11 Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan
Blog Tips Keren 11 Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan

11 Manfaat Internet Bagi Dunia Pendidikan

Saat ini keberadaan internet memiliki peranan yang sangat besar bagi perkembangan dunia pendidikan. Terlebih ketika kita harus menerapkan kebijakan belajar dari rumah. Maka, dengan adanya internet berbagai kegiatan pembelajaran dapat tetap dilakukan. Internet menjadi media bagaimana pembelajaran jarak jauh dengan e-learing dan memanfaatkan berbagai aplikasi pendukung untuk melakukan belajar mengajar. Ini satu hal penting manfaat internet bagi dunia pendidikan.

Karena adanya pandemi, saat ini internet menjadi begitu penting. Saat ini bisa kita katakan bahwa hampir semua orang telah mengenal dan menggunakan internet. Internet menjadi kebutuhan banyak pihak mulai dari perorangan, organisasi, perusahaan, pemerintah dan lainnya. Kebutuhan akan internet ini semakin meningkat pesat. Salah satu kebutuhan paling mendasar ketika harus melakukan kegiatan jarak jauh adalah terkoneksinya atau terhubungnya, hal ini melalui internet. Nah, apa saja manfaat internet bagi pendidikan? Berikut adalah berbagai manfaat internet dalam dunia pendidikan:

Manfaat Internet Bagi Pendidikan

Manfaat Internet Bagi Pendidikan

Jaringan Komputer ini memungkinkan user untuk memiliki akses yang mudah atas berbagai jenis informasi. Bahkan dibandingkan dengan buku dan perpustakaan, penyebaran informasi atau data melalui jaringan komputer dapat dikatakan lebih ekstrem. Ia telah banyak sekali mempengaruhi ilmu dan pandangan dunia. Dalam dunia pendidikan, ia memberikan 11 manfaat antara lain sebagai berikut:

1. Sarana mencari informasi

Manfaat Internet yang pertama yaitu sebagai sarana untuk mencari berbagai informasi di dunia pendidikan, yang bahkan lebih update dari buku ataupun perpustakaan. Dapat dikatakan pula bahwa hampir semua jenis informasi mengenai pendidikan dapat Anda akses melalui jaringan ini, antara lain seperti materi pelajaran, kurikulum, silabus, soal-soal dan cara mengerjakannya.

2. Sarana mempermudah pencarian referensi

Manfaat Internet yang kedua yaitu mempermudah user untuk pencarian literatur. Hanya dengan mengetikkan kata kunci (keyword) sesuai dengan keinginan Anda, maka informasi yang terkait atau relevan dengan kata kunci tersebut akan langsung tersedia.

3. Internet Sebagai sarana pembelajaran

Manfaat Internet ketiga yaitu Sebagai sarana pembelajaran bagi para siswa untuk mencari informasi lebih mengenai materi yang belum, sedang atau akan dipelajari di sekolah. Hal ini juga sama berlaku untuk para mahasiswa. Selain itu, ia juga merupakan tempat yang memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk mempelajari berbagai hal baru melalui tips dan trik maupun tutorial mengenai sesuatu hal.

4. Menyediakan fasilitas multimedia

Sebagai penyedia informasi yang memiliki kelebihan dibandingkan dengan buku. User dapat memperoleh informasi dari jaringan komputer dengan membaca, mendengarkan, dan menonton video. Selain itu, dengan fasilitas multimedia ini dapat membantu memudahkan user untuk lebih memahami informasi yang diperoleh karena adanya tambahan contoh, gambar, animasi dan sebagainya.

5. Penyedia sumber informasi yang relatif murah

Sebagai penyedia sumber informasi yang dibutuhkan yang relatif murah jika dibandingkan dengan membeli buku maupun majalah. Selain itu, juga meringankan beban para siswa maupun mahasiswa yang tidak mampu dalam mencari materi pembelajaran tanpa harus membeli buku yang lebih mahal.

6. Sebagai penyedia sumber pelajaran tambahan

Memungkinkan user untuk memperoleh informasi tambahan atau sumber pelajaran tambahan yang tidak diperoleh di sekolah.

7. Internet Menjadi Sarana untuk mencari beasiswa

Sebagai sarana untuk mencari beasiswa. Tidak semua informasi mengenai beasiswa dapat Anda akses di lingkungan sekolah maupun kampus. Selain itu, Anda juga dapat mengakses informasi mengenai beasiswa baik di dalam maupun di luar negeri lebih banyak.

