7 Langkah Mudah Membuat Konten Video Untuk Strategi Marketing

8 Okt 2023
7 Langkah Mudah Membuat Konten Video Untuk Strategi Marketing campaign-unlimited

Mengetahui langkah mudah membuat konten video memang harus dipelajari khususnya bagi Anda yang ingin meningkatkan strategi marketing. Memanfaatkan strategi bisnis menggunakan konten video adalah cara yang  tepat karena populatritasnya meningkat dengan sangat cepat. Bahkan menurut research yang dilakukan oleh Hubspot mengatakan bahwa 50% orang akan lebih suka  melihat suatu produk yang menggunakan konten video dibanding jenis konten lainnya.

Langkah mudah membuat konten video tidaklah sulit jika Anda sudah tahu poin-poinnya. Bahkan sekarang ini, semua brand / bisnis membutuhkan video marketing sebagai salah satu strategi untuk memasarkannya. Video marketing adalah sebuah praktik untuk merencanakan, membuat, mengedit, menerbitkan dan mempromosikan konten video untuk mempromosikan bisnis. Jenis platform yang paling umum digunakan untuk pemasaran video adalah  Facebook, Youtube, Instagram dan masih banyak lagi.

Jika Anda menginginkan kualitas konten video bagus, maka harus memakai cara-cara yang maksimal. Pembuatan video yang bagus ternyata tidak dipengaruhi oleh biaya. Bahkan dengan budget yang sedikitpun Anda bisa membuat video yang terlihat bagus dan profesionalitas. Mengingat video marketing sangatlah penting, maka Anda harus bisa mengusahakan budget minimal demi sebuah video konten marketing.

Membuat Konten Video

Mengapa Konten Video Sangat Penting?

Adanya video kini telah menjadi formta konten wajib yang harus selalu ada untuk bisnis online. Bahkan berdasarkan fakta dari beberapa peneliti, tahun 2020 akan menjadi tahun di mana para penggerak bisnis online akan memaksimalkan konten video untuk strategi pemasarannya. Sekarang ini, Youtube menjadi platform video terbesar di dunia. Berdasarkan penelitian, orang-orang lebih menghabiskan waktu dengan menonton Youtube. Dalam sehari, orang akan menonton 1 milyar jam video yang ada di Youtube.

Dalam manfaatnya sebagai bisnis online, 72% konsumen lebih suka menonton video tentang suatu produk daripada harus membaca deskripsinya. Inilah salah satu alasan mengapa video marketing itu penting.  Ini juga dilandasi dengan penelitian yang mengatakan bahwa 90% konsumen menyatakan bahwa dengan adanya video akan membantu mereka membuat keputusan untuk melakukan pembelian terhadap suatu produk. Sehingga dengan adanya video ini akan membantu konsumen lebih tertarik dengan produk yang nantinya Anda jual.

Bagaimana Langkah Mudah Membuat Konten Video Untuk Strategi Marketing?

Banyaknya penelitian yang menunjukkan konten video memiiki pengaruh besar terhadap strategi marketing ternyata membuat banyak penggiat bisnis ingin melakukan eksekusi secepatnya. Dan yang perlu Anda tahu adalah bahwa membuat konten video untuk marketing memang ada trinya agar lebih  udah menarik pelanggan. Bagaimana cara membuat konten video yang menarik? Berikut langkah mudah membuat  konten video untuk strategi marketing:

1. Buat Storyboard Terlebih Dahulu

Storyboard adalah sebuah outline visual untuk video Anda. Untuk lebih gampangnya, storyboard seringkali disebut sebagai rancangan video. Dengan membuat rancangan video terlebih dahulu maka video akan lebih memiliki tujuan. Dan tentu saja hasilnya juga lebih maksimal. Ini bisa terdiri dari gambar-gambar yang akan mengambarkan seperti apa konten video yang Anda inginkan nantinya. Di sini Anda juga bisa menambahkan poin-poin penting yang ingin disampaikan dalam video.

Membuat Konten Video

2. Mengevaluasi Jenis Konten yang Dibutuhkan

Melakukan evaluasi terhadap jenis konten sangat penting. Orang akan berharap banyak dengan video yang Anda buat. Saah satu tujuan penting dari melakukan evaluasi terhadap konten video adalah agar jenis konten dan siapa targetnya sangat sesuai dengan bisnis yang sedang jalankan. Ini juga agar nantinya konten video yang Anda buat lebih tepat sasaran sehingga promosinya juga lebih mudah.

3. Menentukan Tempat yang Akan Dipakai

Jika belum memiliki studio sendiri, Anda bisa memilih tempat yang cocok sesuai dengan storyboard yang sudah Anda buat. Selain itu siapkan alat-alat yang akan dipakai untuk melakukan proses pengambilan video seperti, lampu, tripod, mikrofon dan masih banyak keperluan lainnya. Untuk mengantisipasi banyaknya pengeluaran, Anda bisa melakukan dekor ulang pada rumah pribadi atau meja kerja. Yang paling utama dari video adalah visual. Dari sini Anda bisa menentukan tempat mana yang paling pas dan menarik secara visual.

4. Lakukan Perekaman Video

Di sini Anda bisa melakukan perekaman terbaik yang harus Anda lakukan. Anda boleh melakukan perekaman lebih dari 1 sehingga nantinya akan memudahkan mana yang kira-kira paling bagus. Setelah itu lakukan pengeditan. Anda tidak perlu khawatir harus mengedit dengan aplikasi yang tidak Anda kuasai karena tersedia banyak aplikasi gratis khusus untuk mengedit video. Anda tinggal menambahkan after effect pada video marketing yang Anda pilih.

5. Jangan Lupa Untuk Menerapkan SEO Video

Menerapkan SEO video sangat penting agar strategi marketing yang Anda lakukan hasilnya lebih maksimal. Dengan memakai SEO video, maka Anda harus membuat nama file video sebelum diunggah. Di sini Anda bisa memainkan kata kunci sesuai yang cocok untuk produk Anda. Keywods  yang tepat dan sesuai dengan produk akan memudahkan orang lain dalam menemukan produk Anda.

Tak hanya memberi nama pada judul, Anda juga harus menentukan judul video.  Untuk mendapatkan peringkat yang bagus pada mesin pencarian, maka Anda harus memberikan judul yang sesuai dengan isi video Anda. Agar semakin maksimal, SEO video juga harus memiliki closed caption. Ini bisa berupa deskripsi singkat seputar video Anda. Closed caption juga akan membantu orang-orang yang mencari konten video yang Anda buat.

Membuat Konten Video

6. Buat Video Dengan Durasi Singkat

Bukan  video panjang lebar yang akan menarik perhatian. Tapi di sini Anda cukup membuat video singkat berdurasi pendek karena dinilai lebih efektif. Secara umum, membuat video pendek dengan konten yang tepat sasaran justru akan lebih menarik jika dibandingkan panjang lebar namun tanpa tujuan yang jelas. Teknik dalam membuat content marketing video  adalah kreatif, inovatif, hemat dan mampu merencanakan perencanaan yang matang.

7. Tingkatkan Content Strategy Berdasarkan Feedback Dari Target Audience

Strategi konten meliputi pemilihan topik, format konten, jaya penulisan, desain dan promosi untuk meningkatkan bisnis Anda. Dalam membuat video marketing harus menerapkan yang namanya konten strategi. Ini bisa Anda ambil dari feedback dari target audience yang sudah Anda pilih. Memanfaatkan feedback dari target audience akan memudahkan Anda dalam meningkatkan strategy content yang penting demi kemajuan bisnis.

Video marketing akan sangat membantu dama strategi marketing. Apalagi di tahun 2020 ini semua penggerak bisnis online akan berlomba-lomba dalam meningkatkan kualitas bisnis online yang sedang dijalankan.

Itulah 7 langkah mudah membuat konten video untuk strategi matketing. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah.