Cara Install Dan Konfigurasi Roundcube
Blog Tips Keren

Cara Install Dan Konfigurasi Roundcube

Cara install dan konfigurasi Roundcube akan memberikan kepada anda lebih banyak penerapan dan keuntungan yang bisa anda maksimalkan didalamnya dengan mudah dan tepat itu sendiri. Pada dasarnya anda akan mampu mencapai semua hasil yang signifikan dan mudah dengan menerapkan cara yang tepat itu sendiri. Dalam hal ini anda juga perlu tahu bahwa Roundcube itu sendiri ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman PhP yang bisa menjamin anda dalam mendapatkan semua yang dibutuhkan didalamnya dengan mudah dan tepat.

Apa Itu Roundcube?

Sekarang mari beranjak menerapkan apa itu roundcube itu sendiri. Pada dasarnya ini adalah sebuah aplikasi webmail yang berbasis IMAP. Dalam webmail yang satu ini, fitur yang terdapat didalamnya meliputi berbagai macam penggunaan Ajax yang menyediakan informasi spesifik terkait email dan juga lain sebagainya yang bisa anda pertimbangkan lebih lanjut untuk digunakan.

Kelebihan Dari RoundCube

Untuk bisa melangkah ke pembahasan mengenai cara install dan konfigurasi Roundcube, anda juga harus paham dulu apa saja kelebihan yang akan bisa anda terapkan dan dapatkan didalamnya. Semua itu akan mampu memberikan kepada anda lebih banyak keuntungan yang bisa anda capai dengan mudah dan spesifik itu sendiri. Berikut adalah lebih jelasnya mengenai kelebihan dan keutamaanya tersebut:

 

Cara Install Dan Konfigurasi Roundcube
idwebhost.com

 

  • Yang pertama, anda juga bisa mencoba menerapkan penggunaan cara install dan konfigurasi Roundcube dan teknologi yang ada didalamnya untuk bisa mendatangkan kepada anda kemudahan. Tentu saja teknologi yang ada didalamnya akan lebih baik dibandingkan dengan bahasa pemrograman PhP yang lainnya didalamnya.
  • Dikarenakan penerapan cara install dan konfigurasi Roundcube ini ditulis dengan bahasa program PhP maka anda akan bisa melihat sendiri interface yang ada didalamnya memiliki tampilan yang lebih intuitif dan modern itu sendiri.
  • Dalam hal ini, anda juga bisa melihat beragam fitur yang pastinya akan dibutuhkan oleh email client itu sendiri. Di sinilah anda bisa mendapatkan semuanya dengan mudah dan tepat didalamya. Pada dasarya anda akan bisa melakukan semuanya itu dengan lebih baik.

Panduan Install Roundcube

Berikut adalah cara install dan konfigurasi Roundcube yang bisaa anda coba lakukan. Perhatikan langkah yang ada di bawah ini baik-baik agar anda jangan sampai salah dalam menerapkan itu semua.

  • Pertama, Install terlebih dahulu PhP dependencies yang terdapat didalamnya dengan menerapkan langkah di bawah ini: sudo apt install php-auth php-intl php-mail-mime php-mail-mimedecode php-mcrypt php-net-smtp php-net-socket php-pear php-xml php7.0-intl php7.0-mcrypt php7.0-xml php7.0-gd php7.0-gd php-imagick.
  • Kedua, jika sudah selesai, maka anda bisa mencoba set date.time value yang terdapat didalamnya menjadi UTC: sed -i “s/;date.timezone.*/date.timezone = UTC/” /etc/php/7.0/fpm/php.ini. Kalau anda ingin melihat hasilnya maka bisa langsung cek di systemctl php7.0-fpm restart.
  • Selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah menciptakan database yang mendukung MySQL itu sendiri. Dalam hal ini format Database yang harus anda masukan adalah sebagai berikut: mysql -u root -p CREATE DATABASE roundcubemail;GRANT ALL ON roundcubemail.* TO ’roundcubemail’@’localhost’ IDENTIFIED BY ‘P4ssvv0rD’;FLUSH PRIVILEGES;.

