Manfaat Fitur Live Chat Pada Website Bisnis Anda
Blog Tips Keren Manfaat Fitur Live Chat Pada Website Bisnis Anda

Manfaat Fitur Live Chat Pada Website Bisnis Anda

Pernah mengunjungi sebuah website dan kemudian mendapati di bagian pojok bawah atau samping terapat sebuah menu interaktif dengan tulisan “Hubungi Kami”,  “Chat Us”, “Butuh Bantuan” dan lain sebagainya? Itulah penampakan dari fitur live chat. Nah, apa sih manfaat fitur live chat pada website untuk bisnis Anda?

Saat ini penggunaan website untuk kebutuhan bisnis sudah menjadi hal wajib. Mengapa? Karena peta dan sebaran pasar berubah. Tidak lagi sepenuhnya ada dalam model pemasaran offline namun sudah jauh berkembang dalam model online.

Dalam pemasaran online ada tuntutan untuk memberikan layanan yang cepat tanggap.  Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan fitur Live Chat yang tersedia dalam berbagai plugin tambahan, atau fitur bawaan pada website.

Kebutuhan konsumen atau pembeli online salah satunya adalah kecepatan dalam pelayanan. Semakin cepat tanggap dan mudah dalam mendapatkan pelayanan maka akan semakin besar peluang terjadinya pembelian. Hal ini bisa dihadirkan dengan memanfaatkan fitur live chat pada website.

Nah Anda sebagai pemilik website bisnis tentu juga perlu mempertimbangkan fitur live chat pada website Anda. Mengapa? Karena memang terdapat berbagai manfaat yang dapat menjadikan website bisnis Anda berkembang lebih baik, utamanya dalam hal pelayanan. Berikut manfaat fitur live pada website bisnis Anda:

1.  Memudahkan Komunikasi Calon Pembeli dan Penjual

Live Chat Memudahkan Komunikasi Calon Pembeli dan Penjual

Keberadaan fitur live chat pada website adalah untuk mendukung adanya media komunikasi antara pengunjung dan pengelola website. Berbicara dalam hal ini sebagai website bisnis, maka manfaat fitur live chat pada website bisnis adalah untuk memudahkan komunikasi calon pembeli dan penjual.

Anda mungkin sudah membuat desain terbaik, tampilan website yang sederhana, navigasi website yang mudah, namun akan ada saja calon pembeli yang bingung ketika memasuki website Anda. Tentu yang mereka butuh kan adalah bertanya.

Banyak pemilih website yang kemudian menyiasati pertanyaan pengunjung dengan membuat halaman khusus, yaitu halaman tanya jawab. Ternyata membuat halaman tanya jawab dengan membuat urutan pertanyaan yang sering disampaikan pengunjung atau calon pembeli, belum efektif. Masih banyak calon pembeli yang bingung.

Kendalanya tentu saja karena budaya membaca yang masih rendah. Nah, ini bisa selesai ketika website bisnis Anda memanfaatkan fitur live chat. Pengunjung website bisnis Anda yang tidak lain adalah calon pembeli dan pelanggan potensial, akan dengan mudah menyampaikan apa yang mereka tidak pahami.

 

2. Memberikan Kemudahan Layanan Fast Respons

Pembeli adalah raja, istilah ini bukan hanya berlaku dalam pemasaran offline, namun juga dalam model pemasaran online. Dalam berbagai kasus justru model pemasaran online ini, posisi pelanggan jauh lebih tinggi dari ‘raja’ mereka menginginkan pelayanan yang benar-benar prima.

Tidak sedikit kasus ketika pembeli online merasa tidak terlayani, tidak mendapatkan jawaban yang cepat mereka akan menganggap website toko online yang ada kurang kredibel. Lebih fatal ketika mereka membagikan pengalaman itu melalui media sosial, tentu akan berdampak pada citra buruk.

Nah, untuk memberikan layanan cepat tanggap maka bisa memanfaatkan fitur live chat pada website bisnis online Anda. Manfaat dari fitur live chat website adalah memberikan kemudahan bagi Anda untuk bisa membalas secara real time setiap pertanyaan yang masuk.

Saat ini, website sudah dapat terintegrasi dengan smartphone, sehingga ketika ada pesan masuk melalui fitur live chat website Anda tidak perlu membuka website Anda melalui desktop, cukup langsung membalas melalui telepon genggam Anda, tentu ini akan memudahkan tim pelayanan dari website bisnis Anda dan memberikan layanan yang jauh lebih cepat.

Perlu menjadi catatan bagi pelaku bisnis online, bahwa memberikan layanan fast respons adalah salah satu unsur penting kesuksesan membangun website bisnis online. Layanan prima dalam memberikan jawaban atau balasan dari setiap pertanyaan pelanggan, menjadi poin penting di era digital seperti saat ini.

3. Manfaat Fitur Live Chat Mengurasi Risiko Bounce Rate

Manfaat Fitur Live Chat Mengurasi Risiko Bounce Rate

Berapa persen data bounce rate website bisnis Anda?  Apakah masih cukup tinggi? Mengapa terjadi bounce rate dari website bisnis Anda? Apakah karena lambatnya website Anda dalam menyajikan data? Atau karena pengujung website bisnis Anda kebingungan untuk mendapatkan informasi lebih dari produk yang Anda tawarkan?

