Cara Gampang Mengatasi Masalah Lupa Password Wordpress
Blog Tips Keren Cara Gampang Mengatasi Masalah Lupa Password WordPress

Cara Gampang Mengatasi Masalah Lupa Password WordPress

Seperti yang kita semua tahu, WordPress merupakan CMS (Content Marketing System) yang paling populer saat ini. Tidak heran jika banyak pemilik bisnis yang mengandalkan CMS ini untuk mendukung kegiatan bisnis mereka. Namun yang berbahaya adalah jika anda memiliki banyak akun WordPress sehingga anda lupa password wordpress nya. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan membahas cara mudah dan simple untuk mengatasi masalah lupa password wordpress.

Namun sebelum menuju kesana kami ingin memaparkan beberapa alasan mengapa wordpress begitu digemari. Bahkan blog IDwebhost yang sedang anda baca ini pun menggunakan CMS WordPress di bagian blognya. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, melainkan karena harus diakui bahwa keunggulan WordPress beberapa ada yang tidak dimiliki oleh platform lainnya. Berikut kami akan memaparkan alasan mengapa Anda harus memilih WordPress.

Beberapa keunggulan WordPress yang membuatnya sebagai CMS paling populer

 

Lupa Password WordPress
idwebhost

1. WordPress itu Gratis!

Ya, salah satu alasan utama mengapa Anda harus menggunakan WordPress dibanding CMS lainnya adalah gratis tanpa harus mengeluarkan biaya lisensi. Hal ini tentu sangat cocok bagi Anda yang ingin membangun dan membuat website ataupun blog pribadi tentang hobi Anda tanpa memikirkan sisi bisnis dan biaya yang harus Anda keluarkan.

2. Sangat Mudah Digunakan

Keunggulan WordPress selanjutnya adalah sangat mudah digunakan. Ya, pengguna baru yang masih awam dijamin tidak akan kesulitan dengan berbagai fitur yang sangat memudahkan. Jadi, jika Anda adalah seseorang yang baru ingin memulai membuat blog, WordPress adalah CMS pilihan paling tepat untuk Anda. Selain itu proses instalasi WordPress juga sangat simple, dan setelah instalasi bisa langsung digunakan.

3. Fleksibel

Ya, fleksibel adalah alasan lainnya mengapa Anda harus memilih menggunakan WordPress. Seperti yang sudah dibahas di atas, CMS satu ini sangat cocok untuk membangun berbagai jenis website mulai dari website pribadi, hobi, toko online, bisnis hingga website perusahaan. Keren sekali bukan?

4. Mudah membuat SEO

WordPress memiliki plugin SEO yang tersedia secara gratis. Hal ini tentu saja semakin membuat para pengguna ketagihan menggunakan CMS WordPress untuk membangun website mereka. SEO (Search Engine Optimization) sangat berperan penting untuk membuat suatu website memperoleh banyak pengunjung dengan mengandalkan search engine di browser seperti Google, Yahoo, dan semacamnya. Kurang mengerti tentang SEO? Mungkin anda bisa mempelajari lebih lanjut apa itu SEO. Ini juga merupakan salah satu alasan mengapa kami sangat menyukai dan menyarankan untuk membangun website di WordPress.

5. Cenderung Aman

Sejak WordPress dinobatkan sebagai CMS paling populer, semakin banyak serangan dilakukan oleh hacker. Namun tenang saja karena WordPress sangat serius menanggapi hal ini, WordPress selalu memberikan update kepada para penggunanya, sehingga resiko terkena seranga menjadi berkurang. Walaupun masih ada yang terkena serangan, biasanya itu dikarenakan kesalahan pengguna itu sendiri yang menggunakan theme atau plugin yang di download dari sumber yang tidak terpercaya.

Namun yang berbahaya adalah jika anda memiliki banyak akun WordPress sehingga anda lupa password wordpress nya.

Namun tenang Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat dengan mudah melakukan reset password WordPress ketika berada dalam dashboard admin. Akan tetapi, bagaimana jika Anda sudah logout namun lupa password WordPress? Tenang Anda bisa melakukan reset password melalui phpMyAdmin. Sebelum masuk ke tutorial ini pastikan anda mempunyai akses ke phpMyAdmin. Berikut cara mudah mengatasi lupa password wordpress.

