Kriptografi Adalah: Begini Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya

25 Jul 2023
Kriptografi Adalah: Begini Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya campaign-unlimited

Kriptografi adalah bagian dari cyber security yang berfungsi untuk melindungi data-data penting dari sebuah instansi maupun perusahaan. Cara kerja kriptografi tidak lain dengan mencegah data-data penting dibaca oleh pihak-pihak yang tidak bekepentingan dan tentunya dari ancaman cyber crime.

Kriptografi menjaga kerahasiaan informasi menggunakan kode. Jika kamu tertarik untuk bekerja di bidang cyber security, pastikan kamu mengetahui selengkapnya tentang kriptografi dari ulasan ini, ya. Yuk, langsung saja menuju pembahasan di bawah ini!

Apa Itu Kriptografi?

Seperti yang sudah sedikit dibahas sebelumnya, kriptografi adalah metode yang digunakan untuk menjaga kerahasiaan informasi. Menurut Kaspersky, metode kriptografi ini diterapkan dalam saluran informasi sehingga informasi hanya akan diketahui oleh pengirim dan penerima.

Penulisan informasi dengan metode kriptografi menggunakan kode yang hanya dapat dibaca oleh pembaca dengan akses khusus. Untuk melakukan tugasnya ini, kriptografi menggunakan teknologi enkripsi. Kriptografi sebenarnya sudah cukup umum diketahui dan dibaca oleh para programmer.

Istilah kriptografi pada dasarnya diambil dari bahasa Yunani kuno. Kriptografi terdiri atas dua kata yakni, kryptos yang berarti tersembunyi dan graphia yang artinya tulisan. Teknik ini pertama kali diperkenalkan oleh Julius Caesar untuk mengirimkan pesan rahasia ke pasukannya.

Sejak saat itu, kriptografi semakin banyak digunakan untuk kepentingan intelijen. Kini, kriptografi bahkan digunakan sebagai salah satu metode keamanan untuk melindungi informasi digital berupa transaksi kartu kredit, informasi dalam email, penjelajahan di internet, dan sebagainya.

Fungsi Kriptografi

Pengertian kriptografi adalah

Di tengah tingginya ancaman peretasan saat ini, kriptografi adalah salah satu metode keamanan yang dapat diaplikasikan untuk melindungi berbagai data digital. Berikut ini adalah beberapa fungsi kriptografi:

1. Meningkatkan Privasi

Sistem komunikasi yang menerapkan teknologi kriptografi dapat meningkatkan privasi keamanan data dari penggunanya. Dalam penerapannya, kriptografi menekankan beberapa aspek yang meliputi:

  • Authentication. Bentuk penekanan aspek ini ialah dengan diberlakukannya identifikasi data yang diperoleh untuk memastikan keasliannya.
  • Confidentiality. Aspek ini menjamin keamanan data-data agar dapat diakses oleh pihak tertentu saja.
  • Nonrepudiation. Kriptografi akan mencegah pihak pengirim maupun penerima untuk mengingkari pengiriman maupun penerimaan pesan.
  • Integrity. Aspek ini menjamin pesan sampai di tangan penerima tanpa adanya bagian yang kurang, rusak, diganti, diduplikasi, diberi tambahan, atau diubah urutannya.

2. Memfasilitasi Enkripsi dan Dekripsi

Kriptografi menggunakan teknologi enkripsi untuk mengamankan data-data penting. Enkripsi adalah penyembunyian data dengan cara mengubah plain text menjadi chiper text. Sementara sebelum diterima, pesan akan melalui proses dekripsi untuk memahami data dalam chiper text menjadi plain text agar dapat dipahami oleh manusia.

3. Menyembunyikan Data Sensitif

Algoritma kriptografi bekerja dengan menyembunyikan data menggunakan sistem kunci. Dengan begitu, data-data sensitif dapat terjaga kerahasiaannya dan tidak akan diketahui oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan.

Jenis-jenis Metode Kriptografi

Sebagai metode perlindungan kerahasiaan data, kriptografi terbagi atas beberapa jenis. Adapun beberapa jenis kriptografi adalah sebagai berikut ini:

1. Symmetric Key

cara kerja kriptografi

Jenis ini memungkinkan penerima dan pengirim pesan untuk menggunakan satu kunci guna melakukan enkripsi dan dekripsi. Metode ini menggunakan standar algoritma AES atau Advanced Encryption System.

Pendekatan dengan kriptografi jenis ini dinilai lebih efisien lantaran memiliki kecepatan yang lebih baik dibandingkan dengan metode lainnya. Beberapa symmetric key yang banyak digunakan antara lain seperti Data Encryption System, IDEA, Stream Chiper, Blokir Sandi, RC2, dan Blowfish.

