DESK.ID Menghadirkan Layanan WhatsApp Untuk Pelanggan
Blog Tips Keren DESK.ID Menghadirkan Layanan WhatsApp Untuk Pelanggan

DESK.ID Menghadirkan Layanan WhatsApp Untuk Pelanggan

Sahabat IDwebhost, perangkat seluler telah berhasil mengubah kebiasaan sehari-hari dalam hidup manusia. Dalam sebuah penelitian, generasi milenial menghabiskan waktu rata-tara 5,7 jam dalam sehari.Sedangkan Generasi Z menghabiskan waktu 7 jam dalam sehari di depan layan gawai mereka Perangkat seluler telah digunakan untuk banyak hal saat ini. Misalnya untuk konsumsi media, komunikasi, dan sekaligus hiburan. Dengan pesatnya pengguna perangkat mobile, menjadi masuk akal jika customer support telah mengadopsi banyak saluran yang tersedia. Hal ini tak lepas dari keinginan untuk memenuhi harapan pelanggan yang sangat variatif setiap waktu. Perpesanan, obrolan langsung, dan juga teks telah menjadi saluran pilihan pelanggan untuk terhubung dengan brand pilihan mereka. Untuk itu, kami memperkenalkan DESK.ID yang menghadirkan layanan WhatsApp untuk pelanggan.

WhatsApp

layanan whatsapp

Setidaknya terdapat dua metode hubungan antara pelanggan dengan brand. Yaitu ticketing support livechat support. Tak sedikit pelanggan yang memilih untuk berkomunikasi lewat WhatsApp. Mengapa demikian? Karena pelanggan merasa dapat mengkomunikasikan masalah mereka dengan jelas tanpa mengkhawatirkan kulaitas suara, dan riwayat percakapan yang dapat dilihat kembali.

WhatsApp sendiri adalah salah satu cara tercepat untuk menerima support dan juga memungkinkan pelanggan memilih opsi untuk melakukan pekerjaan lainnya, pada waktu yang sama. Apalagi, WhatsApp saat ini sudah menjelma menjadi alat chat paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Ticketing System

Sistem tiket telah digunakan dalam dunia customer service sejak decade 1990-an, dan istilah tersebut tetap digunakan secara luas. Tetapi, sejak saat itu juga, dunia customer service juga semakin berkembang. Setelah era telepon, metode ini semakin terintegrasi dengan saluran yang banyak digunakan oleh banyak orang dalam kehidupan sehari-hari: Media sosial, email, dan instant messaging.

Apa Itu Sistem Tiket?

Istilah “support ticket” pertama kali muncul pada tahun 1990-an, di industry IT. Tiket pertama kali digunakan untuk memperbaiki masalah yang terkait dengna produk seperti kmputer, peralatan elektronik, dan perangkat lunak.

Tujuan dari digunakannya sistem ini adalah untuk memusatkan permintaan melewati proses permintaan yang telah ditentukan menuju penyelesaian. Berkat sistem penugasan yang satu ini, tiket dapat menentukan siapa yang harus melakukan sesuatu dan menjawab di setiap langkah proses.

Salah satu cara paling umum untuk memulai tiket adalah dengan email, formulir kontak, dan obrolan langsung. Setelah percakapan dimulai, pelanggan biasanya akan menerima tanggapan otomatis dengan nomor tiket dan elemen tertentu.

Tanggung Jawab Seorang Customer Support

layanan whatsapp

Komunikasi, bagi seorang customer support adalah kunci. Baik mereka yang bertanggungjawab terhadap livechat ataupun ticketing. Dalam dunia customer support, orang yang berhubungan langsung dengan pelanggan disebut dengan agen. Seorang agen harus memiliki keterampilan komunikasi yang berbeda dari orang kebanyakana, untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara efektif.

Berikut ini adalah kemampuan yang harus dimiliki seorang agen customer support:

1. Memiliki Komunikasi Tertulis yang Bagus

Mampu berkomunikasi secara efektif dalam media tulis adalah salah satu persyaratan utama yang harus dikuasai oleh agen customer support. Agen harus bisa berkomunikasi secara jelas dengan ringkas, sembari menanggapi jawaban yang tepat pada waktu yang sangat terbatas.

Seorang agen harus bisa menanggapai pertanyaan pelanggan dengan cepat, to the point dan simpel. Dengan hal ini, maka kepuasan pelanggan akan meningkat. Berkomunikasi dengan agen yang tidak efektif hanya akan membuat pelanggan frustrasi.

2. Proaktif

Keterampilan kedua yang harus dimiliki oleh seorang agen adalah proaktif. Seorang agen harus bisa mengarahkan percakapan untuk memastikan masalah diselesaikan dengan cepat.

