Lebih Baik Plesk atau Cpanel Hosting ?

Lebih Baik Plesk atau Cpanel Hosting ? campaign-unlimited

Lebih Baik Plesk atau cpPanel Hosting? Sebuah panel kontrol atau control panel server untuk web hosting adalah sebuah antarmuka yang memungkinkan konsumen untuk mengelola layanan host mereka di satu tempat. Control panel seperti yang tersedia untuk server dengan sistem operasi (OS) windows dan linux. Kontrol panel berbasis web pada umumnya memiliki grafis antarmuka dan alat  yang didesain untuk membuat proses hosting suatu situs web lebih mudah untuk dikelola.

Umumnya fungsi kontrol panel yang tersedia meliputi seperti :

  • Server log.
  • Laporan sumber daya pada ketersediaan ruang (space) yang tersedia, dan ruang yang dipakai serta bandwith.
  • Konfigurasi akun email pengguna atau user.
  • Mempertahankan akun pengguna.
  • Fungsi manajemen database untuk akses user dan manipulasi data.
  • Software atau perangkat lunak analisis web log untuk informasi pengunjung, termasuk kunjungan halaman.
  • Manajemen file.

Baca Juga : Mengatasi IP Has Change Saat Login di cPanel

Plesk dan cPanel sebagai Solusi Control Panel

cpanel vs plesk

cPanel merupakan web hosting control panel berbasis OS linux dengan antarmuka grafis dan alat otomatisasi yang mudah dipakai yang dirancang untuk membuat web hosting sederhana untuk dikelola. cPanel dirancang dengan struktur tiga lapis. Fungsinya juga disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan administrator, reseller dan manajes web user, dengan administrasi server serta manajemen web dikendalikan dari web browser.

cPanel saat ini menjadi solusi kontrol panel yang stabil dan paling populer. Plesk menawarkan penyedia layanan hosting memiliki kemampuan untuk mengkonfigurasi dan memelihara server linux atau windows. Manajemen service provider mempunyai kontrol sederhana untuk membuat paket berlangganan bagi reseller, konsumen dan individu. Dengan disertai dukungan pada tools wordpress dengan memanfaatkan Plesk Onyx peningkatan fitur keamanan di server yang berguna untuk shared hosting. Dukungan unlimited pada akun dan domain.

Apa Fitur Panel Plesk dan cPanel? dan Apa Perbedaannya ?

Berikut ini merupakan beberapa perbedaan yang menjadi ukuran perbandingan kontrol panel plesk dan cPanel :

  • Akses Command Line, Plesk dan cPanel tentu menawarkan akses command line. cPanel mempunyai akses berdasarkan API dan kedua akses baris perintah yang memungkinkan interaksi dengan software pihak ketiga. Plesk menawarkan alat akses command line yang disebut dengan Panel Action Log Command Line Access Tool.
  • Administrasi, Pengembang (developer) web hosting dapat mengotomatisasi proses administrasi pada sistem. cPanel dirancang untuk berfungsi baik sebagai dedicated server atau server virtual private (VPS). Versi cPanel terbaru mendukung instalasi pada CloudLinux, Red Hat Enterprise Linux dan CentOs. Dukungan berbasis aplikasi seperti Apache, MySQl, dan PHP. Dukungan berbasis email seperti POP3, IMAP, dan SMTP layanan.
  • Menghapus Panel, menghapus cPanel tidaklah memungkinkan. Hal ini karena membutuhkan untuk memformat server dan menginstal ulang sistem operasi (OS). Skrip Uninstal yang ada untuk Plesk tetapi itu tidak kami anjurkan.
  • Kemudahan Penggunaan, ditingkan antarmuka user, fungsi cPanel menjadi kategori-kategori tingkat tinggi yang meliputi preferensi, mail, file, keamanan, log, domain, database dan layanan perangkat lunak (software). Di sisi lain, Plesk dibagi fungsinya yang mencakup statistik dan penggunaan sumber daya, user, mail, aplikasi, website dan domain.