 

Cara Install Dan Konfigurasi Roundcubeidwebhost.com

Cara Download RoundCube

  • Lalu dalam langkah selanjutnya yang bisa anda terapkan adalah pada bagian instalasi yang bisa anda temukan dengan mudahnya didalamnya yakni menuju ke directory /var/www dengan menggunakan cara berikut ini: VERSION=1.3.6 wget -q https://github.com/roundcube/roundcubemail/releases/download/${VERSION}/roundcubemail-${VERSION}-complete.tar.gz tar xzf roundcubemail-${VERSION}-complete.tar.gz sudo mv roundcubemail-${VERSION}/ /var/www/roundcubemail rm -f roundcubemail-${VERSION}-complete.tar.gz.
  • Anda juga perlu mengubah kepemilikan user yang ada didalamnya menjadi langkah berikut ini: /var/www/postfixadmin:sudo chown -R www-data: /var/www/roundcubemail.
  • Dalam tahap selanjutnya adalah sebaiknya anda melakukan konfigurasi terhadap Nginx itu sendiri. Dari sini yang bisa anda terapkan adalah dengan membuka terlebih dahulu file konfigurasi terkait di (/etc/nginx/sites-enabled/mail.linuxize.com.conf). Kemudian arahkan ke lokasi yang satu ini: … location /roundcubemail {index index.php;try_files $uri $uri/ /roundcubemail/index.php;} location ~ ^/roundcubemail/(README|INSTALL|LICENSE|CHANGELOG|UPGRADING)$ { deny all;} location ~ ^/roundcubemail/(bin|SQL|config|temp|logs)/ { deny all;}.

Itulah penerapan tentang cara install dan konfigurasi Roundcube yang bisa anda coba untuk mulai. Di sini anda sebenarnya akan bisa mendapatkan lebih banyak manfaat signifikan jika tahu bagaimana cara install dan konfigurasi Roundcube tersebut.

Cara Konfigurasi RoundCube

Selanjutnya dalam cara konfigurasi RoundCube adalah dengan melakukan check terhadap PhP version, PhP extensions, dan lain sebagainya. Apabila semua yang anda perlukan sudah siap, maka sekarang adalah saatnya bagi anda untuk melanjutkan konfigurasi RoundCube yang ada didalamnya. Jika semua sudah beres, maka anda bisa masuk ke tahap selanjutnya, yakni Next Step. di sinilah anda bisa melakukan impor terhadap struktur database yang ingin anda buat didalamnya. Anda juga perlu melakukan penghapusan terhadap direktori installer. Ini akan mencegah terjadinya unauthorized access dan juga rekonfigurasi yang ada didalamnya. Caranya adalah dengan mengaplikasikan: sudo rm -rf /var/www/roundcubemail/installer. Kemudian diikuti dengan:

sudo crontab -u www-data -l | { cat; echo “18 11 * * * /var/www/roundcubemail/bin/cleandb.sh”; } | sudo crontab -u www-data –.

Lakukan Verifikasi Instalasi

Hal selanjutnya dalam cara install dan konfigurasi Roundcube adalah dengan melakukan verifikasi terhadap hasil instalasi yang anda inginkan didalamnya. Untuk bisa melakukannya anda bisa langsung berkunjung ke halaman mail.linuxize.com dan nantinya anda akan bisa langsung melakukan login dengan memakai nama dan password yang sudah anda persiapkan sebelumnya.

Tahapan selanjutnya untuk cara install dan konfigurasi Roundcube adalah dengan mengaktifkan plugin yang terdapat didalamnya. Caranya pun juga tak serumit yang anda bayangkan. Untuk bisa mengubah passwordnya bisa menerapkan cara berikut (/var/www/roundcubemail/config/config.inc.php):

 

Cara Install Dan Konfigurasi Roundcube
idwebhost.com

 

// Enable plugins

$config[‘plugins’] = array(‘managesieve’,’password’);

 

// Configure managesieve plugin

$rcmail_config[‘managesieve_port’] = 4190;

 

// Configure password plugin

$config[‘password_driver’] = ‘sql’;

$config[‘password_db_dsn’] = ‘mysql://postfixadmin:P4ssvv0rD@localhost/postfixadmin’;

$config[‘password_query’] = ‘UPDATE mailbox SET password=%c WHERE username=%u’;

 

Kini sudah selesai mengenai cara install dan konfigurasi Roundcube dan anda bisa mencoba meninjau alternatif lain mengenai webmail yang bisa anda gunakan didalamnya. Tinggal anda terapkan sendiri saja mana yang sesuai kebutuhan anda saat ini.

Baca Juga: Tweak .htaccess Menjadikan WordPress Anda Powerfull

Kesimpulan

Cukup mudah dan ringkas, bukan cara install dan konfigurasi Roundcube yang bisa anda lakukan? Jika anda memang ingin menerapkan semuanya dengan baik dan signifikan, tentu saja ada beberapa hal yang wajib untuk anda ketahui terlebih dahulu. Yang jelas apabila anda ingin semuanya berlangsung dengan tepat dan baik, anda harus paham bahwa cara install dan konfigurasi Roundcube ini membutuhkan proses dan step by step yang harus anda lakukan dengan berurutan.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.