3. Kemampuan Multitasking

Seoranga agen customer support harus mampu menangani lebih dari satu obrolan dalam satu waktu. Untuk setiap obrolan, agen perlu menjawab pertanyaan dari pelanggan, memecahkan masalah, memberikan bantuan teknis, dan sejumlah tugas lainnya.

Dan agar tidak direpotkan dengan multitasking yang kadang memusingkan, Desk.ID adalah solusi untuk meringankan beban kerja tim Anda. Pembahasan tentan Desk.ID berada di bagian selanjutnya artikel ini.

4. Memberikan Informasi Ringkas

Sebagai seorang agen customer support ada satu hal yang harus Anda ingat. Yaitu berikanlah informasi yang ringkas. Karena pada umumnya pelanggan tidak menyukai penjelasan yang bertele-tele. Penjelasan yang bertele-tele dan tidak langsung pada intinya tidak akan memberikan solusi apapun pada pelanggan.

Baca Juga : Tips Jitu Mendapatkan Review Positif Dari Pelanggan

Cara Meningkatkan Pelayanan Pelanggan Dengan Desk.ID

Pada dasarnya, hubungan antara pelanggan dengan brand adalah saling terikat. Tidak bisa dominan salah satu diantaranya. Brand tidak akan bisa besar tanpa pelanggan. Sedangkan bagi pelanggan, brand adalah solusi masalah yang mereka hadapi. Dalam upaya cara meningkatkan pelayanan pelanggan, Anda bisa menggunakan banyak tool customer relations yang banyak bertebaran di luar sana. Salah satunya adalah Desk.ID.

Apa Itu Desk.ID?

layanan whatsapp

Desk.ID merupakan sebuah platform sederhana yang dapat membantu bisnis Anda lebih berkembang, dengan cara meningkatkan pelayanan pelanggan. Dengan Desk.ID, Anda bisa berkomunikasi dengan pelanggan dari satu pintu. Mulai dari ticketing support, livechat, email, dan WhatsApp.

Fitur-Fitur Desk.ID

Sebagai sebuah tools sederhana untuk membantu meningkatkan kepuasan pelanggan, nyatanya fitur yang dimiliki Desk.ID cukup komplit. Apa saja?

Agent

Ini adalah fitur standar yang ada di tools customer support. Yang dimaksud dengan agent adalah setiap anggota tim yang memiliki akses login ke akun Desk.ID mereka sendiri. Dengan  tool customer support ini, perusahaan Anda bisa menggunakan hingga 100 agent. Sangat banyak, bukan?

Anda pun bisa dengan mudah menambah atau menghapus agent dari akun Desk.ID. Dan tentu saja untuk urusan yang satu ini, sesuai dengan kapasitas maksimal paket yang Anda pilih.

Mailboxes

Fitur unggulan lain yang dimiliki oleh Desk.ID adalah mailboxes. Mailboxes adalah alamat email yang Anda daftarkan dan kelola di akun Desk.ID. Dengan menggunakan Desk.ID, Anda bahkan bisa mendapatkan hingga unlimited mailboxes, bergantung pada paket apa yang Anda pilih, tentu saja.

Livechat

Bisa dibilang, livechat menjadi fitur andalan dari Desk.id. Livechat yang terintegrasi dengan WhatsApp adalah fitur yang disukai pelanggan. Semua pertanyaan pelanggan bisa dengan mudah dirangkum, dan inilah mengapa chat menjadi sangat digemari. Karena dianggap sangat efektif dan cepat dalam merespon pelanggan.

Pelanggan bisa menghubungi tim Anda kapan saja, dan yang Anda harus dilakukan adalah menyiapkan agent yang siap bekerja shift selama 24 jam. Dengan livechat dan layanan WhatsApp dari Desk.ID, agent dapat lebih mudah dan efektif dalam menawarkan bantuan kepada pelanggan, untuk setiap produk yang dipilih.

Dengan komunikasi proaktif dari agent kepada pelangggn, dapat meningkatkan konversi penjualan.

Menilai Kinerja Agent Dengan Mudah Menggunakan Statistik

Desk.id memiliki fitur statistik chat agar Anda bisa mengetahui intensitas agen dalam melayani pelanggan. History chat juga dapat digunakan untuk menilai kinerja agen, melihat kepuasan pelanggan, hingga mengidentifikasi masalah agar cepat teratasi.

Kesimpulan

Bagi sebuah bisnis, senantiasa meningkatkan kepuasan pelanggan adalah sebuah keharusan. Dan salah satu cara meningkatkan pelayanan pelanggan adalah menggunakan tools yang dapat memudahkan bisnis Anda menghandle pelanggan. Desk.id adalah solusinya.

Go digital sekarang juga dengan berlangganan hosting murah terbaik IDwebhost. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis