Konsep Desain Logo, Hal Yang Harus Diperhatikan
Blog Tips Keren Konsep Desain Logo, Hal Yang Harus Diperhatikan

Konsep Desain Logo, Hal Yang Harus Diperhatikan

Konsep desain logo dalam sebuah bisnis merupakan sebuah identitas yang bisa dibilang sangat penting untuk keberadaannya. Dengan adanya sebuah logo perusahaan atau bisnis nantinya akan dapat memberitahukan kepada pelanggan mengenai identitas dirinya. Namun, yang sering terjadi adalah dengan menggunakan logo nantinya akan menjadikan perusahaan atau bisnis tersebut menjadi trending atau iconic dari sebuah brand produk.

Dalam membuat sebuah logo, tidak bisa dibuat dengan cara asal-asalan. Perlu adanya komposisi dalam pembuatan sebuah logo tersebut, bisa dilihat dari sisi eye catching ataupun sisi brandingnya. Dengan adanya sebuah logo yang menarik untuk pelanggan, tentu pelanggan akan jauh lebih percaya dan juga tertarik untuk segera membeli produk.

Pengertian Konsep Desain Logo

konsep desain logo

Logo adalah sebuah gambar atau sketsa yang dalam pembuatannya mempunyai tujuan agar dapat mengenalkan sebuah brand, perusahaan, daerah ataupun organisasi. Pembuatan konsep desain logo untuk perusahaan sendiri, tentunya akan dapat meningkatkan daya tarik terhadap masyarakat. Maka dari itu, pentingnya sebuah konsep desain logo untuk produk yang sudah dibuat selalu mempunyai tujuan agar dapat menarik minat dan perhatian calon pembeli dan bahkan calon investor agar memberikan dana yang lebih diminati oleh masyarakat.

Hal Yang Harus Diperhatikan dalam Konsep Desain Logo

  1. Selalu menggunakan visual double entedre

Beberapa logo yang ada, sudah memanfaatkan teknik yang dikenal dengan Visual Double Entedre. Yang berarti mempunyai dua gambar yang kemudian dibungkus menjadi satu, dikemas melalui konsep atau ide cerdas yang dimiliki. Contohnya adalah logo yang mengambil bentuk mirip dengan sebuah paku yang artinya menunjukan sebuah lokasi atau tempat. Namun, terlihat juga bahwa seperti terdapat sebuah gelas anggur yang ditempatkan dengan terbalik. Konsep desain logo menggunakan teknik tersebut, akan mendatangkan ide yang mengesankan. Sebagian orang tentu menyukai sebuah permainan pikiran kecil yang bisa Anda mainkan dan juga akan membuat menghargai sebuah desain.

  1. Warna selalu menjadi Unsur Penting dalam Konsep Desain Logo

konsep desain logo

Palet warna selalu menjadi salah satu pertimbangan yang paling penting dalam konsep desain logo. Sebenarnya, ini merupakan bukan keputusan yang dankal, apalagi warna akan membawa makna dan juga sanggup dalam mengkomunikasikan berbagai ide. Namun, kadang Anda juga dipatok dengan warna dari merk produk Anda. Namun, aka nada waktunya ketika Anda mempunyai kebebasan dalam mengeksplorasi.

  1. Konsep Desain Logo, Selalu hindari Klise

Desain logo akan datang dengan bermacam-macam mode, setiap tahun. Namun, ada baiknya jika Anda juga perlu berfikir untuk menanggulangi penggunaan ide yang sama dengan berulang-ulang. Sebenarnya pola dasar dari sebuah logo, sering dijumpai dimanapun. Sehingga akan sering muncul pertanyaa, mengapa sebuah konsep desain logo tidak menggunakan ide yang lahir dari diri sendiri? Jawabannya adalah karena akan lebih baik jika dibandingkan dengan mengambil karya orang lain. Anda juga harus menghindari sebuah klise dalam ilmu desain. Sehingga Anda juga diharapkan dapat berekplorasi dengan menggunakan pikiran Anda dan tuangkan apa yang ada dalam kepala Anda pada sebuah desain.

  1. Kreasikan sesuai dengan kemampuan

Dibandingkan dengan mengikui sebuah kelompok dan menggunakan desain yang klise, akan lebih baik jika Anda berjuang sendiri untuk sesuatu yang unik dan juga mudah untuk dikenali. Contohnya adalah logo yang menyerupai sebuah kepala gajah dan tidak terlihat ada yang unik dari konsep tersebut. Tetapi jika diperhatikan secara detail, terdapat sebuah lekukan pada telinganya yang seolah-olah seperti sebuah lipatan pada kertas.

Ketika Anda mulai merancang sebuah logo, Anda juga harus mempertimbangkan keunikan desain Anda. Anda juga harus berfikir, apakah orang lain akan dapat menghasilkan sesuatu yang mirip dengan karya yang telah Anda hasilkan. Anda juga bisa mencoba beberapa ide dengan memulai membuat sebuah sktesa kasar sebelum akhirnya memilih desain yang cocok.

  1. Setiap Orang Menyukai Huruf Custom

konsep desain logo

Ketika Anda berada pada sebuah subyek yang unik, sudah bisa dipastikan bahwa hampir tidak ada yang bisa memberikan logo yang penilaian yang unik. Seperti halnya yang biasa diberikan oleh huruf custom. Jenis huruf custom yang ada tentu akan membantu Anda dalam memastikan apakah logo sudah cukup terlihat baik? Dan pasti ada seorang desainer yang dapat menirukan jenis huruf yang akan Anda gunakan dalam waktu yang sangat singkat. Tetapi membutuhkan keterampilan secara nyata agar dapat meniru jenis huruf custom. Yang perlu Anda ingat adalah walaupun logo Anda cukup dikenal banyak orang, akan selalu ada oknum yang mencoba untuk mematahkannya.

  1. Tetaplah sederhana

Sebenarnya, tidak semua orang dapat menerobos dunia bisnis dengan berbekal desain yang indah. Tetapi, jika Anda merasa tidak setuju dengan pernyataan ini, Anda tidak perlu takut untuk melangkah, karena sebenarnya tidak ada yang bisa mencegah Anda dalam membuat sebuah logo yang mengagumkan.

Tentunya, pada situasi ini selalu ingat bahwa kesederhanaan dalam sebuah logo yang kuat, akan dapat membuatnya menembus dunia bisnis dan juga akan selalu bisa membuktikan bahwa untuk bisa mendunia tidak harus dengan sesuatu yang mewah dan rumit.

  1. Selalu Pertimbangkan Proporsi dan Simetri

Sebenarnya, beberapa orang tentu akan terbawa pada sebuah diskusi tentang proporsi dan juga simetri. Contohnya, pada logo twitter. Jika Anda perhatikan, lingkaran memang tidak dapat digunakan agar bisa menyakinkan Anda tentang sebuah gambar burung yang tidak masuk akal. Tetapi, lingkaran tersebut akan digunakan sebagai panduang agar dapat membuat sebuah logo dengan cara seimbang terhadap kurva dan busur yang konsisten.

  1. Selalu pikirkan tentang ruang negative

Sepanjang jalur yang sama merupakan sebuah makna ganda yang artinya adalah trik dengan rentang usia lama yang memanfaatkan ruang negative dalam sebuah logo dengan cara yang cukup cerdas. Teknik ini tentunya digunakan oleh perusahaan pengiriman barang atau ekspedisi yang menggambarkan anak panah yang ada diantara huruf E dan X. Anda dapat mengamatinya pada logo FedEx. Ruang negative yang digunakan secara halus. Beberapa orang sudah berkali-kali melihat, namun tidak semua sadar bahwa ada tanda panah diantara 2 huruf terakhir tersebut.

  1. Pasif Vs Aktif

konsep desain logo

Salah satu aspek yang paling menarik dari konsep desain logo adalah konsep dalam menanamkan gerakan atau sebuah kegiatan yang akhirnya menjadi sebuah logo. Tentu saja hal ini memang selalu tidak tepat, namun akan dapat memberikan dorongan apa saja yang dibutuhkan, baik itu dari sudut pandang visual ataupun konseptual. Dalam setiap logo juga harus mempunya sebuah makna, atau cerita. Sehingga akan jauh lebih bermakna dari hanya sekedar sketsa. Tentu logo yang kuat akan dipenuhi dengan makna atau arti yang tampak maupun yang tersembunyi.

Bagi Anda yang bergelut dalam konsep desain logo mungkin klien Anda akan berfikir bahwa semua yang diinginkan adalah sesuatu yang sejuk dimata. Namun, yang Anda berikan malah logo yang mengikat pada nilai perusahaan. Sehingga Anda akan meniup pemikiran mereka agar tertarik dengan konsep desain logo karya Anda. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDwebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.