Pentingnya Menggunakan Mailing List Untuk Marketing
Blog Tips Keren Pentingnya Menggunakan Mailing List Untuk Marketing

Pentingnya Menggunakan Mailing List Untuk Marketing

Siapa yang tidak kenal dengan sebuah istilah bernama mailing list. Kalau Anda tumbuh besar di era awal internet berkembang pasti mengenalnya. Kalau tidak menggunakannya, minimal bisa jadi Anda pernah mendengarnya saja. Biasanya mailing list digunakan oleh orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama pada sudatu hal. Misal Anda adalah orang yang tertarik dengan dunia internet dan teknologi, bergabung dengan mailing list, atau yang akrab disebut milis merupakan suatu keharusan agar Anda tidak tertinggal informasi terbaru. Seiring perkembangan waktu dan teknologi, pengertian mailing list mulai bergeser. Ia tak lagi menjadi sara berkumpul orang dengan minat atau hobi yang sama, namun kini berubah menjadi salah alat terbaik dalam melakukan kegiatan pemasaran. Artikel ini aka scara khusus membahas apa itu mailing list dari sisi alat pemasaran.

Pengertian Mailing List Pada Masa Kini

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf pertama artikel ini, bahwa pada masa kini mailing list mengalami sedikit pergeseran makna. Terlebih sejak dimulainya tren pemasaran digital. Kini, mailing list mulai digunakan dan dianggap sebagai sebuah alat pemasaran yang sangat powerfull.

Mailing List

Jadi saat ini, mailing list diartikan mengumpulkan nama dan alamat, umumnya oleh perusahaan untuk mengirim materi iklan pada banyak penerima. Di internet, mailing list berarti alamat email seseorang. Apapun bentuk direct email yang Anda kirimkan, Anda membutuhkkan mailing list dari orang-orang dan mengirimkannya pada mereka.

Cara yang paling dasar untuk membangunnya adalah dengan mengetahui linformasi nama dan alamat dari siapapun yang membeli atau yang memiliki ketertarikan pada produk Anda. Jika Anda menjual via email, Anda bisa mendapatkan tentang informasi calon pelanggan. Jika tidak, Anda bisa memberikan form dan yakinkan mereka untuk mengisinya.

Mengapa Penting Membangun sebuah Mailing List?

Pertanyaan ini akan mengemukan ketika Anda belum tahu bagaimana hal ini memberikan kontribusi positif pada pemasaran sebuah brand. Orang yang berlangganan email merupakan asset yang sangat berharga. Umumnya, orang akan berlangganan emal karena tertarik dengan webste atau produk yang Anda jual. Mereka tanpa pikir panjang bersedia mengisi blangko email yang mucul di monitor. Jadi, inilah yang menyebabkan mengapa sangat penting membangun mailing list sebagai saluran komunikasi pemasaran:

Personal

Email membuat Anda untuk mengirim email langusng ke kotak masuk pelanggan. Sangat direct dan pribadi. Orang akan lebih nyaman membaca email karena privasi mereka terjaga. Setiap pesan juga tidak akan masuk ke timeline atau newsfeed. Mereka bisa langsung bertanya pada Anda secara langsung dalam ruang yang privat. Hal ini bisa membangun kepercayaan pelanggan pada Anda.

Email Sangat Jelas Tujuannya

Untuk mendapatkan update terbaru, user mengisi form untuk mendaftar mailing list dan mengkonfirmasi alamat email mereka. Beberapa orang melakukan ini karena tertarik dengan produk Anda, dan mereka juga sangat menantikan pesan dari Anda.

Email Lebih Tertarget

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, user tertarik pada produk ataupun konten Anda. Dan jika Anda telah mengetahui apa yang mereka sukai, Anda bisa mengirimkan konten pesan yang relevan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Ini disebut segmentasi, dan Anda bisa lebih lanjut dengan memetakan pelanggan.

