Mau Rakit Personal Computer (PC)? Yuk, Cari Tahu Komponennya Dulu!

3 Jul 2024
Mau Rakit Personal Computer (PC)? Yuk, Cari Tahu Komponennya Dulu! campaign-unlimited

Kamu suka berselancar di internet? Biasanya pakai perangkat apa? Apakah smartphone, laptop, atau PC? Walaupun tidak sesederhana laptop dan hp, sampai saat ini personal computer masih banyak diminati lho. Ini berkaitan dengan fungsi komputer dan kemampuannya yang sangat bisa diandalkan.

Tidak sedikit bahkan yang memilih untuk merakit komputer sendiri di rumah. Pasalnya, dengan merakit komputer sendiri, kita dapat menentukan spesifikasi dan performa PC yang kita inginkan.

Sebelum merakit PC komputer, pastikan kamu ketahui semua komponen dan persiapannya ya. Yuk, kita bahas selengkapnya di sini!

Apa Itu Personal Computer?

personal computer

PC, singkatan dari Personal Computer adalah komputer untuk pengguna tunggal. Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh IBM. Evolusi komputer menghadirkan PC, yang awalnya besar dan tidak praktis, menjadi perangkat yang kecil, cepat, dan ekonomis, terutama dengan penemuan chip pada 1971.

IBM menjadi pionir dalam mengembangkan PC dengan chip, memperkenalkannya pada tahun 1981. Sejak itu, “PC” merujuk pada komputer individu yang membantu tugas sekolah, kegiatan rumah tangga, hingga operasional perusahaan dan pusat perbelanjaan.

PC, atau komputer pribadi, dirancang untuk satu pengguna pada satu waktu. Dengan kemajuan teknologi, bentuk PC menjadi bervariasi, termasuk desktop, laptop, tablet, dan bahkan smartphone. Meskipun Mac dianggap berbeda, namun masih masuk dalam kategori komputer pribadi.

Komputer menerima input, memproses data, dan menghasilkan output yang dapat disimpan. PC dapat menjalankan Windows, sementara Mac menggunakan macOS. Meskipun Mac dan PC berbeda dari segi merek, namun keduanya tetap merupakan komputer pribadi yang memainkan peran penting dalam kegiatan sehari-hari.

Fungsi Komputer

Personal Computer memiliki banyak kegunaan yang dapat membantu berbagai tugas manusia. Menurut pemakaiannya, fungsi komputer dapat dikelompokkan ke dalam beberapa poin, sebagai berikut:

1. Memproses Data

Komputer menerima input dari pengguna, seperti teks, gambar, dan suara, kemudian memprosesnya menjadi informasi yang dapat dimengerti oleh pengguna. Fungsi ini menjalankan serangkaian proses yang melibatkan berbagai operasi matematika dan logika.

2. Penyimpanan Data

Salah satu fungsi utama komputer adalah menyimpan data. Data yang diproses oleh komputer dapat disimpan dalam berbagai bentuk, termasuk file teks, gambar, video, dan lainnya. Penyimpanan ini memungkinkan kamu untuk mengakses dan menggunakan informasi yang telah disimpan kembali di kemudian hari.

3. Menyediakan Akses Internet

Personal Computer juga berfungsi untuk menyediakan akses internet. Melalui koneksi internet, pengguna dapat menjelajahi web, mengakses email, berkomunikasi dengan orang lain, dan mengunduh berbagai konten digital.

4. Menjalankan Perangkat Lunak

Komputer digunakan untuk menjalankan berbagai jenis perangkat lunak atau software, mulai dari program pengolah kata, spreadsheet, hingga permainan. Perangkat lunak ini memberikan berbagai fitur dan fungsionalitas tambahan yang dapat membantu kamu untuk menyelesaikan berbagai tugas.

5. Mendukung Multimedia

Dengan komputer, kamu bisa menonton video, mendengarkan musik, dan melihat gambar dengan kualitas tinggi. Dukungan multimedia dari komputer ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan berbagai pengalaman hiburan.

6. Pengembangan Perangkat Lunak

Bagi para software developer, komputer digunakan sebagai alat untuk membuat, menguji, dan menyempurnakan berbagai jenis perangkat lunak. Peranan komputer biasanya tidak jauh dari kemampuannya untuk melakukan penulisan kode, debugging, dan pengujian perangkat lunak.

Komponen PC

personal computer

Ada begitu banyak manfaat PC yang bisa kita dapatkan. Dalam penggunaan personal, khususnya, penggunaan PC dapat membantu penyelesaian berbagai tugas dengan lebih cepat.