Penyebab bounce rate dalam sebuah website bisa berbagai faktor, namun ketika kita membicarakan website bisnis. Maka, kita patut melihat secara cermat mengapa calon pembeli mengurungkan langkah mereka untuk mencari produk yang ada di website bisnis online Anda?

Dalam sebuah studi yang mana melakukan uji coba penerapan website bisnis, salah penyebab terjadinya bounce rate dalam website bisnis adalah tidak adanya layanan atau fitur live chat dalam  website bisnis yang dilakukan uji coba.

Tidak adanya fitur live chat menjadikan pengunjung bingung untuk menanyakan berbagai hal terkait produk. Walau sudah tertera dalam kolom deskripsi produk, bukan berati pelanggan sudah memahami. Itu sebabnya mereka membutuhkan adanya fitur live chat yang fast respons.

4. Mengantisipasi Terjadinya Cart Abandonment

Website bisnis online ada sudah sangat ramah dengan berbagai model gawai. Mudah dalam navigasi, berbagai pedoman atau petunjuk pembelian sudah terpasang dengan baik. Pengunjung bisa dengan mudah memilih dan menambahkan barang atau produk yang mereka inginkan ke keranjang belanja mereka. Tapi, tidak terjadi chek out, apa lagi pay out.

Sayang sungguh sayang, jika website bisnis Anda mengalami yang namanya cart abandonment. Apa itu cart abandonment? Prinsipnya sama dengan bounce rate, tetapi ini lebih menyakitkan karena mereka tinggal melakukan langkah terakhir yaitu pembayaran dari produk yang telah mereka pilih.

Apa yang menjadi penyebab cart abandonment? Tentu banyak hal, namun lagi-lagi dalam kasus uji coba, salah satu penyebabnya adalah rasa bimbing karena belum merasa yakin dengan informasi yang mereka baca melalui deskripsi produk.

Jadi apa solusinya? Benar sekali, solusinya adalah dengan menambahkan fitur live chat pada website. Dengan demikian maka segala keraguan dapat terjawab. Manfaat fitur live chat pada website ternyata sampai pada menentukan keputusan pembelian dari pengujung pada detik-detik akhir.

5. Manfaat Fitur Live Chat Hemat Biaya Komunikasi

Manfaat Fitur Live Chat Hemat Biaya Komunikasi

Banyak pelaku bisnis yang masih beranggapan bahwa hadir dan membuka pasar yang lebih luas melalui website bisnis online akan menguras biaya. Hal ini kemudian menjadikan mereka tetap bertahan dengan sepenuhnya memanfaatkan jalur pemasaran offline, padahal jika kita cermati justru sebaliknya.

Dengan memiliki website bisnis maka Anda sudah menghemat berbagai hal, utamanya kebutuhan layanan yang bisa dalam satu bagian. Mulai dari membuat sistem penyusunan produk, penampakan produk yang tidak perlu merapikan lagi, sampai sistem pembayaran.

Nah, tidak kalah penting adalah kebutuhan untuk komunikasi. Jika dalam offline memerlukan pelayan lebih dari satu untuk menjawab pertanyaan pengujung. Dalam bisnis online Anda bisa menjawab lebih dari satu pengujung dalam waktu bersamaan.

Memanfaatkan fitur live chat untuk memberikan layanan pelanggan akan sangat menghemat biaya. Anda hanya perlu mengerjakan satu sampai dua karyawan untuk mengelola fitur live chat, dan puluhan bahkan ratusan pengujung dapat terlayani dalam waktu yang singkat.

Kesimpulan Manfaat Fitur Live Chat

Berbagai manfaat fitur live chat pada website tentu perlu adanya dukungan dari website yang prima, hal ini untuk mengantisipasi jangan sampai ketika website Anda sedang ramai pengujung justru mengalami gangguan. Maka,  penting bagi Anda memilih layanan hosting murah terbaik. Layanan hosting terbaik ini bisa Anda dapatkan sesuai kebutuhan Anda dengan berbagai paket yang ada dari IDwebhost.

Nah bagi Anda yang akan memulai menggunakan website bisnis untuk membuka peluang pasar yang lebih besar, jangan khawatir! Anda bisa memulai dengan memilih nama domain yang ada, dan kabar baiknya Anda bisa menggunakan domain murah terpercaya dari IDwebhost.

Setelah memiliki hosting dan domain untuk bisnis Anda, saatnya ada membuat website bisnis Anda. Bagi Anda yang bingung dengan coding dan berbagai macamnya, Anda bisa mengikuti panduannya dalam artikel berikut cara membuat website langkah demi langkah.

Jika Anda ingin menggunakan jasa pembuatan website, maka percayakan pembuatan website dari tenaga ahli dan profesional. Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website bisnis yang ada di IDwebhost, tentu saja  dengan berbagai keunggulan yang tidak akan Anda dapatkan di tempat lain.

Nah, tunggu apa lagi?  Ayo mulai membuka peluang pasar lebih besar dengan membuat website bisnis, dan jangan lupakan pelayanan cepat tanggap dari website bisnis Anda ya. Demikian pembahasan kita kali ini mengenai manfaat fitur live chat pada website bisnis. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi Anda, terima kasih. Salam. Ari IDwebhost.