Mailing List

Anda yang tentukan sendiri bagaimana mailing list ini bekerja

Kita tahu Facebook, Twitter, atau Google. Kampanye via social media maupun upaya dalam bentuk SEO bisa menjadi tak berguna karena perubahan kebijakan dari masing-masing platform tadi. Di sisi lain, dengan menggunakan email, Anda tak perlu khawatir akan terpengaruh dari kebijakan platform lainnya.

Email Marketing adalah investasi jangka panjang yang baik

Hampir semua pengguna internet setidaknya memiliki satu akun email yang aktif. Tercatat saat ini terdapat sekitar 3,8 milyar pengguna internet yang memiliki email. Dimana ini adalah separuh dari total populasi manusia di bumi. Inilah mengapa hampir semua bisnis memiliki daftar email.

Brand dengan nama besar telah belajar dari masa lalu, mengapa mereka menginvestasikan banyak uang untuk berkampanye emngajak orang agar mendaftar mailing list. Perusahaan-perusahaan ini mengerti, bahwa email marketing adalah investasi jangka panjang dengan konversi bagus karena orang akan menantikan setiap pesan menarik dari Anda.

Apa Yang Dibutuhkan Saat Mulai Membuat Mailing List?

Sekarang Anda tahu betapa pentingnya membuat mailing list, dan kenapa tidak membuatnya adalah sebuah kesalahan. Jadi, terdapat tiga hal yang Anda butuhkan untuk membuat milist. Antara lain sebagai berikut:

  • Website atau blog
  • Layanan pemasaran
  • Engagement

Ketiga hal diatas terhitung mudah untuk dilakukan dan semuanya tak memerlukan skil pemrograman maupun desain. Artikel ini berfokus pada dua hal terakhir. Jika Anda belum memiliki blog atau website, silakan ikuti langkah-langkahnya dalam artikel berikut.

Memilih Layanan Email Marketing Terbaik

Sangat banyak jasa layanan email marketing yang bisa Anda temukan diluar sana. Banyak pengguna pemula yang menggunakan jasa layanan email marketing gratis untuk menghemat biaya, selain itu juga mudah dimengerti.

Kelebihan menggunakan email marketing professional adalah:

  • Bisa mengirim email prbadi dalam jumlah besar kepada subscribers
  • Bisa melihat aktivitas subscribers untuk mendapatkan insight baru.
  • Dengan tool laporan, Anda bisa melihat demografi subscriber.
  • Bisa melihat seluruh alamat email subscriber.
  • Bisa mencoba strategi mana yang cocok untuk pelanggan Anda

Mailing List

Membangun Strategi Mailing List

Memiliki tool yang benar sangat penting, namun mengetahui bagaimana menggunakannya dengan baik akan memberikan hasil yang berbeda. Pada stategi email marketing hal terpenting yang harus Anda rencanakan adalah segmentasi.

Segmentasi Adalah…

Segmentasi artinya adalah proses pengelompokan subscriber Anda, jadi Anda bisa mempersonalisasikan email berdasarkan pada ketertarikan subscriber.

Ini bisa akan sangat membantu untuk meningkatkan kemungkinan email Anda dibuka dan meningkatkan konversi. Hal lain yang bisa meningkatkan konversi adalah selalu menghadirkan konten-konten baru pada pelanggan. Ini adalah teknik dimana Anda menawarkan konten tambahan di bagian akhir postingan paling populer di blog atau website Anda. Cara ini umumnya bisa meningkatkan konversi hingga 5 kali lipat dari pada postingan biasa. Terdapat banyak sekali cara untuk meningkatkan leads email, dan ini adalah sekian cara diantaranya.

Kesimpulan

Tak peduli apapun bentuk bisnis yang Anda jalankan, bagaimanapun website yang Anda miliki, atau apapun industry yang Anda geluti. Jika Anda memiliki website dan ingin meningkatkan pelanggan yang selalu kembali. Anda membutuhkan mailing list. Kami berharap artikel ini bisa menjabarkan pada Anda pentingnya mailing list untuk marketing.

Silakan kunjungi blog IDwebhost untuk mendapatkan informasi terbaru seputar website dan hosting dari penyedia hosting murah terbaik. Semoga bermanfaat.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis