Manfaat Expired Domain Untuk SEO

17 Okt 2023
Manfaat Expired Domain Untuk SEO campaign-unlimited

Melakukan optimasi website melibatkan berbagai metode dan praktik. Tidak terkecuali dengan membeli domain yang sudah kadaluwarsa. Meskipun sudah lama dan pernah digunakan, pasalnya expired domain punya banyak keuntungan. Apa saja manfaat expired domain untuk SEO?

Bagi kamu yang masih awam, mungkin ini masih terdengar cukup asing. Nah, untuk itu kami akan membantu kamu melalui penjelasan di artikel ini. Kami akan menjelaskan arti expired domain, manfaat, cara menemukan, serta cara mengaktifkannya. Yuk, mari langsung saja menuju ke pembahasan berikut!

Apa Itu Expired Domain?

Expired domain adalah domain yang sudah pernah terdaftar atas nama individu atau bisnis tertentu, akan tetapi tidak diperbarui sehingga statusnya menjadi kadaluwarsa. Walaupun bisa disebut juga sebagai domain ‘bekas’ namun domain ini justru banyak dicari. Ini dikarenakan ada banyak manfaatnya untuk SEO.

Kebanyakan provider hosting menyediakan masa perpanjangan kontrak domain selama 30 hari. Akan tetapi, tidak sedikit pemilik hosting yang lupa dan melewatkan waktu perpanjangan ini. Jika sudah begini, maka provider hosting berhak untuk menyatakan domain tersebut telah kadaluwarsa dan melelangnya ke publik.

Pelelangan ini berlangsung selama tujuh hari. Siapa pun dapat menawarnya untuk mendapatkan domain tersebut. Usai tujuh hari, domain akan diberikan pada penawar dengan harga tertinggi. Dengan begitu penawar tersebut telah secara resmi menjadi pemilik baru bagi domain kadaluarsa tersebut.

Manfaat Expired Domain untuk Optimasi Website

Ada banyak manfaat expired domain untuk SEO. Ini dikarenakan expired domain cenderung memiliki domain authority dan page rank yang tinggi. Selengkapnya, kami rangkumkan di bawah ini daftar manfaatnya:

1. Tidak Perlu Membangun Ranking Web dari Awal

Expired domain sudah mempunyai riwayat dan peringkat yang tinggi di mesin pencari. Ini tentu saja dapat memudahkan pemilik website baru untuk menempatkan websitenya di ranking atas. Seperti yang kita ketahui, untuk membangun website dengan peringkat yang tinggi membutuhkan waktu dan proses yang cukup lama.

Dengan expired domain, kamu bisa mendapatkan domain website dengan authority dan web rank yang tinggi. Selain bisa melakukan promosi dengan lebih cepat, hal ini juga membantu kamu untuk menghemat sumber daya dan usaha dalam membangun website.

Backlink berkualitas pada expired domain merupakan aset berharga untuk membangun link profile dengan lebih mudah. Semakin banyak link yang dipasang untuk mengarah ke domain ini, maka akan semakin tinggi otoritasnya. Dengan otoritas yang tinggi ini, website dinilai relevan dan berkualitas, sehingga akan ditampilkan pada SERP.

Namun, perlu diperhatikan bahwa menemukan domain expired dengan backlink yang berkualitas kiranya cukup sulit. Kamu harus memeriksa domain expired dengan cermat untuk memastikan link yang diarahkan berasal dari website yang kredibel dan bukan spam.

3. Minim Risiko Penalti Google

Manfaat expired domain untuk SEO lainnya adalah meminimalisir risiko penalti. Membangun website dari awal melibatkan proses membangun konten dan tautan yang sesuai dengan pedoman Google. Kesalahan atau spam yang terdeteksi dapat membuat website dikenai penalti, yang pada akhirnya akan berdampak pada peringkat website.

Dengan menggunakan expired domain artinya kamu melakukan reuse domain yang telah terindeks. Tentunya hal ini hanya berlaku apabila domain kadaluarsa tersebut berkualitas; memiliki riwayat dan backlink yang baik. Jadi, pastikan untuk memeriksanya dengan teliti sebelum membelinya ya.

Cara Menemukan Expired Domain

Sudah siap mendapatkan manfaat expired domain untuk SEO web kamu? Nah, sekarang mari ketahui cara mencari expired domain yang berkualitas.

Expireddomains.net adalah salah satu website di mana kamu bisa mendapatkan domain yang sudah kadaluwarsa. Adapun cara menggunakannya kami jelaskan di bawah ini.

1. Buat Akun di Web Expireddomains

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengakses situs expireddomains.net melalui web browser. Lakukan pembuatan akun pada website ini dengan klik tombol Sign Up yang disediakan di bagian pojok kanan atas.