8. Mendorong penguasaan bahasa asing

Memungkinkan user untuk mengakses informasi tanpa batas (unlimited), termasuk berbagai informasi yang penting dan menarik dari luar negeri. Hal ini dapat mendorong user untuk menguasai bahasa asing dengan cara yang menarik, seperti dengan membaca artikel yang disukainya, mendengarkan lagu, menonton berita dalam bahasa asing tersebut.

9. Mendorong kreativitas dan kemandirian

Dapat memberikan user inspirasi untuk lebih mengembangkan kreativitas dalam berkarya. Kemudian dapat mendorong dan memotivasi pelajar dalam mengembangkan intelektual untuk penelitian dan ilmu pengetahuan baik secara teoritis ataupun terapan. Selain itu, user yang pandai memanfaatkan jaringan ini menjadi mandiri dalam mencari informasi yang dibutuhkan.

10. Sarana Pendidikan Jarak Jauh

Sarana Pendidikan Jarak Jauh

Dengan memanfaatkan internet, memungkinkan Anda untuk melakukan pendidikan jarak jauh. Bagi pendidik atau lembaga pendidikan bisa membuat website e-learning, nah untuk ini Anda membutuhkan dukungan teknisi yang handal. Jika Anda membutuhkan jasa  pembuatan website sekolah Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website profesional IDwebhost.

Selain menyediakan tim ahli dalam pembuatan website sekolah, IDwebhost juga menyedikan berbagai infrastruktur pendukung sebuah website. Jadi Anda akan mendapatkan paket lengkap dalam membangun website untuk kebutuhan pendidikan jarak jauh. Selain itu IDwebhost telah dipercaya mengerjakan berbagai website untuk kebutuhan pendidikan.

Saat ini berbagai akses pendidikan sudah melalui media online atau website e-learning. Terdapat beberapa universitas baik swasta maupun negeri yang menyediakan kuliah online yang memungkinkan para mahasiswanya untuk melaksanakan kuliah dengan jarak jauh. Atau, Anda pun dapat mengakses modul pembelajaran dari jarak yang jauh di mana pun Anda berada selama terkoneksi.

11. Internet Sebagai Sarana Penyimpanan Informasi

Manfaat Internet yang terakhir yaitu sebagai sarana penyimpanan informasi. Terkadang, informasi maupun materi pelajaran yang Anda catat dalam buku dapat hilang maupun terselip entah di mana. Dengan adanya jaringan ini, Anda dapat menyimpan berbagai macam informasi ataupun materi pelajaran di jaringan dan dapat Anda akses kapan pun tanpa takut kehilangan.

Dampak Negatif Internet

Dampak Negatif Internet

Meskipun demikian, tidak dapat kita pungkiri bahwa internet juga dapat memberikan beberapa dampak negatif bagi tumbuh kembang anak, dan juga proses pendidikan. Dampak negatif internet bagi penggunaannya ini  bahkan tidak hanya berdampak buruk bagi diri sendiri, namun juga berdampak pada keluarga dan lingkungan sekitar. Apa saja dampak negatif dari internet?

  1. Kecanduan; pengguna internet memiliki potensi kecanduan dengan berbagai aplikasi dan hiburan yang ada di internet. Hal ini misalnya yang paling sering kita lihat adalah kecanduan penggunaan sosial media, karena terlena di dunia maya sampai banyak orang yang lupa dengan kehidupan nyata.
  2. Kehilangan Waktu Produktif; karena telah terpaku dengan berbagai banjir informasi di internet, tidak sedikit orang yang kemudian lupa waktu, bahkan kehilangan waktu produktifnya karena asyik berselancar di internet.
  3. Konten Tidak Pantas; internet seperti rimba raya dalam dunia maya, internet memiliki banyak sekali konten, baik konten positif atau pun konten negatif. Persoalannya, banyak pembuat konten yang tidak pantas, yang bisa diakses oleh anak-anak.
  4. Penyebaran Informasi Palsu; melalui sosial media dan memanfaatkan keberadaan internet, kini lebih banyak berita dan informasi yang tidak benar atau bohong (hoax). Ini akan menjadi pemicu perpecahan dengan meningkatnya risiko provokasi antar golongan. Selain itu juga akan meningkatkan isu-isu SARA yang menyebabkan perpecahan masyarakat.
  5. Kecanduan Game Online; internet juga menjadi pemicu anak-anak lupa dengan tugas dan kewajibannya, misalnya jadi lupa belajar karena kecanduan game online.
  6. Perundungan Online; keberadaan internet memicu semakin meningkat aksi cyber bullying, tidak sedikit kasus bullying online yang sangat serius memberi dampak pada tumbuh kembang anak.
  7. Tindak Kejahatan; internet juga memicu tindak kejahatan, kita tahu bagaimana marak terjadi penipuan online, juga bagaimana melalui sosial media dimanfaatkan untuk tindak kejahatan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Sejarah Internet

