Membuat Toko Online dengan Lapak Instan

14 Apr 2019
Membuat Toko Online dengan Lapak Instan campaign-unlimited

Mengembangkan usaha Anda menjadi online shop atau toko online terbaik memang tidaklah mudah dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Ada banyak aspek yang perlu untuk Anda perhatikan, khususnya pada kenyamanan pelanggan supaya mereka terus berbelanja di toko online Anda. Sehingga mereka akan menjadi pelanggan tetap toko online Anda. Nah, solusi toko online yang bisa Anda coba adalah menggunakan platform Lapak Instan. Smart Toko, produk andalan platform ini dapat menjadi suatu cara yang tepat untuk mempermudah Anda dalam mengembangkan usaha bisnis online. Sahabat IDwebhost, simak ulasan IDwebhost tentang  membuat toko online dengan Lapak Instan!

Apa Itu Lapak Instan?

Sebelum membahas lebih jauh tentang kelebihan platform ini sebagai template toko online, tahukah Anda apa itu Lapak Instan? Lapak Instan adalah sebuah penyedia layanan toko online. Platform ini lebih dikenal dengan Smart Toko.

Kelebihan Lapak Instan sebagai Template Toko Online

Berikut ini ada 5 kelebihan dari lapak instan sebagai template toko online :

Desain Responsif dan Mobile Friendly

Seperti yang telah kita ketahui bersama, pengguna internet lebih banyak mengakses internet dari perangkat mobile atau smartphone daripada melalui komputer, laptop atau sejenisnya. Inilah alasan kenapa Anda harus membuat toko online Anda menjadi responsif dan mobile friendly, jika toko online Anda tidak responsif dan mobile friendly maka Anda akan mulai kehilangan banyak pelanggan. Para pembeli yang menemukan disfungsi pada tampilan layout website Anda misalnya, pasti akan tidak mau lagi mengakses website Anda karena tidak mau membuang waktu untuk berusaha menggeser layar supaya teks keterangan produk bisa terbaca sepenuhnya. Namun dengan memakai Smart Toko sebagai template toko online Anda maka otomatis website Anda menjadi responsif dan mobile friendly.

Fitur Shopping Cart (Keranjang Belanja) yang Praktis

Jika Anda membuat website toko online dengan Lapak Instan, website Anda sudah dilengkapi dengan fitur shopping cart. Hal tersebut tentunya dapat memudahkan para calon pelanggan Anda yang ingin berbelanja beberapa produk secara sekaligus di toko online Anda. Shopping Cart juga menjadi fitur yang harus ada kalau Anda berjualan produk yang mempunyai banyak variasi seperti warna, ukuran, model, dan sebagainya.

Penghitungan Ongkir (Ongkos Kirim) yang Otomatis

Fitur yang satu ini juga dapat memudahkan pekerjaan Anda dalam mengelola website toko online Anda nantinya. Dengan adanya fitur penghitungan ongkir yang otomatis, jadinya Anda tidak perlu lagi untuk menghitung total belanjaan pelanggan secara manual ke alamat yang akan dikirim. Pelanggan Anda hanya perlu memasukannya ke shopping cart lalu checkout. Pada saat pelanggan Anda checkout inilah mereka wajib mengisi alamat jelas untuk pengiriman produk yang dipesan. Nah, nanti baru dilanjutkan oleh sistem dan otomatis ditotalkan jumlah biaya yang harus pelanggan bayar untuk produk yang dipesan.

Pengelolaan Produk yang Mudah

Pengelolaan produk dengan menggunakan template Lapak Instan sangatlah mudah. Anda tinggal menambahkan, mengubah, atau menghapus produk dari etalase dengan hanya beberapa klik saja. Mudah dan cepat merupakan dua kata sifat yang dapat menggambarkan pengelolaan produk dari Lapak Instan.