Berikutnya, kamu perlu mengisikan data-data, seperti username, password, serta alamat email. Jika data-data ini sudah dimasukkan, selanjutnya buka inbox email dan lakukan login melalui link yang dikirimkan ke email kamu.

  1. Cari Domain yang Diinginkan

Setelah berhasil masuk sebagai member, maka kamu dapat mulai melakukan pencarian domain menggunakan fitur Filter di situs ini. Pada halaman member area, pilihlah ekstensi domain yang disediakan. Kamu dapat memilih berbagai ekstensi mulai dari .COM, .NET, .BIZ, dan sebagainya.

Klik salah satu ekstensi yang diinginkan untuk menampilkan daftar domain kadaluarsa yang tersedia. Pada tabel ini kamu bisa langsung mencari domain secara manual atau menggunakan alat Filter. Menggunakan Filter dapat membantumu untuk memilah domain dengan kriteria tertentu.

Sebagai contoh, kamu dapat menggunakan filter untuk mengatur daftar domain yang ditampilkan dengan nama depan dan akhiran tertentu. Kamu juga dapat memilih domain dengan kata tertentu, sesuai bidang bisnismu seperti market, photograph, books, dan sebagainya.

3. Periksa Riwayat dan Otoritas Domain

Guna memastikan manfaat expired domain untuk SEO benar-benar bisa kamu dapatkan, kamu perlu melakukan pemeriksaan riwayat dan otoritas domain. Memeriksa riwayat domain memungkinkan kamu untuk mengetahui jenis konten yang sebelumnya dimuat oleh web dengan domain tersebut.

Alat yang dapat digunakan untuk memeriksa riwayat ini adalah WaybackMachine. Kamu dapat memasukkan alamat domain pada kolom yang tersedia di halaman situs ini. Klik Browse History untuk menemukan hasil pencarian. Riwayat konten akan ditampilkan menurut tanggalnya.

Periksa keseluruhan konten untuk memastikan nama domain sebelumnya tidak digunakan untuk memuat konten-konten negatif. Jika domain ternyata pernah menampilkan konten negatif, jangan beli domain tersebut sebab sudah pasti peringkatnya akan sulit ditingkatkan.

Periksa juga skor otoritas domain. Untuk bersaing di mesin pencari Google, domain harus mempunyai skor domain authority (DA) dan page authority (PA) yang cukup baik. Semakin tinggi skor tentu akan semakin baik. Salah satu alat yang bisa digunakan untuk memeriksa DA dan PA adalah Moz Tools.

4. Lakukan Pembelian Domain

Sudah yakin dengan domain yang dipilih? Jika iya maka kamu dapat melanjutkan ke proses pembelian. Untuk melakukan pembelian, klik expired domain yang dipilih untuk menampilkan opsi tempat pembelian domain.

Selanjutnya, pilih salah satu lokasi pembelian. Misalnya Namecheap, Godaddy, atau lainnya. Berikutnya kamu akan diarahkan untuk membuat akun pada lokasi pembelian yang dipilih. Ikuti alur yang disediakan dan lengkapi data-data yang diminta.

Setelah melengkapi data-data identitas pembeli, lanjutkan dengan memilih metode pembayarannya. Lakukan pembayaran dan tunggu invoice yang dikirimkan melalui email. Dengan demikian kamu sudah berhasil melakukan pembelian, dan selanjutnya kamu akan diberikan informasi detail untuk mengaktifkannya.

5. Aktifkan Expired Domain

Cara mengaktifkan expired domain tidaklah sulit, apalagi jika sebelumnya kamu sudah memiliki akun hosting. Pada layanan hosting IDwebhost, proses aktivasi domain dapat dilakukan melalui cPanel. Adapun sebagai berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan paket hosting mendukung Add on domain, dan domain yang akan diaktifkan telah berada di name server yang sama.
  • Login ke akun cPanel.
  • Lanjutkan dengan pilih menu Domains > Create a New Domain.
  • Selanjutnya, hilangkan centang pada Share Document Root.
  • Lalu, masukkan nama domain dan klik Submit.

Kini kamu sudah mengetahui manfaat expired domain untuk SEO hingga cara mengaktifkannya. Mudah, bukan? Semoga artikel ini dapat menjawab rasa penasaranmu dan bisa membantumu menemukan expired domain yang tepat ya.

Jika kamu kurang cocok dengan proses menemukan expired domain yang membutuhkan proses panjang, beli saja domain baru di IDwebhost. Selain sudah pasti murah, IDwebhost juga bisa kasih kamu banyak fasilitas tambahan lainnya. Mulai dari Rp 28 ribu aja, buruan cek sekarang!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022