Sejarah Internet

Interconnection-networking atau Internet merupakan seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global untuk melayani pengguna di seluruh dunia menggunakan sistem global transmission control protocol (TCP/IP).

Jaringan komputer atau internet ini, pertama kali dibentuk pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) melalui proyek yang bernama Advanced Research Project Agency Network (ARPANET). Awal mulanya mereka mendemonstrasikan bagaimana kita dapat berkomunikasi dengan jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon memakai software dan hardware komputer berbasis UNIX.

ARPANET

Proyek ARPANET yang membantun bentuk jaringan, keandalan dan besarnya informasi yang didapatkan ini, kemudian mempunyai standar sendiri dan menjadi awal mula pembangunan protokol baru yang saat ini dikenal sebagai transmission control protocol (TCP/IP).

Pada awalnya, ARPANET merupakan proyek yang ditujukan untuk kebutuhan militer. Sistem jaringan tersebut dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat secara tersebar dengan cara menghubungkan komputer di daerah-daerah penting untuk mengatasi berbagai masalah apabila terdapat serangan nuklir dan untuk menghindari adanya informasi terpusat yang suatu saat dapat dihancurkan oleh musuh ketika perang. Konon ARPANET hanya menghubungkan 4 buah situs saja, yaitu Stanford Research Institue, University of California, Santa Barbara dan University of Utah.

Setelah diperkenalkan di publik pada tahun 1972, ARPANET kemudian berkembang pesat di seluruh daerah sehingga membuat semua universitas di negara tersebut ingin bergabung. Karena kewalahan menghadapi permintaan, ARPANET kemudian bagi menjadi dua menjadi “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non militer. Nah, gabungan antara MILNET dan ARPANET ini disebut DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi internet.

IETF

Jaringan komputer ini kemudian dilindungi oleh perjanjian bilateral atau multilateral dan spesifikasi tekniklah. Spesifikasi tekniklah adalah protokol yang menerangkan perpindahan data antar rangkaian yang dibentuk berdasarkan pada perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF). Nah, IRTF ini adalah badan yang mengeluarkan dokumen yang dikenal sebagai Request for Comments (RFC), yang kemudian sebagian dari dokumennya dijadikan sebagai standar dari jaringan komputer oleh Badan Arsitektur Internet.

Beberapa protokol yang sering dipakai dalam internet yaitu IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, dan LDAP serta SSL. Sedangkan layanan yang populer yang menggunakan protokol tersebut adalah surat eletronik (e-mail), Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (file sharing), world wide web (WWW), akses sesi (session access), WAIS, finger, IRC, MUD, Gopher,  dan MUSH. Ia juga memungkinkan pengguna (user) untuk mendapatkan layanan terkini seperti web radio webcast dan lainnya yang dapat diakses di seluruh dunia.

Kesimpulan

Demikian penjelasan informasi yang dapat IDwebhost sampaikan mengenai 11 manfaat internet bagi dunia pendidikan. Bagaimanapun juga, ia bagaikan dua mata pisau yang berbeda. Meskipun ia memberikan banyak manfaat dalam dunia pendidikan, di sisi lain ia juga memberikan beberapa dampak negatif. Semoga Anda lebih bijak dalam menggunakannya.

IDwebhost merupakan jasa penyedia domain dan hosting murah dengan harga terjangkau dan berkualitas yang cocok untuk pengembangan bisnis online Anda. Jika Anda mempunyai pertanyaan mengenai penjelasan artikel di atas, jangan sungkan-sungkan untuk memberikan pendapat Anda di kolom komentar di bawah ya!

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.