Langkah Antisipasi Pencurian Data di Internet
Blog Tips Keren Langkah Antisipasi Pencurian Data di Internet

Langkah Antisipasi Pencurian Data di Internet

Penggunaan internet pada masa saat ini sudah menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Dengan menggunakan internet, siapapun bisa dengan mudah untuk mencari ataupun mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya. Selama ada koneksi internet yang lancar, kegiatan berselancar menjadi sangat menyenangkan. Apalagi jika Anda menjadi seorang pengusaha ataupun pelaku pebisnis online, akan sangat terbantu dengan adanya internet agar bisa memaskan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Namun, dengan kemudahan yang ada, banyak ulah oknum yang melakukan kejahatan internet agar bisa melakukan serangkaian kejahatan cyber, atau yang dikenal dengan istilah hack. Beberapa kejahatan yang dilakukan dan hingga saat ini masih terus terjadi adalah berupa pencurian data di internet. Tentunya, hacker ini melakukan berbagai cara agar bisa menyusup dan juga menyebarkan serangkaiangan virus dalam internet. Sehingga, sangan penting untuk mengetahui langkah antisipasi pencurian data di internet.

antisipasi pencurian data

Alasan Terjadi Pencurian Data di Internet

Ada banyak cara licik yang dipunyai oleh hacker agar bisa mengambil data yang penting di internet. Bisa dengan menyisipkan short link ke dalam email yang dikirim, atau bisa juga dengan phising spear atau dengan cara melakukan eksploitasi kerentanan keamanan yang terjadi dalam perangkat lunak sebuah aplikasi. Setelah nantinya serangan berhasil dilancarkan oleh hacker, maka akan didapat sekumpula data yang isinya berupa kombinasi email dan juga kata sandi pada layanan yang berhasil diretas.

Memulai Antisipasi Pencurian Data di Internet

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa Anda lakukan dalam rangka melakukan antisipasi pencurian data di internet:

Antisipasi Pencurian Data dengan Membuat Password yang Bervariasi

Di zaman yang semakin berkembang ini, ada begitu banyak platform media sosial yang mulai bermunculan. Mulai dari facebook, instagram dan masih banyak media sosial lainnya. Pada semua platform media sosial, sebelum Anda bisa menikmati semua fiturnya, tentunya diwajibkan untuk membuat sebuah akun. Sehingga jika Anda menggunakan ke semua platform tersebut, Anda akan otomatis mempunyai beberapa akun. Cara yang paling mudah agar Anda tidak lupa password adalah Anda akan membuat login yang sama pada semua akun media sosial. Yang harus Anda ketahui, cara inilah yang nantinya dapat mempermudah para hacker agar bisa mengambil data penting yang Anda miliki. Hal ini bisa terjadi jika salah satu akun media sosial Anda berhasil di hack, kemudian, para hacker nantinya akan mencoba pada akun media sosial Anda yang lainnya.

Hal ini diperparah jika Anda menggunakan akun yang sama. Otomatis akan mempermudah hacker dalam melakukan hack pada akun sosial media yang Anda miliki. Untuk perlu, buatlah password yang bervariasi pada setiap akun media sosial yang Anda miliki. Sehingga, jika salah satu akun media sosial di hack, tidak kan berdampak pada akun media sosial yang lain.

Antisipasi Pencurian Data dengan Selalu Memeriksa Email yang Masuk

Pasti Anda pernah menerima beberapa email yang terlihat mencurigakan di inbox, biasanya berisi tautan. Atau bisa juga Anda menerima email yang mirip dengan alamat email peursahaan besar. Sebaiknya, Anda tidak perlu terkecoh atau bahkan tertipu dengan email tersebut. Sebelum akhirnya Anda membuka email dan tautannya, sebaiknya bisa melakukan checking terlebih dahulu mengenai keaslian email pengirim. Bisa saja email tersebut adalah email spam yang dalamnya sudah disusupi dengan virus, yang ketika diklik hacker akan langsung bisa mengambil data penting Anda. Tetapi, jika Anda sudah terlanjur untuk mengklik pada tautan yang ada dalam email tersebut, sesegera mungkin untuk melakukan penggantian password pada email Anda.

antisipasi pencurian data

Antisipasi Pencurian Data dengan Melakukan Update Browser dan Menggunakan Anti Virus

Sebagai pengguna internet sudah tidak asing lagi dengan browser. Browser merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk menjelajah, mengambil dan juga bisa menyajikan konten yang ada pada berbagai sumber informasi di internet. Pada setiap browser mempunyai jangka waktu agar bisa mempengaruhi aplikasinya. Agar bisa terhindar dari hacker, Anda juga harus memastikan jika browser Anda selalu di update pada versi yang paling baru. Apalagi jika Anda mendapatkan notifikasi untuk melakukan update, sesegera mungkin lakukan update sesuai dengan perintah yang terdapat dalam aplikasi browser yang ANda pakai. Hal penting lain yang harus Anda ketahui adalah, jika browser yang Anda gunakan tidak pernah di update, akan sangat rentan dengan serangan virus ataupun hacker. Tidak hanya itu, untuk memperkebal desktop dari berbagai serangan virus, Anda sudah pasti membutuhkan anti virus. Anti virus tersebut juga harus Anda perbaharui agar virus dapat dideteksi secara cepat.

Rajin Melakukan Check pada Aplikasi Downloader

Jika Anda termasuk orang yang sering mendownload file baik berupa film atau lagu, sudah pasti akan memakai aplikasi downloader agar dapat mempermudah dan juga mempercepat Anda dalam melakukan download. Sebelum itu, Anda harus memastikan jika aplikasi yang Anda gunakan. Dan selalu gunakan aplikasi yang digunakan untuk mendownload yang terpercaya. Atau bisa disamakan ketika Anda melakukan download langsung dari sebuah situs resmi, pastikan selalu mendownload dari situs resmi yang terpercaya.

Hati-Hati Ketika Melakukan Transaksi di Internet

Dengan bantuan internet, Anda tidak hanya bisa melakukan selancar saja, tetapi bisa juga dengan melakukan belanja onlie. Saat ini belanja online sangat diminati oleh sebagian besar masyarakat karena mudah, fleksibel, lengkap dan bisa mengetahui detail produk ataupun harga dan banyak promo yang ditawarkan. Tetapi, ini juga tidak menutup kemungkinan adanya penipuan yang bisa saja terjadi kapan saja. Dengan meningkatnya transaksi jual beli yang dilakukan secara online, maka mungkin saja banyak penipu yang memanfaatkan moment ini untuk menipu pembeli.

antisipasi pencurian data

Menggunakan SSL pada Situs Website Ecommerces

Situs website digunakan untuk membantu memasarkan produk atau jasa. Selain itu juga untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan agar bisa memilih dan melakukan transaksi secara online. Untuk mengamankan website Anda, membutuhkan SSL karena nantinya baik Anda dan calon pelanggan akan melakukan pertukaran data informasi penting.

Dengan memasang SSL pada situs website Anda, tentunya reputasi website akan menjadi lebih baik di mata Google dan juga di mata pengunjung. SSL juga mempunyai potensi yang jauh lebih tinggi agar bisa naik peringkat pada hasil pencarian google. Yang paling penting adalah ketika terjadi transfer data pada website akan jauh lebih aman dari adanya pencurian data. Hal ini karena ke semua aktivitas perlindungan untuk data sudah terenkripsi secara aman.

Beberapa tips untuk melakukan antisipasi dari pencurian data bisa Anda terapkan. Karena data menjadi hal penting apalagi jika sudah meyangkut data pribadi, data perusahaan ataupun data customer. Apalagi, kasus pencurian data seiring berkembangnya zaman malah semakin marak. Sehingga harus dijaga sebaik mungkin. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.