Laravel Terbaru, Fitur dan Kelebihannya
Blog Tips Keren Laravel Terbaru, Fitur dan Kelebihannya

Laravel Terbaru, Fitur dan Kelebihannya

Laravel terbaru merupakan sebuah framework PHP yang dapat membantu Anda. Beberapa website yang sudah dikembangkan saat ini memang memakai bahasa pemrograman yang familiar, yaitu PHP. Sebenarnya, PHP sudah ada dari tahun 1995 yang berfungsi sebagai tools yang digunakan untuk mengelola beberapa form data yang terdapat pada website. Saat ini, bahasa pemrograman PHP sudah banyak digunakan untuk beberapa kebutuhan yang bisa digunakan dalam pembuatan website yang dinamis dan dipakai untuk keperluan lainnya.

Semakin berkembangnya teknologi dari tahun ke tahun, teknologi juga mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai macam framework PHP yang dapat memberikan kemudahan kepada developer dalam membangun website. Contohnya, ada beberapa macam framework yang sudah banyak digunakan developer contohnya Yii, Codeigniter, CakePHP, Symfony, Bootstrap, Seagull, dan yang terakhir Laravel terbaru.

Pengertian Laravel Terbaru

laravel terbaru

Laravel adalah salah satu dari framework PHP yang sudah dirancang yang bisa digunakan untuk membangun sebuah website. Dimulai dari proyek yang berskala kecil hingga berskala besar. Laravel ini juga sangat mudah dipahami karena sudah mengikuti dari pola MVC atau Model View Controller. Laravel terbaru ini ternyata menjadi salah satu pilihan terbaik yang bisa diandalkan, alasannya karena mempunyai kinerja, fitur dan juga skalabilitas yang baik.

Sebenarnya, PHP merupakan bahasa pemrograman laravel yang paling dinamis diantara yang lain. Apalagi sekarang, sudah dirilis PHP dengan versi terbaru. Saat ini juga laravel terbaru tidak ketinggalan dengan mengupdate dan juga memunculkan teknologi yang paling terbaru. Laravel terbaru ini juga ternyata lebih memfokuskan pada bagian end-user. Yang nantinya digunakan untuk memastikan dalam pembuatan website yang dapat dilakukan secara sederhana dari mulai penulisan script hingga dapat menghasilkan sebuah website. Hal tersebut tidak bisa Anda temui ketika menggunakan native PHP, maka pilihan menggunakan framework PHP adalah sebuah pilihan yang tepat.

Fitur Laravel Terbaru

Berikut ini merupakan fitur yang nantinya dapat membantu Anda dalam memudahkan pemrograman website ketika menggunakan framework laravel terbaru.

  1. Fitur Laravel Terbaru, RESTful Routing

Merupakan sebuah cara yang baru yang dapat digunakan dalam mengelola sebuah request contohnya GET, POST, PUT, PATCH, DELETE, STORE, dan lain sebagainya. Dan biasanya dalam membuat sebuah controller sudah berisi sebuah method, contohnya “UserController dengan method showUser” sehingga dapat mengakses www.web-yang-dibuat.com/user tetapi ketika mengakses menggunakan laravel harus diganti dengan menggunakan kode berikut pada file “routes.php” “Route::get(‘/user’, array(‘uses’ => ‘showUser@UserController’));”

Makna dari request dengan menggunakan method “GET” dan pada url user nantinya akan diarahkan ke UserController method showUser. Keuntungan menggunakan fitur ini nantinya Anda dapat menggunakan fitur dalam website sehingga dapat memudahkan Anda dalam proses membangun dan juga memperbaiki apalagi terjadi kesalahan.

  1. Composer Powered

Fitur composer merupakan sebuah dependency management PHP yang dapat membantu Anda dalam mencari sebuah library yang dapat dipakai dan melakukan instalasi. Nantinya semua library dari sebuah composer yang terdapat di host packagist.org kemudian laravel akan melakukan instalasi menggunakan Composer.

laravel terbaru

Dengan adanya composer pada laravel nantinya Anda hanya perlu membuat sebuah file dengan nama composer.json yang berisikan library apa yang Anda perlukan. Misalnya Anda membutuhkan sebuah library Carbon yang digunakan untuk memanipulasi tanggal. Cukup ketikan saja:

{“require”: {

“brinanesbit/carbon”: “~1.6”

}

}

Setelah itu anda harus mengetikan

curl -s http://getcomposer.org/installer | php

php composer.phar install

 

yang terakhir adalah include vendor/autoload yang terdapat pada awal dari sebuah file index.php cukup dengan mengetikkan require vendor/autoupload.php; setelah itu library carbon dapat Anda gunakan.

  1. Command Line Tools

Laravel terbaru memang sudah dibekali dengan adanya command line tools yang bernama “Artisan”. Yang nantinya harus diketik pada CMD. Berikut ini merupakan fungsi dari Artisan:

  • Database migration
  • Serve application, tidak harus menaruh pada htdocs
  • Rubah status pada aplikasi yang diubah menjadi down dan up
  • Database seeding yang dapat memasukkan data awal pada database Anda.
  • Tail yang digunakan untuk melihat log server realtime
  1. Test Driven Development Ready

laravel terbaru

Merupakan salah satu cara yang baru dalam pengembangan software. Ini artinya Anda harus menulis sebuah test code sebelum akhirnya menuliskan kode yang sebenarnya. Laravel terbaru menggunakan PHPUnit yang digunakan sebagai test framework.

  1. Beautiful Templating Engine

Sebuah templating engine merupakan sebuah program yang digunakan untuk memparse syntax template ke dalam HTML. Larvael terbaru mempunyai sebuah templating engine yang powerful yang dikenal dengan nama blade. Memutuskan untuk memilih memakai PHP yang murni atau yang biasa dikenal Templating Engine lebih mudah karena cukup dengan penamaan file yang diubah menjadi “Blade”. Contohnya “namafile.blade.php”. Dengan menggunakan templating engine juga akan membuat sebuah pengkodean menjadi lebih mudah dan juga simple. Contohnya:

if (isset($nama)) {

Nama anda

}

dan dengan blade

@if (isset($nama))

Nama anda {{ $nama }}

@endif

Kode diatas terlihat lebih simple dan lebih rapi jika dibandingkan dengan kode PHP biasa.

  1. Elegan Code

Sebenarnya, pada laravel terbaru sudah terdapat fitur yang didesign pattern façade. Ini berarti Anda tidak perlu menggunakan API yang berasal dari library yang rumit. Sehingga Anda hanya perlu mengakses dengan cara mudah tanpa perlu meload sebuah class kemudian menginstanisasi sebuah class tersebut.

Contohnya adalah:

Session::set(‘nama’, ‘Tedja’);

Route::get(‘/user’, ‘uses’ => ‘index@UserController’);

Form::text(‘nama’);

Kode diatas terlihat sangat mudah dan juga simple, tentu bisa Anda coba.

  1. Eloquent ORM

Pada sebuah laravel terbaru ORM atau Object Relational Model juga mempunyai beberapa keunggulan jika dbandingkan ORM lain. Dengan adanya ORM yang terdapat pada laravel nantinya Anda dapat memprogram sebuah web dengan menggunakan kode yang sangat mudah, singkat, praktis dan juga simple. Sebenarnya, masih terdapat fitur yang lain contohnya:

  • Queque
  • SSH
  • Authentication
  • Pagination</li• >
  • Session
  • Redis Support
  • Schema Builder
  • Mail
  • Validator
  • Session

laravel terbaru

Beberapa daftar diatas merupakan fitur yang terdapat dalam laravel terbaru. Laravel sebenarnya mempunyai kelebihan dengan penyediaan template yang tergolong ringan. Sehingga Anda akan dapat membuat sebuah website yang jelas powefull. Pada template yang sudah disediakan, Anda juga dapat menambhakan beberapa isi lain seperti CSS, image, dan juga teks yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Keunggulan lain yang dimiliki adalah mempunyai pilihan library object oriented dengan jumlah yang banyak. Hal tersebutlah yang tidak dimiliki oleh framework yang lain. Sehingga untuk kebutuhan dalam membangun sebuah website yang kompleks, penggunaan laravel akan terasa berguna.

Adanya model View Controller juga sangat bermanfaat dalam membantu memisahkan antara logika dan juga penampilan. Sehingga file dokumentasi nantinya akan tersusun menjadi lebih rapi. Dengan menggunakan sebuah fitur unit testing juga akan sangat memungkinkan jika akan dilakukan sebuah pengetesan dalam jumlah yang banyak. Tujuannya tentu saja adalah untuk memastikan sebuah perubahan yang nantinya dilakukan oleh seorang developer agar tidak merusak sebuah fungsi yang terdapat pada sebuah aplikasi.

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.