Lezatnya Kritik dalam Bisnis

6 Jul 2010

Bangsa timur sering mudah sakit hati dengan kritik dan saran, tapi jika ingin sukses berbisnis online, kritik harus dijadikan menu paling lezat tiap sarapan, yummy!!

Dengan kritik, bisa diketahui siapakah diri kita dimata customer, lubang-lubang kekurangan bisa dijadikan andalan dimasa depan.

Apa yang harus dilakukan ?

  • Buka saluran kritik selebar mungkin
    Sediakan saluran kritik semudah dan sebanyak mungkin, sms, phone, email, chat, facebook dll.
  • Pancing kritik
    Pancing semua customer maupun customer untuk memberikan kritik. Ingat, kita sangat membutuhkan kelezatan kritikan tersebut. Berbagai kreasi untuk memancing kritik bisa diciptakan, misalnya setiap satu kritik mendapat hadiah boneka bola, setiap satu kritik mendapatkan bonus 10%, dan sebagainya.
  • Emergency Level
    Pastikan setiap kritik dianggap sebagai gawat darurat, dan harus segera diselesaikan, at all cost! Jangan tunggu sampai besok untuk memfollow-up setiap kritik.
  • Jawaban jelas, tanpa basa-basi
    Berikan jawaban yang jelas, dan jika memang menjanjikan perubahan, benar-benar lakukan perubahan.
  • Top Level
    Berikan kepastian bahwa kritik yang disampaikan, langsung akan sampai ke level manajemen, dan langsung mendapatkan keputusan “level tinggi”.

Jika kritik sudah terasa lezat dilidah kita, perbaikan bisnis akan menjadi otomatis.

Selamat menyantap!

Artikel di atas diambil dari blog Ogi S, salah satu founder IDwebhost. Untuk membaca artikel selengkapnya, silahkan kunjungi langsung http://o.gi.web.id/archives/164/lezatnya-kritik-dalam-bisnis/

Penulis
Member since 2 Jul 2013