Multi-Server Clustering

plesk atau cpanel

Plesk tidak mendukung sistem multi-server clustering. Kamu perlu add-on atau menambahkan yang disebut dengan layanan otomatisasi plesk untuk melakukan tugas itu. cPanel & WHM 11,4 mempunyai fungsi baru supaya lebih mudah dalam mengelola beberapa server. User root akan bisa menggunakan tombol akses remote. Beberapa pengaturan konfigurasi server pun dapat dibagi.

Kecepatan loading, Plesk dapat mengakibatkan pembebanan terjadi lebih berat dari cPanel. Hal ini tentu akan menjadi sangat berat dan lambat pada server linux.

Mengakses database dari plesk dengan webadmin, kamu dapat memanajemen MySQL atau Microsoft SQL server database melalui web browser. Dari cPanel, kamu dapat juga mengakses phpmyadmin, yang memungkinkanmu untuk memanajemen database MySQL. Dalam hal proses basis data, jika memerlukan akses MySQL dari cPanel, kamu harus menggunakan Plesk.

Dukungan Sistem Operasi (OS) untuk cPanel dan Plesk

Kompartibilitas antara windows server – plesk akan kompatibel dengan windows. Integrasi antara plesk dan windows menjadi kuat, maka integrasi penuh dengan Microsoft SQL server tersedia. cPanel hanya kompatibel dengan sistem operasi linux, redhat, dan centOS.

Keuntungan dan Kerugian

  • Plesk mempunyai permintaan dukungan yang lebih detail daripada cPanel, hal ini memungkinkan manajemen dari kedua SQL yaitu MySQL dan Microsoft SQL server dari web browser sangat terintegrasi dengan windows dan intuitif sehingga mudah digunakan.
  • cPanel lebih cepat dari plesk dan fungsi kemudahan yang baik dalam hal aksebilitas. Untuk pengguna sistem operasi linux, cPanel mungkin yang terbaik.

Penanganan Permintaan Dukungan

Antarmuka cPanel menyediakan akses ke layanan dukungan (support) dari web hostingmu melalui email. Ketersediaan fungsi tersebut tergantung pada istilah web hostingmu. Periksalah web hostmu untuk menemukan bagaimana cara permintaan dukungan dapat ditangani. Untuk mengirimkan permintaan dukungan melalui dashboard cPanel, yaitu isi kolom nama, alamat email dan masalahmu.

Plesk mempunyai dukungan formulir permintaan yang cukup detail untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang produk, versi produk, versi OS, dan lingkungan kerja serta masalahnya.

Baca Juga : Cara Memberi Password di cPanel

Kesimpulan

control panel atau kontrol panel

cPanel dan Plesk merupakan panel server yang terbaik. Sementara masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya, pilihan terbaik harus berdasarkan pada fitur yang paling sesuai dengan kebutuhan sistem dan klien. Pertimbangkan pada sistem operasinya, konfigurasi server, kebutuhan keamanan dan akses kontrol.

Kesesuaian sistem operasi, Plesk lebih cocok dengan OS windows sementara cPanel lebih baik untuk OS linux. Plesk tidak terintegrasi dengan banyak aplikasi bawaan yang dirancang untuk linux.
Kemudahan pemakaiannya, Plesk yang lebih mudah dipakai daripada cPanel.

Akhiran

Itulah penjelasan singkat dari kami mengenai ‘Lebih Baik Plesk atau cPanel Hosting ?’IDwebhost akan selalu secara berkala untuk membagikan artikel seputar teknologi dan perkembangan bisnis untuk membantu perkembangan bisnismu.

IDwebhost menyediakan berbagai jasa atau layanan seperti hosting terbaik dan domain, pembuatan website atau website gratis, pembuatan toko online, jasa pemasaran online, layanan SSL, VPS, reseller domain, hosting indonesia, afiliasi dan lain sebagainya yang kamu dapat melihatnya di Webhosting. Jika kamu tertari bikin website, tiada lain hanya di IDwebhost. Banyak promonya, loh!

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019