Konsep Digital Marketing Dalam Bisnis Online
Blog Digital Marketing Konsep Digital Marketing Dalam Bisnis Online

Konsep Digital Marketing Dalam Bisnis Online

Perkembangan teknologi menjadikan banyak perubahan,  salah satunya dalam hal pemasaran. Jika dulu kita lebih banyak melakukan serangkaian pemasaran secara daring dengan mengandalkan konsep konvensional atau pemasaran tradisional. Saat ini, konsep pemasaran telah beralih, atau menambah satu saluran yaitu digital. Nah, seperti apa sih konsep digital marketing dalam bisnis online? Kita akan bahas dalam artikel kali ini.

Apa itu Digital marketing? Digital marketing adalah serangkaian aktivitas pemasaran menggunakan media digital. Model pemasaran ini dapat bekerja jika sarana pemasaran online telah terpenuhi seperti telah mempunyai website bisnis atau website toko online, memiliki akun marketplace, sosial media, dan berbagai platform pendukung lainnya. Jika hal tersebut tidak atau belum Anda miliki, maka digital marketing tidak mampu mencapai tujuan pemasaran yang optimal.

Seperti Apa Konsep Digital Marketing

Seperti Apa Konsep Digital Marketing

Bagi Anda yang telah melakukan serangkaian pemasaran digital, mungkin Anda sudah menjalankan berbagai strategi dan sudah memiliki gambaran atau konsep digital marketing versi Anda. Nah, apa yang akan kita uraikan dalam konsep berikut  adalah konsep dasar dalam membuat digital marketing. Dengan kita memahami konsep digital marketing, akan lebih mudah dalam menjalankan pemasaran digital untuk bisnis online kita. Apa saja konsep dasar digital marketing, berikut uraiannya:

Menemukan Pelanggan Baru

Ketika Anda mulai memasuki pemasaran digital, maka pertama yang harus Anda lakukan adalah menemukan pelanggan baru. Jika sebelumnya dalam pemasaran konvensional Anda hanya menjangkau satu wilayah terdekat. Dengan Anda mulai menggunakan bisnis berbasis online, maka pasar Anda menjangkau wilayah lebih luas. Ini berarti ada ceruk pasar baru, ada segmen baru.

Maka, Anda harus dapat menemukan pelanggan baru Anda, terdapat berbagai strategi untuk melakukan ini. Namun pada dasarnya, kita bisa memilih terlebih dahulu melalui saluran digital apa kita akan hadir dan menemukan pelanggan baru? Apakah dengan menggunakan website bisnis? Membuat sosial media bisnis?

Sebagai contoh ketika kita memilih menggunakan sosial media, maka kita akan menemukan banyak akun di sosial media. Akun-akun tersebut berpotensi untuk menjadi pelanggan dari bisnis online kita, selama kita mampu menawarkan dan melakukan pendekatan. Tentu saja semua bisa Anda kerjakan dengan menggunakan strategi digital marketing yang tepat.

Menjual Produk Melalui Website atau Aplikasi

Menjual Produk Melalui Website atau Aplikasi

Anda telah memiliki strategi untuk menemukan pelanggan baru! Ke mana pelanggan baru ini akan Anda arahkan? Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan keberadaan website atau aplikasi.

Digital marketing akan berjalan optimalkan dengan menjadikan website atau aplikasi yang dimiliki sebagai saluran atau wadah pembelian produk. Website toko online bisa menjadi etalase, sekaligus kemudahan bagi pembeli dalam bertransaksi.

Untuk itu, menjadi penting bagi pengelola bisnis online untuk memiliki website yang mumpuni. Jangan sampai orang yang berkunjung ke website Anda menjadi kecewa karena website Anda berantakan. Untuk itu Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website profesional, ini pilihan yang baik, di banding Anda harus membuka lowongan pekerjaan khusus pembuatan website.

Kemudian, website Anda juga harus menggunakan infrastruktur yang mendukung. Misalnya Anda perlu menggunakan hosting yang berkualitas, tujuannya agar website Anda berjalan lancar tanpa hambatan. Nah, mendukung pengelola bisnis online seperti Anda, IDwebhost memiliki paket hosting murah yang bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan pembuatan website Anda.

Membuat Iklan

Masih banyak pelaku usaha yang sudah merambah pemasaran online namun tidak melakukan optimasi dengan membuat iklan yang serius. Banyak yang masih beranggapan bisnis online semudah, foto, upload dan tunggu pembeli. Padahal, perlu serangkaian strategi, salah satunya adalah dengan membuat iklan digital.

Untuk iklan ini, Anda tidak selalu harus menggunakan iklan berbayar, Anda bisa menggunakan iklan organik dari saluran pemasaran yang Anda miliki. Nah, dalam digital marketing dengan Anda rajin membuat iklan maka dapat menjangkau audience Anda yang tertarget.

Sebagai contoh, ketika Anda menggunakan strategi sosial media marketing, kemudian Anda memilih Facebook, lalu membuat iklan berbayar di Facebook. Pada dasarnya iklan Anda akan terarah dan tertarget, sehingga promosi Anda akan menemukan orang yang tepat. Mengapa demikian? Karena Facebook telah memiliki data ketertarikan dari setiap penggunanya, dan data ini yang digunakan untuk menawarkan iklan Anda nantinya.

Memahami Pelanggan

Seperti halnya bisnis offline yang menekankan pada pelayanan prima, begitu juga dalam bisnis online. Anda harus bisa memahami pelanggan Anda dengan baik. Apa yang menjadi ketertarikan dari pelanggan Anda, bagaimana umpan balik dari pengalaman menggunakan produk Anda, dan berbagai hal lain terkait data yang Anda miliki.

Ketika kita menggunakan digital marketing, maka bisnis online kita akan lebih mengetahui apa yang disukai pelanggan. Pada dasarnya, telah tersedia berbagai fitur dalam digital marketing yang dapat Anda gunakan untuk melakukan analisis tingkah laku pelanggan, menentukan iklan mana yang sering mereka buka dan menghasilkan lebih banyak konsumen baru.

Lakukan Analisis dan Evaluasi

Ketika memulai digital marketing, maka kemampuan Analisis data menjadi sesuatu yang harus Anda kuasai. Analisis pemasaran di bidang digital marketing akan sangat berguna dalam meningkatkan performa dari iklan yang dibuat. Pada dasarnya akan ada banyak metode dan tools riset yang dapat digunakan seperti melihat trend pasar menggunakan Google Trends, analisis data penjualan online, dan lain-lain.

Kemudian, dari setiap analisis ini Anda juga perlu melakukan evaluasi, apakah strategi iklan yang Anda lakukan sudah tepat, berapa capaian Anda dari waktu ke waktu, apakah menunjukkan pertumbuhan yang baik, atau sebaliknya. Dengan Anda melakukan evaluasi maka konsep strategi digital marketing Anda akan lebih matang.

Persiapan Memulai Digital Marketing

Persiapan Memulai Digital Marketing

Anda telah memahami konsep digital marketing seperti yang telah kita bahas satu persatu di atas. Nah, ada persiapan dalam memulai digital marketing, pembahasan ini sebagai tambahan informasi bagi Anda dalam memulai digital marketing. Sehingga konsep digital marketing dapat Anda jalankan dengan baik.

Sebelum Anda memulai rangkaian digital marketing, Anda perlu untuk memahami terlebih dahulu persiapan dalam memulai digital marketing. Ini menjadi penting agar Anda memiliki target yang jelas, apa lagi bagi Anda yang baru akan memulai atau merambah saluran pemasaran ini. Banyak orang yang saat memulai melupakan model atau konsep marketing secara umum.

Baik Anda akan menjalankan model digital atau konvensional pertama-tama Anda perlu menentukan target dan tujuan pasar Anda dalam rencana  pemasaran produk baik itu barang atau jasa.  Dua hal ini menjadi bagian utama dalam strategi pemasaran bisnis Anda nantinya. Selengkapnya sebagai berikut:

1. Apa Target Anda?

Pertama mari Anda jawab apa target Anda? Jawaban ini dapat Anda gunakan untuk mengetahui apa strategi yang Anda perlukan dan terapkan dalam digital marketing Anda. Jika Anda tidak mengetahui tujuan Anda, maka strategi yang akan Anda gunakan pun akan tidak jelas. Menjadi sangat penting Anda membuat list jawaban atas pertanyaan apa target Anda?

Dalam digital marketing, berbagai target atau tujuan akhir akan berbeda-beda, tergantung strategi dan target perusahaan Anda. Sebagai contoh, Anda bertujuan untuk mendorong klik ke website Anda, mendapat konversi atau prospek,  meningkatkan penjualan, meningkatkan pendapatan, atau meningkatkan laba atas investasi (ROI) tertentu. Apa target Anda?

2. Siapa Target Pasar Anda?

Anda telah membuat lis jawaban apa target Anda? Sekarang setelah Anda mengetahui tujuan yang hendak Anda capai dari digital marketing, maka Anda perlu mengidentifikasi kepada siapa Anda harus melakukan pemasaran? Siapa target pasar Anda? Menjawab ini sangat penting, karena pasar yang berbeda membutuhkan strategi yang berbeda.

Sebagai contoh, Anda ingin meningkatkan penjualan, maka Anda menentukan target pasar Anda adalah usia pekerja. Alasannya karena usia ini yang memiliki uang untuk membeli produk Anda, lalu kita akan bicarakan seperti apa kriteria dari calon target pasar Anda ini. Apakah mereka berada di sosial media? Atau mereka dapat ditarik melalui mesin pencari?

Kesimpulan Konsep Digital Marketing

menentukan Target Pasar Bisnis Online

Perkembangan teknologi harus bisa kita ikuti  dan manfaatkan untuk tujuan kita, utamanya bagi Anda yang menjalankan bisnis. Anda sudah seharusnya dan menjadi wajib untuk mulai memadukan antara model pemasaran offline dan pemasaran online. Ini penting, karena tidak harus meninggalkan model konvensional untuk memulai digital.

Konsep digital marketing sering kali terlupakan oleh pelaku bisnis. Padahal ini menjadi dasar sebelum memulai digital marketing. Jika konsep yang kita gunakan salah, maka tujuan akhir kita juga akan tidak tepat. Dan jangan lupa, Anda membutuhkan kehadiran bisnis Anda secara terus menerus dalam dunia digital, salah satunya adalah dengan memiliki nama bisnis Anda secara digital.

Nama bisnis Anda menjadi penting untuk ada dalam dunia digital seperti saat ini, jangan sampai nama bisnis Anda digunakan oleh orang lain. Untuk itu Anda bisa memulai dengan mendaftarkan nama bisnis Anda menjadi domain website bisnis Anda. Nah, kabar baiknya Anda bisa mendapatkan nama domain murah dari layanan IDwebhost.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Konsep Digital Marketing Dalam Bisnis Online, semoga pembahasan ini bermanfaat dan menjadi referensi bagi Anda. Untuk menambah wawasan Anda terkait digital marketing Anda bisa membaca berbagai artikel mengenai digital marketing hanya di Blog IDwebhost. Terima kasih telah membaca, salam Ari IDwebhost.