Terbaik

Ketiga, supaya anda bisa melakukan pekerjaan tanpa kendala, maka ada sejumlah fasilitas yang tersedia di Google suite ini yang bisa anda manfaatkan, salah satunya adalah pelatihan dan juga pusat pembelajaran. Disini anda bisa belajar banyak tentang panduan memakai G Suite sehingga bisa mengoptimalkan fungsinya. Anda bisa mempelajarinya dengan cepat karena panduan akan tersedia melalui video dan sejumlah penjelasan yang berguna dan bisa anda dapatkan kapan saja.

Keempat, layanan G Suite ini bisa beroperasi 100% di website atau domain anda tanpa terkendala. Selain itu, pembaruan otomatis juga terus dilakukan. Anda pun bisa menikmati segala fasilitas yang ada didalamnya dengan nyaman tanpa perlu harus menginstall atau mengupdate software tambahan apapun. Disini juga tersedia grafik yang berguna untuk melacak trend yang sedang viral atau booming saat ini. Dengan adanya grafik ini maka anda akan bisa menganalisa pola keamanan yang diinginkan maupun memantau tren-tren untuk keperluan bisnis dan pekerjaan anda.

Tips Menggunakan Google Suite

Pengertian dan Manfaat Menggunakan Google Suite
idwebhost

Mengingat fungsi dari G Suite yang sangat istimewa, anda harus benar-benar paham bagaimana kegunaanya bagi perusahaan atau domain anda. Yang jelas, layanan ini akan mampu membuat anda mengoptimalkan waktu dengan baik serta memungkinan anda untuk mengurangi biaya yang diperlukan untuk analisa dan infrastruktur IT. Ditambah lagi, kesempatan untuk mendapatkan peluang yang positif bagi kemajuan perusahaan pun akan kian besar. Berikut adalah sejumlah tips yang bisa anda terapkan sebelum anda mulai menggunakan layanan ini.

  1. Pastikan anda berkonsultasi dan menggunakan jasa penyedia G Suite yang kompeten. Dengan menggunakan layanan yang kompeten maka anda pun akan bisa mendapatkan yang dibutuhkan tanpa mengalami kendala atau problem sama sekali. Ditambah lagi, anda pun juga akan bisa berkonsultasi dengan mudah kapan saja.
  2. Maksimalkan juga semua fasilitas yang ada di G Suite ini untuk kebutuhan. Pasalnya, di layanan ini anda akan bisa mendapatkan semua fasilitas yang banyak. Jadi sangat disayangkan kalau semua dibiarkan begitu saja dan tidak digunakan sama sekali.
  3. Segera atur strategi anda berikutnya setelah menggunakan layanan ini. Pasalnya ada banyak perusahaan di dunia yang telah menggunakan layanan G Suite tersebut. Jadi anda pun juga bisa bergabung dan berkembang didalamnya. Di era yang semakin canggih ini anda pun juga bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang Google Suite. Layanan ini akan memberikan keleluasan bagi anda untuk memilih mana fitur yang paling sesuai dengan yang anda butuhkan saat ini. Sudah saaatnya anda mengkonsultasikan kebutuhan digital anda kepada pakar yang ahli dan tak lupa menyediakan perangkat yang tepat dan bisa diandalkan untuk menunjang kemajuab bisnis Anda.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.