2. Hash Function

Berikutnya, hash function kriptografi adalah jenis metode yang memanfaatkan persamaan matematika. Dengan adanya persamaan matematika ini, hash function tidak memerlukan kunci apapun.

Hal ini juga berkaitan dengan sistem hash function yang menyesuaikan fungsinya untuk skenario pengiriman data satu arah  saja. Dengan begitu, jenis ini bekerja dengan menggunakan nilai numeric dan merangkum informasi. Selanjutnya, rangkuman informasi tersebut dikirimkan lengkap dengan penjelasannya kepada penerima.

3. Public/Asymmetric Key

Terakhir, jenis kriptografi ini menggunakan dua kunci yang berkaitan. Kedua kunci ini disebut dengan public dan private key. Kunci public dan private dipasangkan dan digunakan untuk membuka akses ke informasi dalam sebuah pesan.

Public key umumnya didistribusikan secara bebas. Akan tetapi tidak perlu khawatir, public key tetap bisa menjaga kerahasiaan data berkat dipasangkan dengan private key. Sebab kerjanya yang berpasangan ini, kebanyakan user bahkan menilai asymmetric key lebih aman dibandingkan dengan symmetric key.

Dalam penerapannya, metode ini menggunakan standar algoritma RSA. Di samping itu, ada beberapa jenis metode lain yang juga cukup umum digunakan. Antara lain seperti Elliptic Curve Techniques, DSA, dan PKC.

Cara Kerja Kriptografi

Sekarang kamu sudah mengetahui kriptografi adalah metode keamanan yang menggunakan kunci dan kode dalam praktiknya. Lalu, bagaimana dengan cara kerja kriptografi? Apa saja algoritma yang digunakan dalam penerapannya?

Cara kerja kriptografi mengandalkan fungsi algoritmanya yakni enkripsi, dekripsi, dan kunci. Semula informasi dituliskan dalam bentuk teks biasa atau bisa juga disebut dengan plain text. Plain text ini selanjutnya diberikan enkripsi untuk menyembunyikan isi informasi dan mengubahnya menjadi chiper text.

Chiper text inilah yang selanjutnya dikirimkan ke penerima. Namun, sebelum diterima, chipper text melalui proses dekripsi terlebih dahulu. Dalam proses ini, informasi kembali dijelaskan dan diubah menjadi plain text. Dengan begitu, penerima akan menerima informasi yang bisa mudah dipahami dalam bentuk plain text.

Contoh Kriptografi

Kini tidak sedikit aplikasi yang sudah menerapkan metode kriptografi. Beberapa di antaranya bahkan mungkin sering kamu gunakan, lho.

1. WhatsApp

Pengguna WhatsApp pasti sudah tidak asing dengan pemberitahuan “Pesan dan panggilan diamankan dengan end-to-end encrypted.” Pemberitahuan ini memberitahukan bahwa pesan dan panggilan yang kamu lakukan atau terima telah melalui proses enkripsi.

Protokol enkripsi pada WhatsApp ini bertugas untuk melindungi keamanan data user. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika pesan atau panggilanmu dibaca atau didengarkan oleh pihak ketiga. WhatsApp bahkan juga menggunakan sistem kunci enkripsi sekali pakai.

Sistem ini mengamankan perangkat dari penyusupan secara fisik. Kunci enkripsi perangkatmu tidak dapat digunakan kembali untuk mendekripsikan pesan yang sebelumnya sudah dikirimkan.

2. Wickr Me

Contoh berikutnya adalah Wickr Me. Sudah pernah mendengarnya? Ini merupakan sebuah aplikasi pesan yang menawarkan layanan pesan untuk keperluan pribadi maupun bisnis dengan fasilitas keamanan yang premium. Kini, Wickr sudah diakuisisi oleh perusahaan raksasa, Amazon.

Kamu dapat mengirimkan pesan, suara, maupun melakukan panggilan video ke 70 pengguna. Wickr menawarkan fitur keamanan yang hebat, meliputi screenshot protection, anonymous sign up, third-party keyboard blocking, dan tentunya end-to-end encryption.

Kesimpulan

Kriptografi adalah metode perlindungan data penting yang memanfaatkan teknologi keamanan berupa kunci dan enkripsi. Fungsi dari kriptografi meliputi pencegahan data sensitif dibaca oleh pembaca tidak berkepentingan, memastikan data yang diterima asli, dan melakukan enkripsi serta dekripsi informasi.

Demikian pembahasan tentang kriptografi ini. Penerapan kode rupanya dapat membantu mengamankan data penting terutama dalam transaksi digital yang berisiko untuk disusupi dan diretas pihak tidak bertanggung jawab.

Untuk memastikan keamanan websitemu, gunakan layanan hosting terpercaya dari IDwebhost, ya. Ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Yuk, mulai pelajari pilihan layanan kami selengkapnya!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022