Membuat Toko Online dengan Lapak Instan
Blog Tips Keren Membuat Toko Online dengan Lapak Instan

Membuat Toko Online dengan Lapak Instan

Mengembangkan usaha Anda menjadi online shop atau toko online terbaik memang tidaklah mudah dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Ada banyak aspek yang perlu untuk anda perhatikan, khususnya pada kenyamanan pelanggan supaya mereka terus berbelanja di toko online Anda sehingga menjadi pelanggan tetap anda. Nah, solusinya yaitu dengan lapak instan. Lapak Instan dapat menjadi suatu cara yang tepat untuk mempermudah Anda dalam mengembangkan usaha bisnis online. Mari simak ulasan kami tentang  membuat toko online dengan Lapak Instan!

Daftar Isi

  • Kelebihan Lapak Instal Sebgai Template Toko Online
  • Perbedaan Lapak Instan dan WooCommerce
    • Perbandingan Lapak Instan dan WooCommerce
  • Kesimpulan

Kelebihan Lapak Instan sebagai Template Toko Online

 

kelebihan lapak instan sebagai template toko online
IDwebhost

 

Berikut ini ada 5 kelebihan dari lapak instan sebagai template toko online :

Desain Responsif dan Mobile Friendly

Seperti yang telah kita ketahui bersama, pengguna internet lebih banyak mengakses internet dari perangkat mobile atau smartphone daripada melalui komputer, laptop atau sejenisnya. Inilah alasan kenapa Anda harus membuat toko online Anda menjadi responsif dan mobile friendly, jika toko online anda tidak responsif dan mobile friendly maka Anda akan mulai kehilangan banyak pelanggan. Para pembeli yang menemukan disfungsi pada tampilan layout situs anda misalnya, pasti akan tidak mau lagi mengakses situs Anda karena tidak mau membuang waktu untuk berusaha menggeser layar supaya teks keterangan produk bisa terbaca sepenuhnya. Namun dengan memakai lapak instan sebagai template toko online anda maka otomatis situs anda menjadi responsif dan mobile friendly.

Fitur Shopping Cart (Keranjang Belanja) yang Praktis

Jika Anda membuat website toko online dengan Lapak Instan, website Anda sudah dilengkapi dengan fitur shopping cart. Hal tersebut tentunya dapat memudahkan para calon pelanggan Anda yang ingin berbelanja beberapa produk secara sekaligus di toko online Anda. Shopping Cart juga menjadi fitur yang harus ada kalau Anda berjualan produk yang mempunyai banyak variasi seperti warna, ukuran, model, dan sebagainya.

Penghitungan Ongkir (Ongkos Kirim) yang Otomatis

Fitur yang satu ini juga dapat memudahkan pekerjaan Anda dalam mengelola situs toko online Anda nantinya. Dengan adanya fitur penghitungan ongkir yang otomatis, jadinya Anda tidak perlu lagi untuk menghitung total belanjaan pelanggan secara manual ke alamat yang akan dikirim. Pelanggan Anda hanya perlu memasukannya ke shopping cart lalu checkout. Pada saat pelanggan anda checkout inilah mereka wajib mengisi alamat jelas untuk pengiriman produk yang dipesan. Nah, nanti baru dilanjutkan oleh sistem dan otomatis ditotalkan jumlah biaya yang harus pelanggan bayar untuk produk yang dipesan.

Pengelolaan Produk yang Mudah

Pengelolaan produk dengan menggunakan template Lapak Instan sangatlah mudah. Anda tinggal menambahkan, mengubah, atau menghapus produk dari etalase dengan hanya beberapa klik saja. Mudah dan cepat merupakan dua kata sifat yang dapat menggambarkan pengelolaan produk dari Lapak Instan.

Update Terus Tanpa Membayar Lagi

Lapak Instan memberikan secara gratis untuk meng-update template Anda ke versi terbaru. Dengan begini, Anda tak perlu mengeluarkan biaya lagi jika menginginkan mengoptimasi template dari situs toko online Anda. Anda mungkin juga tertarik untuk mengetahui perbadaan marketplace, toko online, dan e-commerce supaya anda lebih bisa menentukan yang anda butuhkan.

BACA JUGA: Mengenal E-Commerce, Marketplace dan Toko Online

Ada banyak platform yang dapat Anda manfaatkan untuk membangun situs toko online Anda. Sudah coba WooCommerce? kenali dulu di sini kenapa anda harus mencoba WooCommerce.

Perbedaan Lapak Instan dengan WooCommerce

 

Perbandingan Lapak Instan dengan WooCommerce
IDwebhost

 

Jika WooCommerce adalah plugin untuk menambahkan shopping cart di WordPress Anda, Lapak Instan ini adalah template yang bisa memberikan beberapa fungsi sekaligus, seperti desain, layout dan shopping cart.

Jadi, dengan begitu, Anda tidak perlu lagi untuk menginstall plugin WooCommerce kalau anda sudah memakai Lapak Instan. Jika Anda memakai WooCommerce, Anda secara otomatis tidak bisa memakai Lapak Instan juga secara bersamaan. Mengapa plugin WooCommerce tidak dapat diaktifkan bersamaan dengan Lapak Instan? Ini karena WooCommerce hanya dapat menerima template yang sudah mendukungnya.

Perbandingan Lapak Instan dengan WooCommerce

 

Perbedaan Lapak Instan dengan WooCommerce
IDwebhost

 

Berikut ini merupakan beberapa poin mendasar yang dapat dijadikan perbandingan antara Lapak Instan dengan WooCommerce:

  • Cara memakai template dari Lapak Instan sebenarnya lebih mudah dibanding dengan pemakaian plugin dari Woocommerce. Jadi, Anda yang merupakan pemula dapat lebih cepat dalam mempelajarinya.
  • Tampilan secara keseluruhan dari situs yang memakai template dari Lapak Instan hasilnya terlihat “pasaran”. Pasaran dalam artian sudah banyak dipakai pada website milik orang lain. Ini dapat menjadi hal yang mengganggu jika Anda adalah pebisnis yang cukup idealis serta menginginkan keunikan representasi pada bisnis online Anda.
  • Keunggulan yang paling menonjol dari WooCommerce adalah plugin ini bisa memungkinkan Anda untuk memasang fitur add-ons atau extension dari pihak ketiga. Nah, pihak ketiga ini bermacam-macam sampai ratusan jumlahnya. Jadi, dengan begitu tentunya Anda dapat membuat website e-commerce yang lebih besar untuk terus dikembangkan seiring dengan peningkatan jumlah pelanggan atau penjualan Anda.
  • Pada WooCommerce, Anda pun dapat membuat semacam promosi yang lebih variatif. Contohnya seperti kampanye pemasaran “Beli 1 Gratis 1” atau biasa disebut dalam bahasa Inggris “Buy One Get One”. Anda bahkan dapat membuatnya lebih kompleks seperti “Beli minimal 100,000 Rupiah dan dapatkan diskon untuk produk dari merk tertentu”.
  • Namun, si WooCommerce ini tak dapat dijalankan sendiri. Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, WooCommece membutuhkan tema WordPress yang sudah terintegrasi dengan WooCommerce tersebut. Bisa jadi juga ke depannya Anda memerlukan upgrade ke tema Woocommerce yang premium atau berbayar agar bisa dapat dukungan custmer support serta juga update secara maksimal.

Kesimpulan

Dengan membaca artikel diatas, Anda dapat menemukan cara alternatif untuk membuat toko online. Membangun toko online dengan memakai tema dari Lapak Instan yang bisa memudahkan Anda dalam mendapatkan lebih banyak pelanggan. Ini karena beberapa kelebihan fitur lapak instan yang sudah kami bahas satu per satu diatas.

Artikel ini merupakan bentuk komitmen kami untuk membantu kesuksesan online Anda di era digital ini. Subsbcribe serta dapatkan berbagai konten informatif menarik lainnya terkait pengembangan bisnis dan pengembangan website terkini dari blog IDwebhost. Selamat berusaha dan semoga Anda sukses ya!

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.