Mengapa Harus Bergabung Grup Laravel Indonesia di Facebook
Blog Redaksi Mengapa Harus Bergabung Grup Laravel Indonesia di Facebook

Mengapa Harus Bergabung Grup Laravel Indonesia di Facebook

Mengapa Laravel adalah salah satu framework terbaik dan terpopuler?

Memilih framework PHP untuk mengembangkan aplikasi website milik Anda bisa jadi bukanlah keputusan yang mudah untuk dibuat. Karena banyak sekali pilihan lain yang tersedia diluar sana. Sudah sejak lama, IDwebhost menggunakan framework Laravel dalam setiap pengembangan website.

Tentu bukan tanpa alas an kenapa IDwebhost menggunakan framework Laravel. Pada artikel sebelumnya, kami telah membahas 6 framework PHP terbaik untuk developer website. Sedangkan pada artikel ini, kita akan membahas mengapa Laravel menjadi framework PHP yang paling populer.

Dan dari kepopuleran framework Laravel membuat banyak orang berbondong-bondong bergabung ke komunitas yang ada di social media. Salah satunya adalah group Facebook Laravel Indonesia. Namun sebelum itu, mari kita membahas rahasia mengapa framework Laravel begitu populer. Berikut adalah rahasianya:

  1. Teknis otentifikasi

Laravel IndonesiaFramework Laravel membuat implementasi dari teknis otentifikasi menjadi sangat mudah. Hamper semuanya telah terkonfigurasi dengan sempurna. Laravel menyediakan cara yang sangat sederhana untuk mengatur logika otorisasi dan mengontrol akses ke berbagai sumber.

  1. Berorientasi objek

Laravel adalah framework PHP terbaik berkat kehadiran object oriented libraries yang sudah terinstal sebelumnya ,dan tidak akan ditemukan di framework PHP lainnya. Salah satu library pre instal adalah authentification library. Banyak fitur canggih yang ada di dalamnya, seperti memeriksa pengguna aktif, hashing Bcrypt, reset kata sandi, reset password, perlindungna CSRF (Cross Site Request Forgery), dan enkripsi.

  1. Artisan

Framework Laravel menwawarkan tool membangun website yang bernama Artisan. Tool ini memungkinkan developer untuk melakukan sebagian besar tugas pemrograman yang berulang dan menjemukan, yang umumnya dihindari oleh para pengembang tersebut.

  1. MVC Support

Alasan lain mengapa framework Laravel begitu populer adalah dukungan terhadap arsitektur MVC, seperti Symfony, yang memastikan kejelasan antara logika dan presentasi. MVC akan membantu meningkatkan performa, pendokumentasian yang lebih baik, dan memiliki multiple built in fungsionalitas. Inilah cara kerja MVC pada Laravel.

  1. Keamanan

Laravel Indonesia

Keamanan merupakan bagian integral dari framework Laravel. Cara kerjanya menggunakan kata sandi hash, yang berarti kata sandi tidak akan disimpan sebagai teks biasa dalam database. Laravel menggunakan SQL statement yang disiapkan untuk mengantisipasi serangan injeksi SQL yang sangat berbahaya.

  1. Migrasi Database

Melalukan migrasi database menggunakan Laravel sangat mudah. Selama Anda menyimpan semua pekerjaan database dalam migrasi, Anda dapat dengan mudah melakukan migrasi pada perangkat development lain sesuai dengan keinginan Anda.

  1. Adanya Laracast

Sebagai seorang pengembang, sudah seharusnya untuk tidak pernah berhenti belajar. Laravel menawarkan fitur Laracast yang merupakan campuran dari tutorial video gratis dan berbayar, yang menunjukkan pada Anda cara menggunakan Laravel untuk tujuan pengembangan. Yang bertindak sebagai instrukturnya adalah Jeffrey Way, seorang web master kelas dunia.

Jika di Laracast mungkin Anda akan sedikit kesulitan lantaran terkendala bahasa, bergabung di grup Facebook Laravel Indonesia akan memudahkan Anda untuk mempelajari tentang Laravel dari sesama pengguna yang berbagi pengalaman di grup.

  1. Blade engine template

Template blade engine di framework Laravel sangat intuitif dan efektif untuk bekerja secara sempurna dengan bahasa pemrograman seperti PHP/HTML. Bisa dikatakan, inilah salah satu fitur terbaik yang ada di framework Laravel dan menjadikannya populer.

  1. Tampilan antarmuka responsible

Tampilan antarmuka responsible adalah fitur yang ditambahkan dalam Laravel pada rilisan Laravel 5.5. Ini didefinisikan sebagai kelas yang digunakan untuk mengimplementasikan antarmuka yang dapat dikembalikan dengan metode pengontrol.

  1. Eloquent ORM

Pada rilisan Laravel yang paling baru terdapat ORM atau Object Relational Model. Fitur ini memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan ORM lain. Dengan adanya ORM pada Laravel, nantinya programmer dapat memprogram sebuah website dengan menggunakan kode yang sangat mudah, singkat, praktis, dan juga simple.

Ulasan diatas adalah alasan mengapa framework Laravel begitu populer dan banyak digunakan oleh banyak pengembang website di dunia. Dengan fiturnya yang beragam sekaligus unggul, tentu tak mengherankan mengapa Laravel begitu populer.

Grup Laravel Indonesia, Wadah Bagi Pengguna Laravel di Indonesia

Laravel Indonesia

Kepopuleran framework Laravel dengan cepat menjadikannya memiliki pengguna yang sangat banyak. Semakin banyak pengembang yang menggunakan Laravel untuk membangun website membuat Laravel memiliki dukungan komunitas yang kuat. Diluar sana banyak beredar grup komunitas pengguna Laravel, terutama yang memanfaatkan platform media sosial.

Media sosial seperti Facebook masih dipandang sebagai tampat yang tepat untuk mewadahi diskusi para anggota komunitas karena lebih spesifik. Dan salah satu grup Facebook yang menjadi wadah diskusi pengguna Laravel di Indonesia adalah grup Facebook Laravel Indonesia.

Berikut ini adalah keuntungan yang Anda dapatkan jika bergabung dengan Grup Facebook Laravel Indonesia:

  1. Menambah jaringan

Ini sudah pasti. Dengan masuk ke sebuah grup komunitas otomatis akan menambah jaringan Anda. Bukan hanya teman di dalam komunitas saja, tetapi juga dari komunitas lain yang selalu aktif bertukar informasi tentang Laravel di dunia.

  1. Bertukar Informasi

Bergabung di grup komunitas, utamanya Laravel Indonesia juga memudahkan Anda untuk mendapatkan informasi yang mungkin sebelumnya belum pernah Anda ketahui. Biasanya dalam grup komunitas Laravel, anggotanya akan selalu mendapatkan update informasi seputar Laravel. Seperi jadwal perilisan versi terbaru, bug fixing, hingga security fixing, dimana pengguna Laravel harus selalu tahu informasi tersebut.

  1. Berbagi pengalaman

Dalam grup komunitas Laravel Indonesia, sangat lazim dijumpai praktek berbagi pengalaman seputar penggunaaan Laravel. Tentu saja, pengalaman yang dimiliki antar anggota berbeda satu dengan yang lainnya. Dan inilah sisi positif bergabung di grup Laravel Indonesia. Misalnya saja, Anda adalah orang yang sudah cukup lama menggeluti Laravel. Anda bisa membagikan pengalaman yang Anda miliki dengan anggota lainnya, yang mungkin saja masih baru mempelajari apa itu Laravel, cara kerja, dan keunggulan yang dimilikinya.

  1. Sarana belajar

Sebenarnya, ini adalah hal yang sangat penting. Grup facebook tak hanya sebagai ajang silaturahmi, namun juga sarana belajar yang efektif dan menyenangkan. Umumnya, grup Facebook mempunyai keanggotaan yang egaliter, artinya semuanya sama, sama-sama ingin belajar untuk berkembang dan meningkatkan skill. Bila Anda masih merasa belum paham tentang sesuatu, para anggota grup yang lain akan dengan senang hati urun berpendapat.

Sahabat IDwebhost, bergabung dengan Group Facebook Laravel Indonesia akan sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang atau telah mempelajari framework Laravel untuk pembuatan dan pengembangan website. Disana, Anda akan dengan mudah bertukar informasi dan saling belajar dengan sesama anggota, sembari meluaskan jaringan pertemanan.

Tunggu apalagi, mari bergabung di Grup Laravel Indonesia sekarang!

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis