Konten Disukai Pembaca? Ini 8 Tips Membuatnya!
Blog Tips Keren

Konten Disukai Pembaca? Ini 8 Tips Membuatnya!

Tersebarnya penyedia jasa domain yang murah memang sangat membantu para blogger untuk punya domain mereka sendiri. Para blogger kini tak perlu memakai blog gratisan. Akhirnya mereka pun bisa mendapatkan uang dari website mereka melalui adsense atau sejenisnya. Tapi tentunya para blogger tahu apa yang bisa membuat website mereka menghasilkan uang. Traffic yang ramai dari website tersebut. Lalu bagaimana caranya agar sebuah website punya konten yang disukai para pembaca. Bagaimana caranya membuat konten disukai pembaca?

Ada banyak cara untuk bisa melakukan hal tersebut. Satu hal yang perlu kamu tahu adalah bahwa warga net sangat membutuhkan konten yang berkualitas. Sekarang ini bisa dibilang masyarakat kita sebagian besar sudah mulai dewasa menggunakan internet. Sebagian dari mereka hanya akan mau membaca konten yang bagus dan kredible. Dengan begitu, jika ingin mendapatkan traffic, maka konten disukai pembaca adalah hal yang mutlak.

Warga net sekarang suka dengan hal-hal yang memiliki banyak informasi, pengetahuan, tips and trick, atau langkah-langkah yang membantu mereka memecahkan persoalan. Tapi selain itu, apa saja yang harus dilakukan untuk membuat konten disukai pembaca? Apa saja cara untuk membuat konten disukai pembaca? Berikut 8 tips untuk membuat konten disukai pembaca;

1. Tulislah Konten Secara Alami

Sebagai seorang penulis, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menulis dengan alami. Maksud dari alami disini adalah kamu menulis konten tidak berlebihan. Hal yang terpenting dalam menulis konten ini adalah mengejar SEO. Karena nantinya setelah kamu menulis artikel secara alami, artikel tersebut tetap harus dioptimasi dengan robot Search Engine. Robot Search Engine disini maksudnya adalah membuat Google mengindex artikel yang kamu tulis sehingga artikel tersebut akan lebih mudah masuk ke mesin pencari.

Konten Disukai Pembaca
Konten Disukai Pembaca

2. Jangan Terpatok Pada Density Keyword

Banyak sekali penulis artikel SEO yang memusingkan density keyword. Ada beberapa pihak yang menduga bahwa density itu 1%-2.5% untuk tiap artikelnya. Tapi ada beberapa pihak juga yang mengatakan bahwa google tidak pernah menyebutkan berapa seharusnya keyword atau density yang baik. Nyatanya memang angka itu muncul dari plugin SEO yang sering dipakai seperti Yoast dan lain sebagainya. Karena itulah, yang terpenting bagi kamu yang menulis artikel adalah menambahkan keyword yang relevan. Untuk soal density, berlakukan density yang sewajarnya saja. Jika memang sulit untuk mengetahui angkat sewajarnya itu berapa, maka mengikuti sistem plugin SEO bisa menjadi pilihan. Meski begitu kamu tetap fokus pada konten yang kamu buat. Buatlah konten disukai para pembaca, entah dari segi tema, atau penulisannya.

3. Gunakan Keyword yang Relevan

LSI atau Latent Semantic Indexing merupakan sebuah mesin pencari yang tugasnya menghubungkan satu keyword ke keyword lainnya yang masih relevan. Kamu bisa menggunakan prinsip LSI ini untuk membuat konten disukai para pembaca dan viral. Gunakanlah keyword-keyword yang relevan. Gunakan juga variasi kata kunci sehingga semakin relevan dan konten disukai pembaca.

4. Pilih Topik yang Berkualitas Agar Konten Disukai Pembaca

Tips selanjutnya untuk membuat konten disukai para pembaca adalah dengan memilih topik yang menarik dan berkualitas. Pilihlah konten-konten dengan topik yang aktual dan detail. Pastikan kamu menulis konten tersebut dengan detail dan tidak sepenggal-sepenggal. Semakin detail dan informatif konten yang kamu tulis, maka pembaca akan semakin menyukainya. Selain itu akan muncul kesan di pembaca bahwa kamu adalah penulis atau blogger yang berkualitas.

