Kriteria Backlinks Berkualitas Tinggi Untuk Keperluan SEO
Blog Tips Keren

Kriteria Backlinks Berkualitas Tinggi Untuk Keperluan SEO

Inilah daftar 5 kriteria backlinks berkualitas tinggi yang dibutuhkan dalam rangka untuk melakukan offpage SEO secara baik. Tidak perlu berlama-lama lagi, yuk kita langsung bahas satu persatu dari daftar 5 kriteria backlinks berkualitas di bawah ini.

1. Links with Traffic (Tautan dengan Lalu Lintas)

Backlinks terbaik adalah link yang diklik oleh pengguna (secara acak dan secara konstan) sehingga akan mendatangkan traffic ke website anda. Selain itu pasti sudah terindex oleh Google. Tautan dengan perlakuan seperti ini biasanya juga telah memenuhi kriteria backlinks berkualitas yang lainnya dan tentu relevan dan terpercaya.

Salah satu trik untuk mendapatkan tautan dengan lalu lintas yaitu dengan membuat backlinks dari konten yang berkualitas, terutama untuk metode blog post, aged web 2.0 dan PBN atau Private Blog Network (Jaringan blog pribadi ). Artinya, buatlah konten yang unik, panjang dan SEO friendly walaupun itu hanya diletakkan di tier-1 dan bukan untuk moneysite.

Cara lainnya yaitu dengan menyisipkan backlinks berkualitas pada konten yang sudah memiliki traffic sebelumnya. Trik ini cocok untuk diterapkan pada metode blog post. Alih-alih anda memesan blog post baru, anda dapat meminta supaya tautan disisipkan pada post yang sudah ada.

Tentu anda harus meminta akses statistik pengunjung seperti Google Analytics atau Histats pada pemilik blog untuk dapat mengetahui post mana saja yang sudah mendapatkan traffic. Biasanya pemilik blog tidak keberatan dengan permintaan seperti itu, tentu selama harganya sesuai.

 

Backlinks SEO Berkualitas
IDwebhost

2. Indexed & Dofollow (Terindeks & Dofollow)

Seperti mempunyai motor besar namun tidak pernah dibunyikan suara knalpot berisiknya, seperti mempunyai cincin bermata intan berlian namun tidak pernah dipakai saat sedang kondangan, begitulah gambaran simpel dari tautan yang tidak terindex. Siapa yang akan tahu jika anda memiliki benda-benda yang memang dibeli untuk dipakai dan dipamerkan tersebut?

Sebab meski Google sangat rajin dalam melakukan crawling web dan tautan setiap saat, ada kalanya ia melewatkan berbagai tautan penting milik anda. Padahal, hampir seluruh tools SEO hanya mampu melihat nilai dari kumpulan backlink yang terindex saja. Backlink yang tidak terindex berarti tidak terlihat dan sesuatu yang tidak terlihat maka dianggap tidak ada. Maka sebaik apapun backlinks yang anda miliki, jika ia tidak terindex, menjadi tidak bergunalah itu barang.

Dan agar tautan dapat terindex, untuk kesekian kalinya, anda fokuslah hanya pada backlinks dari situs berkualitas yang biasanya cepat diindex oleh Google. Jika perlu, anda gunakan layanan backlink indexing pihak ketiga seperti contohnya Backlinksindexer, Linklicious, Lindexed dan lain sebagainya. Bagi anda yang menggunakan jasa SEO, garansi backlinks terindex bisa menjadi salah satu indikator layanan yang berkualitas.

Selanjutnya, backlinks yang juga dianggap baik serta memiliki nilai yaitu yang memiliki atribut dofollow, yang berarti boleh mengizinkan Google untuk mengikutinya. Kebalikan dari atribut ini yaitu nofollow yang berarti tidak mengizinkan Google untuk mengikutinya.

 

Backlinks SEO berkualitas tinggi
IDwebhost

 

Ia tetap memperhitungkan nofollow untuk bisa mendapatkan rangking dan tidak sedikit orang yang berkata bahwa link dofollow dan nofollow sama pentingnya dan merupakan salah satu cara supaya dapat terverifikasi. Kami sendiri menyarankan Anda untuk memberikan prioritas bagi tautan dofollow, Tetapi jika memang Anda bisa mendapatkan tautan nofollow, maka itu tidak menjadi suatu masalah, terutama  yang berhubungan dengan tautan dari social media.

