Manfaat Menggunakan Aplikasi Absensi Online Untuk Perusahaan

Manfaat Menggunakan Aplikasi Absensi Online Untuk Perusahaan campaign-unlimited

Sebuah perusahaan yang memiliki puluhan bahkan hingga ratusan karyawan pasti memerlukan banyak hal yang perlu diperhatikan. Apalagi sejak era pandemi, yang terkadang perusahaan harus menyiasati karyawannya dengan bekerja dari rumah, atau yang disebut Work From Home (WFH).

Tak heran apabila HRD perusahaan lebih banyak dipusingkan dengan selalu rajin memantau dan mereview kinerja para karyawan di perusahaan tersebut. Sebagian perusahaan yang memiliki puluhan karyawan bahkan berlomba-lomba untuk mulai membuat ataupun mencari software pendukung yang dapat mengefektifkan karyawannya untuk bekerja dari rumah. Hal yang sama juga dilakukan oleh IDwebhost. Belum lagi apabila ada perusahaan yang memiliki karyawan yang bekerja di lapangan.

Permasalahan Yang Dihadapi HR Perusahaan

Seperti yang kita tahu, tim HR di setiap perusahaan pasti bakal mengalami problem yang sama saat berhubungan dengan sistem absensi karyawan konvensional. Banyak waktu yang akan dihabiskan setiap harinya hanya untuk melakukan pencatatan data absensi karyawan yang masih manual. Belum lagi setiap minggunya mereka bersama supervisor harus berjibaku mengatur jadwal kerja karyawan.

Bahkan, untuk urusan lembur pun terkadang HR perusahaan harus melakukan lembur untuk mencatat dan menghitung lembur karyawan yang jumlahnya puluhan lebih. Belum lagi saat mencatat izin maupun cuti masing-masing karyawan. Tentu saja sangat merepotkan apabila masih dilakukan secara manual. Dan yang paling merepotkan di masa pandemi ini adalah keharusan untuk memantau absensi karyawan yang bekerja secara Work From Home (WFH). Sungguh memusingkan.

Perusahaan Membutuhkan Sistem

Dengan melihat permasalahan yang timbul di atas, maka sudah saatnya perusahaan yang masih bersifat konvensional membutuhkan adanya aplikasi absensi online. Karena, diharapkan dengan adanya aplikasi absensi ini tim HR makin mudah dalam mengelola karyawan di perusahaan. Tapi bagaimana caranya? Apabila membuat sistem sendiri tentunya bakal membutuhkan biaya yang besar dan waktu yang relatif lama untuk membangun sistem yang aman dan sesuai keinginan. Belum lagi saat memerlukan pemeliharaan dan upgrade sistem. Tentu bakal makin repot apabila dibarengi adanya masalah pada sistem.

aplikasi absensi online

Manfaat Aplikasi Absensi Online

Daripada menambah pekerjaan yang tidak efektif, sebaiknya perusahaan perlu untuk menghire layanan yang menyediakan aplikasi absensi online. Segera saja HR hunting layanan absensi online untuk karyawan, caranya bisa browsing di internet maupun bertanya di forum HR. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh perusahaan apabila menggunakan layanan absensi online:

1. Akurasi Yang Lebih Baik

Pencatatan secara manual rentan dengan kesalahan. Pasti HR perusahaan sering mendengar keluhan dari karyawan yang protes karena mereka mendapati data kehadiran yang kurang akurat. Hal tersebut bisa berdampak buruk buat kinerja karyawan. Oleh karena itu, adanya software absensi ini bisa memperkecil “human error” dan juga mempermudah kerja HR.

2. Lebih Efisien

Mengelola absensi secara manual tentu sangat menyita waktu. Mungkin tidak akan jadi masalah apabila perusahaan tersebut hanya memiliki karyawan kurang dari duapuluh orang. Tetapi, beda cerita apabila memiliki karyawan ratusan atau bahkan ribuan. Bantuan aplikasi absensi dapat membuat kerja HR untuk mengontrol karyawan lebih mudah dan efisien.

3. Karyawan Mudah Dipantau

Pandemi memaksa sebagian perusahaan memberlakukan Work From Home untuk karyawannya. IDwebhost bahkan juga melakukan itu. Bayangkan apabila tidak ada aplikasi absensi untuk karyawan, HR pasti akan kesulitan memantau karyawan. Entah dia tidur atau masih bekerja. Bahkan, karyawan juga bisa mengisi sendiri waktu lembur maupun cutinya melalui aplikasi ini.

4. Periksa Keberadaan Karyawan

Biasanya, aplikasi absensi online dilengkapi dengan pelacakan GPS yang memungkinkan perusahaan dapat memeriksa keberadaan karyawan mereka. Pelacakan GPS sangat penting, terlebih lagi selama bekerja dari rumah, sehingga karyawan Anda dapat fokus pada pekerjaan mereka. Ketika karyawan Anda mengklik tombol absensi, sistem akan melacak posisi perangkat.

Salah satu layanan yang layak untuk digunakan oleh perusahaan adalah aplikasi absensi online Kerjoo. Sesuai dengan namanya yang apabila dibaca dengan Bahasa Indonesia artinya adalah “kerja”, aplikasi Kerjoo memudahkan perusahaan untuk mengelola kehadiran karyawan sekaligus memastikan karyawan yang Work From Home (WFH) dan Remote Working tetap bekerja sesuai dengan waktunya.

Fitur Yang Dimiliki Aplikasi Absensi Online Kerjoo

Lalu apa alasannya sehingga perusahaan di Indonesia perlu untuk menggunakan jasa dari aplikasi Kerjoo dan bisa memastikan kinerja karyawannya lebih baik dari sebelumnya? Mari kita lihat beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh Kerjoo:

1. Attendance (Absensi)

Karyawan bisa melakukan absensi dari mana saja (Mobile  Attendance). Fitur ini dilengkapi dengan GPS based dan face recognition sehingga  memudahkan memantau lokasi absensi karyawan secara real time generate report  dan analisa absensi  secara otomatis yang memudahkan untuk analisa kedisiplinan karyawan.

2. Working Schedule (Jadwal Kerja)

HR bisa melakukan pengaturan jadwal kerja bagi setiap karyawan dengan variasi jam kerja. Fitur ini dilengkapi dengan pengaturan jam kerja bagi setiap karyawan yang lebih advance sehingga memudahkan HR dalam melakukan pengaturan jam dan hari yang berbeda bagi setiap karyawan ataupun grup karyawan.

3. Overtime (Lembur)

Karyawan bisa mengisi permintaan lembur dari mana saja. Dilengkapi dengan kemudahan bagi karyawan melakukan permintaan lembur melalui aplikasi mobile sebelum dilakukan approval lembur oleh HR. Selain itu juga ada otomatisasi pencatatan data lembur karyawan yang memudahkan HR untuk melakukan pengelolaan dan analisis keefektifan performa karyawan.

4. Leave – Time Off (Cuti – Izin Kerja)

Karyawan bisa mengisi permintaan cuti dari mana saja. Dilengkapi dengan permintaan cuti/izin oleh karyawan melalui aplikasi mobile sebelum dilakukan approval oleh HR. Sistem akan melakukan otomatisasi pencatatan data cuti/izin karyawan. Karyawan bahkan juga bisa melakukan upload bukti izin melalui aplikasi mobile berupa softcopy/foto surat sakit dari dokter ataupun bukti lain yang dibutuhkan perusahaan. Untuk efektifitas kerja, HR bisa mengatur pembatasan waktu maksimal pengajuan cuti karyawan agar HR dapat memastikan operasional perusahaan berjalan dengan lancar.

5. Employee Database (Database Karyawan)

HR bisa mengisi dan mengundang karyawan untuk menggunakan aplikasi Kerjoo dari handphone mereka secara mudah. Dilengkapi dengan fasilitas input data karyawan dan pengaturan awal yang mudah. HR bisa melakukan pengaturan lokasi absensi, jadwal kerja, jumlah cuti, pembatasan waktu pengajuan cuti, dan juga pengisian data karyawan.

aplikasi absensi online

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Kerjoo

Untuk memastikan agar perusahaan bisa efektif dalam menggunakan suatu aplikasi, tim HR perlu memastikan bahwa aplikasi tersebut memiliki keuntungan yang tidak dimiliki oleh layanan lain yang sejenis. Di bawah ini adalah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh HR apabila perusahaannya menggunakan aplikasi absensi online dari Kerjoo:

1. HR dapat melihat data absensi dan report karyawan.
2. HR dapat melakukan approval absensi, lembur, cuti, maupun izin lainnya.
3. HR dapat mendownload data absensi, lembur, cuti, maupun izin lainnya.
4. HR dapat melihat statistik harian karyawan.

Selain itu, HR wajib untuk mengoprek kembali lebih dalam apa saja yang dimiliki oleh aplikasi absensi tersebut dan apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk memudahkan HR dalam mengelola karyawannya. Kerjoo dapat diakses dengan mudah di https://kerjoo.com atau bisa langsung daftar sekarang juga.

Kesimpulan

Di zaman yang sudah maju teknologinya ini tentu saja kita tidak bisa selalu mengandalkan sistem kerja tradisional dan konvensional yang mengandalkan pencatatan secara manual. Di internet sudah bisa dicari dengan mudah dengan banyaknya aplikasi absensi online yang bisa jadi pilihan perusahaan dalam mengatur dan mengelola karyawannya. Software absensi online untuk karyawan ini layak dijadikan pilihan karena simpel, mudah, dan tepat sasaran untuk kebutuhan perusahaan. Dengan harga yang relatif murah, Kerjoo sangat cocok digunakan oleh perusahaan memiliki UMKM dengan puluhan karyawan.

Ferry Wiharsasto

Member since 19 Aug 2014