Update Terus Tanpa Membayar Lagi

Platform toko online ini memberikan secara gratis untuk meng-update template Anda ke versi terbaru. Dengan begini, Anda tak perlu mengeluarkan biaya lagi jika menginginkan mengoptimasi template dari website toko online Anda. Anda mungkin juga tertarik untuk mengetahui perbadaan marketplace, toko online, dan e-commerce supaya Anda lebih bisa menentukan yang Anda butuhkan.

BACA JUGA: Mengenal E-Commerce, Marketplace dan Toko Online

Ada banyak platform yang dapat Anda manfaatkan untuk membangun website toko online Anda. Sudah coba WooCommerce? kenali dulu di sini kenapa Anda harus mencoba WooCommerce.

Perbedaan Lapak Instan dengan WooCommerce

Jika WooCommerce adalah plugin untuk menambahkan shopping cart di WordPress Anda, Lapak Instan ini adalah template yang bisa memberikan beberapa fungsi sekaligus, seperti desain, layout dan shopping cart.

Jadi, dengan begitu, Anda tidak perlu lagi untuk menginstall plugin WooCommerce kalau Anda sudah memakai Lapak Instan. Jika Anda memakai WooCommerce, Anda secara otomatis tidak bisa memakai Lapak Instan juga secara bersamaan. Mengapa plugin WooCommerce tidak dapat diaktifkan bersamaan dengan Lapak Instan? Ini karena WooCommerce hanya dapat menerima template yang sudah mendukungnya.

Perbandingan Lapak Instan dengan WooCommerce

Berikut ini merupakan beberapa poin mendasar yang dapat dijadikan perbandingan antara Lapak Instan dengan WooCommerce:

  • Cara memakai template dari Lapak Instan sebenarnya lebih mudah dibanding dengan pemakaian plugin dari Woocommerce. Jadi, Anda yang merupakan pemula dapat lebih cepat dalam mempelajarinya.
  • Tampilan secara keseluruhan dari website yang memakai template dari Lapak Instan hasilnya terlihat “pasaran”. Pasaran dalam artian sudah banyak dipakai pada website milik orang lain. Ini dapat menjadi hal yang mengganggu jika Anda adalah pebisnis yang cukup idealis serta menginginkan keunikan representasi pada bisnis online Anda.
  • Keunggulan yang paling menonjol dari WooCommerce adalah plugin ini bisa memungkinkan Anda untuk memasang fitur add-ons atau extension dari pihak ketiga. Nah, pihak ketiga ini bermacam-macam sampai ratusan jumlahnya. Jadi, dengan begitu tentunya Anda dapat membuat website e-commerce yang lebih besar untuk terus dikembangkan seiring dengan peningkatan jumlah pelanggan atau penjualan Anda.
  • Pada WooCommerce, Anda pun dapat membuat semacam promosi yang lebih variatif. Contohnya seperti kampanye pemasaran “Beli 1 Gratis 1” atau biasa disebut dalam bahasa Inggris “Buy One Get One”. Anda bahkan dapat membuatnya lebih kompleks seperti “Beli minimal 100,000 Rupiah dan dapatkan diskon untuk produk dari merk tertentu”.
  • Namun, si WooCommerce ini tak dapat dijalankan sendiri. Seperti yang sudah kami sampaikan diatas, WooCommece membutuhkan tema WordPress yang sudah terintegrasi dengan WooCommerce tersebut. Bisa jadi juga ke depannya Anda memerlukan upgrade ke tema Woocommerce yang premium atau berbayar agar bisa dapat dukungan custmer support serta juga update secara maksimal.

Kesimpulan

Dengan membaca artikel diatas, Anda dapat menemukan cara alternatif untuk membuat toko online. Membangun toko online dengan memakai tema Smart Toko yang bisa memudahkan Anda dalam mendapatkan lebih banyak pelanggan. Ini karena beberapa kelebihan fitur Lapak Instan yang sudah dibahas satu per satu diatas.

Artikel ini merupakan bentuk komitmen kami untuk membantu kesuksesan online Anda di era digital ini. Go digital dan tingkatkan level bisnis Anda sekarang juga dengan berlangganan hosting murah terbaik IDwebhost. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.