3. Relevant & Trusted (Relevan & Tepercaya)

Backlinks relevan adalah hal yang sangat penting bagi Google yang selalu terobsesi dengan yang relevan. Relevan berarti berasal dari blog yang memiliki niche mirip atau menyerupai, Anda tidak ingin memiliki link untuk blog rumah milik anda dari situs lain yang sama sekali tidak berhubungan, misalnya seperti software game atau fashion Remaja.

Selain itu, Backlinks juga harus ada pada blog yang terpercaya, bukan seperti spammy web atau dummy blog yang mencurigakan. High authority website merupakan yang terbaik, lalu web berdomain TLD yang memiliki parameter bagus untuk indexing, konten, alexa rank, traffic, domain authority dan lainnya.

Faktor lainnya yang juga menentukan tingkat kepercayaan dan nilai dari sebuah backlinks yaitu jumlah keseluruhan outbound links yang terdapat pada website yang dapat memberikan backlinks kepada kita. Semakin besar angkanya, maka akan semakin kecil nilainya.

Faktor ini disebut sebagai OBL (outbond links) score dengan logika bahwa jika sebuah situs yang memiliki terlalu banyak link keluar (ke situs lain) yang tidak diimbangi dengan link yang masuk (dari situs lain), maka nilai link juicenya menjadi kecil, ini karena terdistribusi ke banyak tempat. Bandingkan seperti daya hancur sebuah meriam pada sebuah bangunan dengan menggunakan ketapel-ketapel kecil yang ditembakkan ke banyak target sasaran.

4. Non-Reciprocal (Non-Timbal Balik)

Reciprocal berarti bolak-balik, dan reciprocal link merupakan jenis link dimana sebuah situs memberikan link kepada situs lain yang memberikan link balik. Saling memberi. Biasanya link semacam ini diperoleh melalui forum yang menyediakan wadah atau tempat untuk bertukar link atau link exchange yang cukup ramai diikuti oleh para pemilik website.

Sayangnya, reciprocal link merupakan jenis termasuk link yang tidak disukai oleh Google dan secara prinsip tidak memberikan manfaat yang signifikan. Bukti dari ketidaksenangan Google terhadap reciprocal link yaitu tenggelamnya situs-situs blog directory yang dahulu sangat populer dan menjadi salah satu rekomendasi wajb dari offpage seo seperti Blogtoplist, Bloggeries, Technorati, Ontoplist dan lainnya.

Hampir seluruh blog directory diatas mensyaratkan reciprocal link sebelum situs anda dapat masuk dalam daftar mereka dengan cara meletakkan button, yang biasanya disebut sebagai “chicklet” yang akan mengarah ke situs mereka di situs kita. Adapun kebalikan dari reciprocal link yaitu non reciprocal link atau biasanya juga disebut sebagai one way link. Inilah jenis yang akan anda cari untuk backlink anda.

 

Backlinks SEO terbaik
IDwebhost

5. Diversified (Beraneka Ragam)

Sebuah entitas belum dapat dimasukkan dalam kategori luar biasa sebelum la mendapatkan pengakuan dari banyak pihak. Begitu pula dengan blog. Untuk memaksimalkan backlinks dalam offpage SEO, anda membutuhkan keanekaragaman dan diversifikasi.

Cara untuk mewujudkannya bisa dengan bermacam-macam, mulai dari diversifikasi TLD (com, net, org dil, hosting (ip dan lokasi), anchor text, hingga platform. Paling terakhir adalah jenis yang paling penting untuk dimainkan.

link berkualitas bisa datang dari forum, online shop, aged web 2.0, sosial media, dan lainnya. Semakin bermacam-macam backlinks yang masuk ke web anda, maka akan semakin diakui web tersebut dan Trafficny akan semakin tinggi.

Baca Juga : Cara Mengoptimalkan SEO pada Web anda

Kesimpulan

Itulah penjelasan singkat dari IDwebhost mengenai Kriteria Backlinks Berkualitas Tinggi Untuk Keperluan SEO web anda. Dengan anda menerapkan 5 kriteria diatas, tentu anda akan mudah untuk bisa mendapatkan backlinks yang berkualitas.

IDwebhost akan secara rutin untuk membagikan berbagai konten berkualitas yang dapat mengedukasi para pembaca mengenai pengembangan website dan bisnis terkini. Selain itu, IDwebhost juga menyediakan berbagai jasa semacam jasa domain murah dan hosting berkualitas, jasa pembuatan toko online, jasa dedicated server hosting, dan lain sebagainya yang tentunya bergaransi selama 30 hari pemakaian pertama. Semoga artikel diatas bermanfaat ya!

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.