 

Konten Disukai Pembaca
Konten Disukai Pembaca

5. Gunakan Long Tail Keywords

Biasanya, judul konten yang memiliki jumlah kata yang panjang lebih menguntungkan dari pada konten dengan judul yang terlalu pendek. Biasanya judul yang memiliki keyword yang panjang akan lebih sedikit dari pada keyword yang singkat dan hanya 1 kata saja. Nyatanya konten yang memiliki keyword yang panjang posisinya lebih baik dari pada yang memiliki keyword yang hanya 1 kata atau terlalu singkat. Tapi, menurut plugin SEO Yoast, maksimal jumlah kata dalam Keyword yang dianjurkan adalah 4. Jika melebihi, menurut plugin ini tidak akan terlalu bagus untuk SEO artikelmu.

6.  Respon Sesering Mungkin Pembacamu

Ketika websitemu akhirnya memiliki pembaca setia, maka kamu harus siap memberi respon kepada para pembaca setiamu. Misalnya kamu punya website jualan, maka kamu harus siap menjawab komentar atau pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari para pelanggan atau pembaca setiamu. Respon ini juga dilihat oleh Google dan bisa menjadi salah satu alasan yang membuat websitemu berada diperingkat teratas dan disukai para pembaca.

 

Konten Disukai Pembaca
Konten Disukai Pembaca

7. Beri Kemudahan Untuk Nge-Share

Share adalah kunci untuk mendapatkan pengunjung lebih banyak. Maka dari itu, ketika kamu ingin pembacamu suka dengan konten yang kamu buat, berikan mereka akses untuk bisa membagikannya. Bayangan, ketika seseorang suka dengan artikelmu, tapi tidak bisa menemukan tombol share, pasti akan BT kan? Itu pasti akan membuat pembacamu tidak suka dengan kontenmu meskipun bagus. Karena itulah, “pelihara”lah pembacamu dengan baik dengan memberikan tombol ke medsos agar artikelmu bisa disebarkan secara luas. Toh juga tidak ada ruginya untukmu kan?

8. Gunakan Sosmed

Cara terakhir untuk membuat kontenmu disukai oleh para pembaca adalah dengan menggunakan sosmed dengan maksimal. Sosmed disini banyak sekali yang bisa kamu pakai. Misalnya kamu bisa menggunakan Facebook, membuat fan page. Atau kamu juga bisa membuat akun Instagram, twitter, Google+ atau LinkedIn. Bahkan menurut beberapa orang Google+ itu punya peran yang cukup besar dalam SEO. Menurut berita yang beredar, ketika kamu menggunakan G+ kamu punya kesempatan mendapatkan Author Rank dan terhubung dengan pengguna Google+ yang lain. Meski begitu berita tersebut mungkin salah karena Google+ yang dikabarkan akan tutup seperti Path. Tapi mumpung belum tutup, masih bisa digunakan semaksimal mungkin untuk websitemu kan?

Konten-Disukai-Pembaca-04

Delapan cara di atas akan membuat konten disukai para pembaca. Setelah disukai pastinya websitemu akan berada di peringkat teratas pada mesin pencari. Semakin tinggi peringkat websitemu maka pembacamu akan lebih banyak lagi. Ketika kamu memiliki pembaca yang banyak, nantinya kamu bahkan bisa menguangkan websitemu dengan meletakkan beberapa iklan dari Google Adsense. Ketika traffic websitemu cukup tinggi, kamu juga bisa mengajukan proposal ke beberapa produk untuk mendukung websitemu dengan barter backlink atau promo di websitemu. Website yang sudah memiliki pembaca setia, traffic yang bagus dan peringkat yang baik di mesin pencari menjadikannya “perusahaan” yang bisa menghasilkan uang untukmu. Siapa yang tidak mau mendapatkan uang dari website yang ia tulis?

Nah, agar makin kredibel dan mendapatkan banyak pembaca, jangan lupa untuk membeli domain untuk websitemu itu. Dengan memiliki nama website sendiri pastinya kamu akan lebih dipercaya oleh banyak orang dan para pembacamu akan semakin banyak dan traffic semakin tinggi. Selamat mencoba!