Arsitekturnya yang cenderung lebih besar pun relatif dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Agar PC dapat bekerja secara optimal, ketahui bahwa ada serangkaian komponen penting yang mendukungnya, seperti:

  • Case

Case komputer memuat semua komponen dan memberikan ruang untuk koneksi kabel. Meskipun ada berbagai ukuran casing, yang terpenting adalah kecocokannya dengan motherboard.

  • Motherboard

Motherboard adalah papan sirkuit utama di dalam PC yang menghubungkan semua komponen. Komponen ini tersedia dalam beragam dalam ukuran dan standar, seperti ATX dan MicroATX. Spesifikasi dan kualitas motherboard akan menentukan kemampuan dan fungsionalitas komputer.

  • Power Supply

Power supply menyediakan daya untuk PC. Komponen ini menyalurkan daya ke semua komponen, dan terhubung ke berbagai sumber daya eksternal.

  • Central Processing Unit (CPU)

CPU adalah otak komputer, yang bertanggung jawab atas kinerja sistem. Komponen ini berisi mikroprosesor yang bertugas untuk menyelesaikan berbagai tugas, dengan arsitektur yang dapat menjadi 32-bit atau 64-bit.

  • RAM

RAM adalah memori sementara yang digunakan oleh CPU untuk menyimpan data yang sedang diproses. Jumlah RAM dan tipe yang sesuai sangat penting untuk kinerja sistem.

  • Drive

Drive menyimpan data yang tidak sedang digunakan, termasuk sistem operasi dan perangkat lunak. Drive bisa berupa hard drive atau solid state drive (SSD), dan terhubung ke motherboard melalui teknologi seperti SATA atau M.2.

  • Cooling Devices

Sistem pendinginan seperti kipas dan heatsink digunakan untuk menjaga suhu komputer agar tetap stabil. Dengan adanya komponen ini kamu tidak perlu khawatir PC akan overheat dan mudah rusak.

  • Kabel

Kabel menghubungkan semua komponen PC dan membawa data atau daya. Penting untuk merapikan kabel di dalam casing agar tidak mengganggu aliran udara dan kinerja sistem.

Persiapan Merakit PC

personal computer

Nah, berikutnya, sebelum merakit komputer kami menyarankan kamu untuk melakukan beberapa persiapan penting. Yuk, perhatikan apa saja tipsnya, berikut!

1. Tentukan Konfigurasi Komputer

Sebelum memulai, penting untuk menentukan konfigurasi yang sesuai dengan kebutuhanmu, termasuk pemilihan prosesor, motherboard, dan komponen lainnya. Pastikan untuk memperhatikan kompatibilitas antara komponen dan motherboard yang dipilih.

2. Siapkan Komponen dan Peralatan

Setelah menentukan konfigurasi, pastikan semua komponen yang dibutuhkan telah disiapkan. Lakukan perakitan di tempat yang luas dan siapkan alat-alat yang diperlukan seperti obeng, tang, dan buku manual. Pastikan juga semua perangkat keras dan lunak juga tersedia ya.

3. Pilih Perangkat Keras dan Lunak

Persiapkan perangkat keras seperti casing, motherboard, prosesor, RAM, dan perangkat lunak seperti sistem operasi dan driver perangkat keras. Pastikan semua komponen sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.

4. Pemahaman Cara Penggunaan Alat

Pastikan kamu memahami penggunaan alat-alat seperti solder dan AVO meter jika diperlukan. Meskipun jarang digunakan, pemahaman tentang penggunaan alat tersebut dapat membantu dalam pemecahan masalah yang mungkin terjadi lho.

5. Periksa Power Supply

Periksa power supply komputer untuk memastikan sudah diatur pada skala tegangan yang sesuai dengan tegangan listrik di tempatmu. Pastikan juga untuk memeriksa buku manual untuk informasi lebih lanjut agar kamu tidak salah langkah.

6. Pasang Perangkat Keras dan Lunak

Terakhir, lakukan pemasangan perangkat keras dan instalasi perangkat lunak setelah selesai merakit komputer. Pastikan untuk mengikuti petunjuk instalasi dengan benar untuk memastikan segala sesuatunya berjalan lancar.

Sekian penjelasan dari kami. Semoga  penjelasan tentang Personal Computer ini bisa kamu pahami dengan baik dan membantumu dalam mempersiapkan proses rakitnya ya. Dengan merakitnya sendiri kamu tidak perlu khawatir dengan harga PC yang fantastis. Kamu bisa menentukan spek komponen sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu sendiri.

Dapatkan hosting super cepat dengan harga paling hemat!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022