 

Lupa Password WordPress
Idwebhost

6. Plugin dan Theme sangat mudah dimodifikasi

Alasan anda harus menggunakan WordPress selanjutnya adalah karena sangat mudah disesuaikan dengan keinginan penggunanya, terdapat ribuan  theme dan plugin yang bisa digunakan secara gratis ataupun berbayar, hanya dengan beberapa klik saja tampilan website bisa langsung berubah sesuai keinginan anda. Selain menggunakan theme & plugin yang sudah disediakan, anda juga bisa membuat plugin dan theme sendiri, sehingga dapat dengan mudah mengubah apapun sesuai keinginan kita.

7. Sangat Mudah Digunakan

Ini dia salah satu kelebihan yang membuat WordPress sangat digemari di dunia. Ya, WordPress sangat user friendly sehingga seperti yang telah disebutkan di atas, pengguna awam dijamin akan bisa dan langsung ketagihan untuk menjadikan WordPress sebagai alat membangun websitenya, karena menggunakan WordPress hanya membutuhkan waktu sebentar untuk mempelajarinya. Anda bahkan tidak akan merasa kerepotan melakukan instal apabila menggunakan WordPress dengan web hosting sendiri.

Cara Gampang Mengatasi Masalah Lupa Password WordPress  yang bisa anda terapkan

Langkah 1 : Masuk ke phpMyAdmin

Langkah pertama untuk mengatasi masalah lupa password wordpress adalah anda harus masuk ke phpMyAdmin.  Pertama-tama, silakan login ke kontrol panel hosting Anda dan akses phpMyAdmin. Di sini Anda akan menemukan pilihan database pada menu sebelah kiri.

Langkah 2 : Pilih Database WordPress

Lalu, pilih database WordPress Anda. Apabila Anda tidak mengetahui dengan pasti database mana yang digunakan oleh website WordPress Anda, tenang karena anda bisa mengeceknya lewat file wp-config.php. File tersebut berada pada direktori utama dari website Anda, biasanya ada di dalam public_html.

Langkah 3 : Pilih tabel yang dibutuhkan

Ketika database sudah anda pilih, semua tabel akan tampil di baris kolom (jika tidak tampil anda bisa klik tab Structure). Kemudian Anda akan melihat tabel wp_users pada baris kolom tersebut. Biasanya untuk tabel prefix berbeda, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini yaitu wpoj_. Untuk prefix bisa ditentukan ketika anda melakukan instalasi WordPress. Dan, untuk nama terakhir tabel adalah _users. Silakan klik tabel tersebut atau pilih Browse.

Langkah 4 : Pilih Username Database

Di langkah ini semua username untuk dashboard admin WordPress Anda akan terlihat. Lalu coba klik Edit pada username yang ingin direset passwordnya.

Langkah 5 : Reset password Admin Area

Langkah mudah mengatasi masalah lupa password WordPress yang terkahir adalah me reset password admin area. Ya, terdapat angka dan huruf pada baris user_pass dalam kolom Value. Setelah itu, pada kolom Function ada menu drop down.

Di menu drop down, silakan hapus karakter dan angka yang ada pada kolom Value lalu masukkan password baru Anda. Setelah itu di kolom function coba pilih MD5, lalu klik tombol Go untuk menyimpan perubahan yang telah anda buat beberapa saat yang lalu.

 

Lupa Password WordPress
idwebhost

 

Nah itu dia 5 langkah mudah bagi anda untuk mengatasi masalah lupa password wordpress. Setelah menyelesaikan langkah-langkah diatas dengan benar, password dashboard admin di WordPress Anda seharusnya sudah berhasil diubah. Untuk memastikan, Anda bisa melakukan pengecekan dengan cara login. Jika masih gagal dan belum bisa, Anda bisa mengulangi langkah tutorial ini mulai dari awal.

Anda juga bisa melakukan langkah preventif dengan memasukkan email aktif Anda ketika melakukan instalasi WordPress untuk pertama kali. Tujuannya agar Anda bisa melakukan reset password dengan lebih mudah lewat alamat email.

Willy Budianto

Willy Budianto seorang tech enthusiasm. Dia merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.