Langkah Mudah Cara Membuat Website Agar Bisnis Menjadi Lebih Sukses!

18 Mei 2023
Langkah Mudah Cara Membuat Website Agar Bisnis Menjadi Lebih Sukses! campaign-unlimited

Saat ini, website telah menjadi kebutuhan setiap orang yang melakukan bisnis. Selain itu, banyak pula orang yang menggunakannya hanya sekedar untuk menjalankan hobi semata. Namun, ternyata masih banyak pebisnis di luar sana yang masih kesulitan dalam mencari langkah membuat website yang praktis.  Hal ini dikarenakan kemungkinan sebagian besar dari mereka melakukan pemograman sendiri pada website yang mereka gunakan.

Namun, sebenarnya langkah membuat website sangatlah mudah jika kamu mengetahui caranya. Nah, jika masih kesulitan dalam membuat website dan ingin mengetahui cara mudah untuk membuatnya, maka kamu harus menyimak penjelasan ini. Dijamin, kamu bisa membuat website dalam hitungan menit setelah mengetahui cara mudahnya ini.

Namun, sebelum itu disarankan untuk menggunakan WordPress dan CMS lainnya. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan CMS, kamu tidak akan kesulitan untuk mengikuti langkah membuat website berikut ini.

Langkah 1: Tentukan Nama Domain 

Sebelum mengetahui langkah membuat website dengan cara mudah yang akan dijelaskan ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah memikirkan website tersebut akan diisi dengan konten seperti apa. Hal ini dikarenakan sebagian besar orang yang telah memiliki website justru masih belum memiliki tujuan dan rencana yang tepat untuk bisnis yang akan dilakukannya dan akhirnya banyak orang yang menyianyiakan domain yang telah dibelinya.

Oleh karena itu, jangan sampai kamu juga melakukan hal tersebut. Kamu harus memikirkan dengan matang rencana bisnis yang akan dibuat. Hal ini harus dilakukan sebelum memiliki nama domain yang sesuai dengan produk yang akan kamu sampaikan pada konsumen.

Oleh karena itu, kamu harus menentukan domain yang memiliki pontensi besar dan mudah diingat oleh para pengguna internet. Kamu bisa menggunakan domain dengan jumlah karakter antara 5 – 8 kata agar brand domain yang kamu gunakan mudah untuk diingat.

Kamu juga harus memastikan bahwa telah mengecek ketersediaan domain tersebut. Jangan sampai menggunakan domain yang telah digunakan oleh orang lain. Hal ini dikarenakan akan menimbulkan dampak yang buruk bagi website bisnis.

Sebaiknya gunakan domain yang berbasis TLD pada website bisnis Anda. Hal tersebut perlu Anda lakukan agar website Anda lebih mudah untuk ditemukan.

Langkah 2: Tentukan Hosting & Website Building Platform 

Langkah kedua yang harus dilakukan adalah menentukan hosting dan website building untuk platform. Pastikan memilih hosting yang benar-benar berkualitas. Jika merasa bingung untuk memilih hosting yang cocok , kamu bisa mencari berbagai referensi hosting terbaik dari mesin pencari Google.

Jika ingin agar hosting yang akan digunakan sesuai dengan kapasitas hosting website yang mumpuni, berbasis cloud hosting serta penyimpanan SSD NVME dan Unlimited Bandwidth dengan harga yang murah maka kamu bisa menemukannya di www.IDwebhost.com.

IDwebhost menyediakan beragam hosting yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, yang tentunya bisa didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau. Selain hosting, kamu juga bisa membuat serta memilih ekstensi domain yang diinginkan untuk website agar menjadi lebih sukses.

Langkah 3: Setup, Edit & Kostumisasi Website

Setelah Anda menyelesaikan proses pembelian hosting , Anda akan segera menerima email yang berisi user login dan password member area di hosting Anda. Nah, Anda harus mengakses member area terlebih dahulu sebelum Anda bisa mengaktifkan website Anda sendiri.

Setelah Anda berhasil masuk ke dalam member area, carilah menu service yang berisi masuk c-panel. Jika Anda sudah berhasil login c-panel, maka Anda sudah bisa membuat website Anda sendiri. Jika Anda masih bingung cara menggunakan c-panel tersebut untuk membuat website, maka Anda bisa menyimak penjelasannya di bawah ini!

Cara Membuat Website

Install SSL Certificate

Setelah berhasil login ke dalam c-panel, Anda sudah bisa menggunakannya untuk membuat website yang akan Anda gunakan untuk berbisnis.  Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah untuk menginstall SSL sesuai dengan nama domain yang akan Anda install SSL nya. Anda bisa memulainya dari Private Keys – Certificate Signing Request – Certificates – Install and Manage SSL for your site. Setelah semua rangkaian install tersebut, Anda bisa melanjutkan proses pembuatan website Anda ke tahap yang selanjutnya.

Install Content Management System (CMS) Melalui Softaculous

Agar langkah membuat website Anda menjadi lebih efisien, sebaiknya Anda menggunakan softaculus. Untuk setup website, Anda bisa menggunakan CMS. Hal ini dikarenakan prosesnya yang singkat dan sangat mudah bagi Anda yang mungkin saja belum familiar dengan setup pada umumnya.

Kostumisasi website Anda

Setelah Anda menyelesaikan proses setup website dan telah menggunakan CMS, langkah selanjutnya adalah melakukan kostumisasi website Anda. Anda bisa memulainya dengan menentukan tema pilihan Anda dan beberapa plugin yang Anda butuhkan untuk membuat website Anda terlihat lebih menarik.

Dalam melakukan kostumisasi plugin dan tema, Anda harus login terlebih dahulu ke wordpress atau CMS yang telah Anda pasang sebelumnya. Jika Anda menggunakan wordpress, setelah login maka Anda akan melihat menu halaman admin dari website Anda. Disinilah mungkin Anda perlu menggunakan beberapa tema dan plugin untuk menyesuaikannya dengan tampilan website Anda agar terlihat lebih menarik.

Itulah cara mudah untuk membuat website yang bisa Anda ikuti untuk membuat website bisnis Anda sendiri. Namun, Anda tidak harus selalu menggunakan website untuk berbisnis. Anda juga bisa menggunakan website sebagai salah satu tempat untuk menjalankan hobi atau bahkan berbagi sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.  Dengan demikian, kita mengetahui bahwa ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari website yang kita buat.

Apabila Anda berencana membeli sebuah hosting dan domain untuk membuat website Anda sendiri, Anda bisa mendapatkannya di IDwebhost. IDwebhost merupakan perusahaan penyedia layanan hosting terbaik yang ada di Indonesia. Mengenai masalah harga, Anda tidak perlu khawatir karena disana Anda bisa mendapatkan hosting terbaik dengan kualitas yang sangat baik pula. Selain hosting, Anda juga bisa mendapatkan domain yang Anda inginkan dari IDwebhost. Dengan demikian, Anda sudah bisa membuat website Anda sendiri.

Di era digital yang semakin maju ini, memiliki website menjadi suatu keharusan bagi individu dan bisnis yang ingin membangun kehadiran online yang kuat. Dengan website, kamu bisa menjangkau khalayak yang lebih luas, mempromosikan produk atau layanan, dan membangun brand secara efektif. Jika tertarik untuk memulai perjalanan membuat website sendiri, klik link di bawah ini ya.

IDwebhost
Member since 18 Jun 2007