Kriteria Web Hosting Terbaik dan Berkualitas untuk Bisnis

25 Apr 2018
Kriteria Web Hosting Terbaik dan Berkualitas untuk Bisnis campaign-unlimited

Dalam mengembangkan website yang profesional, Anda tentu membutuhkan web hosting yang terbaik dan berkualitas. Hosting merupakan salah satu komponen paling pokok dalam mengelola website karena hosting memiliki fungsi yang cukup vital seperti menentukan ukuran performa website, kecepatan saat diakses, stabilitas, ketangguhan server, serta keamanan. Oleh karena itu, jika Anda salah memilih web hosting maka dapat berakibat fatal bagi website yang Anda kembangkan.

Pada dasarnya web hosting yang terbaik akan memiliki ciri khas tersendiri dan mampu menunjukkan kemampuan serta kelebihannya dalam berbagai aspek yang dibutuhkan dalam pengembangan website. Jika Anda tidak ingin salah pilih dalam mencari web hosting terbaik dan berkualitas, berikut kami menjelaskan beberapa ciri-cirinya.

1. Profesional dan Mampu Memberi Jaminan

Web hosting terbaik akan memberi jaminan bahwa website dapat diakses bahkan dalam kondisi apapun (seperti terjadi bencana alam). Karena sebentar saja situs web Anda tidak online, itu artinya uang akan terbuang. Tak masalah untuk menggunakan web hosting yang sedikit lebih mahal, asal ada jaminan tetap online.
Selain itu, web hosting terbaik akan bersikap profesional. Profesional atau tidaknya sebuah web hosting dapat dilihat dari ada tidaknya data centre. Di data centre ini, web hosting akan mengontrol koneksi internet situs web Anda, memiliki power backup, ruang pengontrol cuaca, dan staf yang akan selalu memantau situs web kapanpun dan dimanapun. Jadi, walau ada gempa bumi, banjir atau bencana apapun, situs web Anda akan tetap online dan mudah diakses.

2. Kinerja yang Maksimal

Kinerja ini meliputi aspek kecepatan dan uptime. Semakin tinggi nilai presentase uptime sebuah server maka semakin baik. Hosting yang baik setidaknya harus memiliki nilai uptime 99% keatas. Semakin nilai uptime mendekati 100% semakin bagus. Lawannya uptime adalah downtime. Jika suatu server memiliki nilai uptime 99,5% maka sisanya 0,5% adalah nilai downtime. Downtime berarti server mengalami mati sehingga tidak bisa diakses. Server mati berarti website yang menggunakan hosting pada server tersebut tidak bisa diakses. Tentunya Anda tidak ingin jika sudah membayar mahal-mahal untuk menyewa hosting namun website sering down.

hosting murah IDwebhost

3. Menyediakan Kapasitas yang Memadai

Web hosting yang terbaik harus menyediakan kapasitas penyimpanan yang sangat memadai untuk kebutuhan situs web Anda. Sehingga Anda bisa leluasa mengisi situs web dengan jenis file apapun (gambar, teks, video, dll). Dan Anda juga bisa meminta tambahan kapasitas penyimpanan kapan pun Anda menginginkannya.

4. Pelayanan yang Baik

Kemudahan dalam menghubungi pihak customer service & support menjadi alasan kuat dalam memilih sebuah layanan terlebih layanan web hosting. Banyak hal teknis yang tentunya belum Anda ketahui dan hanya dapat ditanyakan ke pihak support. Jika sudah begini, kemudahan pelayanan dan service tentu menjadi hal yang wajib. Akan percuma jika ada hosting yang bagus atau murah tapi pelayanan supportnya sulit untuk dihubungi.

5. Fitur yang Lengkap

Web hosting terbaik biasanya sangat memperhatikan fitur-fitur yang ditawarkan kepada pelanggan. Setiap website tentu memiliki kebutuhan tertentu, otomatis web hosting harus mampu memenuhi berbagai kebutuhan tersebut. Tidak semua web hosting memiliki fitur yang sama, oleh karena itu pilihlah web hosting yang memiliki fitur sesuai dengan kebutuhan Anda.

Itulah beberapa ciri-ciri dari web hosting terbaik. Jika Anda sedang mencari penyedia web hosting terbaik di Indonesia, maka Anda bisa menggunakan IDwebhost. IDwebhost adalah penyedia hosting yang terpercaya dan berkualitas serta menyediakan domain murah dengan harga terjangkau. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh IDwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan IDwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.

Penulis
Member since 2 Jul 2013